Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9839 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Joice Erha Juliet Bakara
"ABSTRAK
Karya akhir ini menggambarkan pengaruh ekonomi makro, return pasar dan lHPB yang mempengaruhi return saham perdagangan, yang dapat berguna bagi pihak yang ingin mengetahui informasi mengenai saham perdagangan yang ada di BEJ, oleh sebab itu dalam penelitian ini menggunakan data variabel makro, return pasar yang di wakili oleh IHSG dan IHPB yang mewakili karakteristik dari perdagangan.
Variabel ekonomi makro yang di gunakan dalam penelitian ini meliputi perubahan nilai tukar dollar AS terhadap rupiah, tingkat SBI untuk satu bulan, Jumlah Uang Beredar (M2) dan perubahan tingkat inflasi, sedangkan variabel pasar di wakili oleh IHSG dan variabel lainnya yang di ikutkan adalah IHPB. Penelitian ini menggunakan 15 saham perdagangan, yaitu AKRA, EPMT, HEXA, INTA, INTO, LTLS, MORN, TGKA, TURI, UNTR, SOPC, TIRA, WICO, KONI, TMPI.
Penelitian ini menggunakan regresi melalui empat tahapan. Pertama, regresi untuk melihat pengaruh pasar, yang di wakili oleh IHSG, Kedua regresi untuk melihat . pengaruh IHSG dengan variabel ekonomi makro. Ketiga, regresi untuk melihat pengaruh IHSG dengan IHPB. Keempat, regresi untk melihat pengaruh bersama- sama variabel ekonomi makro, IHSG dan IHPB.
Berdasarkan basil penelitian di peroleh bahwa variabel independent di atas mempunyai pengaruh beragam terhadap kinerja saham perdagangan, tidak semua variabel independent mempunyai pengaruh terhadap return saham perdagangan, sebagian tidak berpengaruh terhadap return saham perdagangan, di mana variabel tersebut yang bervariasi, ada yang berpengaruh negative dan ada juga yang berpengaruh positif.
Akhirnya untuk lebih akuratnya penelitian ini penulis menyarankan agar dilakukan penelitian lanjutan yang membedah lebih detail mengenai saham perdagangan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Imaduddin
"ABSTRAK
Iklan merupakan salah satu alat dari komunikasi pemasaran yang paling sering
digunakan oleh pemasar dalam berkomunikasi dengan konsumen. Namun membuat
konsumen menyukai merek yang diiklankan dan bahkan membuat konsumen tertarik/
pay attention terhadap iklan itu sendiri merupakan hal yang cukup sulit.
Humor seringkali digunakan dalam eksekusi iklan dimana penggunaan tersebut
dimaksudkan untuk dapat menarik perhatian kosnumen dan kemudian menyukai
iklannya dan menyukai merek yang diiklankan/ positive Attitude Toward The Brand.
Namun kemudian timbul pertanyaan apakah penggunaan unsur humor tersebut memang
efektif dalam membangun Attitude Toward The Brand/AAB yang positif. Dan
kemudian timbul pertanyaan lagi apakah unsur humor dalam iklan tersebut efektif
dalam membangun AAB untuk semua kategori produk baik itu high ivolvement product
maupun low involvement product.
Penelitian ini dimaksudkan untuk memberi gambaran yang mendekati mengenai
pengaruh unsur humor dalam iklan terhadap Attitude Toward The Ad dan Attitude
Toward The Brand untuk kategori produk yang berbeda. Penelitian ini merupakan
sebuah penelitian eksperimen degan menggunakan 94 orang mahasiswa MMUI kelas
pagi sebagai responden. Sebagai independent variable adalah unsur humor dan unsur
non humor dalam iklan untuk kategori produk high involvement dan low involvement
sementara dependent variables adalah Attitude Toward The Ad dan Attitude Toward The Brand. Sementara untuk kategori produk high involvement digunakan produk hand phone dan untuk kategori produk low involvement digunakan shampoo. Dan jenis iklan yang digunakan adalah iklan media cetak/ print ad.
