Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Steven Pratama
Abstrak :
ABSTRAK
Transmisi kopling ganda adalah salah satu teknologi transmisi yang menggabungkan antara transmisi otomatis dan transmisi manual pada kendaraan. Hal yang krusial pada sistem transmisi ini adalah proses pemilihan gigi sebelum gigi transmisi berpindah, yang dikenal dengan proses gear preselect. Penelitian ini menggunakan sistem Jaringan Saraf Tiruan untuk mengatur perpindahan gigi kendaraan dari gigi 1 ke gigi ke 2 dengan menggunakan model kendaraan BMW M3 E92 tahun 2015. Simulasi menggunakan JST dengan 2 lapisan jaringan tersembunyi dengan 10 neuron pada tiap jaringan tersembunyi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan akselerasi dan penggunaan bahan bakar. Akselerasi kendaraan dengan menggunakan JST adalah 5.83 m/s2 dan tanpa JST sebesar 3.83 m/s2. Sementara konsumsi bahan bakar sebesar 274.5 ml untuk kendaraan tanpa kendali JST selama 4 s dan untuk kendaraan dengan kendali JST 83.03 ml selama 4 s, dengan selisih sebesar 191.5 ml atau rata ndash; rata 3.77 ml per meter. Selisih ini menunjukkan konsumsi bahan bakar tanpa kendali JST lebih boros sebesar 40.49 per meter.
ABSTRACT
Double clutch transmission is one of the transmission technology that combines automatic transmission and manual transmission on the vehicle. The crucial thing in this transmission system is the process of selecting the teeth before the transmission gear shifts, known as the preselect gear process. This research uses Artificial Neural Network system to adjust the gearshift of vehicle from first gear to second gear using BMW M3 E92 vehicle model 2015. Simulation using ANN with 2 layer of hidden network with 10 neuron in each hidden network. The simulation results show that there is a difference in acceleration and fuel consumption. Acceleration of vehicles using ANN is 5.83 m s2 and without ANN of 3.83 m s2. While fuel consumption of 274.5 ml fuel usage for vehicle without ANN control for 4 s and for vehicles with control of ANN 83.03 ml for 4 s, with difference of 191.5 ml or average 3.77 ml per meter. This difference shows that fuel consumption without ANN control is more extravagant at 40.49 per meter.
2017
T47952
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Steven Pratama
Abstrak :
Hybrid Electric Vehicle banyak dikembangkan di negara maju karena memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibanding kendaraan bensin. Pada umumnya, kendaraan hibrida ,yang memiliki dua atau lebih sistem propulsi, memiliki penggerak berbahan bakar minyak bumi dan sistem penggerak elektrik. Dalam riset ini dilakukan perancangan dan pengujian prototype kendaraan hibrida berbahan bakar compressed natural gas (CNG) dan sistem penggerak elektrik dengan kombinasi series - parallel mesin bensin berdaya 81 kW dan motor listrik 10 kW yang bertujuan sebagai system konversi untuk kendaraan jenis MPV.
Mesin bensin ditambahkan converter kit CNG yang memiliki kapasitas 15 LSP (liter setara premium), sedangkan penggerak elektrik dengan 6 buah baterai lead ? acid dihubungkan secara parallel dengan spesifikasi 12V 200 Ah per baterai. Dari hasil perhitungan secara teoritis, didapat bahwa konsumsi bahan bakar kendaraan hibrida hasil rancangan mencapai 17.43 km/L.
......Hybrid Electric Vehicle developed in many developed country because of its better fuel consumption compared to gasoline vehicle. In general, hybrid vehicles, which have two or more propulsion systems, have a gasoline fueled propulsion and electric propulsion system. In this research design and testing of a prototype hybrid electric vehicle with compressed natural gas (CNG) and electric propulsion system with a combination of series - parallel gasoline fueled engine with 81 kW power and a 10 kW electric motor that is intended as a conversion system for MPV type vehicles.
Gasoline engine added CNG converter kits which have a capacity of 15 GLE (Gasoline Liter Equivalent), while the electric drive with 6 pieces of lead acid battery connected in parallel with a specification of 12V 200 Ah per battery. From the result of theoretical calculation, it?s found that the fuel consumption of designed hybrid electric vehicles reached 17.43 km/L.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S64961
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library