Ditemukan 44 dokumen yang sesuai dengan query
Dede Gemayuni Yusman, author
Terdapat berbagai masalah klinis yang dapat terjadi dalam masa perkembangan anak. Masalah-masalah tersebut seharusnya menjadi perhatian karena berbagai konsekuensi yang mungkin terjadi dan dapat berlanjut hingga masa dewasa. Salah sate masalah klinis adalah ADHD (Attention Deficit/Hyperactivity Disorder), yang merupakan suatu gangguan perkembangan, dalam bentuk gangguan pemusatan perhatian. Gangguan ini memiliki...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T18640
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Seiring dengan perkembangan, anak akan belajar memusatkan
perhatiannya pada suatu hal dalam jangka waktu terhenti dan belajar bersabar.
Wenar (1994) menyatakan bahwa anak-anak prasekolah diharapkan dapat
menyelesaikan kegiatan-kegiatan yang telah dimulainya dengan memuaskan
dan memonitor tepat atau tidaknya perilaku mereka. Namun, pencapaian anak
sangat bewariasi dalam hal. Ada beberapa anak yang tidak dapat
mernusatkan...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T37974
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Terdapat kebutuhan yang mendesak unluk mengerti proses perkembangan
scperti apa yang memberikan kontribusi timbulnya conduct disorder pada anak-
anak. Conduci disorder sendiri adalah suatu sindrom yang dikenal pada bidang
psikialri yang tetjadi pada masa anak-anak dan remaja, serta memiliki
karakteristik adanya suatu bentuk perilaku yang tidak mengikuti aturan-aturan dan
perilaku antisosial dalam jangka waklu tertentu...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T37870
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Nadya Pramudita, author
ABSTRAK
Tugas Akhir ini membahas pelatihan komunikasi terhadap ibu dari anak
perempuan usia 7 tahun, menggunakan prinsip dalam P.E.T. (Parent Effectiveness
Training), mencakup pelatihan Active Listening dan I-Message. Pelatihan ini
terdiri dari 10 sesi, dalam bentuk pemberian materi, roleplay, dan praktik dengan
anak.
Dari hasil pelatihan, terlihat bahwa peningkatan kemampuan ibu dalam
menggunakan keterampilan Active Listening dan...
2010
T37869
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Margaretha T. Kuera, author
2008
T37627
UI - Tesis (Open) Universitas Indonesia Library
Margareta Triastuti Pristiwa, author
ABSTRAK
Dalam interaksi orangtua dan anak terjadi proses komunikasi, baik verbal maupun
nonverbal. Salah satu tipe komunikasi dalam interaksi orangtua dan anak yang
dapat memicu konflik adalah kontrol. Komunikasi orangtua yang penuh dengan
evaluasi, penilaian, kritik, nasehat, peringatan, anjuran moral, dan perintah
memunculkan beberapa dampak negatif pada anak serta pada hubungan antara
orangtua dan anak. Peneliti...
2010
T37886
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Mira Kencana Putri, author
2005
T37944
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Laluyan, Tirza Tamalya, author
;...
2005
T38002
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Lisa Diantika, author
Ketika anak memasuki usia sekoiah (middle childhood), anak akan menerima lebih banyak umpan balik negatif dan mulai membandingkan dirinya dengan anak-anal: lain seusianya. Anak yang tidal: mampu mener-ima umpan balik negatif dari orang lain akan membentuk pikiran-pikiran negatif dan mcnilai diri secara negatif (Eccles, 1999). Hal yang demikian menyebabkan anak...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
T38435
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Lina Erliana Muksin, author
ABSTRAK
Multisystem Developmental Disorder (MSDD) atau Disorder o f Relating and
Communicating merupakan suatu klasifikasi diagnosis dalam Zero to Three
Classification, dengan tujuan sebagai suatu alternatif diagnosa pada anak usia 0 -
3 tahun yang mengalami kesulitan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan
dunia di sekelilingnya. Aspek-aspek perkembangan yang paling sering terganggu
pada kondisi ini adalah perkembangan...
2005
T38022
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library