Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jefta Ch. Widyaatmaja
"Perilaku bullying secara verbal kerap kali dilakukan oleh para siswa dalam komunitas sekolah. Jika perilaku bullying secara verbal ini terus dibiarkan terjadi, maka dapat membawa hal-hal yang negatif baik bagi pelaku maupun korban. Lembaga sekolah seharusnya tidak hanya menekankan hal kecerdasan secara intelektual saja tetapi juga kecerdasan sosial. Karena itu, perilaku bullying secara verbal inipun perlu untuk dieliminasi sehingga secara sosial akan terjadi persahabatan yang akrab antar siswa.
Perilaku bullying secara verbal ini diketahui ada dan terjadi berdasarkan baseline yang dilakukan baik melalui survey (angket) maupun diskusi. Adapun teori yang digunakan dalam intervensi ini adalah teori kognisi dan Strategi reeducative.
Kekhasan pendekatan ini adalah para siswa yang memandang bahwa perilaku bullying secara verbal ini sebagai hal yang biasa diubah kognisinya melalui tiga tahapan yaitu mencairkan nilai-nilai lama, mengemba igkan nilai nilai baru, dan membekukan kembali nilai-nilai bare. Pada setiap tahapan dilakukan program-program intervensi. Pada tahapan mencairkan nilai-nilai lama dilakukan program intervensi yang berupa : Diskusi Kelompok balk dengan guru maupun dengan siswa. Pada tahapan mengembangkan nilai-nilai baru dilakukan program intervensi yang berupa: Memberikan pemahaaman tentang persahabatan melalui radio sekolah, para siswa membuat karangan singkat tentang persahabatan, dan diskusi kelompok dengan para siswa. Pada tahapan membekukan kembali nilai-nilai baru dilakukan program intervensi yang berupa: Diskusi kelompok dengan para siswa dan pelatihan tentang berkomunikasi yang sehat dalam persahabatan.
Hasilnya adalah kebiasaan untuk mengucapkan kata-kata kasar dan kata yang berkonotasi seksual dalam segala bentuknya dapat dikurangi (hanya gosip yang masih belum dapat dikurangi). Juga terwujud kondisi yang kondusif antara kelas 10 dan 11 tahun pelajaran 2004/2005, di mana mereka dapat melakukan kegiatan olah raga bersama (bermain basket) dan belajar bersama (matematika, fisika, dan kimia) di bandingkan sebelum program intervensi dilakukan di mana para siswa kelas 10 tidak mau bergaul dengan para siswa kelas 11."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T17667
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ifah Syarifah Afriani
"Kabupaten Purwakarta merupakan salah satu kabupaten yang memiliki Angka Kematian Ibu (AK1) tertinggi di Indonesia, yang bersama dengan beberapa kabupaten lainnya menempatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki AKI tertinggi di Asia Tenggara. Oleh Karena itu, intervensi dalam penelitian ini dilakukan di Kabupaten Purwakarta tepatnya di Kecamatan Wanayasa, Desa Sumurugul. Proses Intervensi dilakukan melalui aspek kesehatan, ekonomi, kepemimpinan dan pendidikan. Dalam tulisan ini, guru dijadikan sebagai agent of change karena perannya yang strategis di sekolah.
Tujuan intervensi ini adalah untuk meningkatkan "awareness" guru dengan memberikan pengetahuan mengenai arti pentingnya pendidikan yang mengintegrasikan antara materi standar dengan pemanfaatan potensi yang ada di desa yang berkaitan dengan kesehatan.
Penelitian diawali dengan observasi, wawancara, dan diskusi kelompok. Lalu dibuat program intervensi berdasarkan teori mengenai guru, teori perkembangan dewasa madya, dan teori belajar sosial dari Bandura serta mengg unakan strategi re-edukatif dan partisipasi. Bentuk program yang dijalankan adalah memberikan beberapa pelatihan pada guru.
