Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rully Muliarto
Abstrak :
ABSTRAK
Asuransi merupakan satu jenis usaha yang bersifat khusus dan unik, dimana jasa yang diberikan tidak mempunyai wujud sama sekali serta bersifat implisit, dimana jasa ini berupa manfaat psikologis dalam bentuk perlindungan terhadap resiko yang mungkin dihadapi oleh nasabah. Mengingat sifat unik yang dimiliki , maka untuk menunjang keberhasilan usaha dan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan asuransi, diperlukan suatu strategi pemasaran strategi pemasaran yang tepat.

Dalam memasuki pasar asuransi yang beraneka ragam maka perusahaan asuransi hams menentukan strategi pemasarannya yaltu dengan menerapkan strategi STP (Segmentasi, Positioning, dan Targeting) dalam menggarap pasarnya, sehingga perusahaan asuransi mempunyai daya saing yang lebih balk, karena dapat lebib fokus dalam memberikan pelayanan dan menghasilkan produknya.

Oleh karena itu untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan asuransi kerugian di Indonesia, khususnya tentang strategi segmentasi perusahaan asuransi kerugian dalam memetakan pasarnya yang begitu luas maka penelitian dibuat berdasarkan survey kepada perusahaan asuransi kerugian yang beroperasi di Indonesia.

Adapun tujuan dan penelitian ini adalah:

1. Mengetahui apakah perusahaan asuransi di Indonesia melaksanakan strategi segmentasi daiam menentukan target pasarnya.

2. Mengetahui sejauh mana perusahaan asuransi di Indonesia dalam menyusun strategi segmentasinya.

3. Mengetahui apakah perusahaan yang melakukan segmentasi akan memiIki kinerja yang lebìh tinggi.

Adapun metolologi yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. Bentuk penelitian

Bentuk penelitian yang digunakan adalah riset deskriptif.

2. Jenis Data

Jenis data yang dipakai dalam penelitian ifli adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang dibutuhkan diperoleh dari hasil survey, sedangkan untuk data sekunder diperoleh dan Literature-literature kepustakaan, antara lain dan jumal ? jurnal ilmiah , buku teks, Internet, laporan tahunan Dewan Asuransi Indonesia, dan sumber-sumber lain yang mendukung penelitian ini.

Jumlah sample yang diambil adalah sebanyak 40 responden dan jumlah populasi sebanyak 107 perusahaan.Dan 107 perusahaan kami mengirimkan kuesioner kepada 100 penisahaan balk dengan surat maupun didatangi Iangsung ,namun yang menjawab dan merespon hanya 43 perusahaan saja.Survey dilakukan dan Akhir Juli 2001 sampai dengan September 2001.

Dari hasil penelitian didapat perusahan asuransi yang melakukan strategi segmentasi dapat disimpulkan adalah perusahaan yang mulai menggarap pasar retail dengan senius, maka sebagian besar perusahaan asuransi di Indonesia sudah melaksanakan strategi segmentasi ini, dengan berbagai variabel dan dimensi yang lengkap.Maka dan hasil penyusunan strategi segmentasi inilah mereka membuat strategi marketing mix-nya.

Dan berdasarkan hasil penelitian ini didapat bahwa perusahaan yang melakukan strategi segmentasi memiliki keunggulan kinerja yang Iebìh baik dibandingkan dengan penisahaan yang tidak melakukan strategi segmentasi, yang diukur berdasarkan pendapatan premi, laba perusaliaatl dan market share-nya, karena mereka Iebih dapat mengenali konsumeflnYa sehingga dapat menyusun strategi bauran pemasaran yang tepat yang meliputi strategi produk, harga ,distribusi dan promosi yang sesuai dengan segmen pasar yang ditekuninya.
2002
T4484
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library