Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Botutihe, Sukma Nurilawati
"Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana perbedaan karakteristik peer yang dimiliki oleh mahasiswa pelaku coitus dan bukan pelaku coitus. Pemilihan pokok permasalahan dilandasi oleh kenyataan yang menunjukkan makin banyaknya perilaku seks bebas, yang ditandai dengan perilaku seks premarital di kalangan mahasiswa. Bahkan dalam hasil penelitiannya Pacard (dalam Biran, 1996) menunjukkan bahwa, revolusi seksual berawal dari dunia kampus (perguruan tinggi).
Perubahan minat pendidikan (perguruan tinggi) yang berkembang di kalangan masyarakat, mengakibatkan penundaan dalam memasuki jenjang perkawinan. Sementara dilain pihak kematangan seksual, menyebabkan meningkatnya dorongan seksual dalam diri mahasiswa. Penundaan usia perkawinan yang semakin panjang dan tingginya dorongan seksual pada mahasiswa, mengakibatkan mereka cenderung terlibat dalam perilaku seks premarital.
Selanjutnya mahasiswa sebagai individu yang aktif dalam berbagai aktifitas di luar rumah, tidak terlepas dari proses sosialisasi dengan lingkungan sosialnya, terutama teman bermain atau peer. Kecenderungan berkurangnya otoritas orang tua terhadap berbagai masalah yang menimpa mahasiswa (terutama saat mereka berada di luar rumah), mengakibatkan peranan peer sebagai teman bermain menjadi semakin besar, terutama dalam membentuk pengetahuan dan perilaku. Oleh karena itu nilai-nilai di luar rumah sebagian besar dibentuk oleh peer. Pengaruh peer ini dapat berdampak positif (seperti perilaku menolong), juga dapat berdampak negatif (seperti, perilaku seks bebas).
Adapun peranan dan pengaruh peer terhadap individu, tidak terlepas dari karakteristik peer itu sendiri. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas diperkirakan karakrteristik peer meliputi : kedekatan peer dan karakteristik perilaku peer. Kedekatan peer dan karakteristik peer tersebut dilihat berdasarkan jumlah dan bentuk-bentuk peer (friendship, clique, crowds), frekuensi penemuan dengan peer, dan asal lingkungasn peer, atmosfir aktifitas seksual peer, dan orientasi kegiatan bersama peer.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 1998 sampai dengan Agustus 1998, terhadap mahasiswa pria dan wanita yang belum pernah menikah, dan merupakan pelaku coitus maupun bukan pelaku coitus. Subyek diambil secara incidental dengan menggunakan teknik non probability sampling. Subyek yang berhasil diambil dalam penelitian ini berjumlah 120 orang.
Penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari data kontrol dan data-data lainnya yang sesuai dengan tujuan penelitian. Metode analisa data menggunakan presentase dan tabulasi silang. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan dilakukan perhitungan chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran karakteristik peer pada subyek (mahasiswa) pelaku coitus relatif berbeda dengan karakteristik peer pada subyek bukan pelaku coitus. Pelaku coitus cenderung memiliki peer dengan kedekatan yang relatif lebih kuat dibandingkan subyek bukan pelaku coitus. Pelaku coitus cenderung memiliki peer, dengan atmostir aktifitas seksual yang lebih tinggi, dibandingkan peer yang dimiliki oleh subyek bukan pelaku coitus. Selanjutnya pelaku coitus, cenderung lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang berorientasi seksual yang tinggi bersama peer, dibandingkan subyek bukan pelaku coitus. Sebaliknya subyek bukan pelaku coitus, cenderung lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak berorientasi seksual yang tinggi bersama peer, dibandingkan pelaku coitus.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis mengajukan beberapa saran. Bagi remaja/mahasiswa yang tidak ingin terlibat dalam perilaku seks premarital perlu untuk memilih peer yang memiliki sikap yang sauna dan tidak terlibat secara aktif dalam perilaku seks premarital. Selain itu perlu untuk menghindari kegiatan-kegiatan bersama peer yang dapat mendorong dan merangsang untuk dilakukannya periiaku seks premarital. Bagi para orang tua diharapkan untuk menjalin hubungan dan komunikasi yang lebih terbuka dengan remaja, serta memberi dukungan pada mereka. Sehingga hal tersebut dapat menimbulkan perasaan aman dan nyaman bagi remaja bila berada di tengah-tengah orang tua dan keluarga."
