Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwinita Laksmidewi
"[ABSTRAK
Disertasi ini bertujuan untuk menguji bahwa unsur antropomorfik dalam iklan, yaitu mendemonstrasikan keampuhan produk menggunakan perilaku manusia (demonstrasi antropomorfik), lebih efektif untuk menjelaskan keampuhan produk yang sulit dimengerti. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan 3 studi eksperimental, dengan menggunakan arketip hero untuk menggambarkan produk dalam wujud manusia. 5 pilot studi dilakukan untuk membuat stimulus eksperimen berupa iklan TV animasi. Hasil studi 1 menunjukkan bahwa demonstrasi antropomorfik lebih efektif dibandingkan perilaku berbicara, dan non-antropomorfik.
Pada studi 2, demonstrasi antropomorfik memiliki pengaruh paling positif terhadap persepsi keampuhan produk jika karakter yang melakukannya sangat mirip dengan manusia nyata. Pengaruh ini tidak signifikan dimoderasi oleh tendensi antropomorfik. Pada studi 3, perilaku dengan kekerasan/tanpa kekerasan dalam demonstrasi antropomorfik berpengaruh positif terhadap persepsi keampuhan produk pada partisipan laki-laki, dan pada partisipan dengan power yang rendah. Pada ketiga studi tersebut persepsi keampuhan produk secara signifikan menjadi mediasi pengaruh demonstrasi antropomorfik terhadap intensi membeli
;

ABSTRACT
This dissertation aims to examine that anthropomorphic elements in advertising, demonstrating the efficacy of the product using human behavior (anthropomorphic demonstration), is more effective to explain the efficacy of the products that are difficult to understand. To achieve this goal we conducted three experimental studies, using hero archetype to illustrate the product in human form. Five pilot studies were conducted to create the experimental stimulus in the form of animated TV ads. Study 1 show that the anthropomorphic demonstration more effective than verbal behavior, and non-anthropomorphic.
In study 2, the anthropomorphic demonstration has the most positive effect on the perceived product efficacy if the character is very similar to a real human. This effect is not significantly moderated by anthropomorphic tendencies. In study 3, the violent behavior in the anthropomorphic demonstration positively influences the perceived product efficacy on male participants, and the participants with low power. In all of these studies the perceived product efficacy significantly mediates anthropomorphic demonstration effect on purchase intention
, This dissertation aims to examine that anthropomorphic elements in advertising, demonstrating the efficacy of the product using human behavior (anthropomorphic demonstration), is more effective to explain the efficacy of the products that are difficult to understand. To achieve this goal we conducted three experimental studies, using hero archetype to illustrate the product in human form. Five pilot studies were conducted to create the experimental stimulus in the form of animated TV ads. Study 1 show that the anthropomorphic demonstration more effective than verbal behavior, and non-anthropomorphic.
In study 2, the anthropomorphic demonstration has the most positive effect on the perceived product efficacy if the character is very similar to a real human. This effect is not significantly moderated by anthropomorphic tendencies. In study 3, the violent behavior in the anthropomorphic demonstration positively influences the perceived product efficacy on male participants, and the participants with low power. In all of these studies the perceived product efficacy significantly mediates anthropomorphic demonstration effect on purchase intention
]"
2014
D1874
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deswina Kirana Putri
"Skrisi ini akan membahas mengenai antropomorfisme yang ada pada yuru-kyara Prefektur Yamaguchi, Choruru. Teori yang digunakan adalah teori bentuk antropomorfisme menurut DiSalvo, Gemperle, dan Forlizzi. Di dalam penelitian ini ditemukan bahwa antropomorfisasi pada Choruru memfasilitasi pengkonstruksian citra positif pemerintah daerah Prefektur Yamaguchi di mata masyarakat. Citra positif yang ingin dibentuk yakni pemerintahan yang bersahabat dan membaur dengan masyarakat, memperhatikan dan mengakomodasi perkembangan pariwisata dan ekonomi lokal, menghargai partisipasi dan peran aktif masyarakat, serta mendukung berlangsungnya acara-acara di dalam maupun luar Prefektur Yamaguchi.

