Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muchtarul Fadhal
Abstrak :
ABSTRAK
Kemampuan perawatan diri adalah keterampilan mengurus atau menolong diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak tergantung pada orang lain. Anak-anak berkebutuhan khusus salah satunya anak penyandang autisme, umumnya kurang mampu dalam melakukan perawatan dirinya karena adanya ketidakmampuan dalam berinteraksi, komunikasi, dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan perawatan diri anak usia sekolah dan remaja penyandang autisme. Desain penelitian deskriptif dengan menggunakan metode cross sectional dan responden diambil menggunakan teknik Consecutive sampling berjumlah 48 responden pada anak penyandang autisme di SLB Kyriakon Jakarta Selatan. Analisis data menggunakan uji distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden berada pada kategori kadang dibantu pada semua komponen perawatan diri. Peneliti merekomendasikan setiap sekolah berkebutuhan khusus untuk menetapkan kurikulum pembelajaran tentang keterampilan perawatan diri agar anak dapat melakukan perawatan dirinya secara mandiri.
ABSTRACT
Self-care is the ability to take care of self or self-help in daily life activities so we do not rely on others. One of special necessity children is the autism usually does not quite able to do self-care because of disability in interaction, communication and action. This research purposed to determine description of self-care ability of school children and sufferer of autism teenager. This research is descriptive research by using Cross sectional method and respondents were taken by using Consecutive sampling technique with 48 respondents of sufferer of autisme children at SLB Kyriakon, South Jakarta. Data analysis used frequency distribution test. The result showed that self-care ability of sufferes of autism children sometimes helped. Researcher recommends every school that has other special necessity children to establish curriculum of learning about self-care skill in order the disability children, in this case the autism can do self-care indepently.
2016
S64789
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library