Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tara Ferakanita
"Tesis ini berfokus pada fenomena keluarnya Ingris dari Uni Eropa Brexit . Dalam fenomena ini terjadi persaingan diskursif antara Remain vs Leave. Penelitian ini menggunakan teori pemosisian dengan asumsi dasar bahwa diskursus adalah variabel utama yang disosialisasikan oleh agen sehingga menjadi sebuah realita sosial. Kemenangan diskursif ditentukan dalam tiga variabel kelayakan: Kelayakan Referensi, Kelayakan Sistemik dan Kelayakan Sosial. Penelitian ini menggunakan metode process tracing dan telaah wacana untuk melihat proses deepening Inggris ke Uni Eropa.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persaingan diskursif ini dimenangkan oleh agen yaitu kelompok leave yang menginterpretasikan bahwa identias nasional Inggris tidak kompatibel dengan identitas Uni Eropa dan memunculkan kegagalan proses deepening pada integrasi Inggris dengan Uni Eropa. Meskipun secara kuantitatif diskursus kelompok remain lebih unggul sampai periode sebelum referendum variabel kelayakan referensi , namun pada akhirnya kelompok leave secara kelayakan sistemik lebih dapat mendistribusikan diskursusnya untuk menjangkau ke masyarakat. Dalam variabel kelayakan sosial, kelompok leave juga lebih unggul karena diskursusnya lebih dapat diterima di masyarakat. Penelitian ini menyumbang pada studi tentang regionalisme yang memberikan pemahaman bahwa dinamika yang terjadi dalam institusi regional tidak hanya bisa meluas expand , tetapi juga bisa menyusut shrink . Isu Brexit menjadi penting karena belum pernah ada negara mengambil sikap untuk keluar dari institusi maju seperti Uni Eropa.

This thesis focuses on the phenomenon of Britain leaving the European Union Brexit. The phenomenon refers to the discursive competition between the two parties Remain vs. Leave. This research uses positioning theory with the basic assumption that discourse is the main variable which is socialized by agent and it transcends into a social reality. Discursive victory itself is determined in three eligibility indicators Referential Adequacy, Systematic Adequacy and Social Adequacy. This research applies process tracing and discourse analysis method to examine the deepening process of UK to the European Union. The result of this study indicates that the discursive competition won by the agent of the Leave group which interpreted UK national identity was not compatible with the EU identity and led to the failure of a deepening process on British integration to the EU. Quantitatively, based on the Referential Adequacy indicator, the discourse of the Remain group is higher than the Leave group especially in the final weekend before the referendum. However, based on Systematic Adequacy indicator, the Leave group is more successful in distributing its discourse to reach out to the people. Last, the Leave group is also winning because based on Social Adequacy indicator the discourse is more acceptable in society. This research contributes to the study of regionalism which provides an understanding that the dynamics within regional institutions not only can expand, but also shrink. The issue of brexit is important, because no country has ever taken the stance to get out of an advanced institution like the European Union. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51499
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tara Ferakanita
"Tulisan ini membahas bagaimana 17 postingan gambar di 9GAG menggambarkan citra iPhone terhadap kerangka pemikiran dari analitis semiotik, yang dianalisis melalui tanda-tanda dan simbol-simbol dalam gambar. Gambar-gambar tersebut menjadi sangat populer dan kontroversial di kalangan pengguna 9GAG sejak muncul dalam halaman 9GAG Hot Thread karena konten yang bersifat satir dan representatif. Tulisan ini akan menunjukkan bahwa gambar-gambar tersebut adalah media bagi pengguna 9GAG untuk menyampaikan pemikiran mereka tentang iPhone. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana citra merek digambarkan dalam postingan 9GAG untuk melawan pendapat umum bahwa gambar-gambar tersebut hanya berfungsi sebagai lelucon gambar. Untuk menganalisis masalah ini, pendekatan utama yang digunakan adalah teori semiotik Charles Sander Peirce tentang tanda-tanda dan simbol-simbol yang digunakan untuk meneliti citra rapuh iPhone, penggambaran fitur dan spesifikasi iPhone, dan citra "eksklusif" pada iPhone. Sebagai kesimpulan, analisis menunjukkan citra negatif mengenai beberapa kritik terhadap merek iPhone.

This paper examines how 17 pictures posts in 9gag represent1 iPhone's images by using semiotic analytical frameworks through the signs and the symbols in the pictures. The pictures have been very popular and controversial among 9gaggers due to their satire2 and representative content. This paper will show that the pictures are 9gaggers medium to deliver their idea about iPhone. Thus, the research aims at determining how brand images are represented in 9gag posts in order to counter the general belief that the pictures only serve as a joke. To analyse the issue, the major approach used is Charles Sander Peirce's semiotical theories on signs and symbols, which is used to scrutinise the iPhone fragility image, iPhone features and specifications image, and iPhone 'exclusive' image. As a conclusion, the analysis shows the negative images regarding some critiques against iPhone brand.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library