Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Sinung Nugroho
Abstrak :
Kondisi arus lalu lintas di Jakarta menunjukkan kecenderungan naik, hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah lokasi maupun luasnya kemacetan yang terjadi terutama pada kondisi peak hour pagi, siang maupun sore hari. Kemacetan yang terjadi ternyata tidak dapat diatasi dengan peningkatan supply dan bahkan peningkatan supply merangsang tumbuhnya keinginan untuk melakukan perjalanan. Terjadinya kemacetan lalu lintas akan menimbulkan inefisiensi ekonomi, kerusakan lingkungan dan dampak psikologis karena penambahan satu kendaraan ke dalam arus lalu lintas yang sudah padat akan meningkatkan biaya sosial yang menjadi beban semua kendaraan di dalam arus. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan upaya untuk mengatur dan mengelola demand sedemikian rupa sehingga keuntungan ekonomi secara total keseluruhan jaringan dapat dimaksimalkan.
Tujuan penelitian ini adalah menghitung besarnya biaya kemacetan dengan metode point pricing, metode trip-end pricing dan zona pricing serta menghitung besarnya manfaat dan kerugian yang diterima pengguna mobil pribadi dari sudut pandang efisiensi ekonomi. Perhitungan manfaat dan kerugian berdasarkan perbandingan antara dengan dan tanpa (with and without) biaya kemacetan dad hasil simulasi pembebanan jaringan, dengan bantuan perangkat lunak EMME12 (Equilibre Multimodal, Multimodal Equilibrium).
Dari hasil simulasi dan analsis diperoleh hasil bahwa dengan metode point pricing besarnya biaya kemacetan Rp. 5.000,00 dengan manfaat bersih di koridor Sudirman - Thamrin dan Gatot Subroto sebesar Rp. 18.527.598,43 per jam, dan total manfaat bersih untuk total jaringan Jakarta dan sekitarnya sebesar Rp. 110.192.597,42 dengan metode trip-end pricing biaya kemacetan sebesar Rp. 5.000,00 dengan manfaat bersih sebesar Rp.212.192.167,37 per jam dan dengan metode zona pricing besar biaya kemacetan di zona 1 adalah sebesar Rp. 2.000,00 sedangkan di zona 2 sebesar Rp. 3.000,00.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
T5204
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sinung Nugroho
Abstrak :
Sampai sekarang, metode probabilistik masih dipakai secara luas dalam dunia teknik konstxuksi. Namun pada saat sualu parameter diekspresikan dengan bahasa bukannya dengan terminologi matemalika, teori probabilitas klasik gagal untuk menerima dan menyampaikan informasi tersebut. Variabcl - variabel bahasa yang kebanyakan bersifat kualitatif, dapat diterjemahkan kc dalam ukuran matematika secara baik mcnggunakan leori logika dan himpunan iinzzy.
Problem dalam manajemen konstruksi, salah satunya adalah perkiraan produktivitas suatu aktivitas, dapat dipecahkan menggunakan teori himpunan fuzzy. Agar metode ini dapat diimplcntasikan dengan baik, beberapa fungsi keanggotaan perlu diestimasi dengan pertimbangan-pertirnbangan tertentu atau dengan masukan dari para pakar di bidang manajemen konslruksi.
Pada penelitian ini keanggotaan himpunan fuzzy diasumsikan sebagai fungsi distribusi trapesium, dengan pcrtimbangan fungsi ini sederhana. namun cukup relevan untuk membantu penyelesaian masalah. Dalam proscs perhitungan ada dua model matematik yang diterapkan yaitu model Mamdani dan model Zadeh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Mamdani memberi aproksimasi yang baik untuk perkiraan produktivitas. Untuk model Zadeh aproksimasi yang baik hanya cocok apabila input sudah terangkum dalam knowledge base, sehingga perlu tambahan trik trik dalam perhitungan agar model Zadch dapat diterapkan secara lebih luas.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T5237
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library