Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Karina Ramadhani Savitri
"Laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit substantif uji rinci yang diterapkan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) S atas akun persediaan PT J untuk periode 31 Desember 2021. PT J adalah perusahaan yang bergerak pada industri otomotif yang memproduksi kendaraan dan komponennya. Laporan magang ini berfokus pada evaluasi uji rinci yang dilakukan penulis selama magang di KAP S. Prosedur substantif uji rinci yang di evaluasi antara lain tes rekonsiliasi persediaan, tes biaya persediaan bahan baku, tes cut-off penerimaan persediaan, dan tes pergerakan saldo persediaan sejak tanggal observasi. Evaluasi dilakukan dengan menguji kesesuaian antara prosedur dengan Standar Audit (SA) yang berlaku di Indonesia. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur substantif uji rinci yang diterapkan KAP S terhadap akun persediaan PT J telah sesuai dengan standar yang berlaku. Selain evaluasi tersebut, laporan magang ini juga membahas hasil refleksi diri penulis terhadap pengalaman yang diperoleh selama magang di KAP S.

This internship report discusses the substantive audit procedure test of details implemented by S Public Accounting Firm (KAP) on PT J’s inventory for the period of December 31st, 2021. PT J is a company engaged in the automotive industry which produce vehicle and its components. This internship report focuses on the evaluation of the test of details carried out by the author during the internship at KAP S. Substantive procedure test of details which are evaluated consists of test inventory reconciliation, test the cost of raw materials inventory, test inventory receipts cut-off, and test the inventory balance movement since the observation date. The evaluation is carried out by testing the conformity of the procedures and the auditing standards implemented in Indonesia. The result of the evaluation shows that the substantive audit procedure test of details implemented by KAP S on PT J’s inventory are in accordance with the applicable standards. Other than that, this internship report also discusses the result of the author’s self-reflection on the internship experience gained during the internship at KAP S."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bharata
"Laporan magang ini membahas mengenai prosedur Test of Control (TOC) dan aktivitas pengendalian internal atas siklus penjualan PT ZPA. Pembahasan dimulai dari pemahaman siklus penjualan PT ZPA. Pembahasan akan mengungkapkan prosedur TOC terhadap siklus penjualan dan juga mengungkapkan kelengkapan dari prosedur yang telah dilakukan KAP RSM AAJ. Selain prosedur TOC, pembahasan juga akan mengungkapkan kunci pengendalian, risiko yang dihadapi perusahaan, temuan-temuan yang terjadi terkait pengendalian internal dan pengakuan pendapatan, serta solusi yang ditawarkan.

This Internship report discusses the Test of Control (TOC) procedure and internal control of sales cycle in PT ZPA. The discussions start with the understanding of sales cycle in PT ZPA. Descriptions show the procedures and the completeness of TOC done by KAP RSM AAJ. Descriptions also show the key control, the risks, the audit findings regarding internal control and revenue recognition, as well as the solutions offered."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54691
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bramanto Wicaksono Sadewo
"Laporan magang ini membahas mengenai peran dan fungsi unit internal audit pada PT FI, terkait dengan posisinya dalam struktur perusahaan. Laporan ini memberikan penekanan pada apakah peran dan fungsi unit internal audit perusahaan telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan The Standards for The Professional Practice of Internal Auditing (SPPIA) dan peraturan pemerintah, yakni KEP-496/BL/2008. Hasil dari analisis yang dilakukan dalam laporan ini menunjukkan bahwa fungsi unit internal audit pada PT FI belum sesuai dengan aturan yang ada.