Dengan menggunakan ANOVA sebagai salah satu metode analisa maka didapatkan hasil bahwa penggunaan unsur humor dalam iklan memang cenderung untuk mempunyai AAD dan AAB yang lebih positif dibandingkan dengan penggunaan unsur non humor ( tanpa melihat kategori produk ). Namun jika melihat kategori produk maka penggunaan unsur humor dalam iklan akan menciptakan AAD dan AAB yang lebih positif untuk kategori produk low involvement.
Hal tersebut dipengaruhi oleh karakteristik produk low involvement dimana konsumen hanya mempunyai informasi yang mmtm untuk membanding - bandingkannya dengan merk lain sehingga peranan iklan yang menarik membuat
konsumen tertarik dan menyukai iklannya menjadi hal yang sangat penting ( Low
involvemnt purchase process ).
Sementara itu untuk produk high involvement, penggunaan unsur humor dalam
iklan tidak serta merta terbukti dapat membentuk AAD dan AAB yang lebih positif
dibandingkan dengan pengunaan unsur non humor. Untuk high involvement product
berlaku standard learning hierarchy dimana konsumen akan mencari informasi
sebanyak - banyaknya tentang sebuah produk/ merek sehingga komunikasi feature lebih
dominan dibandingan dengan message approach-nya.
Kemudian ditemukan hal lain yaitu peranan AAD sebagai mediator atas
pengaruh unsur humor dalam iklan terhadap AAB dimana unsur humor tersebut tidak
mempengaruhi AAB secara langsung tetapi melalui AAD. Hal ini diperoleh dengan
melakukan analisa regresi.
"
2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M.A. Endang Tatiana K.
"Hasil survey di majalah SWA bulan Oktober 2003 yang dilakukan bekerja sama dengan lembaga riset independen, MARS, mendudukkan MMUI di peringkat teratas sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Namun untuk tingkat dunia, atau bahkan Asia-Pasifik, MMUI belum dapat bersaing dengan sekolah bisnis mancanegara. Dengan alasan inilah, maka MMUI harus senantiasa meningkatkan dan memperbaiki mutu berbagai aspek di dalamnya, baik aspek kurikulum, dosen, fasilitas, maupun aspek lulusannya.
Untuk mengukur kualitas lulusan, salah satu acuan yang umum digunakan adalah prestasi akademik yang biasanya diwujudkan dalam bentuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Ada berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi akademik seseorang. Di antara banyak faktor yang mempengaruhi prestasi akademik tersebut, ada dua faktor yang memberikan sumbangan yang terbesar pada baik atau buruknya prestasi akademik seseorang, yaitu faktor kecerdasan/ potensi akademik dan faktor gaya belajar (Howe, 1.986). Gaya belajar yang paling efisien dan dapat meningkatkan prestasi akademik adalah gaya belajar yang sesuai dengan tuntutan tugasnya, atau dengan kata lain sesuai dengan bidang pendidikannya.
Penelitian ini membedah prestasi akademik mahasiswa MMUI, yang dicerminkan oleh nilai IPK, dari sudut pandang kedua faktor tersebut. Faktor kecerdasan/ potensi akademik dicerminkan oleh nilai TP A (Tes Potensi Akademik), sedangkan gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya belajar menurut David A. Kolb, yang terdiri dari 4 (empat) gaya belajar, yaitu: convergent, divergent, assimilation dan accomodative. Pada penelitian ini akan dilihat pengaruh kesesuaian keempat gaya belajar tersebut dengan bidang pendidikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Selain itu juga diteliti hubungan antara gaya belajar dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu: tipe kepribadian dan pekerjaan saat ini.
Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa MMUI Program Reguler angkatan 2004, baik mahasiswa pagi maupun malam. Jumlah sampel yang digunakan adalah 99 responden yang dipilih dengan metode non-probability sampling. Sedangkan penelitian dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner yang bersifat self- administered. Data primer yang diperoleh kemudian diolah menggunakan GLM-Univariate dan Correspondence Analysis.
