Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raden Irawati Ismail
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulistia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemajuan yang dicapai oleh seorang anak yang memiliki perilaku menarik diri melalui penerapan theraplay. Selain itu, penulisan tugas akhir ini juga bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa yang mendukung keberhasilan terapi.
Penelitian ini melibatkan seorang anak yang memiliki perilaku menarik din yang diambil secara purposif dengan menggunakan pendekatan kualitatif berupa studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kemajuan pada diri subjek setelah menjalani theraplay sebanyak sembilan sesi terapi. Hal itu disebabkan oleh pemilihan tugas yang tepat untuk menangani anak yang memiliki perilaku menarik diri disertai dukungan dan peran dari orang tua dalam mengikuti proses terapi. Orang tua mendapatkan pemahaman baru dalam berinteraksi dengan anak dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Selain beberapa faktor yang mendukung, terdapat juga beberapa faktor yang menghambat terapi. Salah satunya adalah kurangnya waktu luang orang tua untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Hal lainnya adalah keterbatasan jumlah terapis yang menjalankan terapi sehingga tidak tersedianya interpreting therapist untuk membantu proses terapi."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T18102
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yessica Kristanti Paramita Putri
"ABSTRAK
Seorang anak perlu menguasai kesiapan sekolah sebelum ia masuk Sekolah Dasar.
Salah satu aspek kesiapan sekolah yang perlu dikuasai adalah keterampilan sosial,
khususnya perilaku terkait tugas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji
efektivitas program modifikasi perilaku dengan metode social modeling dan token
economy untuk meningkatkan perilaku terkait tugas di kelas anak. Desain yang
digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa program ini cukup efektif untuk meningkatkan perilaku terkait tugas subjek di
kelas dan terdapat perbedaan yang signifikan terutama pada perilaku mengikuti
instruksi verbal guru selama kegiatan di kelas dan mengarahkan pandangan mata ke
arah guru selama guru mengajar.

ABSTRACT
A child should have a school readiness before entering the elementary school. The
one of school readiness’ aspect that a child should mastering is a social behavior,
especially task related behavior. The objective of this present research is discovering
the effectiveness of a behavior modification program with social modeling dan token
economy to increase task related of behavior of a child in the classroom. The research
uses pretest-posttest control group design. The result shows that the program is
effective to increase task related behavior on subject in the classroom and there are
significance differences in following teacher’s verbal instructions during class’
activity and paying attention to the teacher when she teaches the subject.
Key words : behavior modification, early childhood, school readiness,"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T39023
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Komang Yogi Triana
"ABSTRAK
Kualitas hidup dari Anak Berkebutuhan Khusus ABK dipengaruhi oleh kemampuannya dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, khususnya dengan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pengalaman teman sebaya berinteraksi dengan ABK yang menjalani pendidikan di sekolah inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif fenomenologi melalui teknik wawancara mendalam secara semi terstruktur terhadap delapan partisipan yang berusia 10-13 tahun dari sekolah inklusi di kota Depok. Penelitian ini mengidentifikasi enam tema, yaitu dia berbeda, kekesalan terhadap ABK, misalnya aku jadi mereka, seru main sama dia, perlakuan guru pada ABK, dan ragam respon orangtua ABK. Kekesalan dan perasaan empati terhadap ABK menjadi pengalaman yang dominan dirasakan teman sebaya saat berinteraksi dengan ABK tergantung dari sikap dan perilaku yang ditunjukkan ABK. Selanjutnya, diharapkan adanya peran kolaboratif semua pihak, baik perawat maupun warga sekolah untuk menunjang keberlanjutan interaksi yang positif antar ABK dengan teman sebaya. Kata kunci: Anak berkebutuhan khusus, berinteraksi, sekolah inklusi, teman sebaya.

ABSTRACT
The quality of life of the Children with Special Needs CWSN is influenced by his ability to socialize, especially with their peers. The purpose of this study is to obtain an overview of peer experiences interacting with the CWSN in inclusive schools. This research used qualitative descriptive phenomenology method through semi structured in depth interview technique for eight participants age 10 13 years old from inclusive school. The results identified six themes including he she is different, resentment to the CWSN, if I were them, excited to play with him, teacher treatment to CWSN, and various responses of CWSN parents. Feeling of annoyance and empathy towards to the CWSN becomes the most experience felt by peers when interacting with the CWSN depending on their attitudes and behaviors. Furthermore, the collaborative role of all parties is needed, both nurse and school residents to support the sustainability of positive interactions between the CWSN with peers. Keywords Children with special needs, inclusive school, interaction, peers"
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mash, Eric J.
Boston : Wadsworth and Cengage Learning, 1999/2010
618.92 MAS a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ross, Alan O.
Tokyo: McGraw-Hill, 1974
155.452 8 ROS p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Freud, Anna
New York : International Universities Press, 1965
618.928.9 FRE n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bakwin, Harry
Philadelphia: Saunders, 1972
618.928.9 BAK b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mash, Eric J.
Belmont: Wadsworth, 1999
616.890 22 MAS a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mash, Eric J.
Australia: Thomson Wadsworth, 2005
616.890 22 MAS a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>