This internship report discusses the role, the function and the position of internal audit unit at PT FI. This report will emphasize on whether the position and the functions of internal audit unit of the company has been going well according to The Standards for The Professional Practice of Internal Auditing (SPPIA) and government regulations, which is KEP-496/BL/2008. The results of the analysis conducted in this report indicate that the function of the internal audit unit at PT FI didn?t met the standards and government regulations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54712
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Wibowo
"Tujuan tesis ini adalah untuk menilai penerapan program Internal Control Over Financial Reporting (ICFR) dalam Meningkatkan Kegiatan Pengendalian pada Siklus Aktiva Tetap di Perusahaann Hulu Migas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, studi lapangan dan studi literature.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan program ICFR secara umum telah sesuai dengan teori dan panduan, namun perlu peningkatan pada pelaksanaan konsep tiga lini pertahanan dan proses pembentukan kesimpulan yang belum sesuai dengan panduan.
Penulis menyarankan kepada Perusahaan untuk menetapkan jangka waktu rinci untuk pembangunan unit pengelola ICFR dan memenuhi personel yang kompeten serta menetapkan kebijakan dan prosedur yang dapat menjadikan tone at the top. Penulis juga menyarankan kepada Pemerintah untuk membuat peraturan yang lebih detail mengenai pelaksanaan evaluasi ICFR.

The purpose of this thesis is to evaluate the implementation of Internal Control over Financial Reporting to improve control activities on Property Plant & Equipment Cycle. The methode used in research is field and literature study.
The conclussion is that in general the implementation were align with teory and guidance and potential improvement noted regarding of three lines of control defense and the statement of efectiveness.
Researcher recommend the company to set time line of ICFR unit organization establishment and fulfill competence personel required, and set formal policy and procedures of internal control over financial reporting. Researcher also recommend the regulator to set the detail regulation of internal control over financial reporting.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34670
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Yanuar Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan utama penyebab status disclaimer dalam laporan keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), komponen akun dalam laporan keuangan Kemdikbud yang melanggar kriteria pemberian opini dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 berdasarkan temuan dalam LHP BPK-RI, dan evaluasi atas perbaikan/upaya tindak lanjut hasil pemeriksaan yang dilakukan pihak Kemdikbud untuk mencapai opini WTP. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, yaitu berfokus pada permasalahan dalam penyajian laporan keuangan Kementerian Pendidikan Nasional dengan indikator opini Badan Pemeriksa Keuangan RI. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab disclaimer adalah Sistem Pengendalian Intern yang belum berjalan efektif sehingga keandalan laporan keuangan diragukan. Komponen laporan keuangan yang masih perlu diperbaiki adalah pengelolaan pendapatan negara dan hibah serta realisasi belanja, aset lancar terutama pada kas, piutang, dan persediaan, dan penatausahaan aset tetap karena melanggar ketentuan dalam Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas SPI yang disyaratkan untuk memperoleh opini WTP dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004.
Evaluasi atas perbaikan/upaya tindak lanjut hasil pemeriksaan yang dilakukan pihak Kemdikbud untuk mencapai opini WTP menunjukkan pihak Kemdikbud telah menyusun rencana aksi pencapaian opini WTP yang dikoordinasikan oleh inspektorat jenderal, namun pelaksanaan rencana aksi tersebut belum optimal dan perlu ada evaluasi aspek SDM pengelola keuangan di satker BLU, cara/metode koordinasi oleh pusat kepada satuan kerja di daerah, dan peran Inspektorat dalam mendampingi proses penganggaran hingga pelaporan untuk memastikan Sistem Pengendalian Intern berjalan dan reviu untuk memastikan kualitas pelaporan keuangan. Saran untuk penelitian selanjutnya disajikan dalam karya akhir ini.