This research will discuss about anthropomorphism reflected in Yamaguchi Prefecture`s yuru kyara, Choruru. DiSalvo, Gemperle, and Forlizzi`s types of anthropomorphic form theory will be used to explain the phenomenon. This thesis found that anthropomorphism in Choruru acted as a positive images construction instrument for Yamaguchi Prefecture government. The positive images the institution wish to construct are friendly, blend in with the citizens, concern and accomodate the development of local tourism and economy, respect citizens`active participations, as well as support events inside and outside the prefecture."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karisa Diyacita
"[ABSTRAK
Intertemporal choice adalah situasi di mana individu harus memilih di antara dua alternatif hasil yang terletak di dua waktu yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manipulasi waktu, berupa antropomorfisme laju waktu dan framing waktu, memiliki pengaruh terhadap preferensi dalam intertemporal choice. Antropomorfisme laju waktu adalah persepsi bahwa waktu berperilaku seperti manusia yang bergerak dengan laju cepat atau lambat. Framing waktu adalah pengubahan waktu penerimaan sebuah hasil menjadi dimajukan atau dimundurkan. Preferensi dalam intertemporal choice diketahui melalui delay premium (jumlah uang yang ingin diterima apabila penerimaan dimundurkan), dan speed-up cost (jumlah uang yang ingin dibayar apabila penerimaan dimajukan). Jumlah delay premium dan speed-up cost yang tinggi melambangkan ketidaksabaran karena partisipan lebih memilih untuk menerima hasil saat ini daripada harus menunggu. Partisipan (N=152) adalah mahasiswa S1 Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ungkapan antropomorfik, baik yang mengandung laju cepat maupun lambat, meningkatkan delay premium namun menurunkan speed-up cost. Ungkapan antropomorfik laju waktu cepat menghasilkan delay premium yang paling tinggi dan speed-up cost yang paling rendah dibandingkan ungkapan laju waktu lambat maupun non-antropomorfik.

ABSTRACT
Intertemporal choice is a situation where individual has to face a choice of outcomes located at two different points in time. This research aims to examine the influence of time manipulation, in the forms of anthropomorphism of time pace and time framing, on individual?s preference in intertemporal choice. Anthropomorphism of time pace is the perception that time behaves like human which moves in fast pace and slow pace. Time framing is the change of outcomes? reception time as being delayed or sped-up. Preference in intertemporal choice is measured through delay premium (the amount of money participants require to delay reception) and speed-up cost (the amount of money participants pay to speed-up reception). High delay premium and speed-up cost reflect participant?s impatience as they prefer to receive outcome now rather than waiting. Participants (N=152) are students from Faculty of Psychology and Faculty of Social and Political Science University of Indonesia. The results show that anthropomorphic sayings, either containing slow pace or fast pace, increase delay premium but decrease speed-up cost. Sayings of fast time pace anthropomorphism cause the highest delay premium and lowest speed-up cost compared to slow time pace anthropomorphism and non-anthropomorphic saying, Intertemporal choice is a situation where individual has to face a choice of outcomes located at two different points in time. This research aims to examine the influence of time manipulation, in the forms of anthropomorphism of time pace and time framing, on individual’s preference in intertemporal choice. Anthropomorphism of time pace is the perception that time behaves like human which moves in fast pace and slow pace. Time framing is the change of outcomes’ reception time as being delayed or sped-up. Preference in intertemporal choice is measured through delay premium (the amount of money participants require to delay reception) and speed-up cost (the amount of money participants pay to speed-up reception). High delay premium and speed-up cost reflect participant’s impatience as they prefer to receive outcome now rather than waiting. Participants (N=152) are students from Faculty of Psychology and Faculty of Social and Political Science University of Indonesia. The results show that anthropomorphic sayings, either containing slow pace or fast pace, increase delay premium but decrease speed-up cost. Sayings of fast time pace anthropomorphism cause the highest delay premium and lowest speed-up cost compared to slow time pace anthropomorphism and non-anthropomorphic saying]"
