Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
Rambat Lupiyoadi
Abstrak :
Penelitian ini memfokuskan pada hubungan antara kinerja jasa perguruan tinggi dan kepuasan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Berta pengaruhnya terhadap perilaku minat purna penggunaan jasa perguruan tinggi. Dimensi kinerja jasa dalam penelitian ini mencakup dimensi bukti fisik, kehandalan, jaminan, daya tanggap, dan empati dan pemberi jasa.
Penelitian menggunakan metode pengambilan sampel stratified . proportionate random sampling. Sampel diambil dari mahasiswa UI yang lulus pada tahun ajaran 1997/1998 dari seluruh fakultas dan jenjang studi. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner yang dikirim melalui pos. Penyusunan kuesioner menggunakan format SERVPERF (Cronin & Taylor, 1992) dengan modifikasi seperlunya. Sejumlah 200 kuesioner telah dikirim ke alamat responden dan 108 diantaranya telah memberikan respon yang baik.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang nyata dan positif antara kinerja jasa UI dengan kepuasan mahasiswa dan perilaku minat puma penggunaan jasa UI oleh mahasiswa. Hal ini terbukti dan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi berganda dan analisis korespondensi. Sementara penggunaan analisis regresi logistik memberikan informasi bahwa pada pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap perilaku minat puma penggunaan jasa, hubungan positif dan signifikan hanya ditemukan khususnya pada perilaku menggunakan/memilih kembali jasa perguruan tingginya. Sementara dengan analisis varians ditemukan adanya perbedaan peniaian kinerja jasa ,UI berdasarkan jenjang pendidikan mahasiswa.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000
T3991
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rambat Lupiyoadi
Abstrak :
Skripsi ini mencoba menganalisis implikasi penerapan Undang-Undang Perasuransian 1992 terhadap kebijakan keuangan internal perusahaan asuransi kerugian. Untuk menjaga efektifitas analisa ini, maka perlu memanfaatkan alat analisa kinerja keuangan yang sesuai dengan karakteristik perusahaan asuransi kerugian. Alat analisa tersebut adalah Analisa Rasio Early Warning System. Dengan alat analisa ini diharapkan kita dapat mengidentifikasikan informasi penting secara dini, kelemahan-kelamahan yang mungkin tengah dihadapi dalam kinerja keuangan perusahaan asuransi kerugian. Temuan-temuan dari hasil analisis ini, merupakan informasi yang sangat berguna bagi perusahaan. Lebih-lebih bagi manajemen yang berorientasi aktif dan proaktif. Sehingga ketika diketahui terjadi penurunan tingkat kesehatan, yang ditunjukkan oleh kurang solvennya aktiva (berdasarkan penilaian UU Perasuransian yang baru), menurunnya rasio perkembangan premi dan rasio cadangan klaim, maka manajemen perlu mengambil tindakan untuk mencegah dan mengatasinya. Untuk mengantisipasi menurunnya hasil investasi dan menjaga tingkat solvabilitas maka manajemen perlu mengkaji ulang kebijakan portofolio investasinya. Pengambilan keputusan mengenai kebijakan portfolio investasi dalam skripsi ini mencoba memperkenalkan penerapan Analytic Hierarchy Process (AHP) Model. Dengan model ini, manajemen dapat mengakomodir portofolio investasi yang multikriteria (Liquiditas, safety, dan profitabilitas) dan multialternatif (deposito, saham, penyertaan langsung, obligasi dan lain-lain). Model ini sangat membantu dalam menyelesaikan prioritas (proporsi) alokasi investasi yang sesuai dengan preferensi manajemen.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18914
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rambat Lupiyoadi
Jakarta: Salemba Empat, 2001
658.8 RAM m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rambat Lupiyoadi
Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2007
658.421 RAM e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rambat Lupiyoadi
Jakarta: Salemba Empat, 2019
338.04 RAM t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rambat Lupiyoadi
Jakarta: Salemba Empat, 2013
658.8 RAM m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rambat Lupiyoadi
Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2015
650.072 RAM p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rambat Lupiyoadi
Abstrak :
This research mainly discusses about the effects of applying revenue management, specifically in the contexts of inventory control (variation in ticket prices for the same flight and class) and denied boarding (permissibility of reservations exceeding carrying capacity as a hedging practice over the possibility of tickets cancellation) on the customers? satisfaction toward airlines in Indonesia. Experimental method was applied on the research, involving students from University of Indonesia as participants. The results showed that inventory control policy partly affected customer satisfaction, while the denied boarding policy fully affected their satisfaction. These research findings can contribute to further studies on consumers? behaviour in dynamic airlines industry, mainly in emerging markets such as Indonesia.
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penerapan manajemen pemasukan (revenue management), khususnya dalam konteks pengendalian inventori (inventory control , yaitu variasi harga tiket dalam penerbangan dan kelas yang sama) dan penolakan untuk naik pesawat (denied boarding, praktik jumlah reservasi yang melebihi kapasitas angkut pesawat sebagai praktik antisipasi kemungkinan pembatalan tiket oleh penumpang) terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan penerbangan di Indonesia. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen, dengan melibatkan mahasiswa Universitas Indonesia sebagai partisipan dalam eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pengendalian inventori secara parsial mempengaruhi kepuasan pelanggan, sedangkan denied boarding mempengaruhi kepuasan pelanggan secara penuh. Temuan penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap studi tentang perilaku konsumen industri penerbangan yang dinamis, khususnya dalam pasar yang berkembang seperti di Indonesia.
Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center, 2014
pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library