Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pratiwi Yustiana
Abstrak :
ABSTRAK
Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem pendeteksi kantuk untuk mencegah terjadinya kelalaian pengendara yang dapat menyebabkan kecelakaan dalam bentuk aplikasi berbasis Android. Dengan menggunakan Elektoensefalogram (EEG), kondisi mengantuk pada seseorang dapat dideteksi dengan cara merekam aktivitas kelistrikan yang terjadi pada otak manusia dan direpresentasikan menjadi bentuk sinyal frekuensi. Kemudian sinyal tersebut akan dikirim ke aplikasi di smartphone Android melalui Bluetooth dan akan memberikan peringatan berupa notifikasi jika kondisi mengantuk sudah terdeteksi. Sinyal akan diproses menggunakan Fast Fourier Tranform (FFT) untuk mengekstraksi fitur pada sinyal otak dan diklasifikasi menggunakan ­K-Nearest Neighbor (KNN). Sistem tersebut diharapkan dapat meminimalisir penyebab terjadinya kecelakaan yang dikarenakan oleh pengemudi yang mengantuk. Hasil yang didapatkan dari perancangan sistem pendeteksi ini menunjukkan bahwa aplikasi sudah dapat menghasilkan performa terbaik dengan tingkat akurasi tertinggi yaitu 95.24% dengan menggunakan nilai K=3 dan dengan menggunakan 4 fitur gelombang otak (Delta, Theta, Alpha, dan Beta).
ABSTRACT
In this research, a drowsiness detection system is an Android application and it is designed to prevent drivers negligence that can cause accidents. By using Electroencephalogram (EEG), the condition of drowsiness can be detected by recording the electrical activity that occurs in human brain and represented as a frequency signal. Then the signal will be sent to the Android application on smartphone via Bluetooth and will give an alarm notification if the drowsiness is detected. The signal will be processed using Fast Fourier Transform (FFT) to extract features in human brain signals and be classified using K-Nearest Neighbor (KNN). The system is expected to minimize the causes of accidents that caused by drowsy drivers. The results obtained from the development of this detection system indicate that the application can produce the best performance with the highest accuracy of 95.24% using the value of K = 3 and by using 4 brain wave features (Delta, Theta, Alpha, and Beta).
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manuel Yoseph Ray
Abstrak :
Aplikasi mobile bidang transportasi di Indonesia semakin populer digunakan. MRT-J merupakan aplikasi mobile bidang transportasi yang membantu penggunanya dalam menggunakan layanan MRT Jakarta. Meskipun aplikasi mobile MRT-J dapat memudahkan penggunanya dalam menggunakan layanan MRT Jakarta, terdapat beberapa masalah yang terdapat pada aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada aspek transportasi dan finansial dari aplikasi tersebut dan memberikan solusi berupa rancangan desain antarmuka alternatif. Perancangan desain antarmuka alternatif pada penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design dengan menerapkan prinsip desain interaksi Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design dan Nielsen’s Ten Usability Heuristics. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner daring, Usability Testing (UT), dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS). Data berupa keluhan dan saran dianalisis dan hasil analisis tersebut digunakan untuk merancang solusi berupa desain antarmuka alternatif yang mencakup aspek transportasi dan finansial yaitu fitur beli tiket, lihat jadwal, pembayaran dan kartuku. Setelah proses perancangan solusi selesai, solusi dievaluasi dengan UT dan SUS. Hasil evaluasi solusi kemudian dibandingkan dengan hasil evaluasi terhadap aplikasi saat ini (as-is). Diperoleh bahwa nilai dari SUS mengalami peningkatan pada aspek transportasi dan finansial. SUS pada aspek transportasi memperoleh nilai 95,75, yang sebelumnya 51,5, dan SUS pada aspek finansial memperoleh nilai 92,75, yang sebelumnya 55,25. Nilai-nilai tersebut melebihi nilai 80 yang menjadi benchmark untuk menentukan suatu produk memiliki tingkat User experience yang di atas rata-rata. ......Mobile applications on the transportation sector in Indonesia are increasingly being used. MRT-J is a mobile application in the field of transportation that helps users to use MRT Jakarta. Although the MRT-J mobile application can make it easier for users to use MRT Jakarta, there are several problems with the application. This study aims to identify problems in the transportation and financial aspects of the application and provide solutions in the form of alternative interface designs. The design of alternative interface designs in this study uses the User-Centered Design method by applying the interaction design principles of Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design and Nielsen's Ten Usability Heuristics. Research data was collected by