Ditemukan 38 dokumen yang sesuai dengan query
Stamp, Edward
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall International, 1979
657.45 STA i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Nur`annisa Ellis Setiawati
"Laporan Magang ini membahas tentang prosedur audit atas aset biologis pada PT AMC. Prosedur audit dilaksanakan dengan tujuan mendapatkan keyakinan bahwa aset biologis milik PT AMC sudah disajikan dan diungkapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia yaitu PSAK 16 (Revisi 2011) dan juga sesuai dengan peraturan yang berlaku di Singapura yaitu amandemen IAS 16 dan amandemen IAS 41. Hasil dari audit yang dilakukan bahwa aset biologis pada PT AMC telah disajikan secara wajar dan bebas dari salah saji yang material.
This report discusses the auditing procedures on biological assets at PT AMC. Audit procedures have been carried out with the aim of getting the assurance that biological assets owned by PT AMC has been presented and disclosed in accordance with the applicable accounting standards in Indonesia, namely PSAK 16 (revised 2011), and also accordance with the applicable accounting standards in Singapore, namely amendment IAS 16 and amendment IAS 41. The results of the audit conducted that biological assets at PT AMC has been presented fairly and free from material misstatement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ferdinand E. B. H.
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Client Importance, Audit Tenure, Spesialisasi Audit dan Rotasi KAP terhadap Kualitas Audit. Penelitian ini menggunakan enam variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan, ukuran KAP, pertumbuhan perusahaan, leverage, profitability dan opini going concern. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda terhadap 303 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia per 31 Desember 2014. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa client importance, audit tenure dan ukuran perusahaan, berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Namun penelitian ini tidak dapat memberikan bukti yang cukup untuk menjelaskan bahwa spesialisasi industri KAP, Rotasi KAP, ukuran KAP pertumbuhan perusahaan, leverage, loss dan opini going concern berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.
This study aims to determine the The Influence of Client Importance, Audit Tenure, Audit Specialization and KAP Rotation on Audit Quality. This study also uses seven variables that control the size of the company, the size of the firm, the company's growth, KAP industry specialization, leverage, loss and going concern opinion. Hypothesis testing is done by using multiple linear regression of the 303 companies listed on the Indonesia Stock Exchange December 31, 2014. This study provides empirical evidence that the size of the company, the size of KAP, loss of leverage and significant effect on audit quality. However, this study can not provide sufficient evidence to explain that the client importane, audit tenure, the company's growth, specialization and industry KAP going concern opinion significant effect on audit quality."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Trisha Thalia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi isu pasca implementasi PSAK 73 pada perusahaan di Indonesia sejak tahun 2020, melalui sudut pandang auditor di KAP XYZ, serta memberikan solusi terhadap isu yang masih muncul sampai tahun 2022, yang merupakan tahun ketiga implementasi. Penerapan PSAK 73 yang dimulai sejak tahun 2020 membuat banyak perusahaan di Indonesia harus melakukan adaptasi terhadap kontrak sewa dan perhitungan terkait dengan sewa yang mereka miliki. Perubahan yang signifikan dari PSAK 30 ke PSAK 73 menimbulkan banyak kebingungan dan kesalahan dalam penerapan pada perusahaan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada salah satu KAP sepuluh besar di Indonesia, yang mana banyak klien dari KAP tersebut memiliki kewajiban untuk menerapkan PSAK 73. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dengan pendekatan induktif. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat banyak isu yang terjadi pada tahun pertama implementasi PSAK 73 pada klien KAP XYZ, yaitu hampir semua klien masih melakukan kesalahan perhitungan, dan banyak klien yang juga masih melakukan amandemen kontrak untuk menghindari penerapan PSAK 73. Akan tetapi, kesalahan tersebut dapat dikoreksi berdasarkan temuan dan masukan dari KAP XYZ.
