Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ficky Augusta Imawan
"ABSTRAK
Sistem pendinginan pada spent fuel pool saat ini masih memiliki
ketergantungan terhadap sistem pendingin aktif. Sistem pendingin aktif adalah
sistem pendingin yang memiliki ketergantungan terhadap energi listrik. Pada saat
terjadi Station Blackout (SBO), sistem pendingin spent fuel pool tidak bekerja dan
lama kelamaan dapat menyebabkan peristiwa loss of pool coolant, serta dapat
menyebakan radiasi radioaktif kelingkungan. Salah satu alat penukar kalor yang
dapat dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah heat
pipe. Pada penelitian ini, dilakukan pengujian heat pipe jenis two-phase closed
thermosyphon (TPCT). TPCT merupakan alat penukar kalor pasif yang memiliki
konduktivitas termal yang sangat tinggi dan sudah banyak dikembangkan pada
banyak aplikasi. Geometri dari kontainer TPCT yang diuji adalah sepanjang 1,5m
diameter 1 inch, serta rasio yang sama pada bagian evaporator, adiabatik, dan
kondenser. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh filling ratio fluida
kerja dan inisiasi tekanan terhadap kinerja TPCT. Dari penelitian ini, diperoleh
filling ratio optimum adalah pada 60% volume evaporator dan variasi inisiasi
tekanan memberikan karakteristik temperatur pada dinding TPCT yang berbeda.
ABSTRACT
The spent fuel pool cooling system nowadays still has dependency to
active cooling system.. Active cooling system is a cooling system that still has
dependency to electrical power. When Station Blackout (SBO) occurs, the spent
radioactive radiation released to the environment. One of the heat exchanger that
can be used to solve this problem is heat pipe. In this research, two phase closed
thermosyphon were examined. TPCT is a passive heat transfer device which has a
very high thermal conductivity and has been used for many applications, The
length, 1 inch diameter, and each evaporator,
adiabatic, and condenser has same ratio. The goal in this research are to find the
From this research it has been found that the optimum filling ratio were 60% of
evaporator volume, and pressure initiation variation gave some difference on"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58697
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aryadi Putra
"Judul dari tugas akhir ini adalah "Engine Cooling System for FSAE Car 2005" sebagai bagian dari keikut sertaan QUT Motorsport di Formula SAE Australasia 2005. Tugas akhir ini dikeijakan dengan pokok masalah yaitu merancang bangun sistem pendingin. Ada dua hal yang tercakup dalam tugas akhir ini yaitu merancang radiator dan memilih komponen-komponen sistem pendingin lainnya.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat sistem pendingin yang mampu bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Dalam pengerjaan tugas akhir ini, subyek heat transfer dan temlodinamika menjadi bagian penting dan utama. Tugas akhir ini dikeijakan dengan bimbingan Assoc-Lecturer DR Wim Dekkers dan Senior Lecturer DR Vladis Kosse. Dikarenakan merupakan bagian dari proyek sebuah tim, hal ini juga tidak lepas dari hasil diskusi dengan ketua tim dan anggota tim lainnya.
......This project is an “Engine Cooling System Design for FSAE Car 2005” as QUT Motorsport participation in Formula SAE Australasia competition in 2005. The project was done with several main issues in addressing and designing a cooling system and a compact heat exchanger named radiator. To accomplish the design, proper selection of other cooling system components was done.
The aim of this project was to build and design a functionally successful engine cooling system to control engine temperature. Heat transfer and thermodynamics topics play an important role in this project as heat transfer study is the main subject. The work of thies project was undertaken by writer under supervision Assoc. Lecturer DR Wim Dekke it was also done in compromising with team leader and other team members."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S38082
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heru
"Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi kelautan terbesar didunia. Hal ini karena luas lautan Indonesia mencapai 75 % dari luas keseluruhan wilayah Indonesia. Walaupun memiliki potensi yang besar, tetapi pemanfaatan terhadap sumber kelautan ini belum optimal. Salah satu kendalanya adalah kurangnya armada kapal untuk menangkap ikan. Armada kapal yang digunakan oleh sebagian besar nelayan saat ini merupakan kapal yang memiliki keterbatasan dalam hal jarak tempuh, kapasitas muat ikan dan peralatan untuk menangkap ikan. Kondisi ini diperparah dengan cepatnya umur pemakaian mesin pada kapal nelayan tersebut. Sebagian besar mesin yang digunakan pada kapal nelayan ini, merupakan mesin yang bukan diperuntukan digunakan dilaut (marine use). Penggunaan mesin ini (nonmarine use) dilakukan para nelayan karena harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga mesin untuk digunakan dilaut (marine use). Meskipun demikian, mesin jenis ini (non-marine use) belum tentu sesuai jika diaplikasikan pada kapal nelayan. Hal ini dapat dilihat dari cepatnya umur pemakaian mesin ini. Salah satu penyebabnya adalah kurang cocoknya cooling system pada mesin tersebut. Kendala ini dapat diatasi dengan merancang cooling system yang lebih sesuai. Aspek desain yang digunakan untuk merancang cooling system ini adalah terpenuhinya kebutuhan heat transfer requirement dan dimensi cooling system yang compact. Desain cooling system yang dihasilkan, diharapkan sesuai untuk digunakan pada non-marine use engine sehingga dapat menambah umur pemakaian mesin itu sendiri.

Indonesia is one of the countries with the highest sea potential in the world. This is due to the sea area that covers Indonesian territory up to 75%. Even though with this large potential on the sea, but the use of this resource has not yet come to optimal stage. One of the main obstacles is the lack of the ship armada to catch fish. The ships armadas that have been used by most fishermen today are ships that have limitation on sailing distance, load capacity and equipment to catch fishes. This condition becomes more severe with the sort period of the engine usage. Most of the engine that is use on the fishermen ship is not meant to operate on the sea (marine use). The used of this engine by the fishermen due to the lower price compared with the price of marine-use engine, even though this non-marine use engine can not be 100% compatible to apply on the fishermen ship. This condition can be identified by the short period of the engine usage. One of the causes the engine to break down is because the cooling system can not work properly. This problem could be overcome by designing cooling system that more suitable to applied on the non-marine use engine. The design aspects that will be used to design this cooling system are the heat transfer requirements are achieve and the compactness of the cooling system dimension. The cooling system design that will be produce hopefully will suitable to work on the nonmarine use engine and finally it can make the engine usage period longer."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S38074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library