Dari proses analisis diperoleh kesimpulan bahwa potensi akademik, dalam hal ini nilai TP A, seeara signifikan berpengaruh positif pada prestasi akademik mahasiswa yang dicerminkan oleh nilai IPK. Mahasiswa dengan nilai TP A yang tinggi cenderung memiliki nilai IPK yang tinggi. Demikian pula sebaliknya, mahasiswa dengan nilai TP A yang rendah cenderung memiliki nilai IPK yang rendah pula. Sedangkan gaya belajar berpengaruh pada prestasi akademik mahasiswa pada batas signifikansi marginal, artinya hanya ada gaya belajar tertentu saja yang sesuai dengan bidang pendidikan tertentu yang akan berpengaruh positif pada prestasi akademis seseorang. Gaya belajar yang sesuai dengan bidang pendidikan seseorang dan berhubungan dengan nilai IPK yang tinggi adalah convergent-keuangan dan accomodative-pemasaran. Dengan kata lain individu dengan gaya belajar convergent yang memilih bidang keuangan dan individu dengan gaya belajar accomodative yang memilih bidang pemasaran lah yang dapat berprestasi seeara optimal di MMUI.
Kesimpulan lain yang diperoleh dari analisis adalah bahwa individu dengan gaya belajar convergent cenderung memiliki tipe kepribadian ISTJ, ESTJ, ENTJ dan ESTP. Individu ini eenderung bekerja di bidang teknik, riset dan IT. Sedangkan individu dengan gaya belajar accomodative eenderung memiliki tipe kepribadian ENTP dan ENFJ, serta dapat berasal dari Jatar belakang pekerjaan yang beragam. Walaupun gaya belajar yang sesuai dengan bidang pendidikan seseorang dan berhubungan dengan nilai IPK yang tinggi adalah convergent-keuangan dan accomodative-pemasaran ternyata bidang pendidikan yang berkorespondensi dengan nilai IPK yang tinggi tidak hanya keuangan dan pemasaran, melainkan keuangan, pemasaran, SDM dan operasional. Oleh karena itu pihak MMUI juga tidak dapat mengabaikan begitu saja bidang pendidikan yang lain.
Dari kesimpulan yang telah ditarik, peneliti memberikan beberapa saran bagi Manajemen MMUI, yaitu : nilai TP A dapat dipertahankan sebagai salah satu persyaratan bagi calon mahasiswa untuk masuk MMUI. Demikian pula halnya gaya belajar dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menjaring eaton mahasiswa. Untuk memperoleh mahasiswa dengan nilai IPK yang tinggi, MMUI dapat memprioritaskan ealon mahasiswa dengan gaya belajar convergent yang memilih bidang pendidikan keuangan dan calon mahasiswa dengan gaya belajar accomodative yang memilih bidang pendidikan pemasaran, karena kedua kelompok mahasiswa ini lah yang mampu berprestasi secara optimal di MMUI.
Selain didasarkan pada gaya belajar, proses penyaringan mahasiswa juga dapat didasarkan pada tipe kepribadian dan bidang pekerjaannya, yaitu: tipe kepribadian ISTJ, ESTJ, ENTJ, ESTP dan bidang pekerjaan teknik, riset dan IT untuk bidang keuangan. Dan tipe kepribadian ENTP dan ENFJ untuk bidang pemasaran, sedangkan bidang pekerjaannya dapat beragam. Untuk memotret gaya belajar dan tipe kepribadian calon mahasiswa, MMUI dapat menggunakan kuesioner LSI (Learning Style Inventory) dan PSI (Personal Style Inventory).
