Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Rachmatania Putri
"Penelitian ini membahas sikap warganet terhadap berita pandemi Covid-19 pada media massa daring CNN Indonesia dan Folkative dengan menggunakan teori analisis appraisal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bentuk-bentuk serta kecenderungan sikap warganet yang muncul dalam kolom komentar serta mengetahui perbedaan bentuk sikap berita pandemi Covid-19 di media massa daring tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara simak catat. Terdapat lima headline berita pandemi Covid-19 yang diklasifikasikan ke dalam topik yang sama. Hasil penelitian terhadap sikap warganet di media massa daring CNN Indonesia dan Folkative menunjukkan bahwa dari tiga subsistem sikap yang ditemukan, yaitu afeksi, penghakiman, dan apresiasi, ketiganya memiliki kecenderungan negatif. Sikap negatif yang diungkapkan oleh warganet ditunjukkan pada kolom komentar melalui kata, frasa, dan klausa. Komentar lebih banyak menggunakan apresiasi daripada penghakiman dan afeksi. Perbedaan sikap warganet di setiap media massa daring terlihat dari jumlah kemunculan bentuk penilaiannya. Media massa Folkative didominasi oleh bentuk afeksi dan penghakiman, sedangkan media massa CNN Indonesia didominasi oleh bentuk apresiasi.
This study discusses the attitude of netizens towards Covid-19 pandemic news on CNN Indonesia and Folkative online mass media using appraisal analysis theory. The purpose of this study is to identify and explain the forms of attitudes that appear in the comment columns of CNN Indonesia and Folkative online mass media, and to find the differences in the attitudes of each online mass media to the Covid-19 pandemic news. This study uses a descriptive qualitative method with a note-taking technique. There were five headlines of the Covid-19 pandemic news that were classified into the same topics. The results of this study in the online media mass CNN Indonesia and Folkative show that the three attitude subsystems found: affects, judgment, and appreciation, all of them have negative tendencies. The negative attitudes expressed by netizen are shown in the comment column through words, phrases, and clauses. Comments use more appreciation than judgement and affects. The differences in each online mass media show by the appraisal’s number of appearances. Folkative online mass media dominated by affects and judgement, while CNN Indonesia online mass media dominated by appreciation. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library