The purpose of this research is to find out the key issues of the the financial statements of the Ministry of Education and Culture (Kemdikbud) which contributed to a disclaimer status, component of accounts in the financial statements which breached the terms and criteria to give an unqualified opinion to the financial statements in the Act No. 15 of 2004 based on the findings in the Audit Reports (LHP) of BPK-RI, and evaluation of actions and improvements to follow-up inspection findings of the examination by BPK to achieve an unqualified opinion that Kemdikbud has strived. Data was analyzed with descriptive qualitative analysis method. Result of the research showed that the main issue of disclaimer status in Kemdikbud’s financial statements Fiscal Year 2011 is ineffectiveness of Internal Control System so that the reliability of financial statements in doubt.
This research found that Components of the financial statements that still needs to be improved are the management of revenues and grants, expenditures, current assets primarily in cash, accounts receivable, and inventory, and administration of fixed assets for violating the provisions of Government Accounting Standards (SAP), the adequacy of disclosure, compliance with laws and regulations, and the effectiveness of the Internal Control System required by the Act No. 15 of 2004 to obtain unqualified opinion (WTP).
Evaluation of actions and improvements to follow-up inspection findings of the examination by BPK finds that Kemdikbud had prepared action plan to get unqualified opinion which coordinated by inspectorate general, but the implementation was not optimum and still need to evaluated financial managers competencies in BLU units, the coordination way or methods used by center unit to its region, and the role of Inspectorate/government internal Auditors in to accompany the budgeting and reporting process to make sure the Internal Control System working properly and review programs to give a quality assurance of financial reporting in Kemdikbud. Suggestions for further research were presented in this final report.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34679
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viva Nuralifiya G.
"ABSTRAK
Studi kasus ini membahas mengenai pengaruh metode nilai wajar untuk aset tetap, biaya audit dan komite audit di ASEAN. Sampel penelitian ini adalah 277 perusahaan manufakatur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Bursa Malaysia, Singapore Stock Exchange, Philippine Stock Exchange, dan Thailand Stock Exchange pada tahun 2014 - 2016. Hasil studi ditemukan bahwa perusahaan yang menggunakan metode nilai wajar melalui model revaluasi dalam mengukur aset tetapnya memiliki biaya audit yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang menggunakan metode biaya historis. Selain itu, ditemukan adanya pengaruh moderasi oleh kompetensi komite audit terhadap hubungan metode nilai wajar terhadap biaya audit.

ABSTRACT
This case study discusses about the impact of fair value method on fixed asset, audit fee, and audit committees in ASEAN. The samples of the research is 277 manufacturing companies listed in the Indonesia Stock Exchange, Malaysia Stock Exchange, Singapore Stock Exchange, Philippine Stock Exchange, and Thailand Stock Exchange in 2014 2016. The results of the study found that companies that use fair value method through revaluation model on measuring its fixed assets have higher audit fees than those which using the historical cost method. In addition, there is a moderation effect of audit committee competences on the relation of fair value method to audit fee."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ngurah Rayi Bhimantara Wilaputraka
"ABSTRAK
Laporan magang ini menjelaskan proses auditor dalam audit sistem informasi, sebagai kontrol pihak eksternal pada sistem informasi kantor PT MOU. Auditor melakukan audit yang mencakup IT General Control dan IT Application Control, untuk melakukan kontrol atas kegiatan sistem informasi perkantoran dan memberikan assurance atas kontrol pada kegiatan audit laporan keuangan yang sedang berlangsung. Kegiatan audit ini diikuti oleh penulis selama masa magang dan penulis ikut aktif dalam kegiatan tersebut.

ABSTRACT
This internship report details how auditors as one of external control parties on PT MOU 39 s Information Systems. Audits performed include test on IT General Control and IT Application Control. Audit objective are to obtain assurance on control to the ongoing financial reporting audit. This report was written based on the experience of the author as one of participating auditor."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Gusti Anwari
"

Penelitian ini menganalisis peranan audit internal dalam penerapan prinsip-prinsip syariah di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). BAZNAS adalah lembaga non-struktural yang dibentuk oleh pemerintah bertujuan untuk memfasilitasi pengelolaan zakat yang bersifat nasional setelah diterbitkannya Undang-Undang No 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat. Seiring dengan berkembangnya BAZNAS penerapan prinsip-prinsip syariah sangat penting untuk diterapkan sesuai dengan aturan-aturan syariah serta mematuhi standar dan hukum yang berlaku. Audit Internal berperan sebagai watchdog, konsultan dan katalis dalam memastikan aktivitas kinerja BAZNAS efektif sesuai dengan tujuan, prinsip - prinsip yang dipercayai.