Pogram intervensi bare sampai pada tahap pemberian informasi dan pengetahuan, namun tidak dapat diketahui secara signifikan peningkatan pengetahuan yang ada. Oleh karena itu, usulan untuk intervensi selanjutnya adalah sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan dan ketrampilan pada masyarakat khususnya generasi muds, dialog antara tokoh agama dengan tokoh pendidikan umum, dan jugs berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru agar dapat mengaplikasikan pendidikan terpadu di sekolah."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T17993
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferrasta Soebardi
"Secara umum, Angka Kematian Ibu (AKI) di seluruh dunia tidak akan terlepas dari masalah pengetahuan dan kemampuan individunya dalam menangani masalah kesehatan reproduksinya.
Penyebab tingginya AKI oleh WHO, UNICEF, dan UNFPA dianalisa derigan pendekatan model tiger terlambat dan empat terlalu, yang secara sederhana bisa diuraikan sebagai (1) terlambat mengenali tanda bahayalmengambil keputusan untuk mencari pertolongan, (2) terlambat mencapai fasilitas pelayanan kesehatan, dan (3) terlambat menerima pelayanan kesehatan. Sedangkan konsep empat terlalu, terdiri dari: terlalu muda menikah, terlalu sering hamil, terlalu banyak melahirkan, dan terlalu tua hamil (KPP, 2004).
Beranjak dan koiisep-konsep tersebut, kami 11 orang mahasiswa Pascasarjana Psikologi-UI meran.cang program yang meliputi 4 pengelompnkan besar--untuk memperkecil AKI--yaitu ekonomi, kesehatan, pendidikan dan kepemimpinan ditambah satu program penunjang, pembuatan alat intervensi Radio Siaran Komunitas Sumurugul.
Tugas Akhir ini adalah laporan yang kami susun sejak awal pengumpulan data sampai teriaksananya pembuatan Radio Siaran Komunitas Sumurugul, yang kami beri nama Radio Siaran Komunitas YESS FM-88, Sumurugul.
Radio dirancang untuk mencapai target meningkatkan partisipasi warga untuk mendukung GSI sebagai gerakan yang dibuat untuk memperkecil AKI. Atau visi tunggal dari tim kami yaitu: "Partisipasi Total Warga dalam Mewujudkan Desa Sayang Ibu"

In general Maternity Death Rate (AKI - Angka Kematian Thu) in the world will not stand apart from and closely related to individual knowledge and ability of women in handling their reproduction healthiness.
WHO, UNICEF and UNFPA analyzed high Maternity Death Rate by using three Iafes and four toos models approach - that in a more simple way they explain (1) late is identifying hazardable symptoms/decide to look for help for handling, (2) late in reaching a health service facility and (3) late in taking examination. While the jour toos model consists of : too young to be married, too often being pregnant, too often in giving birth and pregnancies in too old age (KPP, 2004).
Based on that concepts - we, 11 students of Post-graduate Program in Psychology - have designed a program includes 4 groupings to reduce Maternity Death Rate. The groupings are economy, health, education and leadeiship supported by an intervension program tool in the shape of a radio-broadcast, Sumurugul Community-based Broadcasting Radio.
This paper consists of our report in establishing the the Sumurugul Community-based Broadcasting Radio - starting from data collecting to its establishment. We named it YESS FM-88, Sumurugul Community-based Broadcasting Radio.
The radio was designed to achieve target in increasing society participation in supporting GSI program as an action to reduce Maternity Death Rate. And in turn supporting our team's vision: "Society Total Participation in Making Mother-Caring Village".
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T17998
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutabarat, Hernes
"Intervensi ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi warga desa Sumurugul melalui pembangunan jaringan sosial dengan pengusaha lokal dalam mendukung program penurunan angka kematian ibu (AKI) di daerahnya. Secara spesifik, tujuan yang hendak dicapai adalah tumbuhnya kesadaran target group akan pentingnya sistem jaringan sosial, guna peningkatan ekonomi masyarakat desa, dan meningkatkan kapasitas inisiatif mandiri dari target group dalam membangun sistem jaringan sosial di desa Sumurugul.