distributing online questionnaires, Usability Testing (UT), and distributing System Usability Scale (SUS) questionnaires. Data in the form of complaints and suggestions are analysed and the results of the analysis are used to design solutions in the form of alternative interface designs that include transportation and financial aspects, namely the ticket purchase feature, view schedule, payment and my card. After the solution design process is completed, the solution is evaluated with UT and SUS. The results of the evaluation of the solution are then compared with the results of the evaluation of the current application (as-is). It was found that the value of SUS has increased in the transportation and financial aspects. SUS in the transportation aspect scored 95.75, previously 51.5, and SUS in the financial aspect scored 92.75, previously 55.25. These values exceed the value of 80 which is the benchmark to determine a product has an above average level of User experience.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriela Bianca
Abstrak :
Penggunaan aplikasi pelacakan kontak merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi pandemi global COVID-19 dengan angka kasus yang terus meningkat. Aplikasi pelacakan kontak yang digunakan di Indonesia adalah PeduliLindungi yang menjadi salah satu syarat untuk mengakses area publik, dimana pada awalnya diberlakukan pada wilayah Jawa-Bali. Namun, dalam penggunaannya masih ditemukan tantangan yang memengaruhi mutu layanan elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi pengguna terhadap mutu layanan aplikasi PeduliLindungi berdasarkan dimensi E-Servqual. Metode yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi pengguna terhadap mutu aplikasi PeduliLindungi sudah baik dengan penilaian yang positif pada dimensi-dimensi mutu layanan aplikasi PeduliLindungi. Dimensi yang memiliki hubungan signifikan terhadap persepsi pengguna terhadap mutu aplikasi PeduliLindungi (ESQ) adalah dimensi pengalaman pengguna (EXP) dan kepercayaan pengguna (TRU). Sedangkan dimensi reliabilitas (REL), ketanggapan (RES), kemudahan penggunaan (EOU), privasi (PRI), ketersediaan sistem (SA), desain aplikasi (WD), serta kualitas informasi (IQ) tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap persepsi pengguna terhadap mutu aplikasi PeduliLindungi (ESQ). Saran yang dapat diberikan adalah dengan meningkatkan dan memperbaiki fungsi sistem dan teknis serta meningkatkan keamanan terhadap data pengguna. ......The use of contact tracing application is one of the efforts made to overcome the global COVID-19 pandemic with the continued rapid increase in the number of cases. PeduliLindungi is contact tracing application that used in Indonesia which is one of the conditions for accessing public areas, which was initially applied to the Java-Bali area. However, in its use there are still challenges that effect the quality of PeduliLindungi electronic services. This study aims to analyze user perceptions of the service quality of the PeduliLindungi based on the E-Servqual dimensions. Observational with a quantitative approach using a cross sectional design is used as method in this study. The result showed that the user’s overall perception of the quality of PeduliLindungi was good with positive assessment of the service quality dimensions of the PeduliLindungi application. The dimensions that have significant relationship to user perceptions of the PeduliLindungi quality (ESQ) are user experience (EXP) and user trust (TRU). While the dimensions of reliability (REL), responsiveness (RES), ease of use (EOU), privacy (PRI), system availability (SA), application design (WD), and information quality (IQ) did not have significant relationship to user perceptions on the the quality of PeduliLindungi (ESQ). Recommendation that can be given are to improve the system and technical functions and increase the security of user data.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Turina Farouk
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis jaringan data komunik.asi BlackBerry di Divisi Marketing Communication PT. Excelcomindo Pratama menggunakan kerangka untuk mengetahui model jaringan komunikasi yang terbentuk, indikator dari nilai konsumsi, fitur komunikasi data yang paling tersentralitas, serta anggota jaringan yang menjadi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model jaringan komunikasi yang te!bentuk odalah lingkaran dengan temuan menarik bahwa indikator aman dan ketergantungan yang merupakan indikator dari nilai emosional memiJiki sentralitas yang ekstrirn, serta memunculkan juga push mail sehagai fitur komunikasi data yaog paling tersentralitas, dengan adanya salah satu anggota jaringan yang menjadi star pada jaringan pengguna BlackBerry di Divisi Marketing Communication PT. Excelcomindo Pratama. ......This research is conducted to analyze Blackberry communication in Marketing Communication Division PT. Excelcomindo Pratama by using a framework to reveal established communication network model consumption value indicator the most centralized Blackberry data communication feature, and the network member who becomes a star in network. The result shows that the established communication network is an interesting circle. The secure indicator, dependency, and craziness are emotional value indicator which have extreme centrality and push mail becomes the most centralized data communication feature because a member of network becomes the star in Marketing Communication Division PT. Excelcomindo Pratama Blackberry users network.