Depok: Universitas Indonesia, 1998
S2940
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luly Prastuty
"Sebagai film bertema persahabatan perempuan, Bebas (2019) merefleksikan realita kehidupan perempuan urban di Indonesia yang harus bertahan di tengah kuasa patriarki kapitalisme. Dengan teori representasi Stuart Hall, strategic sisterhood dan girlfriend gaze Alison Winch, teori film dan elemen mise-en-scne, tesis ini menguraikan bagaimana representasi strategic sisterhood yang melambangkan kebebasan dan fungsi strategic sisterhood bagi pengembangan diri perempuan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa film ini masih mengafirmasi kuasa-kuasa dominan patriarki dan kapitalisme. Meskipun telah mematuhi standar sosial, representasi perempuan saat dewasa tidak satu pun yang ditampilkan bahagia. Pada kondisi tersebut, perempuan melakukan upaya-upaya melalui solidaritas persahabatan perempuan. Wujud strategic sisterhood yang dilakukan yaitu solidaritas secara fisik dan materi. Di sini, perempuan dengan kelas sosial berbeda saling memberikan manfaat dengan cara yang berbeda. Namun di sisi lain, kelompok persahabatan menempatkan mereka yang mapan mendominasi. Inilah mengapa, sebagai perempuan, mereka harus bernegosiasi dan menempatkan diri agar kehidupan mereka lebih mudah. Bebas (2019) mengonstruksi perempuan yang bisa jauh lebih berdaya ketika tergabung dalam kelompok dan merana jika sendirian. Tesis ini merupakan kajian Cultural Studies karena menganalisis film sebagai produk budaya yang mengandung isu-isu terkait konstruksi citra perempuan dan relasi kuasa dalam realita perempuan urban Indonesia.

As a female friendship film, Bebas (2019) reflects the reality of urban women's lives in Indonesia, who have to survive amid the patriarchal power of capitalism. Using Stuart Hall's representation theory, strategic sisterhood and girlfriend gaze Alison Winch, film theory and mise-en-scne elements, this thesis describes how strategic sisterhood symbolizes freedom and the function of strategic sisterhood for women's self-development. The study results conclude that this film still affirms the dominant powers of patriarchy and capitalism. Despite complying with social standards, none of the female representations as adults are happy. In these conditions, women make efforts through women's friendship solidarity. The forms of strategic sisterhood are physical and material solidarity thus friendship groups highlight those who dominate. It is why, as women, they have to negotiate and position themselves to make their lives easier. Bebas (2019) constructs women who can be much more empowered when joined in a group and languish when alone. This thesis is a Cultural Studies research because it analyzes film as a cultural product that contains issues related to the construction of women's images and power relations in the reality of Indonesian urban women."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rowe, Kim A.
"In this issue, you will learn about how the four generations differ in the ways they prefer to be managed, and you will take away some practical tips for enhancing the success of your team by tailoring your management approach to the needs of different age groups. You will learn management preferences of the four generations in the workplace; tips and techniques for motivating members of each generation; and strategies for integrating multiple generations into a productive team."