 

 

 

 


This study analyzes the role of internal audit in the implementation on sharia principles on Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). BAZNAS is a non-structural body formed by the government aimed to facilitate zakat management after the issuance of Undang-Undang No. 38 Tahun 1999 on Zakat Management. As the organizations develops the implementation sharia principles in BAZNAS is very important to be applied in accordance with the rules of shariah and adheres to the standards and applicable law. Internal Audit act as watchdog, consultant and catalyst in ensuring the effectiveness of BAZNAS performance activity in accordance with the purpose, principles believed.

 

 

 

 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annabela Natassia
"Laporan ini membahas mengenai evaluasi atas prosedur audit terhadap akun Beban Pokok Pendapatan pada PT Melati. Praktik prosedur audit yang dilaksanakan oleh KAP AAA sudah sesuai dengan Standar Audit yang berlaku di Indonesia. Hasil audit yang dilakukan KAP AAA menunjukkan bahwa tidak ditemukan salah saji material atas akun Beban Pokok Pendapatan kontrak konstruksi dari PT Melati per 31 Desember 2019.

This internship report explains a topic regarding evaluation of audit procedures conducted in cost of revenues account of PT Melati. Application of audit procedures by KAP AAA for the said  account during the audit process has been performed according to Indonesian Auditing Standards. The audit results have shown that no material misstatement was found for the cost of revenues account of PT Melati as of December 31, 2019.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
David Junnio
"

Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur KAP ABC atas harga

pokok penjualan PT DJ. Hasil pelaksanaan prosedur audit tersebut tidak efektif
dalam melakukan pengujian atas harga pokok penjualan. Hal tersebut menjadi
alasan utama dilakukannya evaluasi atas prosedur audit pada akun harga pokok
penjualan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur audit yang
dilakukan oleh KAP ABC dengan panduan audit yang didukung oleh AICPA yaitu
CPA’s Guide to Accounting, Auditing, and Tax for Construction Contractors, serta
yang disyaratkan oleh ISA dan didukung dengan teori audit. Hasil dari evaluasi
menunjukkan prosedur audit KAP ABC telah sesuai dengan prosedur audit yang
diisyaratkan oleh ISA, dan telah mengikuti panduan menurut
CPA’s Guide to
Accounting, Auditing, and Tax for Construction Contractors
. Akan tetapi, prosedur
audit KAP ABC memerlukan modifikasi lebih lanjut untuk dapat meningkatkan
efektivitas pelaksanaan prosedur audit dalam pengujian atas harga pokok
pendapatan. Laporan ini juga membahas refleksi diri yang merupakan perwujudan
atas hal-hal yang telah dipelajari oleh penulis selama melakukan magang di KAP
ABC.

 


This internship report aims to evaluate the KAP ABC audit procedures on cost of

goods sold of PT DJ. The deployed audit procedures seem ineffective to test the
appropriateness of cost of goods sold. The ineffectiveness of the procedures
encouraged this discussion about the evaluation of audit procedures on cost of
goods sold. The evaluation is performed by comparing KAP ABC audit procedures
with the audit procedures recommended in CPA’s Guide to Accounting, Auditing,
and Tax for Construction Contractors, and audit procedures which are
predetermined by ISA also with the supporting auditing theory. According to the
evaluation, the audit procedures deployed by KAP ABC is accordance with the
required procedures by ISA and following the recommendation of CPA’s Guide to
Accounting, Auditing, and Tax for Construction Contractors. However, the audit
procedures by KAP ABC should be modified to enhances the effectiveness of the
procedures in testing the appropriateness of cost of goods sold. This internship
report also includes reflective essay which is written using the Gibbs’ reflective
cycle.
 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>