2016
T45373
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah Kusumaningrum
"Antropomorfisme adalah salah satu perangkat sastra yang tidak hanya digunakan dalam karya sastra, namun juga sering digunakan dalam film, terutama film animasi. Studio Ghibli, sebuah studio animasi dari Jepang, sering kali menggunakan antropomorfisme dalam film mereka, salah satunya dalam film Neko no Ongaeshi (2002). Untuk mengkaji antropomorfisme dalam film ini, penulis menggunakan teori-teori antropomorfisme dari Wells (1998; 2009) dan Danielsson (2020). Temuan dari penelitian ini adalah tokoh-tokoh hewan antropomorfik dalam film ini sebagian besar masih tetap mempertahankan beberapa perilaku alami hewan mereka. Tokoh-tokoh ini juga tentunya memiliki karakteristik dan perilaku manusia, antara lain adalah berjalan tegak dengan dua kaki, berbicara, memakai pakaian atau aksesoris, dan memiliki kebangsaan atau etnik. Tokoh-tokoh antropomorfik juga berperan sebagai pembawa pesan yang sesuai dengan tema film ini. Pesan-pesan yang dibawa adalah pentingnya percaya pada diri sendiri dan membalas kebaikan orang lain, kritik terhadap pemerintahan totaliter, dan representasi perbedaan cara pandang antara generasi tua dan generasi muda.
......Anthropomorphism is a literary device that is not only used in literary works but also in films, especially animated ones. Studio Ghibli, a Japanese animation studio, often uses anthropomorphism in their films. One of them is Neko no Ongaeshi (2002). To study anthropomorphism in this film, anthropomorphism theories from Wells (1998; 2009) and Danielsson (2020) are used. The results are most of the anthropomorphic animal characters in this film still show some of the animal's natural behavior. They also show human characteristics and behaviors such as walking upright on two legs, talking, wearing clothes or accessories, and having nationality or ethnicity. This film also uses anthropomorphic characters to convey messages related to the themes of this film. These messages are the importance of believing in yourself and returning others’ favors, a critique of totalitarian government, and representations of different perspectives between the older and younger generations.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
R. Cecep Eka Permana, 1965-
"ABSTRAK
Kajian seni pada masyarakat sederhana biasanya tidak terlepas dari aspek religi. Suatu seni atau hasil karya kesanian seringkali dihubungkan atau dilatarbelakangi dengan kepercayaan tertentu. Salah satu di antara sejumlah karya seni yang berhubungan dengan religi atau kepercayaan adalah penggambaran hiasan antropomorfik pada wadah kubur yang berasal dari masa prasejarah. Berbagai hiasan yang terdapat, tertera atau yang berhubungan dalam kegiatan religi merupakan simbolisasi dari suatu representasi. Hiasan simbolis yang dijumpai pada objek atau kegiatan religi mempnnyai makna dan tujuan yang bersifat religius pula.
Tulisan ini mengkaji tantang hiasan antropomorfik, yaitu hiasan-hiasan yang menggunakan motif atau bentuk-bentuk manusia baik secara utuh maupun hanya bagian-bagian tertentu saja dari anggota tubuh manusia. Hiasan-hiasan itu terutama yang dijumpai pada wadah kubur yang disebut sarkofagus. Sarkofagus-sarkofagus yang dikaji di sini adalah temuan dari daerah Bali.
Hiasan antropomorfik pada sarkofagus di Bali pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu hocker motif dan face motif, Hocker motif adalah hiasan manusia dalam posisi mengangkang, di mana kedua tangan dan kaki diangkat ke atas di samping badan. Sedangkan face motif berupa hiasan kepala/wajah atau disebut juga hiasan kedok/topeng. Hiasan-hiasan tersebut berfungsi sebagai pelindung arwah orang yang meninggal dari gangguan kekuatan-kekuatan atau roh-roh jahat.