Pendekatan community development partnerships dan community development corporation memberikan kerangka landasan teoritis dan arah pengembangan jaringan sosial sebagai faktor strategic dalam rangka meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat desa Sumurugul. Kontribusinya dapat dikembangkan untuk memfasilitasi pengembangan jaringan sosial dan ekonomi di wilayah pedesaan lainnya di Indonesia.
Hasil yang dicapai dalam program intervensi merujuk dan terakumulasi pada rangkaian teknik seperti: (1) Pelaksanaan diskusi terlaksana dengan baik, peserta sangat tertarik akan penjelasan fasilitator dan peserta dapat memahami akan arti pentingnya membangun jaringan sosial, (2) Melalui pelatihan pertama, tentang keterampilan pembuatan proposal, dalam hal ini pembuatan surat menyurat formal, awalnya peserta belum semua memahami aturan tata lulls surat menyurat yang resmi. Setelah diadakan pelatihan, peserta mampu membuat surat resmi berupa undangan formal, (3) Pada pelatihan kedua, keterampilan pelatihan pemetaan, peserta mampu mengidentifikasi potensi kelebihan dan kekurangan dirt dan mitra, sehingga kemampuan memetakan potensi sudah mereka kuasai, dan (4) Pelatihan ketiga berupa simulasi kunjungan ke pejabat negara teijadi perubahan sikap dan perilaku yang tampak, dimana peserta terlihat menjadi percaya diri, dan muncul snail] pemahaman barn, bahwa bertemu dengan pejabat pemerintah adalah hal yang tidak sulit, sepanjang aturan yang berlaku dilakukan.

This intervention held in intention to improve the economics of Sumurugul village society through social network development with the local businessmen to endorse the local Maternity Death Rate reduction program.
Specifically, the purpose is the development of group target's conscience due importance of the social network, in order to improve society's economics, and enhancing an active participatory of the target group in developing the social network system in Sumurugul village.
The results are; (I) the discussion was performed successfully, participants were attracted to facilitator's explanation and they are able to understand the importance of this social network development. (2) On the first training material, proposal training, this in the case is to create formal papers. Initially, participants did not entirely understand the formal papers conduct, whereas after the training, they are able to create a formal paper, a formal invitation. (3) In the second training of mapping, participants are able to identify their and their partners' potentials and shortcomings, thus, they have the ability to map the potentials, and (4) changing in attitude and behaviour is apparent upon the third training of simulation in visiting a state's official, where participants become more confident, and incurred a new understanding that meeting with a government official was not adifficult thing to do , as long as they obey the effective rules.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T17995
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joni P. Soebandono
"Program intervensi sosial ini bertujuan untuk memberdayakan komunitas desa Tegalgede dan dimaksudkan sebagai pemicu suatu perubahan sosial yang terencanakan (planned social change) dengan fokus untuk menghilangkan persepsi tidak berdaya (helplessness) warga desa tersebut. Tujuan utama dari intervensi ini adalah untuk memulai suatu proses perubahan sosial agar warga komunitas desa Tegalgede mampu keluar dari perasaan tidak berdayanya. Pemberdayaan komunitas ini menggunakan model yang dikemukakan oleh Ortigas (2000) yang difokuskan melakukan intervensi untuk menghilangkan helplessness. Desa tersebut memerlukan suatu program intervensi karena desa "Tegalgede" termasuk kategori desa terisolir dan tertinggal (Inpres 1993) dan lebih dari 50% dari 1124 kepala keluarga termasuk pada kategori pra-sejahtera. Diantaranya 600 kepala keluarga dalah penerima Bantuan Langsung Tunai. Sampai saat ini desa tersebut belum pernah mempunyai suatu perencanaan pengembangan perekonomian desa, dengan fasilitas pendidikan, fasilitas umum, dan fasilitas aparat pemerintahan yang kurang memadai.