Saran lain yang disampaikan adalah mempertahankan kurikulum yang sudah dititikberatkan pada tahap belajar active experiment (AE), seperti: studi kasus, praktek lapangan/ magang, dll. Dan memperbaiki kurikutum yang belum dititikberatkan pada tahap belajar tersebut. Selain itu pemilihan dosen diutamakan yang mampu menonjolkan tahap belajar active experiment (AE), atau dosen yang sudah ada dikembangkan agar mampu menonjolkan tahap belajar active experiment (AE), misalnya dengan mengikuti kursus studi kasus."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T13473
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yolanda Indah Permatasari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh variabel ekonomi makro,return pasar dan Export Import terhadap kinerja return saham farmasi,kosmetik dan peralatan rumah tangga di bursa efek Jakarta.Variabel ekonomi makro yang digunakan meliputi perubahan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah ,tingkat suku bunga sertifikat bank Indonesia (SBI) untuk satu bulan jumlah uang beredar (M2) dan perubahan tingkat inflasi. Sedangkan variabel pasar diwakili oleh IHSG BEJ. Sementara Export dan Import sebagai variabel yang mewakili industry.
Analisa mengggunakan model regresi berganda yang dilakukan melalui empat tahapan,yaitu pertama regresi untuk melihat pengaruh pasar ,kedua regresi untuk melihat pengaruh pasar dengan variabel ekonomi makro. Ketiga regresi untuk melihat pengaruh pasar, dan Export Import saham farmasi, peralatan rumah tangga, dan kosmetik,dan keempat regresi untuk melihat pengaruh bersama-sama variabel ekonomi makro,pasar dan Export Import.
Tehnik pengambilan sample ini dilakukan dengan menggunakan 15 saham Farmasi, Kosmetik, dan Peralatan Rumah Tangga. Kelima belas saham itu adalah Dankos Laboratiries (DNKS), Bristolmyers Squibb Indonesia (SQBI), Bayer Indonesia (BYSP), Darya Laboratoria (DVLA), Bayer Indonesia (BYSB), Scering Plough Indonesia (SCPI), Tempo Scan Pasific (TSPC), Merck (MERK), Kalbe Farma (KLBF), Kedawung Setia Industrial (KOSI), Kedaung Indah Can (KICI), Langgeng Makmur Plasic 1 (LMPI), Mandom Indonesia (TCID), Unilever Indonesia (UNVR), Mustika Ratu (MRA T). Berdasarkan basil pengolahan data yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel-variabel independen tersebut memiliki pengaruh yang beragam terhadap kinerja saham Farmasi,Kosmetik, dan Peralatan Rumah Tangga. Dimana sebagian ada yang membawa pengaruh positif, ada pula yang negatif."
2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Supraktikno Rahardjo
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adrie Kafa Adinus
"Overreaction merupakan fenomena menarik yang terjadi di pasar modal, khususnya pasar saham. Pembuktian terjadinya overreaction ini menjadi tantangan bagi hipotesis efisiensi pasar modal (efficient market hypothesis) atau EMH yang diperkenalkan oleh Eugene Fama pada tahun 1970. Efisiensi bentuk lemah (weak-form efficiency) mengatakan bahwa data historis seperti harga saham masa lalu tidak dapat digunakan untuk menghasilkan profit yang signifikan. Hasil empiris penelitian overraction membantah hipotesis ini. Penelitian overreaction di pasar modal pertama kali dipelopori oleh Werner F. M. DeBondt dan Richard Thaler pada tahun 1985 yang meneliti perilaku pasar modal Amerika. Penelitian ini membuktikan bahwa harga saham historis dapat digunakan untuk menghasilkan profit dalam berinvestasi saham di pasar modal. Penelitian pada pasar modal Amerika memberikan bukti bahwa saham-saham yang memiliki tingkat pengembalian rendah (saham-saham loser) memiliki kinerja yang lebih tinggi di masa depan bila dibandingkan dengan saham-saham yang memiliki tingkat pengembalian tinggi (sahamsaham winner). Akibatnya, investor dapat memanfaatkan anomali ini dengan membeli saham-saham loser dan menjual saham-saham winner untuk memperoleh profit yang maksimal. Strategi investasi ini dikenal dengan sebutan strategi kontrarian.
