Luka tekan adalah kerusakan terlokalisir pada bagian kulit atau jaringan dibawahnya sebagai akibat dari tekanan dan gesekan yang terus menerus sehingga terjadi iskemia, nekrosis, yang dapat meluas secara radial hingga lapisan jaringan yang lebih dalam. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pemenuhan kebutuhan pada anak yang mengalami kerusakan integritas kulit melalui penerapan reposisi dengan pendekatan Teori Kenyaman Kolcaba. Terdapat lima kasus anak yang dirawat di ruang infeksi yang diberikan asuhan keperawatan dengan pendekatan Teori Kenyamanan Kolcaba. Aplikasi Teori Kenyamanan Kolcaba dapat menjamin kenyamanan pada anak yang mengalami kerusakan integritas kulit melalui empat konteks kenyamanan yaitu kenyamanan fisik, psikospiritual, lingkungan, dan sosiokultural. Penerapan reposisi setiap 2 jam terbukti efektif terhadap peningkatan skor Braden Q dan mencegah terjadinya luka tekan pada anak. Perawat diharapkan mampu melakukan deteksi dini terhadap kerusakan integritas kulit menggunakan Skala Braden Q dan menerapkan reposisi setiap 2 jam pada anak dengan tetap memperhatikan kenyamanan anak untuk meningkatkan kualitas hidup pada anak yang mengalami kerusakan integritas kulit.
A pressure injury is localized damage to the skin or tissue beneath as a result of continuous pressure and friction wgich lead to ischemia and necrosis. This injury may extend radially to a deeper layer of the tissue. The purpose of this paper is to provide an overview of needs fulfillment of the children who have damaged skin integrity through the application of repositioning and integrate the Kolcaba Theory of Comfort. There were five cases of children treated in the infectious room who were given nursing care with the Kolcaba’s Comfort Theory. The Application of Kolcaba’s Comfort Theory can ensure comfort in a child who has damaged skin integrity according to four comfort contexts: physical, psychospiritual, environmental, and sociocultural comfort. The application of repositioning every two hours proved effective against increase Braden Q scores and preventing the occurrence of pressure injury in children. Nurses are expected to be able to detect early damage of the skin integrity using the Braden Q Scale and apply the reposition every two hours as well as paying attention to the child's comfort to improve the quality of life in children who have damaged skin integrity.
"
Kemoterapi adalah salah satu pengobatan kanker yang memiliki efek samping immunosupressan yang menekan sistem imun tubuh sehingga tubuh mudah terinfeksi. Pendekatan teori yang dapat diaplikasikan pada anak kanker adalah teori caring Swanson. Konsep teori caring Swanson menyerupai dengan alur proses keperawatan. Karya Ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi teori keperawatan Caring Swanson pada anak dengan kanker yang mengalami masalah risiko penyebaran infeksi. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Kebutuhan pada 5 kasus kelolaan dikaji berdasarkan lima konsep caring Swanson yaitu knowing yaitu pengkajian dan diagnosa keperawatan. Pengkajian yang dapat dilakukan menggunakan instrumen “telephone triage oncology” versi Indonesia untuk mengetahui secara cepat masalah pada anak kanker. Intervensi keperawatan diberikan dengan melakukan doing for, being with, enabling dan maintaining belief. Evaluasi tindakan dilakukan berdasarkan nursing outcome sesuai dengan diagnosa keperawatan yang telah ditegakkan. Hasil studi aplikasi teori caring Swanson pada anak kanker yang mengalami risiko penyebaran infeksi berdampak pada kepuasan pasien dan keluarga atas pelayanan keperawatan yang telah diberikan.
Kata Kunci: Kanker, risiko penyebaran infeksi, Teori Caring Swanson
Chemotherapy is a cancer treatment that has immunosupressant side effects that suppress the body's immune system so that the body is easily infected. The theoretical approach that can be applied to cancer children is the theory of Swanson caring. The concept of Swanson caring theory resembles that of the nursing process. This Scientific Work aims to describe the application of Caring Swanson's theory of nursing in children with cancer who experience problems with the risk of spreading infection. The method used is a case study. The need for 5 cases under management was examined based on five Swanson caring concepts, namely knowing, namely the assessment and diagnosis of nursing. Assessments that can be carried out using the Indonesian version of the "telephone triage oncology" instrument to quickly identify problems in children with cancer. Nursing interventions are given by doing for, being with, enabling and maintaining belief. Action evaluation is based on the nursing outcome in accordance with the nursing diagnosis that has been enforced. The study results of the application of Swanson's caring theory in cancer children who experience the risk of spreading infection have an impact on patient and family satisfaction with the nursing services that have been given.
Keywords: Cancer, risk of spread of infection, Swanson Caring Theory
"