Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Jakarta: Universitas Tarumanagara, 2002
JHUT 4:1 (2002)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh parameter komposisi tubuh yang dapat mendeteksi kecenderungan terjadinya MEP pada penderita PGK-ND. Penelitian dilakukan dengan rancangan potong lintang. Subyek penelitian terdiri dari 45 pasien PGK-ND dan 45 subyek sehat yang disepadankan jenis kelamin, usia, tinggi badan (TB) dan indeks massa tubuh (IMT). Status nutrisi dikelompokkan dalam status nutrisi kurang, normal dan lebih berdasarkan IMT, WHO, 1995. Secara antropometri massa bebas lemak (MBL), indeks-MBL (I-MBL), massa lemak (ML) dan persen ML pasien PGK-ND tidak berbeda bermakna dengan subyek sehat. Berdasarkan BIA didapatkan MBL, dan I-MBL pasien PGK-ND lebih rendah bermakna dibandingkan subyek sehat (p < 0,05). Massa bebas lemak (MBL), I-MBL dan ML pasien PGK-ND berbeda bermakna antara ketiga status nutrisi (p < 0,001). Nilai MBL, I-MBL dan ML mempunyai linearitas dengan klasifikasi status nutrisi berdasarkan uji trend analysis. Massa bebas lemak, I-MBL, ML dan persen ML PGK-ND tidak berbeda bermakna di antara ketiga stadium PGK.Terdapat derajat kesesuaian yang baik antara I-MBL dengan IMT untuk penilaian status nutrisi pasien PGK-ND. Dengan uji Receiver Operating Curve didapatkan titik potong I-MBL sebesar 14,23 kg/m2 untuk membedakan status nutrisi kurang dan baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa Indeks MBL dapat membedakan derajat status nutrisi pasien PGK-ND dan mempunyai korelasi dengan IMT. Indeks-MBL dapat digunakan sebagai prediktor untuk skrining status nutrisi pasien PGK-ND.
Abstract
The aim of this study is to obtain body composition parameters for early detection of PEM in non dialysis CKD (ND-CKD) patients. The study was carried out using the cross sectional design. The subjects of the study consist of 45 ND-CKD patients and 45 healthy subjects matched for age, gender, height and body mass index (BMI). The nutritional status of patients and healthy subjects were classified based on BMI (WHO, 1995) into low, normal and high nutritional status groups. Fat free mass (FFM), FFM-index (FFM-I) and percentage of fat mass (FM percentage) in patients measured by anthropometric technique showed no significant difference with healthy subjects. Using the BIA method, FFM and FFM-I were significantly lower in the ND-CKD patients compared to the healthy subjects (p < 0,05). Significant difference in FFM, FFM-I, FM and FM percentage was observed between the patients with different nutritional status. (p < 0,001). Trend analysis statistical test showed that there is linear correlation of FFM, FFM-I and FM with nutritional status classification. FFM, FFM-I, FM and FM percentage in ND-CKD patients were not significantly different between the three stages of CKD. There was an acceptable degree of agreement between BMI with FFM-I for nutritional assessment in ND-CKD patients. The Receiver Operating Curve test showed the cut off points of FFM-I 14.23 kg/m2 to differentiate undernutrition and normal nutritional status in ND-CKD patients. This study showed FFM-I has good correlation with BMI and can be used to differentiate degrees of nutritional status in stage 3, 4 and 5 ND-CKD patients. FFM-I considered predictor parameters for nutritional status screening in ND-CKD patients.
[Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Universitas Tarumanagara. Fakultas Kedokteran], 2008
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Eveline
Abstrak :
Career decision-making process (CDMP) merupakan keterampilan individu menentukan keputusan karir. Pada perkembangannya di masa kritis, seringkali remaja eksplorasi-transisi mengalami kesulitan menentukan tujuan karir. Dua aspek peneguh CDMP adalah identitas vokasional (IV [aspek internal]) dan keterlibatan orang tua terhadap persoalan karir remaja (aspek eksternal). Pada penelitian ini keterlibatan orang tua diselidiki melalui tiga bentuk (support, interference, lack of engagement) dari variabel parental career-related behavior (PCB). Berdasarkan penelitian terdahulu, IV remaja dalam peranannya terhadap CDMP dapat ditingkatkan melalui peranan positif orang tua. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki peranan IV sebagai mediator dalam hubungan antara PCB dan CDMP, peranan langsung IV dan PCB masing- masing terhadap CDMP, serta peranan PCB terhadap IV. Subjek mahasiswa semester 1 (~19 tahun) pada salah satu universitas swasta di Lippo Village-Tangerang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Data penelitian dianalisis dengan program SPSS Amos v.22. Hasil analisis jalur (regresi multivariat) menunjukkan model teoritis setiap bentuk PCB adalah sesuai (fit) dengan data empiris. IV berperan langsung terhadap CDMP (38.00, 32.00, dan 35.00%). Setiap bentuk PCB berperan langsung terhadap CDMP (19.00, -13.00, dan -15.00%). PCB interference dan lack of engagement berperan terhadap IV sebesar -23.00 dan -15.00%. IV setiap bentuk PCB tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan PCB dengan CDMP mahasiswa eksplorasi-transisi.