Beberapa penelitian mengenai overreaction kemudian berkembang di negaranegara lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gejala overreaction juga terjadi pada pasar modal di Indonesia, khusunya di Bursa Efek Jakarta. Sebab, kalau fenomena ini terjadi, maka berarti para investor yang 'bermain' saham di BEJ dapat melakukan strategi kontrarian untuk meraih profit yang sebesar-besarnya, sekaligus memperbesar kritik kepada teori EMH.
Penelitian ini rnenggunakan rnetode yang digunakan oleh DeBondt dan Thaler. Bedanya, data yang digunakan merupakan data harian, bukan data bulanan seperti yang digunakan DeBondt dan Thaler. Periode replikasi yang digunakan juga lebih singkat, yaitu tiga bulanan dan satu tahunan. Selain itu, saham yang diteliti hanya terbatas pada saham-saham perusahaan yang bergerak di industri barang konsumsi, khususnya industri makanan dan minuman, rokok dan farmasi. Diharapkan, dengan menggunakan data harian dalam rentang waktu pendek (short horizon), dan pembatasan pada saham industri tertentu, fenomena overreaction dapat dilihat secara mikro.
Hasil akhir dari penelitian ini rnenunjukkan bahwa pada kurun waktu 2001 sampai 2003, belum terlihat adanya gejala overreaction di BEJ, khususnya di sektor barang konsurnsi. Kondisi yang mendekati hipotesis overreaction hanya terjadi pada sebagian kecil replikasi sehingga tidak menunjukkan adanya konsistensi di sepanjang periode penelitian dan memiliki tingkat signifikansi yang rendah. Hal lain yang dapat diamati adalah bahwa hasil penelitian dengan replikasi satu tahunan cenderung lebih mendekati hipotesis overreaction dibandingkan dengan penelitian yang menggunakan replikasi tiga bulanan. Berarti untuk sementara dapat disimpulkan bahwa gejala overreaction dapat diperjelas dengan rnemperpanjang periode replikasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dikatakan bahwa para investor belum dapat melakukan strategi kontrarian, khususnya pada saham-saham industri barang konsumsi di BEJ. Hasil ini kemungkinan dapat disempurnakan dengan menggunakan metode lain, seperti yang dipakai oleh Conrad-Kaul, Boebel-Carson, ataupun Agus Sartono."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mega Indah Pertiwi
"Perubahan regulasi dan perkembangan teknologi yang begitu cepat, meningkatkan persaingan dalam industri telekomunikasi. PT TELKOM yang dulunya memonopoli pengelolaan bisnis telekomunikasi domestik, harus siap berkompetisi untuk mempertahankan dominasi market.
Dalam rangka memenangkan persaingan PT TELKOM telah merumuskan kembali visi, misi, dan tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan ini selanjutnya dijabarkan dalam bentuk target kinerja usaha yang harus dicapai, dan didistribusikan (deploy) kepada seluruh jajaran PT TELKOM secara berjenjang. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan adalah dengan memberdayakan inovasi sebagai basil dari proses perbaikan berkelanjutan yang dilakukan oleh karyawan baik secara berkelompok dalam bentuk GKM (Gugus Kendali Mutu) dan PKM (Proyek Kendali Mutu) maupun perorangan.
Namun sayangnya sistem pengelolaan inovasi di tingkat KANDATEL saat ini belum sempurna. Pengelolaan inovasi saat ini, baru berorientasi kepada kuantitas dari inovasi yang dihasilkan setiap tahunnya, belum kepada impact implementasi inovasi terhadap kinerja usaha.
Berdasarkan latar belakang yang ada, karya akhir ini mencoba menjawab apakah tatacara penilaian inovasi saat ini dapat diberdayakan untuk mendukung pencapaian kinerja usaha. Upaya mencari jawaban tersebut dirumuskan dalam tiga permasalahan pokok, yaitu Apakah tatacara penilaian inovasi saat ini sudah dapat digunakan untuk mengukur dampak implementasi inovasi terhadap kinerja usaha ? Jika belum, aspek penilaian dan dimensi apa saja yang sebaiknya digunakan ? Dan bagaimana mengelola inovasi pasca standarisasi agar dapat mendukung pencapaian tujuan perusahaan?