Metode pendekatan dalam mengembangkan program intervensi ini dilakukan melelui metode kualitatif, dan sebagai tahap awal dengan pengembangan agen perubahan yang terdiri dari tokoh muda desa di komunitas desa Tegalgede untuk berperan sebagai fasilitator bagi warga desa lainnya, dan menggunakan koperasi sebagai sarana pengembangan sarana perekonomian desa tersebut. Pelaksanaannya dilakukan dengan kunjungan, pertemuan tatap-muka langsung dan komunikasi secara teratur dan konsisten yang terencanakan, dan difokuskan pada pengembangan kapasitas dari warga desa sebagai upaya menumbuhkan kemampuan untuk memecahkan masalah secara koiektif. Tahap awal dari perubahan sosial yang dilaksanakan selama 4 bulan (November 2005-Maret 2006) ini berhasil dengan terbentuknya kelompok agen perubahan yang telah berfungsi dengan balk, dan juga didirikannya dua koperasi di Tegalgede. Agen perubahan ini telah berhasil menumbuhkan kesadaran dan partisipasi aktif dari warga, tetapi masih diperlukan tahap lanjutan dari program intervensi untuk memelihara hasil yang sudah dicapai dan mengembangkannya dengan alat dan manual 1 panduan yang jauh lebih lengkap."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T18284
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hary Prasetya
"Komunitas Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi merupakan komunitas yang menampung warga gusuran Kali Angke (Pejagalan dan Kapuk Muara) dalam rangka Program Kali Bersih yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DKI. Komunitas ini masih memiliki kompetensi komunitas yang rendah, ditandai dengan rendahnya motif berprestasi yang ada dalam komunitas. Untuk membantu meningkatkan kompetensinya, dilaksanakan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan motif berprestasi. Hal ini penting dilakukan karena motif berprestasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Target intervensi yang dituju adalah kelompok pemuda sebagai generasi penerus yang diharapkan menjadi pelopor kegiatan di komunitasnya.
Model yang dipakai dalam intervensi sosial ini adalah change management system, yang terdiri dari tiga subsistem: organisasional, komunikasi, dan target perubahan. Perubahan ini juga mengikuti filosofi perubahan yang ditawarkan oleh Albert Bandura dalam teori belajar sosialnya. Tingkah laku manusia merupakan interaksi terus menerus dan timbal balik antara faktor personal, tingkah laku, dan lingkungan. Program dirancang dalam 13 tahap kegiatan, mulai dari lobbying sampai pembuatan rencana kerja bersama. Tulisan ini menjabarkan setiap tahap pelaksanaan dengan fokus pada pelatihan meningkatkan motif berprestasi.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan program berjalan sesuai rancangan yang telah dibuat. Tujuan kegiatan terpenuhi, ditandai dengan tercapainya indikator keberhasilan, yaitu terjadi peningkatan motif berprestasi yang dimiliki oleh target intervensi serta mendapat sambutan positif dari peserta pelatihan."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18724
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novia Irwana
"Komunitas Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi adalah komunitas yang warganya berasal dari gusuran Kali Angke (Pejagalan dan Kapuk Muara) dalam rangka Prokasih (Program Kali Bersih) yang dilakukan Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta.
Komunitas ini mempunyai kompetensi komunitas yang rendah ditandai dengan rendahnya kemampuan keterampilan dasar kepemimpinan dalam komunitas. Untuk meningkatkan kompetensi komunitas maka dilaksanakan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan dasar kepemimpinan. Target kegiatan intervensi ini adalah kelompok pemuda.
Metode yang dipakai dalam kegiatan intervensi sosial ini adalah the four-step method, yang merupakan empat langkah untuk menentukan strategi yang efektif dalam merencanakan perubahan. The four step method ini terdiri dari empat langkah yaitu : open the door, meet each other, talk to each other dan work together for change. Kegiatan intervensi yang dilakukan memakai dasar teori belajar sosial dari Albert Bandara. Prinsip dari teori ini disebut reciprocal determinism, bahwa komponen kognisi, lingkungan, dan tingkah laku saling mempengaruhi. Usaha mengubah kognisi akan turut mempengaruhi lingkungan dan tingkah laku.
