Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yessica Kristanti Paramita Putri
Abstrak :
ABSTRAK
Seorang anak perlu menguasai kesiapan sekolah sebelum ia masuk Sekolah Dasar. Salah satu aspek kesiapan sekolah yang perlu dikuasai adalah keterampilan sosial, khususnya perilaku terkait tugas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji efektivitas program modifikasi perilaku dengan metode social modeling dan token economy untuk meningkatkan perilaku terkait tugas di kelas anak. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini cukup efektif untuk meningkatkan perilaku terkait tugas subjek di kelas dan terdapat perbedaan yang signifikan terutama pada perilaku mengikuti instruksi verbal guru selama kegiatan di kelas dan mengarahkan pandangan mata ke arah guru selama guru mengajar.
ABSTRACT
A child should have a school readiness before entering the elementary school. The one of school readiness’ aspect that a child should mastering is a social behavior, especially task related behavior. The objective of this present research is discovering the effectiveness of a behavior modification program with social modeling dan token economy to increase task related of behavior of a child in the classroom. The research uses pretest-posttest control group design. The result shows that the program is effective to increase task related behavior on subject in the classroom and there are significance differences in following teacher’s verbal instructions during class’ activity and paying attention to the teacher when she teaches the subject. Key words : behavior modification, early childhood, school readiness,
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T39023
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library