Karya akhir ini mempunyai tiga maksud. Pertama, melakukan analisis terhadap tatacara penilaian inovasi tingkat KANDA TEL saat ini. Kedua, mengusulkan penyempurnaan tatacara penilaian inovasi di tingkat KANDA TEL. Dan ketig~ merekomendasikan action steps dalam mengelola inovasi pasca standarisasi.
Pembahasan karya akhir ini dibatasi pada lingkup penilaian dan pengelolaan inovasi basil GKM tingkat KANDATEL di DIVRE II, dengan objek penelitian KANDATEL Jakarta Barat. Pelaksanaan penilaian dan pengelolaan inovasi tingkat KANDATEL di DIVRE II relatif sama.
Dari basil penelitian di lapangan terhadap tatacara penilaian inovasi tingkat KANDATEL saat ini, ditemukan 4 (empat) kelemahan dari tatacara penilaian inovasi tersebut. Pertama, Aspek penilaian inovasi sebagian besar hanya menilai kemampuan inovator membuat inovasi. Aspek penilaian seperti ini dilatar belakangi upaya untuk membudayakan GKM di lingkungan perusahaan serta untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan karyawan dalam pelaksanaan pengendalian mutu. Kedua, Inovasi saat ini bam secara implisit mendukung kinerja usaha. Hal ini disebabkan pada saat membuat suatu inovasi, para inovator tidak langsung mengarahkan tujuan pembuatan inovasi kepada pencapaian indikator kinerja usaha tertentu, melainkan kepada indikator QCDSMR (Quality, Cost, Delivery, Safety, Morale, dan Revenue). Ketig~ Penilaian inovasi belum melibatkan pelanggan. Berdasarkan penelitian terhadap inovasi yang sudah distandarisasi pada tahun 2002 dan 2003, ditemukan hanya 1% dari total inovasi yang penilaiannya melibatkan pelanggan. Keempat, Penilaian inovasi hanya dilakukan sebelum standarisasi. Sedangkan mekanisme untuk mengukur implementasi inovasi tersebut pasca standarisasi Belum ada.
Berdasarkan analisis di atas, tatacara penilaian inovasi ini perlu disempumakan dengan menggunakan 2 (dua) aspek penilaian. Pertama, Aspek penilaian pelanggan dengan menggunakan dimensi kepuasan pelanggan. Pemilihan aspek penilaian ini dengan pertimbangan sasaran dari program perbaikan berkelanjutan adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan. Aspek kepuasan pelanggan meliputi pengukuran 10 (sepuluh) dimensi mutu, yaitu reliability, timelines and convinience, completeness, accuracy, responsiveness, courtecy, accessibility, aesthetics, consistency, dan performance. Dan kedua, Aspek penilaian kinerja usaha, dengan pertimbangan mendukung kebijakan perusahaan dalam memberdayakan inovasi. Aspek penilaian kinerja usaha meliputi 6 (enam) atribut penilaian, yaitu jumlah indikator kinerja usaha yang dipengaruhi, peningkatan kinerja usaha yang terjadi, pengaruh negatif terhadap indikator kinerja lainnya, peningkatan kinerja unit yang menjadi pelanggan internal, efisiensi yang terjadi, dan percepatan proses kerja.
Berdasarkan surat Keputusan Direksi nomor 25/PS.150/CTG-20/2003 tentang Sistem Pengelolaan Inovasi, inovasi saat ini dibagi atas 4 (empat) jenis yaitu temuan bam, rekayasa ulang, standar proses baru, dan kiat manajemen. Oleh karena itu, tatacara penilaian inovasi sebaiknya dibedakan antara keempat jenis inovasi yang ada.
