Sarah Annisa
Abstrak :
Skripsi ini membahas tingkat kecemasan mahasiswa BIPA di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian berjenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden sebanyak 10 orang mahasiswa BIPA 3 yang sedang menulis tugas akhir esai ilmiah. Survei dilakukan menggunakan Library Anxiety Scale (LAS) yang dimodifikasi menyesuaikan kondisi responden dan lokasi penelitian.
Hasil menunjukkan bahwa tingkat kecemasan mahasiswa BIPA 3 di Perpustakaan UI sebesar 2,32 atau kecemasan rendah dengan standar deviasi 2,32±0,26780056 (ketersebaran sudah representatif). Secara subskala, kecemasan yang paling tinggi adalah pada Mechanical Barriers sebesar 2,70 atau kecemasan sedang dan terendah pada Knowledge of The Library dan Language and Cultural Barriers sebesar 2,10 atau kecemasan rendah. Secara indikator, kecemasan terbesar disebabkan minimnya pengetahuan responden mengenai sumber tersedia(skor=2,8), sedangkan yang terendah pada kenyamanan di Perpustakaan UI dan kemampuan bertanya pada pustakawan dalam bahasa Indonesia (skor=2,0).
This research discusses library anxiety level of BIPA students in Universitas Indonesia Library. This is a descriptive research using quantitative approach. The respondents are 10 students of BIPA 3 who are writing scientific essay as their final project. The survey used Library Anxiety Scale that was modified to adjust with the condition of respondents and research location.
The result shows that library anxiety level of BIPA 3 students in UI Library is 2,32 or low anxiety with deviation standard 2,32±0,26780056 (distribution of data is representative). The highest library anxiety subscale is Mechanical Barriers as 2,70 or moderate anxiety and the lowest are Knowledge of The Library and Language and Cultural Barriers as 2,10 or low anxiety. From indicator, the highest library anxiety is caused by lack of knowledge about available resources in library (score=2,8) and the lowest are comfortable feeling in UI library and ability to ask to librarian in Bahasa Indonesia (score=2,0).
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57994
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library