Career decision-making process (CDMP) is an individual skill in determining career decisions. During crisis development, transition-exploration adolescent may have difficulty in determining career goals. Two aspects stabilizer CDMP i.e.vocational identity ([VI], internal aspect) and parents? involvement in adolescent career issues (external aspect). This study investigated parental involvement in three forms (support, interference, lack of engagement) of the variable parental career-related behaviors (PCB). Based on previous research, the VI role to CDMP can be enhanced through the positive role parents. Therefore, this research investigated the VI role as a mediator in the PCB and CDMP relationship, each VI or PCB role directly to CDMP, and PCB role to IV. Research subjects of first semester (~19 years) students from a private university in Lippo Village-Tangerang were selected through simple random sampling. Data were analyzed with SPSS Amos v.22. Multivariate regression in path analysis showed the theoretical model of each form of PCB did fit with the empirical data. VI has a direct role to CDMP (38.00, 32.00, and 35.00%). Every form of PCB shows a direct role to CDMP (19.00, -13.00, and -15.00%). PCB interference and lack of engagement contribute to VI at -23.00 and -15.00%. VI of each PCB form shows no role as a mediator in the PCB and CDMP relationship on exploration-transition university students.
Universitas Tarumanagara. Department of Psychology, 2015
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
University Course Timetabling Problem merupakan proses penjadwalan mata kuliah di sebuah universitas yang hasilnya diusahakan seoptimal mungkin untuk tidak saling berbenturan dengan batasan-batasan dan syarat-syarat (constraints) tertentu. Dalam menentukan penjadwalan berbasis perhitungan, salah satu metode yang dapat digunakan adalah Graph Coloring. Graph Coloring merupakan merupakan metode yang paling sederhana dan dapat digunakan untuk menentukan penjadwalan yang memiliki berbagai macam constraints. Pada penelitian ini, peneliti mengusulkan pengembangan dari metode Graph Coloring yang ada untuk membuat penjadwalan mata kuliah yang optimal dengan memertimbangkan berbagai macam constraints. Pengembangan ini diujicobakan ke penjadwalan mata kuliah di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara (FTI Untar). Hasil percobaan menunjukkan bahwa pengembangan metode Graph Coloring memberikan hasil penjadwalan yang memenuhi rata-rata 93% seluruh constraints yang ditentukan. Rata-rata 7% pelanggaran constraints dikarenakan keterbatasan jumlah ruang dan total slot waktu kuliah, serta permintaan jadwal tertentu oleh dosen.
Abstract
University Course timetabling problem is the process of scheduling courses at a university whose results are optimally arranged to not collide with the limits and conditions (constraints) specified. In determining the scheduling komputatif, one method that can be used is the Graph Coloring. Graph Coloring is the simplest method and can be used to determine which have a variety of scheduling constraints. In the present study, the researcher proposes the development of the existing methods of Graph Coloring to make optimal scheduling of courses taking into account various constraints. This development was tested to the scheduling of courses in the Faculty of Information Technology University Tarumanagara (FTI Untar). The experimental results show that the development of methods of Graph Coloring deliver results that meet the scheduling of an average 93% of all the specified constraints. Average of 7% violation constraints due to limitations of space and the total number of time slots in college, and request a specific schedule by the lecturer.
[Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Universitas Tarumanagara. Fakultas Teknologi In formasi], 2011
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tony
Abstrak :
Pertandingan sepak bola antar robot merupakan salah satu tantangan dalam dunia robotika yang diselenggarakan untuk dapat lebih mengembangkan robotika dan kecerdasan buatan serta sebagai ajang bertukar ilmu bagi para peneliti di seluruh dunia. Hal ini mendorong penulis merancang sebuah strategi untuk pertandingan sepak bola antar robot. Strategi dibuat dengan menggunakan konsep koordinat untuk merepresentasikan posisi robot dalam lapangan. Kemudian strategi diuji dan dianalisis untuk menentukan kinerja strategi dalam berbagai situasi.

Inter-robot soccer game is one of the challenges in the world of robotics that is held to develop robotics and artificial intelligence and as well as a forum for researchers to exchange knowledge across the world. This encouraged the authors to design a strategy for inter-robot soccer game. Strategies are made using the concept of coordinates to represent the robot position in the field. Then the strategy is tested and analyzed to determine the performance of strategies in different situations.
[Universitas Tarumanagara, Fakultas Teknologi Informasi,, Universitas Tarumanagara. Fakultas Teknologi Informasi], 2010
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta UPT Penerbit Universitas Tarumanagara 1993,
923.43 R 24
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
tertiary education has a goal which consists mainly of learning to live and learning to acquire knowledge. different nation may have its own emphasis and priority in accordance to the heritage and characteristic of the nation. recently university also receives clear messages from the United Nation concerning human rights and environment which have to be included in the goal of the tertiary, education, learning in the university has a system, prerequisites, and programmes which have to be comprehended by students.