Pengelolaan inovasi pasca standarisasi saat ini di tingkat KANDATEL belum diatur mekanismenya. Oleh karena itu, pada karya akhir ini juga diusulkan penyempurnaan pengelolaan inovasi pasca standarisasi dengan langkah-langkah sebagai berikut: mengatur mekanisme diseminasi inovasi, melakukan penilaian inovasi pasca standarisasi, melibatkan manajemen dalam mengelola inovasi yang telah distandarisasi, dan meningkatkan komitmen karyawan dan evaluator dalam mengelola inovasi melalui pemberian reward dan kompensasi."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Martono
"ABSTRAK
PT Asuransi AIU Indonesia telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1970. dan
telah menawarkan berbagai macam perlindungan asuransi kerugian untuk masyarakat
Indonesia. Untuk memasarkan produk-produknya, AIU Indonesia membentuk suatu
keagenan dimana agen disini bertindak sebagai penghubung yang mewakili AIU dalam
memasarkan produk asuransi.
Untuk lebih meningkatkan kontribusi dari keagenan (terutama untuk produk produk individual), maka pada tahun 1998 dibentuklah suatu keagenan yang baru dimana AIU Indonesia bisa memberikan kontrol terhadap keagenan yaitu dengan keagenan yang ekslusif.
Rencana implementasi keagenan yang baru ini diambil dari implementasi keagenan yang telah dijalankan di beberapa Negara terutama di Asia dan disesuaikan dengan kondisi Indonesia pada saat itu (tahun 1995). Rencana implementasi ini diberi nama "AIU Indonesia Agency Implementation Plan".
Pada pelaksanaannya diindikasikan bahwa keagenan ini tidak sesuai dengan rencana implementasinya, sehingga hasil yang dicapai jauh di bawah rencana. Dari kondisi yang seperti itu dilihatlah hal-hal apakah yang menyebabkan hasil implementasi tidak sesuai dengan rencana implementasinya. Kemudian dicari hal-hal apakah yang diperlukan untuk memperbaiki keagenan AIU Indonesia ini.
Tujuan utama dari dibentuk suatu keagenan yang baru ini (disebut sebagai "Career Agency") adalah untuk mengembangkan keagenan yang profesional yang akan bertumbuh dengan sangat cepat dan akan memberikan kontribusi yang siknifikan bagi perolehan premi AIU Indonesia.
Ada beberapa hal yang menyebabkan hasil implementasi tidak sesuai dengan rencana implementasinya, yaitu antara lain adalah adanya faktor ekstemal yang mempengaruhi keagenan ini yaitu teijadinya krisis moneter pada saat keagenan ini mulai diimplementasikan; juga dengan banyaknya pesaing sesama asuransi kerugian di Indonesia. Hal yang lain yang bisa dimasukkan dalam faktor internal antara lain adalah terjadinya kegagalan dalam pelaksanaan secara penuh sistem keagenan AIU Indonesia, ini disebabkan banyak hal antara lain struktur organisasi keagenan tidak sesuai dengan rencana implementasi, kurangnya tingkat. kontrol aktivitas para agen, dan tidak dilakukannya pekerjaan administrasi yang mendukung aktivitas para agen.
Rekomendasi yang dikemukakan adalah dengan menggunakan sumber daya manusia yang sesuai dengan rencana implementasi, menempatkan tenaga ahli dalam bidang keagenar.. yang memiliki pengalaman keberhasilan penanganan keagenan, lebih mengefektifkan penggunaan alat kontrol, diberikannya insentif yang dikaitkan dengan aktivitas administrasi yang mendukung kegiatan keagenan dan proses penjualan, dan tidak lupa didukung pula dengan adanya produk-produk yang inovatif untuk memenangi persaingan yang sangat ketat.
Keterbatasan yang ada dalam tulisan ini adalah belum adanya persepsi dari para
agen mengenai keagenan ini. Hal ini dapat menjadi saran untuk penelitian lanjutan
dimana di dalam penelitian melibatkan persepsi dari para agen sehingga akan didapatkan
suatu tulisan yang lebih mendalam mengenai keagenan ini.
"
2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>