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T32474
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gultom, Rudy Agus Gemilang
Abstrak :
ABSTRAK
Di dalam disertasi ini dibuat satu metode baru pembuatan Mashup melalui sistem pemodelan pohon DOM yang dibentuk secara otomatis menggunakan algoritma Xtractorz. Mashup merupakan sebuah aplikasi web yang mengkombinasikan data atau fungsi dari dua atau lebih sumber eksternal (halaman web) untuk membuat satu bentuk layanan (new servives) di halaman web yang baru. Pohon DOM merupakan satu bentuk platform yang berguna untuk merepresentasikan beragam obyek dokumen halaman web berformat HTML atau XML untuk ditampilkan menjadi satu bentuk struktur pohon (tree-structure) atau lazimnya disebut node-tree Dengan menggunakan pendekatan platform struktur pohon DOM tersebut maka web browser dapat dengan mudah menginterpretasikan struktur kode HTML dari satu halaman web. Maksudnya, seluruh node yang ada dalam struktur kode HTML dari satu halaman web dapat diidentifikasi dan dimodifikasi struktur datanya secara mudah dan cepat. Tujuan dari metode baru ini adalah untuk memudahkan pengguna membuat satu rangkaian tahapan pembuatan Mashup secara online via Internet. Untuk mengimplementasikan metode baru tersebut, di dalam penelitian ini telah dibangun satu tool baru pembuat Mashup yang dinamakan Xtractorz. Tool Xtractorz terdiri dari algoritma induk dan algoritma turunannya serta sekumpulan aturan yang didisain untuk mampu membuat satu Mashup yang diawali proses ekstraksi tabel data dari satu halaman web HTML di Internet. Proses pembuatan Mashup dimulai dengan memetakan seluruh struktur kode-kode atau tag-tag tabel HTML yang berhasil diekstraksi dari satu halaman web. Kode-kode HTML yang merepresentasikan seluruh tabel di dalam halaman web HTML selanjutnya dipisahkan oleh algoritma induk Xtractorz untuk dikelompokan menjadi kelompok node Root, Parent, Child, Sibling dan Leaf. Pengelompokkan tersebut kemudian ditransformasikan bentuknya menjadi satu struktur pohon DOM yang dibentuk secara otomatis oleh tool Xtractorz. Struktur pohon DOM tersebut selanjutnya menjadi referensi untuk proses komputasi di setiap tahapan pembuatan Mashup, seperti tahap Data Retrieval, Data (Source) Modeling, Data Cleaning/ Filtering, Data Integration hingga Data Visualization. Hasil akhir tahapan pembuatan Mashup adalah beragam bentuk produk keluaran sesuai kebutuhan atau keinginan pengguna, contohnya dalam bentuk tabel PDF, tabel XML atau bentuk keluaran lainnya. Pengujian terhadap metode baru pembuatan Mashup dilakukan dengan cara menguji tool Xtractorz menggunakan skenario dan lingkungan pengujian yang pernah dilakukan oleh tools pembuat Mashup sejenis, yaitu Karma dan Dapper. Pengujian dilakukan oleh para penguji dengan kualifikasi programmers dan non-programmers yang merepresentasikan para pengguna Internet. Pengujian dilaksanakan dengan memberikan model penugasan Task 1, Task 2 dan Task 3. Pada prinsipnya para penguji diberi tugas melakukan pembuatan satu Mashup sesuai skenario penugasan yang diterima. Proses pembuatan Mashup diawali dengan tahapan ekstraksi tabel data secara online dan real time dari beberapa sumber halaman web HTML di Internet. Data hasil pengujian menunjukkan bahwa performa tool Xtractorz lebih unggul dibandingkan dengan tools Dapper dan Karma. Keunggulan tersebut dibuktikan dengan keberhasilan tool Xtractorz menyelesaikan seluruh rangkaian tahapan pembuatan Mashup secara lengkap dengan waktu proses (time spent) yang lebih cepat. Selain itu algoritma induk Xtractorz dan turunannya mampu menyelesaikan seluruh lima tahapan standar pembuatan Mashup, mulai dari tahap Data Retrieval, Data Modeling, Data Cleaning/ Filtering, Data Integration hingga Data Visualization yang tidak dapat dilakukan oleh tools sejenis lainnya. Dari hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa metode baru pembuatan Mashup melalui sistem pemodelan pohon DOM yang dibentuk secara otomatis menggunakan algoritma Xtractorz memiliki performa yang dapat diandalkan bagi para pengguna Internet membuat satu Mashup secara mudah dan cepat.