Jakarta: UPT Pusat Sumberdaya Belajar Universitas Tarumanagara,
607 AKD
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Eveline
Abstrak :
Career decision-making process (CDMP) is an individual skill in determining career decisions. During crisis development, transition-exploration adolescent may have difficulty in determining career goals. Two aspects stabilizer CDMP i.e.vocational identity ([VI], internal aspect) and parents’ involvement in adolescent career issues (external aspect). This study investigated parental involvement in three forms (support, interference, lack of engagement) of the variable parental career-related behaviors (PCB). Based on previous research, the VI role to CDMP can be enhanced through the positive role parents. Therefore, this research investigated the VI role as a mediator in the PCB and CDMP relationship, each VI or PCB role directly to CDMP, and PCB role to IV. Research subjects of first semester (~19 years) students from a private university in Lippo Village-Tangerang were selected through simple random sampling. Data were analyzed with SPSS Amos v.22. Multivariate regression in path analysis showed the theoretical model of each form of PCB did fit with the empirical data. VI has a direct role to CDMP (38.00, 32.00, and 35.00%). Every form of PCB shows a direct role to CDMP (19.00, -13.00, and -15.00%). PCB interference and lack of engagement contribute to VI at -23.00 and -15.00%. VI of each PCB form shows no role as a mediator in the PCB and CDMP relationship on exploration-transition university students.

Career decision-making process (CDMP) merupakan keterampilan individu menentukan keputusan karir. Pada perkembangannya di masa kritis, seringkali remaja eksplorasi-transisi mengalami kesulitan menentukan tujuan karir. Dua aspek peneguh CDMP adalah identitas vokasional (IV [aspek internal]) dan keterlibatan orang tua terhadap persoalan karir remaja (aspek eksternal). Pada penelitian ini keterlibatan orang tua diselidiki melalui tiga bentuk (support, interference, lack of engagement) dari variabel parental career-related behavior (PCB). Berdasarkan penelitian terdahulu, IV remaja dalam peranannya terhadap CDMP dapat ditingkatkan melalui peranan positif orang tua. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki peranan IV sebagai mediator dalam hubungan antara PCB dan CDMP, peranan langsung IV dan PCB masingmasing terhadap CDMP, serta peranan PCB terhadap IV. Subjek mahasiswa semester 1 (~19 tahun) pada salah satu universitas swasta di Lippo Village-Tangerang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Data penelitian dianalisis dengan program SPSS Amos v.22. Hasil analisis jalur (regresi multivariat) menunjukkan model teoritis setiap bentuk PCB adalah sesuai (fit) dengan data empiris. IV berperan langsung terhadap CDMP (38.00, 32.00, dan 35.00%). Setiap bentuk PCB berperan langsung terhadap CDMP (19.00, -13.00, dan -15.00%). PCB interference dan lack of engagement berperan terhadap IV sebesar -23.00 dan -15.00%. IV setiap bentuk PCB tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan PCB dengan CDMP mahasiswa eksplorasi-transisi.
Universitas Tarumanagara. Department of Psychology ; Universitas Pelita Harapan. Departement of Food Technology , 2015
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Heni Mularsih
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran (kooperatif dan individual) dan tipe kepribadian (ekstrover dan introver) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan desain faktorial 2 x 2 dengan sampel 48 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran individual, (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang berkepribadian ekstrover dan introver, (3) terdapat interaksi yang positif antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian siswa pada hasil belajar bahasa Indonesia, (4) hasil belajar siswa yang ekstrover, yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada mengikuti strategi pembelajaran individual, (5) hasil belajar siswa yang introver, yang mengikuti strategi pembelajaran individual lebih tinggi daripada mengikuti strategi pembelajaran kooperatif. Simpulannya, strategi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan mempertimbangkan tipe kepribadian siswa.

The objective of the research is to study the effect of the instructional strategies (cooperative and individual learning) and personality types (extrovert and introvert) on the outcome of students on learning Indonesian language. The research employed the experimental method with 2 x 2 factorial design on a sample of 48 students, conducted at the secondary school in Tangerang City. The result of the research shows that: (1) the outcome of students learning following the instruction with cooperative strategy are higher than those following individual instruction, (2) there are no significant differences of learning outcome between the students having extrovert type and introvert type of personality, (3) there is a significant interaction effect between the instructional strategy and the personality type on the secondary school outcome of the students learning Indonesian language, (4) the outcome of extrovert type students learning, following the instruction with cooperative strategy are higher than those following individual instruction, (5) the outcome of introvert type students learning, following the instruction with individual strategy are higher than those following cooperative instruction. In conclusion, the instructional strategy can increase the outcome of students learning Indonesian language by considering the students’ personality type.
Universitas Tarumanagara. Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum (UPT MKU), 2010
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>