Alexandria, Virginia: American Society for Training & Development, 2010
e20441066
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Ulfah
"Remaja putri merupakan salah satu kelompok yang berisiko mengalami masalah kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi sebaya terhadap perubahan perilaku pencegahan anemia gizi besi pada remaja putri (10-19 tahun). Metode yang dipakai quasi experiment yang terdiri dari dua kelompok 41 remaja putri sebagai kelompok intervensi dan 41 kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling yang dilanjutkan dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan edukasi sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan (p=O,OOO), sikap (p=O,OOO), dan keterampilan (p=O,OOO) pencegahan anemia gizi besi. Hasil uji MANCOV A menunjukkan edukasi sebaya dipengaruhi oleh lamanya menstruasi (p=O,OOO). Edukasi sebaya dapat digunakan sebagai salah satu upaya mengubah perilaku remaja putri yang bisa diintegrasikan dalam pelayanan keperawatan di sekolah

Female adolescent is one of the aggregate who risk of having health problems. This study aimed to determine the effect of peer education on the change of behavior of iron deficiency anemia prevention in female adolescent (1 0-19 years). The research design was quasi experiment with two groups involving 41 female adolescent as the intervention group and 41 in control groups. The sampling technique used was stratified random sampling, followed by simple random sampling. The result showed that peer education significantly affects the knowledge (p=O,OOO, attitude (p=O,OOO), and skills (p=O,OOO) of iron deficiency anemia prevention. MANCOVA test showed that peer education is affected by duration of menstruation (p=O,OOO). Peer education can be used as an attempt to change the behavior of female adolescent, which could be integrated in the school nursing service."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
T46089
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farhan Abdurrahman
"ABSTRAK
American History X adalah sebuah film Hollywood yang mengangkat tema mengenai konflik rasial antara ras kulit putih dan ras-ras minoritas di Amerika. Di dalam makalah ini, peneliti berfokus pada hubungan antara kakak-beradik laki-laki yang berperan sebagai karakter utama, hubungan mereka dengan sang ayah, serta bagaimana mereka menjalin persahabatan dengan anak lelaki lain di sekitar tempat tinggal mereka. Peneliti menemukan bahwa film ini menggambarkan perkembangan kepribadian remaja laki-laki yang menjadi rasis tidak hanya sebagai hasil dari pengaruh figur ayah di dalam keluarga, melainkan juga dari teman sepermainan yang menjadi pengaruh terbesar dalam pembentukan sikap mereka, terutama dalam berinteraksi dengan ras minoritas yang berada di lingkungan sekitar tempat mereka tinggal. Dalam fase remaja, umumnya mereka mencari sosok kuat yang berkarakter sehingga dapat dijadikan panutan bagi mereka. Remaja akan mengikuti apapun yang mereka anggap benar, tidak peduli apakah itu merupakan contoh yang baik ataupun buruk. Makalah penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam diskusi mengenai keterlibatan orang tua dalam membangun karakter anak mereka yang telah beranjak remaja, terutama di negara Amerika, sebuah negara dengan penduduk yang berasal dari berbagai bagian di seluruh dunia."
2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Salimah Syamilah Rahman
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh intensitas interaksi peer group terhadap tingkat literasi digital pada remaja. Studi-studi terdahulu yang membahas interaksi teman sebaya menemukan pengaruh yang signifikan, tetapi studi ini hanya berfokus pada intensitas lama penggunaan internet ataupun pengelolaan privasi. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini ingin mengembangkan studi sebelumnya dengan menggunakan tingkat literasi digital sebagai variabel yang mencakup informasi dan literasi data, komunikasi dan kolaborasi, dan pembuatan konten digital. Selain itu, variabel intensitas interaksi peer group juga dianalisis untuk melihat hubungannya dengan tingkat literasi digital apabila dilihat berdasarkan jenis kelamin. Penelitian terdahulu menemukan bahwa perempuan memiliki tingkat literasi yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Di sisi lain, terdapat juga penelitian yang menemukan laki-laki memiliki tingkat literasi yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Namun, apabila dikaitkan dengan interaksi peer group yang dimiliki individu, perempuan cenderung memiliki tingkat literasi digital yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner di lokasi studi kasus, yaitu SMPIT Ummu’l Quro Depok secara langsung. Selain itu, dilakukan juga wawancara terhadap 2 responden yang dipilih berdasarkan tinggi-rendahnya intensitas interaksi peer group dan tingkat literasi digital. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hubungan yang signifikan antara intensitas interaksi peer group dengan tingkat literasi digital dengan arah hubungan yang positif dan kekutan hubungan sedang. Namun, ketika dikaitkan dengan jenis kelamin, terdapat hubungan yang signifikan pada kedua jenis kelamin di mana laki-laki dan perempuan sama-sama signifikan dengan arah hubungan yang positif.