ABSTRACT
In this dissertation, we created a new method for building a Mashup through DOM tree modeling system that automatically generated by using Xtractorz algorithm. Mashup is a web based application which combine data or function from two external sources (web pages) or more in order to create new services in the new web pages. DOM tree is a useful platform to represent various HTML or XML web pages document object in a form of tree structure or commonly called node-tree. With the use of DOM tree structure approach then the web browser could interpret the HTML tags structure from a web page very easily. This mean that all the nodes exist inside the HTML tags structure within a web page can be easily identify or modify its data structures. The aim of this new method is to help the Internet users to build a Mashup via online Internet. In order to implement this new method, a new Mashup builder tool called Xtractorz has been build in this research project. The Xtractorz tool consists of a main algorithm and its derivative algorithms completed with a set of rules which is designed to be capable to build a Mashup through a process of data table extraction from an HTML web page on the Internet. The process of building a Mashup is initiated by mapping the whole structure of a webpage HTML codes or tags that has been succesfully extracted and grouped from a single web page. Afterward, those HTML codes or tags that represent the web HTML tables will be grouped into Root, Parent, Child, Sibling and Leaf Nodes by the Xtractorz main algorithm. Those group of nodes will be transformed to a DOM tree structure model which is automatically build by Xtractorz tool. This DOM tree structure will be used as a main reference for computation process in every stages of building a Mashup, such as Data Retrieval, Data (Source) Modeling, Data Cleaning/Filtering, Data Integration and Data Visualization. The end result of Mashup building stages will be the variety of output as expected or needed by the users, for example in the form of PDF and XML tables and many more output forms. The new method of building a Mashup has been tested by testing the Xtractorz tool using the same scenario and environment test that has been done previously by similar Mashup builder tools, called Karma and Dapper. The tests has been done by the appointed testers with the qualification of programmers and non-programmers background as the representative of Internet users. The serial tests have been deployed with specific tasks model, namely Task 1, Task 2 and Task 3. Basically, the appointed testers created a Mashup as written on the scenario. The stage of building a Mashup is initiated by an on-line and real-time process of web data table extraction from the Internet. The data test results showed that the Xtractorz tool performance is better than the other tools, Karma and Dapper. This can be proofed by the successful test of Xtractorz tool which can complete the whole process of building a Mashup with the minimum time spent or more faster. In addition to that, the Xtractorz main algorithm and its derivatives can also complete the five stages standardization of building a Mashup, starting from Data Retrieval, Data Modeling, Data Cleaning/ Filtering, Data Integration until Data Visualization stage which can not be performed completely by other similar tools. As conclusion, the result test showed that this new method for building a Mashup through DOM tree modeling system which automatically generated using Xtractorz algorithm has a better performance that could help the Internet users to build a Mashup more faster and easily.
Depok: 2012
D1272
UI - Disertasi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Ichwana
Abstrak :
ABSTRAK
Pada abad ini dirasakan perkembangan mekatronika yang merupakan gabungan dari tiga disiplin ilmu yaitu mekanika, elektronika, dan sistem informasi terbilang pesat. Hal ini terlihat dari kontribusi alat-alat mekatronika yang serba otomatis telah mampu memanjakan kehidupan manusia. Di Indonesia, mekatronika merupakan ilmu yang terbilang baru, kemampuan SDM Indonesia dalam ilmu ini belum merata bagi siswa maupun bagi mahasiswa yang berkecimpung pada bidang teknik. Namun, alat-alat mekatronika yang terbilang canggih telah beredar di pasar Indonesia bahkan telah digunakan oleh berbagai pihak. Hal ini merupakan potensi bagi lulusan teknik Indonesia karena alat-alat tersebut membutuhkan operator yang andal dalam bidang ilmu tersebut ataupun kebutuhan perawatan dari alat mekatronika itu sendiri. Salah satu cara agar meningkatkan SDM Indonesia adalah dengan meningkatkan minat pada bidang mekatronika sejak dini. Para siswa SMA telah diberikan pengenalan terhadap alat-alat mekatronika. Namun, dalam pengenalannya dibutuhkan kemampuan dalam membuat program yang terbilang sulit sehingga dapat mematahkan semangat para pelajar, maka dari itu akan dibuatkan modul pengukuran yang terdiri dari beberapa sensor yang merupakan alat mekatronika, serta aplikasi yang dapat membaca nilai pengukuran serta menjalankan logika dasar. Dipilihnya aplikasi berbasis android disebabkan sudah umumnya penggunaan ponsel pintar dan lebih luas nya kalangan pengguna Android. Koneksi Bluetooth juga disematkan untuk menghubungkan modul dan ponsel pintar serta menambah kesan canggih dibandingkan jika dihubungkan menggunakan kabel. Selain mengenalkan para pelajar, paerangkat ini juga dapat mengetahui potensi yang dimiliki oleh bidang mekatronika.