Program dirancang dalam 4 tahap kegiatan, mulai dari tahap open the door sampai tahap work together for change. Tulisan ini menjabarkan sekilas pelaksanaan kegiatan intervensi kelompok tahap I dan kelanjutannya yaitu tahap II, dengan fokus pada pelatihan mengenai keterampilan dasar kepemimpinan.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan program berjalan sesuai rancangan yang telah dibuat. Tujuan kegiatan terpenuhi, ditandai dengan tercapainya indikator keberhasilan, yaitu terjadi peningkatan pengetahuan tentang keterampilan dasar kepemimpinan. Pelatihan ini mendapat tanggapan positif dari target intervensi.

Tzu Chi Loving and Care Housing Community is a community, of which members are the evictees of Kali Angke (Pejagalan and Kapuk Muara) as a result of Prokasih (Program Kali Bersih) which was undertaken by the City Government of DKI Jakarta Province.
This community has a low level of community competency, which is signaled by the low basic leadership skills in the community. To increase the community's competency, a series of activities has been placed to increase the basic leadership skills. The target of these intervention activities is the youth group.
The method utilized in this social intervention activity is the four-step method, which comprised of four steps to determine the effective strategy in planning the change. This four-step method consists of four steps, which are; open the door; meet each other; talk to each other; and work together for change. The undertaken intervention activity is applied based on the basic theory of social learning by Albert Bandura. The principle of this theory is called reciprocal determinism, where cognitive component, environment and behavior affect one another. The effort to change cognitive, will also impact environment and behavior.
The program is constructed in 4 steps of activities, starting from open the door to work together for change. This report will briefly outline the actual operation of intervention activities at first period and the continuation in second period, focusing in the training in regards to basic leadership skills. The result of the evaluation shows that the operation of the program was in-line with the structure planned. The objectives of the activity are achieved, indicated by the achievement in success indicator, which is the increase in knowledge of basic leadership skills. This training receives a positive feedback from the intervention's target.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18740
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Lenggang Dianasari
"Salah satu wilayah yang memiliki jumlah pengguna narkoba suntik (IDU/Injecting Drugs User) dan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) terbanyak adalah Cihampelas Kelurahan Taman Sari yang terletak di Bandung Wetan, Jawa Barat. Stigma dan diskriminasi terhadap ODHA dan IDU di wilayah ini masih melekat ditandai dengan ketakutan komunitas dan menjauhi ODHA. Stigma dan diskriminasi ini berakar dari pengetahuan dan persepsi yang salah tentang HIV. Untuk menumbuhkan kepedulian terhadap ODHA¬IDU dilakukan serangkaian kegiatan agar komunitas ikut mendukung perubahan perilaku IDU dan menyebarkan informasi mengenai epidemi HIV. Hal ini penting dilakukan karena permasalahan HIV/AIDS bukan milik komunitas tertentu tetapi sudah menjadi permasalahan komunitas secara luas. Dengan ikut mendukung ODHA-IDU dan menyebarkan informasi mengenai epidemi HIV, secara tidak langsung ikut melakukan pencegahan penyebaran HIV di komunitas. Target intervensi yang dituju adalah ibu-ibu.
Model yang dipakai dalam intervensi sosial ini adalah Sistem Manajemen Perubahan yang terdiri dari subsistem organisasional, subsistem komunikasi, dan subsistem sasaran target perubahan. The Four-Step Method juga digunakan dalam intervensi ini. Perubahan ini mengikuti Teori Belajar Sosial dari Albert Bandura. Tingkah laku manusia merupakan interaksi terus menerus dan timbal balik antara faktor personal, tingkah laku, dan lingkungan.
Program dirancang dari lobbying sampai dengan pemantauan berkala. Tulisan ini memfokuskan pada pelatihan kader pelatih. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan program berjalan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Tujuan kegiatan terpenuhi, ditandai dengan tercapainya indikator keberhasilan, yaitu terjadi peningkatan pengetahuan tentang HIV/AIDS dan kecanduan, dari hasil pre-post test pelatihan, terbentuknya kader, adanya pos informasi, serta kerjasama dengan medis (puskesmas)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18748
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Euis Nurhidayati
"Meningkatkan pemahaman ibu terhadap pendidikan anak usia sekolah adalah upaya intervensi yang dilakukan untuk mengurangi keterlambatan anak mulai sekolah dan putus sekolah yang banyak terjadi di lokasi intervensi.