This study aims to explain the influence of peer group interaction intensity on adolescents' digital literacy level. Previous studies examining peer interaction have found significant effects, but these studies have only focused on the intensity of internet use or privacy management. Based on this, this study aims to develop previous studies by using digital literacy level as a variable that includes information and data literacy, communication and collaboration, and digital content creation. In addition, the variable of peer group interaction intensity is also analyzed to see its relationship with digital literacy level when viewed based on gender. Previous studies have found that women have higher literacy levels than men. On the other hand, there are also studies that find that men have higher literacy levels than women. However, when associated with the peer group interaction that individuals have, women tend to have higher digital literacy levels than men.This study uses a quantitative method by distributing questionnaires directly at the case study location, namely SMPIT Ummu'l Quro Depok. In addition, interviews were also conducted with 2 respondents selected based on the high and low intensity of peer group interaction and digital literacy level. The results of the study showed that there was a significant relationship between peer group interaction intensity and digital literacy level with a positive and moderate relationship strength. However, when linked to gender, there was a significant relationship in both genders where both males and females were significant with a positive direction of relationship."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azzura Salsabilla Puspariyan Putri
"Selain membentuk identitas diri, remaja juga mulai membentuk social identity yang dapat diperoleh dengan bergabung dalam peer group. Social identity dalam peer group menjadi salah satu penentu psychological well-being bagi remaja untuk mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, masih sedikit penelitian yang secara khusus menyoroti social identity pada remaja akhir dalam konteks peer group. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah social identity dalam peer group memiliki hubungan positif yang signifikan dengan psychological well-being pada remaja akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Social Identity Scale (SIS) untuk mengukur social identity dalam peer group dan Ryff’s Psychological Well-being Scale (RPWBS) untuk mengukur psychological well-being. Partisipan penelitian ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18–20 tahun (M = 19,03, SD = 0,74). Hasil Spearman Correlation menunjukkan bahwa social identity dalam peer group dan psychological well-being memiliki korelasi yang signifikan dengan rs(160) = .138, p = .041, one-tailed. Artinya, semakin tinggi tingkat social identity dalam peer group pada remaja akhir, maka semakin tinggi tingkat psychological well-being.

In addition to forming their self identity, adolescents also begin to form a social identity that can be obtained by joining peer groups. Social identity within peer groups is one of the determinants of psychological well-being for adolescents to cope with stress in daily life. However, there is still limited research that specifically highlights social identity in late adolescents in the context of peer groups. Therefore, this study aims to investigate whether social identity within peer groups has a significant positive relationship with psychological well-being in late adolescents. The research instruments used were the Social Identity Scale (SIS) to measure social identity within peer groups and the Ryff's Psychological Well-being Scale (RPWBS) to measure psychological well-being. The participants in this study were Indonesian citizens aged 18–20 years old (M = 19,03, SD = 0,74). The results of the Spearman Correlation showed that social identity within peer groups and psychological well-being had a significant correlation with rs(160) = .138, p = .041, one-tailed. This means that the higher the level of social identity within peer groups in late adolescents, the higher the level of psychological well-being."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zemke, Ron
""Walk through the tightly packed, hierarchically flattened corridors of America's businesses and what do you hear? Not the sounds of harmony. Instead, you'll probably hear the grumbles of irritation as people with wholly different ways of working, talking, and thinking have been tossed together side by side, cubicle by cubicle. It's the teeth-gritting sound of generations in collision."
New York: [American Management Association, ], 2000
e20438073
eBooks  Universitas Indonesia Library