Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reznia Febianty
Abstrak :
[ABSTRAK
Perkembangan teknologi internet yang meningkat pesat menjadi awal bagi terbukanya inovasi untuk menawarkan berbagai macam layanan baru yang memanfaatkan akses internet. Layanan over the top (OTT) adalah salah satunya, OTT menawarkan beragam layanan menarik seperti voice/video service, social network, advertising dsb, yang tidak diragukan lagi telah menjadi ancaman sekaligus tantangan bagi operator selaku penyedia infrastuktur dan layanan telekomunikasi agar bisa semakin kreatif dalam menyediakan layanan. Data survey dan forecast menunjukan bahwa 60% trafik internet adalah trafik video dan masih akan semakin meningkat di beberapa tahun ke depan. Hal ini menjadi peluang bagi operator telekomunikasi di Indonesia yang memiliki infrastruktur jaringan nasional dan internasional untuk terjun mengembangkan layanan Online Video Platform (OVP). OVP menawarkan kelengkapan end-to-end yang dapat digunakan untuk mengunggah, mengubah, mengelola, memutar, memberikan, mendistribusikan, mengunduh, dan mempublikasikan konten video online, dengan menggunakan solusi yang terstruktur dan tujuan akhirnya adalah dapat menghasilkan uang. Bisnis OVP ini merupakan lahan baru bagi operator sehingga diperlukan analisis mengenai identifikasi peluang, resiko dan model bisnis baru untuk dapat mendukung bisnis OVP ini. dengan menggunakan datadata dari perkembangan online video, profil pengguna internet di Indonesia dan model bisnis kanvas dari Brightcove dan PT XY. Selanjutnya dikembangkan kanvas model bisnis untuk layanan OVP yang menjelaskan setiap komponen yang terdapat dalam bisnis layanan OVP. Berdasarkan hasil analisis, bisnis dengan menggunakan layanan OVP dianggap menarik dan layak diimplementasikan oleh PT XY.
ABSTRACT
Development of internet technology is rapidly rising and become the driver to create new innovative services through the internet connection. Over the Top (OTT) service is one of them. OTT offers a variety of attractive services such as voice & video service, social network, advertising etc, which no doubt has become a threat and challenge to the operator as the owner of telecommunication infrastructures to be more creative in providing services to the customer. Survey and forecasts show that 60% of internet traffic is video traffic and it will increase in the next few years. This is an opportunity for telecom operators in Indonesia, which has a national and international network infrastructure to take part in developing Online Video Platform (OVP). OVP offers a comprehensive end-to-end tools that can be used to upload, edit, manage, play, give, distribute, download, and publish video content through the internet, using a solution which is designed to be able to make money. OVP business is a new field for operators, hence needed to analyze the opportunities identification, risks, and new business models to support the OVP's business, using data from the development of online video, profiles of Internet users in Indonesia and the business model canvas of Brightcove and PT XY. Furthermore canvas business model is developed to support the new OVP services and explains each component contained. Based on the analysis, the business using the services OVP considered interesting and worthy implemented by PT XY., Perkembangan teknologi internet yang meningkat pesat menjadi awal bagi terbukanya inovasi untuk menawarkan berbagai macam layanan baru yang memanfaatkan akses internet. Layanan over the top (OTT) adalah salah satunya, OTT menawarkan beragam layanan menarik seperti voice/video service, social network, advertising dsb, yang tidak diragukan lagi telah menjadi ancaman sekaligus tantangan bagi operator selaku penyedia infrastuktur dan layanan telekomunikasi agar bisa semakin kreatif dalam menyediakan layanan. Data survey dan forecast menunjukan bahwa 60% trafik internet adalah trafik video dan masih akan semakin meningkat di beberapa tahun ke depan. Hal ini menjadi peluang bagi operator telekomunikasi di Indonesia yang memiliki infrastruktur jaringan nasional dan internasional untuk terjun mengembangkan layanan Online Video Platform (OVP). OVP menawarkan kelengkapan end-to-end yang dapat digunakan untuk mengunggah, mengubah, mengelola, memutar, memberikan, mendistribusikan, mengunduh, dan mempublikasikan konten video online, dengan menggunakan solusi yang terstruktur dan tujuan akhirnya adalah dapat menghasilkan uang. Bisnis OVP ini merupakan lahan baru bagi operator sehingga diperlukan analisis mengenai identifikasi peluang, resiko dan model bisnis baru untuk dapat mendukung bisnis OVP ini. dengan menggunakan datadata dari perkembangan online video, profil pengguna internet di Indonesia dan model bisnis kanvas dari Brightcove dan PT XY. Selanjutnya dikembangkan kanvas model bisnis untuk layanan OVP yang menjelaskan setiap komponen yang terdapat dalam bisnis layanan OVP. Berdasarkan hasil analisis, bisnis dengan menggunakan layanan OVP dianggap menarik dan layak diimplementasikan oleh PT XY.]
2015
T43567
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library