This study aims to identify post-implementation issues of PSAK 73 in companies in Indonesia from 2020, through the perspective of a public accounting firm, KAP XYZ, and provide solutions to issues that still arise until 2022, which is the third year of PSAK 73 implementation. The implementation of PSAK 73, which began in 2020, has forced many companies in Indonesia to adapt their lease contracts and calculations related to their leases. The significant change from PSAK 30 to PSAK 73 caused a lot of confusion and errors in its application to companies in Indonesia. This research was conducted at one of the top ten public accounting firms in Indonesia, where most clients of the public accounting firm have an obligation to apply PSAK 73. The research instruments used in this study include in-depth interviews. The data analysis used in this research is descriptive analysis, with an inductive approach. The results of this study are that there are many issues that occur in the first year of implementing PSAK 73 for KAP XYZ clients, that is, almost all clients still make calculation mistakes, and many clients still make contract amendments to avoid applying PSAK 73. However, these mistakes can be corrected based on findings and input from KAP XYZ. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hendro Pratomo
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas tindak lanjut rekomendasi BPK di Kabupaten Polewali Mandar menggunakan kerangka ISSAI 12 Value and Benefit dengan menekankan peran serta stakeholder. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur kepada pejabat yang ada dalam Tim TLHP dan dokumentasi dalam proses penyelesaian tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan adanya permasalahan yang meliputi tindak lanjut belum sesuai rekomendasi dan rekomendasi yang tidak dapat ditindaklanjuti sehingga berdampak terhadap rendahnya tingkat penyelesaian tindak lanjut. Dengan menerapkan konsep value and benefit yang melibatkan pemangku kepentingan, penelitian ini dapat memberikan manfaat kepada Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dalam menyelesaikan tindak lanjut rekomendasi LHP BPK.
ABSTRACTThis study aims to evaluate the effectiveness of following up BPK recommendations in Polewali Mandar District using the ISSAI 12 Value and Benefit framework by emphasizing stakeholder participation. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection was carried out using semi-structured interviews with officials in the TLHP Team and documentation in the follow-up completion process. The results of the study indicated that there were problems which included follow-up not according to recommendations and recommendations that could not be followed up, which resulted in a low level of follow-up completion. By applying the concept of value and benefit involving stakeholders this research can provide benefits to the Polewali Mandar District Government in completing the follow-up of BPK's LHP recommendations."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ruth Audy Trifosa
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan prosedur pengujian pengendalian atau Test of Control yang dilakukan KAP RA atas proses pinjaman (borrowing) dari PT KAS. PT KAS merupakan perusahaan yang bergerak di industri jasa keuangan. Evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan kesesuaian antara prosedur yang dilakukan KAP RA dan Standar Audit (SA) serta kerangka evaluasi berdasarkan teori audit. Evaluasi proses pengujian pengendalian dilakukan untuk tiga tahapan proses yaitu pemahaman atas pengendalian internal klien, penilaian dan respon terhadap risiko pengendalian, dan penilaian akhir berdasarkan pengujian pengendalian. Atas evaluasi tersebut, disimpulkan bahwa prosedur yang dilakukan KAP RA telah sesuai dengan standar audit dan kerangka evaluasi berdasarkan teori.