ABSTRACT
In this century, the development of mechatronics, which is a combination of three scientific disciplines, namely mechanics, electronics, and information systems are fairly rapid. This can be seen from the contribution of all automatic mechatronic tools that have been able to help human life. In Indonesia, mechatronics is a fairly new science, the ability of Indonesian human resources in this science has not been evenly distributed for students and for students involved in the engineering field. However, the sophisticated mechatronic tools distributed in the Indonesian market have even been used by various parties. This is a potential for Indonesian engineering graduates because these tools require operators who are reliable in the field of science or the maintenance needs of the mechatronic device itself. One way to improve Indonesia's human resources is to increase interest in the field of mechatronics early on. High school students have been given an introduction to mechatronic devices. However, in its introduction needed the ability to make programs that are fairly difficult so that it can discourage students, therefore a measurement module will be made consisting of several sensors which are mechatronic devices, and applications that can read measurement values ​​and carry out basic logic. The choice of an Android-based application is due to the general use of smart phones and the wider range of Android users. Bluetooth connections are also attached to connect modules and smart phones and add a sophisticated impression compared to when connected using a cable. In addition to introducing students, this device can also find out the potential possessed by the mechatronics field.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Albing, Carl
Boston: Prentice Hall Professional Technical Reference, 2005
005.133 ALB j
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Upper Saddle River, NJ: Addison-Wesley, 2011
006.76 JAV
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Berkowski, George
Abstrak :
Apps have changed the way we communicate, shop, play, interact and travel and their phenomenal popularity has presented possibly the biggest business opportunity in history. In How to Build a Billion Dollar App, serial tech entrepreneur George Berkowski - one of the minds behind the internationally successful taxi hailing app Hailo - gives you exclusive access to the secrets behind the success of the select group of apps that have achieved billion-dollar success. Berkowski draws exclusively on the inside stories of the billion-dollar app club members, including Instagram, Whatsapp, Snapchat, Candy Crush, Square, Viber, Clash of Clans, Angry Birds, Uber and Flipboard to provide all the information you need to create your own spectacularly successful mobile business. He guides you through each step, from an idea scribbled on the back of an envelope, through to finding a cofounder, building a team, attracting (and keeping) millions of users, all the way through to juggling the pressures of being CEO of a billion-dollar company (and still staying ahead of the competition). If you've ever dreamed of quitting your nine to five job to launch your own company or you're a gifted developer, seasoned entrepreneur or just intrigued by mobile technology, How to Build a Billion Dollar App will show you what it really takes to create your own billion-dollar, mobile business.
Jakarta: Kelompok Pustaka Alvabet, 2016
338.761 BER h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Berkowski, George
Abstrak :
Apps have changed the way we communicate, shop, play, interact and travel and their phenomenal popularity has presented possibly the biggest business opportunity in history. In How to Build a Billion Dollar App, serial tech entrepreneur George Berkowski - one of the minds behind the internationally successful taxi hailing app Hailo - gives you exclusive access to the secrets behind the success of the select group of apps that have achieved billion-dollar success. Berkowski draws exclusively on the inside stories of the billion-dollar app club members, including Instagram, Whatsapp, Snapchat, Candy Crush, Square, Viber, Clash of Clans, Angry Birds, Uber and Flipboard to provide all the information you need to create your own spectacularly successful mobile business. He guides you through each step, from an idea scribbled on the back of an envelope, through to finding a cofounder, building a team, attracting (and keeping) millions of users, all the way through to juggling the pressures of being CEO of a billion-dollar company (and still staying ahead of the competition). If you've ever dreamed of quitting your nine to five job to launch your own company or you're a gifted developer, seasoned entrepreneur or just intrigued by mobile technology, How to Build a Billion Dollar App will show you what it really takes to create your own billion-dollar, mobile business.
London: Piatkus, 2014
338.761 BER h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>