Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Katrin Setio Devi
"Kemudahan akses dan kemudahan penggunaan akan sumber daya elektronik dengan jalur akses terbuka semakin memudahkan peneliti dalam mengakses dan mendiseminasikan ilmu pengetahuan. Agenda akses terbuka berdampak pada perubahan perilaku informasi, khususnya di sisi para akademisi karena jumlah artikel atau sumber elektronik yang meningkat, sehingga mereka memiliki pandangan yang lebih luas dan pilihan yang lebih banyak. Tujuan utama penelitian ini untuk menguji hubungan faktor individu dan lingkungan terhadap perilaku informasi peneliti bidang saintek di Indonesia pada era akses terbuka. Tujuan lainnya adalah untuk melihat faktor yang paling dominan dalam hubungannya dengan perilaku informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksploratif. Pengumpulan data dilakukan melalui survei online dengan 54 pertanyaan yang dibagikan kepada responden melalui media sosial dari tanggal 25 Februari hingga 16 Maret 2021. 335 dari 369 peneliti dari bidang ilmu alam, ilmu lingkungan, teknik, ilmu kesehatan dan ilmu pertanian pada tiga perguruan tinggi mengisi kuesioner online. Teknik penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling. Beberapa model regresi pada Generalized Linear Models (GLMs) yaitu model poisson dan regresi logistik digunakan untuk menginterpretasikan korelasi antar perilaku peneliti. Selain itu, analisis faktor eksplorasi digunakan untuk reduksi data. Secara keseluruhan, banyak faktor yang ditemukan mempengaruhi perilaku informasi para peneliti, termasuk faktor demografi, psikologis, jabatan, dan lingkungan. Dari faktor-faktor yang berpengaruh, jabatan akademik adalah faktor dominan dalam hubungannya dengan perilaku informasi.
Accessibility and user-friendly aspect of open access e-resources allow researchers to access and disseminate knowledge in more convenience in spite of obstacles faced concerning access to library collection. The open access agenda has impact on the change of information behavior, especially on the academicians. The change happens, triggered by the quantity of scientific articles and e-resources increasing in numbers. It gives academicians have wider perspective and more option ways to access library collection. The purpose of this study is to explore the relationships between Indonesian scientists’ information behaviors and their personal and environmental factors in the open access era, and the most dominant factors in relation to information behavior. This study uses an exploratory quantitative method. Data was collected through an online survey with 54 questions distributed to respondents via social media from February 25 to March 16, 2021. 335 of 369 scientists in Indonesia from natural sciences, environmental science, engineering, medical science and agricultural science from three universities using online questionnaire. The simple random sampling method is used. Several regression models in the Generalized Linear Models (GLMs), including the poisson model and logistic regression are built to interpret the correlation among scientists’ behaviors. In addition, exploratory factor analysis is used for data reduction. In general, many factors were indicated to affect the specific information behaviors of scientists, including demographic, psychological, role-related, and environmental factors. The academic position becomes the dominant factor amongst all of the factors in relation to information behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mega Mardita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan motivasi generasi muda terhadap perilaku mereka untuk mengakses dan mencari informasi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan. Menggunakan paradigma kuantitatif dengan 100 responden dari kalangan mahasiswa berusia 17 hingga 25 tahun, penelitian ini menggunakan metode analisis jalur untuk menjelaskan hubungan matematik antar variabel. Dari hasil penelitian ini, persepsi ternyata tidak berpengaruh secara langsung terhadap perilaku akses informasi. Namun, persepsi memiliki pengaruh langsung terhadap dan motivasi memiliki pengaruh langsung kepada perilaku akses informasi. Dengan demikian, ternyata persepsi memiliki pengaruh terhadap perilaku akses informasi, meskipun secara tidak langsung.
This study aimed to discover how perception and motivation of youth influence their behaviour to access information pertained to science on outer space issues. Using quantitative paradigm with a hundred students aged 17 to 25 as respondents, the study utilized path analysis to explain mathematical corellation between variables. The result of the study showed that their perception lacked direct influence toward behaviour to access information. However, perception directly influenced motivation and in turn, motivation influenced the behaviour to access and gain information. This study concluded that perception indirectly influenced behaviour by directly influencing motivation which in turn also influenced behaviour directly."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42475
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Khairani Rizki Prasetya
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara jenis sumber informasi parenting dan parenting knowledge pada ibu generasi Millennial yang memiliki satu anak berusia 0 ndash; 24 bulan. Penelitian ini bersifat korelasional dengan menggunakan sampel ibu usia 18 - 35 tahun yang memiliki satu anak berusia 0 - 24 bulan dengan tingkat pendidikan tinggi yaitu minimal menyelesaikan jenjang pendidikan Diploma III n = 155. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Knowledge of Infant Development Inventory KIDI dan Maternal Sources of Information Questionnaire MSIQ. Hasil analisis korelasi dengan Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara parenting knowledge dan jenis sumber informasi r = 0,211, p < 0,01 . Dengan demikian, semakin tinggi tingkat keakuratan pengetahuan parenting ibu, diikuti dengan tingginya tingkat penggunaan dan pembelajaran yang didapat ibu dari sumber informasi parenting.
The purpose of this study was to find out whether there was a relationship between the type of parenting information and parenting knowledge on Millennial generation mothers who have one child 0 24 months old. This is a correlational study by using a sample of mother age 18 35 years old who have one child 0 24 month with a level of higher education that is minimum Diploma III education level n 155. Instruments used in this study are Knowledge of Baby Inventory Development KIDI and Sources of Mother Information Questionnaire MSIQ. The results of the study with Pearson has shown that there is a significant positive relationship between parenting knowledge and the type of parenting information r .211."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Intan Suryandari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi pola perilaku pencarian informasi siswa SMA Negeri 48 Jakarta untuk tes ujian masuk perguruan tinggi, khususnya tes ujian SIMAK UI, serta mengidentifikasi hambatan dalam pencarian informasi yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII, pustakawan sekolah dan guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XII mencari sumber informasi melalui bukubuku kumpulan soal, soal-soal dari bimbingan belajar, diskusi kelompok dengan cara tukar-menukar soal, diskusi tentang referensi buku yang harus dibeli dengan kakak kelas, serta penggunaan akses internet. Hambatan yang dihadapi siswa kelas XII diantaranya kesulitan mencari sumber informasi yang tepat, dan perpustakaan sekolah yang tidak menyediakan informasi yang dibutuhkan.
The aim of this research is to get and to identify the patterns as well as the obstacles of information seeking behavior of the students of SMAN 48 Jakarta? in accomplishing the learning process for university entrance examination, especially SIMAK UI test. This research used qualitative approach with case study. The informants of this research are students, teachers, and librarian of the SMAN 48 Jakarta. The result of this research shows that students seek information through problem-based book collections, the materials from courses, discussions for exchanging example tests, discussions with seniors for reference books, and using internet access. The obstacles faced by the students are the diffulties for searching the right information sources, and lacks of needed information from their school library."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S61771
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library