Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Sutarsyah
"Analisis isi paket informasi perkebunrayaan bertujuan untuk mengetahui topik berita yang paling banyak diliput dan media massa apa saja yang paling banyak meliput. Data diolah dalam program microsoft exceldan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Data tersebut dianalisis secara deskriptif. Data yang dianalisis adalah paket informasi perkebunrayaan tahun 2010. Hasil analisis menunjukkan ada sejumlah 116 judul pemberitaan yang dimuat. Berita yang paling banyak diliput tumbuhnya rafflesia patma sebanyak 23 pemberitaan atau 11,4%, urutan ketiga berita tentang Kebun Raya Bogor sebagai tempat tujuan wisata sebanyak 10 liputan atau 8,8% dan urutan keempat berita tentang peresmian perpustakaan digital Kebun Raya Bogor sebanyak 7% atau 8 liputan. Media massa cetak yang paling banyak meliput urutan pertama kompas sebanyak 37,1% atau 10 liputan, urutan kedua Jurnal Bogor sebanyak 7 liputan atau 25,9% dan urutan ketiga Radar Bogor sebanyak 5 liputan atau 18,5%. Media massa online/elektronik yang paling banyak meliput adalah kompas.com sebanyak 20,1% atau 18 liputan, diurutan kedua tempointeractive.com sebanyak 7,9% atau 7%. Dan urutan ketiga yaitu okezone.com sebanyak 5,5% atau 5 liputan."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2013
020 VIS 15:3 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sutarsyah
"Penanganan informasi secara cermat memerlukan tenaga pustakawan yang profesional, yang tidak hanya mampu menguasai bidang ilmu perpustakaan tetapi juga bidang-bidang ilmu lainnya walaupun hanya dalam batas-batas tertentu. Pustakawan sebagai pengelola informasi dituntut untuk memiliki kreatifitas dalam mengkomunikasikan koleksi informasi yang dimilikinya agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat penggunanya. Pustakawan juga harus aktif menyampaikan informasi yang dibutuhkan lembaga induknya tanpa diminta dengan berbagai cara."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2009
020 VIS 11:3 (2009)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sutarsyah
"Pemasyarakatan perpusdokinfo merupakan kegiatan membujuk masyarakat untuk datang ke perpustakaan dan memanfaatkan koleksi perpustakaan. Kegiatan ini merupakan salah satu unsur utama yang dinilai dalam pemberian angka kredit pustakawan. namun, kegiatan ini jarang bahkan tidak dilaksanakan sehingga berdampak rendahnya tingkat kunjungan ke perpustakaan dan peran perpustakaan sebagai agen perubahan belum terlihat keberhasilannya dan tidak populer. Tujuan artikel ini menjelaskan kepentingan pemasyarakatan perpusdokinfo yang meliputi kegiatan penyuluhan, publisitas, dan pameran sebagai media komunikasi pengelola perpustakaan kepada masyarakat penggunanya. kegiatan penyuluhan dikerjakan berdasarkan kebutuhan, lingkup, atau peristiwa tertentu. Publisitas dilakukan untuk promosi perpustakaan dengan membuat brosur, leaflet, film, atau tulisan dimedia cetak/elektronik, pameran biasanya dilakukan pada peristiwa tertentu seperti hari-hari besar, hari ulang tahun perpustakaan, atau peristiwa penting lainnya. DIharapkan dengan kegiatan pemasyarakatan, perpustakaan menjadi lingkungan tempat (i) berinteraksi dengan orang lain, (ii) mencari informasi yang dibutuhkan, (iii) berbagi pengetahuan, dan (iv) memotivasi inovasi dan kekreatifitas."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2015
020 VISI 17:3 (2015) (1)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sutarsyah
"Perpustakaan KRB merupakan tempat penyimpanan informasi kelembagaan (local content) berbagai publikasi kebun raya dalam bentuk buku dan jurnal. Publikasi tersebut perlu diinformasikan kepada masyarakat. Untuk mengetahui kepuasan pemustaka dalam mendapatkan informasi tentang perkebunrayaan, Unit Perpustakaan menyebarkan kuesioner kepada para pemustakanya dari bulan Januari - Desember 2012. Dari 150 kuesioner yang telah disebarkan terkumpul 120 kuesioner. Kuesioner yang terkumpul kemudian diolah, ditabulasi dan dianalisis. Responden yang menyatakan baik tentang fasilitas dan kenyamanan ruang sebanyak 76 persen. Hal ini dimungkinkan karena sarana dan prasarana yang telah tersedia sudah cukup memenuhi keinginan pemustaka. Sebanyak 69 persen dari total responden sudah dapat menggunakan buku tamu elektronik dengan mudah. Responden yang menyatakan jam kunjungan baik sebanyak 73 persen, artinya jam kunjungan sudah sesuai dengan harapan pemustaka Perpustakaan. Pemustaka yang menyatakan bahwa koleksi perpustakaan kurang sebanyak 18 orang, Hal ini dikarenakan pada tahun 2011-2012, Perpustakaan tidak memiliki dana untuk pembelian buku luar negeri. Responden yang menyatakan layanan staf perpustakaan kepada pemustaka baik berjumlah 85 orang, yang menyatakan istimewa 30 orang. Dari hasil analisis kepuasan pemustaka di atas maka dapat disimpulkan bahwa, secara umum pemustaka merasa puas dengan layanan Perpustakaan KRB. Namun masih perlu ditingkatkan jumlah dan jenis koleksinya, serta terus dilakukan peningkatan kompetensi petugas perpustakaannya baik melalui diklat, magang maupun pendidikan yang lebih tinggi. Dengan demikian petugas perpustakaan akan semakin profesional dalam melayani kebutuhan pemustaka."
Bogor: Perpustakaan IPB, 2013
020 JPI 12:1 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Cucu Sutarsyah
Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018
428 CUC i
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library