"
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Arin Riski Astaria
"Trend minuman boba semakin berkembang pesat di Indonesia dan mengakibatkan persaingan yang semakin ketat di antara merek-merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak elemen-elemen anthropomorfik pada merek minuman boba terhadap pembentukan tiga aspek penting, yaitu resistance to negative information, repurchase intention, dan brand defense yang dimediasi oleh brand trust dan brand love. Responden dari penelitian ini terdiri dari 400 orang yang dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand anthropomorphism memiliki pengaruh positif terhadap pembentukan variabel yang dituju dan juga terhadap variabel mediasi. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan terkait penggunaan brand anthropomorphism dalam membentuk resistance to negative information, repurchase intention, dan brand defense.
......The trend of bubble tea consumption is rapidly expanding in Indonesia, leading to intensified competition among brands. The objective of this research is to analyze the impact of anthropomorphic elements in bubble tea brands on the formation of three crucial aspects: resistance to negative information, repurchase intention, and brand defense, mediated by brand trust and brand love. The respondents for this study consisted of 400 individuals analyzed through Structural Equation Modeling (SEM). The research findings reveal that brand anthropomorphism exerts a positive influence on the formation of the targeted variables and also on the mediating variables. This study contributes to enhancing knowledge regarding the utilization of brand anthropomorphism in shaping resistance to negative information, repurchase intention, and brand defense."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khadijah Putri Rahmadewi
"Pergeseran bentuk dan makna dalam penerjemahan terjadi karena perbedaan aturan dan budaya masing-masing bahasa. Hal ini juga terjadi pada cerpen berjudul Nadir yang terdapat dalam kumpulan cerpen Niederungen karya Herta Mueller (2010) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Tiya Hapitiawati berjudul Nadir (2022). Subjek dalam penelitian ini adalah metafora antropomorfik yang ditemukan dalam cerpen Nadir. Fokus penelitian ini adalah pergeseran bentuk dan makna pada metafora antropomorfik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan studi pustaka. Kalimat yang mengandung metafora antropomorfik dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif dan dianalisis pergeseran bentuknya berdasarkan teori dari Catford (1965) dan teori pergeseran makna dari Simatupang (1999) dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia serta Duden dan Dict.cc untuk bahasa Jerman. Dari 29 data metafora antropomorfik, ditemukan 46 pergeseran. Pergeseran bentuk berjumlah 43 dengan detail 14 pergeseran struktur, enam pergeseran kelas kata, 21 pergeseran unit, dan dua pergeseran intrasistem. Sementara itu, pergeseran makna berjumlah tiga, ketiganya adalah pergeseran makna generik ke spesifik. Dari semua data, tidak ada pergeseran makna budaya yang terjadi. Selain itu, ada pula tiga data yang tidak mengalami pergeseran dan sebuah data yang dalam TSu bukan merupakan antropomorfik.