This internship report aims to evaluate the implementation of the KAP RA’s Test of Control procedure for PT KAS’ borrowing process. PT KAS is a financial services company. The evaluation is carried out by comparing the conformity between the procedures carried out by KAP RA with the Auditing Standards (SA) and evaluation framework based on audit theory. The evaluation is conducted for three stages of the process, which are understanding the client's internal control, assessing and responding to control risk, and final assessment based on testing of controls. Based on this evaluation, it was concluded that the procedures carried out by KAP RA were in accordance with audit standards and an evaluation framework based on audit theory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Abdallah Naufal
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan continuous auditing dengan berfokus pada kondisi faktor pendukung dan manfaat penerapan continuous auditing pada pengelolaan anggaran di Kementerian PPN/Bappenas. Berdasarkan persepsi dari auditor internal dan stakeholder dapat disimpulkan bahwa secara umum kondisi faktor pendukung telah memadai dan penerapan continuous auditing mampu memberikan manfaat dalam pengelolaan anggaran. Meskipun demikian, penelitian ini merekomendasikan peningkatan akses data auditor internal, kompetensi sumber daya manusia dalam bidang teknologi informasi, dan penyusunan SOP tekait pelaksanaan continuous auditing
This study aims to analyse the implementation of continuous auditing by focussing on condition of the supporting factors and the benefits of implementing continuous auditing in budget management at the Ministry of National Development Planning/Bappenas. Based on the perceptions of the internal auditors and stakeholders, it can be concluded that in general the condition of the supporting factors is sufficient and the implementation of continuous auditing is able to provide benefits in budget management. Nonetheless, this study recommends increasing access data for internal auditor, competence of human resources in information technology aspect, and preaparation of SOPs regarding the implementation of continuous auditing."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rahma Kesumaningsih
"Laporan magang ini bertujuan untuk melakukan evaluasi prosedur test of detail balance yang dilakukan oleh KAP RKN terhadap akun pendapatan sewa PT NJM untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2021. PT NJM merupakan salah satu perusahaan yang mengelola kawasan industri berikat yang terdiri atas kawasan proses ekspor, jasa pelayanan logistik, dan pergudangan. Prosedur test of detail balance yang menjadi obyek evaluasi adalah perhitungan kembali dan vouching atas akun pendapatan sewa. Fokus pembahasan terletak pada kesesuaian prosedur test of detail balance yang dilakukan KAP RKN dengan standar audit dan teori yang berlaku. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, prosedur test of detail balance yang dilakukan oleh KAP RKN atas akun pendapatan sewa PT NJM telah sesuai dengan standar audit dan teori yang berlaku. Selain evaluasi tersebut, laporan ini juga membahas refleksi diri selama menjalani program magang beserta rencana tindak lanjut dalam rangka mengenmbangkan diri di masa depan.
This internship report aims to evaluate the test of detail balance procedure carried out by KAP RKN on PT NJM's rental income account for December 31, 2021. PT NJM is one of the companies that manage a bonded industrial area which consists of an export processing area, logistics services, and warehousing. The test of detail balance procedure that becomes the object of evaluation is recalculation and vouching for the rental income account. The discussion focuses on the suitability of the test of detail balance procedure carried out by KAP RKN with applicable audit standards and theories. Based on the evaluation results, the test of detail balance procedure carried out by KAP RKN on the rental income account of PT NJM follows applicable auditing standards and theories. Apart from this evaluation, this report also discusses self-reflection during the internship program along with follow-up plans to develop oneself in the future."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
New York: American Institute of Certified Public Accountants, 1992
657.45 AME c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Merisa
"
ABSTRAKLaporan magang ini membahas mengenai prosedur audit atas akun piutang premi pada PT RST untuk periode laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2016. PT RST merupakan perusahaan yang bergerak dalam jasa asuransi kerugian. Prosedur audit dilaksanakan berdasarkan pedoman audit TUV yang telah sesuai dengan standar ISA. Pembahasan dimulai dari tahap perencanaan, tahap audit lapangan, dan tahap penyelesaian dan pelaporan. Terdapat satu temuan audit terkait pengakuan piutang premi undue. Namun secara keseluruhan, net impact yang dihasilkan dari penyesuaian temuan di bawah materialitas sehingga tidak mempengaruhi opini atas laporan keuangan yang telah disajikan.
ABSTRACTThis internship report discusses audit procedure of premium receivable account in PT RST rsquo s financial statement for the period ended 31 December 2016. PT. RST is a general insurance company which provides various general insurance service in Indonesia. Audit process are implemented based on TUV Audit Guide which has been appropriate with ISA standard. The discussions start with planning, field audit, and completion and reporting. There are some misstatement related recognition of undue classification in premium receivable account. But in general, the net impact resulted from adjustment of findings are bellow materiality so it didn rsquo t effect the financial statement rsquo s opinion."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library