Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yurie Rusfianie
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dari sikap, norma subyektif dan perceived behavioral control konsumen yang mengetahui produk private label sekaligus untuk mengetahui pengaruh langsung perbedaan status (perkawinan dan pekerjaan) wanita terhadap intensinya untuk membeli produk private label. Penelitian ini juga melihat faktor-faktor apa saja yang secara langsung mempengaruhi konsumen terhadap intensinya untuk membeli produk private label. Dalam penelitian ini akan dilihat mengenai salah satu bentuk ritel yakni pasar modern,sampel di dalam penelitian ini berjumlah 160 responden. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu convenience sample dimana syarat dari respondennya wanita,pernah berbelanja dan pernah mengetahui produk komoditas private label yang dijual di pasar modern tersebut. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis multiple regression dan two-way anova. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sikap, norma subyektif dan perceived behavioral control dan perbedaan status perkawinan wanita mempengaruhi intensi konsumen untuk membeli produk private label, sedangkan perbedaan status pekerjaan wanita tidak mempengaruhi intensi konsumen untuk membeli produk private label.
ABSTRACT
This study aims to determine the direct effects of attitudes, subjective norms, and perceived behavioral control and (marital and employment) status differences affect women's consumer intention to buy private label products. The study also looked at factors what directly affects consumers' intention to buy private label products. In this study will be seen on one of the forms of modern market, the sample in this study is 160 respondents. This study uses non-probability sampling technique in which the terms are convenience sample of female respondents had shopped and knew private label for commodity products that are sold in the modern market. Hypothesis testing is performed by multiple regression analysis and two-way ANOVA. The research concludes that attitudes, subjective norms, and perceived behavioral control and marital status differences affect women's consumer intention to buy private label products, while the difference in women's employment status does not affect consumer intention to buy private label products.
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yurie Rusfianie
Abstrak :
I. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian kinerja industri perdagangan ritel dengan metode Net Present Value (NPV) dan metode Economic Value Added (EVA), serta membandingkan hasil kedua metode tersebut. Untuk penulis mencoba melihat apakah metode NPV dan EVA dapat diterapkan di Indonesia dengan keterbatasan data yang ada. Penulis menghitung kedua metode tersebut dengan menjabarkan unsur-unsur perhitungan yang dipakai dalam penelitian yang terdiri dari NOPAT, FCF, Adjusted NOPAT, serta Capital Charges. Penelitian ini diharapkan berguna untuk membantu pihak manajemen ketiga perusahaan ritel (HERO, MATAHARI dan RAMAYANA) dalam mengetahui nilai lebih yang dihasilkannya. II. DATA YANG DIGUNAKAN Pendekatan penelitian dilakukan dengan mendapatkan sumber data yang berasal dari data sekunder dari Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM), untuk memperoleh data-data sebagai berikut: • Laporan keuangan ketiga perusahaan (HERO, MATAHARI dan RAMAYANA) periode 1999-2002. • JSX Monthly Statistic untuk periode Juli 1995 — Juni 2002. • Data yang digunakan untuk menentukan nilai Net Present Value (NPV) dan nilai Economic Value Added (EVA). III. ANALISIS DATA Tabel Perbandingan Hasil Perhitungan untuk ketiga perusahaan : Hero NPV 486.491 EVA 2000 EVA 2001 EVA 2002 23.690 (244.852) (433.398) Rata-rata EVA (218.187) Matahari NPV 2.018.465 EVA 2000 EVA 2001 EVA 2002 88.810 5.865 (167.728) Rata-rata EVA (24.351) Ramayana NPV 605.617 EVA 2000 EVA 2001 EVA 2002 14.256 22.526 (33 .905) Rata-rata EVA 959 Berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan nilai NPV dan EVA dan perusahaan-perusahaan tersebut menghasilkan : • Nilai NPV (asumsi perusahaan going-concern) untuk Hero, Matahari dan Ramayana menghasilkan nilai yang positi£ Dengan kata lain pihak manajemen berhasil memberikan nilai lebih kepada perusahaannya, disebabkan ketiga perusahaan cukup effisien dalam memanfaatkan asset yang dimilikinya. • Nilai EVA untuk tahun 2000 untuk Hero, Matahari dan Ramayana menghasilkan EVA yang positif. Berarti pihak manajemen berhasil memberikan nilai lebih kepada perusahaannya. Keberhasilan ditahun ini disebabkan faktor kebetulan (libur besar Lebaran 2 kali dalam satu tahun, Natal dan Tahun Ban' yang dirayakan hampir bersamaan), hal ini berhasil mendongkrak laba usaha bagi ketiga perusahaan tersebut. • Nilai EVA untuk tahun 2001 untuk Hero, Matahari dan Ramayana menghasilkan EVA yang rendah dan negatif. Berarti pihak manajemen kurang dan tidak berhasil memberikan nilai lebih bagi perusahaannya. Penyebabnya adalah kenaikan capitalized operating lease yang tinggi (biaya sewa), yang disebabkan karena ketiga perusahaan tersebut membuka outlet barn dan dipicu dengan adanya kenaikan biaya tarif dasar listrik (TDL), biaya sewa, biaya gaji karyawan. • Nilai EVA untuk tahun 2002 untuk Hero, Matahari dan Ramayana menghasilkan EVA yang negatif. Berarti pihak manajemen tidak berhasil memberikan nilai lebih bagi perusahaannya. Penyebabnya adalah karena makin merosotnya prospek ekonomi di bidang industri ritel pada tahun ini, sehingga berdampak dengan melemahnya daya beli masyarakat, akibat kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) dan Bahan Bakar Minyak (BBM). IV. KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan yang diperoleh, bahwa ketiga perusahaan sudah cukup efisien memanfaatkan aset yang mereka miliki untuk meningkatkan nilai lebih perusahaan masing-masing, namun kendala yang muncul berkaitan dengan faktor makro yaitu belum stabilnya kondisi perekonomian di Indonesia tahun 2000-2002, terutama pada industri ritel yang menyebabkan industri ini kian terpuruk.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
S19403
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library