......Category shift and meaning shift occur in translation because of the differences in each language's rules and culture. These shifts also exist in a narrative text, Nadir, which is part of the narrative text compilation book Niederungen written by Herta Herta Mueller (2010). The book is translated into Indonesian by Tiya Hapitiawati into Nadir (2022). Anthropomorphism found in Nadir is the subject of this research. This research’s focuses are category and meaning shift in anthropomorphism. The methods are qualitative descriptive and library research. The sentence which contains anthropomorphism is analyzed through the qualitative descriptive method and its shifts are also analyzed through category shift theory by Catford (1965) and meaning shift theory by Simatupang (1999). Tools used in this research are Kamus Besar Bahasa Indonesia, Duden, and Dict.cc. The result is from 29 anthropomorphisms, there are 46 shifts on them. The category shift has 43 data with 14 structure shifts, six class shifts, 21 intra-system shifts, and two unit shifts. The meaning shift has three data. All of them are generic to specific. No data was found on the cultural point of view shift. There are also three data that don’t have shifts and a data that isn’t a part of anthropomorphism in German, but it is in Indonesian."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aninda Naulina, authot
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai bagaimana interaksi pada media sosial dapat mempengaruhi emotions, brand relationship buality, brand anthropomorphism dan word of mouth terhadap Festival Musik Java Jazz. Penelitian ini menggunakan metode conclusive descriptive cross-sectional dan kuesioner disebar kepada 376 pengunjung yang pernah mendatangi Java Jazz Festival pada tahun 2017 atau 2018 atau 2019. Dengan analisis menggunakan SPSS, penelitian ini menemukan bahwa interaksi pada media sosial dapat mempengaruhi perilaku pengunjung yang diinginkan dalam hal ini adalah melakukan kegiatan word of mouth yang positif. Interaksi pada media sosial secara langsung mempengaruhi emotional attachment, brand anthropomorphism, dan brand relationship quality. Emotional attachment, brand anthropomorphism secara positif dapat mempengaruhi brand relationship quality. Selanjutnya brand relationship quality ditemukan signifikan dalam mempengaruhi perilaku konsumen untuk melakukan word of mouth. Memahami implementasi dari interaksi media sosial akan membantu manajer untuk memprediksi perilaku konsumen terutama pada sektor pariwisata, khususnya festival musik. Oleh karena itu pada penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh manajer serta saran bagi penelitian selanjutnya.

ABSTRACT
This study discusses how interaction on social media can affect emotions, brand relationship quality, brand anthropomorphism and word of mouth towards the Java Jazz Music Festival. This study used a conclusive descriptive cross-sectional method and the questionnaire was distributed to 376 visitors who had visited Java Jazz Festival in 2017 or 2018 or 2019. By analyzing using SPSS, this study found that interaction on social media can influence desired visitor behavior in terms of this is a positive word of mouth activity. Interaction on social media directly affects emotional attachment, brand anthropomorphism, and brand relationship quality. Emotional attachment, brand anthropomorphism can positively influence brand relationship quality. Furthermore, brand relationship quality was found to be significant in influencing consumer behavior to do word of mouth. Understanding the implementation of social media interactions will help managers to predict consumer behavior in the tourism sector, especially music festivals. Therefore in this study there are also managerial implications that can be made by managers and suggestions for further research.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puspita Insan Kamil
"Menurut Epley, Waytz, Cacioppo 2007 , manusia memiliki kecenderungan untuk mengatribusikan sifat dan representasi manusia pada seekor binatang. Penelitian antropomorfisme pada binatang sayangnya belum lengkap menjelaskan sifat dan representasi manusia seperti apa yang kemudian memiliki dampak tertentu pada bagaimana manusia memperlakukan binatang. Penelitian dalam tesis ini mengujikan pengaruh jenis binatang dan jenis antropomorfisme ndash; menggunakan arketip innocent dan trouble maker terhadap intensi partisipan untuk memakan, menyarankan eradikasi pemusnahan, dan memelihara binatang. Penelitian ini dilakukan dalam dua studi, studi yang pertama dilakukan pada kelompok petani di Flores, dan kedua pada mahasiswa di Depok. Secara umum, manipulasi jenis binatang tidak mempengaruhi intensi partisipan untuk melakukan hal tertentu pada binatang, namun jenis antropomorfisme yang lebih memiliki peran dalam tiga intensi tersebut.
......
Epley, Waytz, Cacioppo 2007 argued that humans tend to attribute human's trait or representation to non human animal. However, researches in anthropomorphism have not yet comprehensively explained which traits or representations that lead to specific human behavior towards animal. This research examined the effect of animal and anthropomorphism types ndash using innocent and trouble maker archetypes to participant intention's in eating, suggesting eradication, and pet an animal.Conducted in two separated studies ndash to farmers community in Flores and college students in Depok, the two studies proved that animal types hold no effect on participants intention towards specific animal, and it is anthropomorphic types which has effect on the three intentions."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T50566
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library