Sasaran intervensi adalah ibu-ibu majelis taklim Rt 004 bawah Ciheuleut Bogor sebagai change target. Strategi intervensi yang digunakan dalam program intervensi ini adalah tiga tehnik intervensi yang dikombinasikan, yaitu , proses observational learning dan strategi reedukatif.
Dari tindakan intervensi ini menghasilkan 4 (empat) orang kader sosialisasi program kelompok `ibu peduli' dalam meningkatkan pemahaman ibu terhadap pendidikan anak usia sekolah dan peningkatan belief yang mengarah pada sikap dan perilaku yang diamati dengan home inventory for elementary children (Bettye & Robert, 1984) sebagai pre dan post test.
Dari hasil pre dan post test, dari kedelapan aspek dalam alat observasi ini mengalami peningkatan yang berarti setelah dilaksanakannya program, aspek yang tertinggi adalah emotional & verbal responsivity, terlihat respon-respon yang diperlihatkan ibu sudah lebih balk, tidak mengutamakan amarah seperti sebelum mengikuti program dan pujian-pujian juga mulai diberikan saat anak melakukan hal yang baik. Demikian pula dengan 5 aspek lainnya. Tetapi pada aspek paternal involvement & aspect of the physical environment memang belum ada peningkatan yang berarti, karena peran bapak di rumah belum maksimal, masih banyaknya bapak yang menganggur menjadi salah satu penyebab belum meningkatnya aspek ini, dan program intervensi yang dilakukan juga belum konsentrasi kepada bapak-bapak."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18752
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuswinarni Darmawati
"Cibalung adalah sebuah desa di sebelah selatan Bogor yang berdasarkan data Jaringan Pengaman Sosial (JPS), 72,2% penduduknya tergolong miskin. Satu-satunya peluang industri yang berkembang adalah industri besek. Kerajinan membuat besek ini mulai memasuki Cibalung sekitar 15 tahun yang lalu, dan ditekuni oleh masyarakat. Penghasilan yang diperoleh dari kerajinan besek ini adalah Rp4.000,00 untuk 100 besek yang dihasilkan.
Langkah pertama program intervensi dimulai dari segi ekonomi masyarakat, dengan mencoba masuk melalui industri besek. Keterampilan ini merupakan satu dasar yang balk bagi masyarakat untuk berkembang. Dalam cakupan pengerjaan intervensi individual, masalah yang diidentifikasikan dan dikerjakan oleh penulis adalah bagaimana cara mendorong masyarakat RW 04 Desa Cibalung untuk mencoba membuat kreasi bambu baru.
Secara keseluruhan, pendekatan intervensi yang dilakukan dilandaskan pada Asset-Based Community Development yang mengutamakan pemberdayaan komunitas dengan memaksimalkan fungsi aset yang dimiliki oleh komunitas (Kretzmann & McKnight, 1993). Untuk program kreasi bambu sendiri, digunakan teori motivasi dari McClelland, yang menitikberatkan pada kebutuhan berprestasi (Need of Achievement) dan indikasi adanya proses pembelajaran dilandaskan pada pendeka tan Observational Learning dari Bandura.
Program kreasi bambu yang terdiri dua bagian. Bagian pertama berfokus pada rneningkatkan motivasi partisipan untuk melakukan diversifikasi produk kerajinan bambu. Bagian kedua berfokus pada pembentukan kelompok kerja kreasi bambu yang menjadi bagian dari organisasi paguyuban untuk mempertahankan motivasi dan menjaga kelangsungan kegiatan ini.
Secara umum, program intervensi ini menunjukkan adanya perubahan sikap ke arah yang positif, yaitu tumbuhnya ketertarikan untuk belajar, bertambahnya pengetahuan, serta munculnya tingkah laku baru; dan terbentuk kelompok kerja kreasi bambu. Sampai tahap ini, program intervensi dapat dikatakan berhasil."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18755
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>