Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kasmir
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001
332.1 KAS m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Pratiwi
"Krisis di sektor perbankan Indonesia sejak pertengahan tahun 1997, akhimya membuat pemerintah terpaksa membekukan kegiatan operasi - bahkan mencabut ijin usaha dan melikuidasi bank-bank yang dinilai mempunyai kinerja yang amat buruk dan tidak memiliki prospek untuk diperbaiki. Kebijakan pemerintah tersebut merontokkan sejumlah bank umum di Indonesia. Tentu saja ini tidak berarti bank lain yang selamat dari kebijakan itu memiliki kinerja yang cukup baik. Oleh sebab itu penelitian ini mencoba memetakan perbankan Indonesia untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik dan kecenderungan strategi dari kelompok bank umum.
Variabel yang digunakan ditentukan berdasarkan metode radar, yang menilai kinerja dari 5 segi, yaitu liquidity, capital adequacy, productivity, profitability dan growth possibility. Kemudian dengan menggunakan analisis duster dan analisis diskriminan, dibuat empat kategori dari setiap segi radar, berdasarkan kestabilan keanggotaan cluster dan variabel yang memiliki discriminating power terbesar. Penelitian ini merupakan exploratory research, sehingga tidak ada pengujian hipotesis. Dengan alasan tersebut, maka peneliti tidak melakukan pengujian asumsi, seperti normality, finierity dan sebagainya.
Untuk menggambarkan peta perbankan, ditentukan 3 dimensi strategis melalui pembobotan setiap kategori. Segi liquidity dan capital adequacy dibobot bersama-sama dan menjadi dimensi strategis asset management. Demikian juga dengan segi productivity dan growth possibility, menjadi dimensi strategis growth-productivity. Sedangkan segi profitability dibobot tersendiri.
Hasilnya diperoleh 49 cluster strategis, dan diketahui bahwa sebagian besar bank-bank umum di Indonesia cenderung memiliki karakteristik sebagai berikut :
a. Sebagian besar dari bank bank tersebut termasuk kelompok BUSN D dan BUSN ND, dan termasuk bank dengan size kecil
b. Memiliki tingkat likuiditas yang relatif rendah. Menunjukkan cenderung agresifnya bank-bank tersebut dalam mengelola assetnya.
c. Kecukupan modalnya relatif rendah. Mengindikasikan cenderung terjadinya pelanggaran peraturan mengenai kecukupan modal, atau cenderung meningkatnya kerugian bank akibat kredit macet meningkat.
d. Tingkat produktivitasnya cenderung rendah, demikian juga dengan potensi pertumbuhannya. Secara tidak langsung menunjukkan manajemen bank kurang memperhatikan perkembangan SDM-nya.
e. Tingkat profitability-nya cenderung rendah. Berarti kemampuan manajemen bank dalam mengelola assetnya relatif rendahnya.
Dari penelitian ini juga diketahui bahwa sebagian besar bank-bank di Indonesia cenderung tidak konsisten dalam melaksanakan strategi yang telah mereka tetapkan sendiri sebelumnya. Beberapa dari mereka akhirnya masuk dalam program penyehatan perbankan pada tahun 1999-2000."
Depok: Universitas Indonesia, 2001
T18866
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik Rinaldi
"Teknologi yang ada saat ini telah mengubah perusahaan dan organisasi dalam melakukan bisnisnya. Dalam era informasi saat ini, teknologi informasi seperti internet digunakan oleh banyak perusahaan sebagai komplemen terhadap cara tradisional dalam menjadikan produk dan layanannya dapat dijangkau oleh pelanggannya. Industri perbankan di Indonesia saat ini saling berlomba-lomba dalam penggunaan teknologi untuk meraih keunggulan kompetitif. PT Bank ?XX? Tbk, sebagai bank ketiga terbesar di Indonesia meresponnya dengan mengembangkan aplikasi electronic delivery channel (e-channel) untuk memudahkan nasabahnya memanfaatkan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.
Laporan proyek akhir ini menggunakan metodologi RUP untuk melakukan analisa dan disain aplikasi e-channel berdasarkan kebutuhan yang diadaptasi dari kesempatan dan permasalahan dari PT. Bank "XX" Tbk. Untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan bisnis yang cepat, pendekatan design pattern digunakan untuk menghasilkan desain aplikasi e-channel yang fleksibel dan reusable sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan perubahan di masa mendatang serta pengembangan aplikasi lebih lanjut. Design pattern yang digunakan dalam proyek akhir ini adalah GOF(Gang-of-Four) pattern dan GRASP pattern. Metode penentuan tujuan disain yang diperkenalkan oleh CT Arrington digunakan sebagai panduan untuk melakukan pemilihan secara sistematis design pattern yang tepat terhadap permasalahan-permasalahan disain yang dibahas dalam laporan ini. Dengan mendefinisikan tujuan disain yang jelas dan terukur dapat memberikan arahan dalam melakukan disain dan menyediakan ukuran kesuksesan disain.

Nowadays technology changes companies and organizations in conducting their business. In this information era, information technology such as the internet are used by many companies as a complement to traditional ways of delivering products and services to the customer. Banking industry in Indonesia currently involved in a race of using technologies to gain competitive advantages. PT Bank ?XX? Tbk, the third largest bank in Indonesia responded by developing electronic delivery channel (echannel) application to ease its customer in accessing the services offered by the company.
This final project report is using RUP methodology to analyze and design the echannel application based on the requirements adapted from the opportunity and problem of PT. Bank "XX" Tbk. To be able to adjust with the rapid change of business requirements, design pattern approach is used to produce a flexible and reusable design of e-channel application to anticipate possible future changes and additional development of the application. The design patterns referred in this final project are the GOF (Gang-of-Four) and GRASP patterns. The method of determining design goals introduced by CT Arrington is used as a guideline to systematically select the suitable design patterns for design problems discussed in this report. By defining a clear and quantifiable design goals can drive a design and provide a valuable measure of success for the design."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"majalah ini merupakan media penghubung antara para pembaca dan para profesional dibidang perbankan dan manajemen ataupun pencetus ide (gagasan). maksud dan tujuan majalah ini ialah menyampaikan ide atau gagasan baru, memberikan penyuluhan, informasi dan pengetahuan kepada pembaca yang berkaitan dengan perbankan dan manajemen"
Jakarta: Devisi Pendidikan & Pelatihan BNI,
330 BAM
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Kasmir
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007
332.1 KAS m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Veithzal Rivai Zainal
Jakarta: Radja Grafindo Persada, 2007
332.1 VEI b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adrian K. Ariawan
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S16834
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yossy Maswir
"Dalam era kompetisi yang sengit sekarang ini, dengan kecilnya perbedaan tingkat suku bunga antar bank (indifference), kualitas pelayanan menjadi kendala (constraint). Hal ini mengharuskan bank untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan para nasabah yang pada umumnya menghendaki pelayanan yang cepat dan tepat. Urgensi suatu bank untuk menjalankan strategi yang berfokus pada eliminasi aktivitas/proses yang tidak menambah nilai pada produk/jasa yang diterima konsumen (non-value-added activities), atau waste (pemborosan), tidak bisa diabaikan. Just-In-Time (JIT) System membantu perusahaan mewujudkan hal tersebut. Sehingga waktu operasi memang dihabiskan untuk aktivitas/proses yang memberikan nilai tambah (value-added activities). Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemungkinan penerapan JIT pada proses pemberian kredit di sebuah bank pemerintah di Jakarta. adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat berdasarkan karakteristik-karakteristik yang harus dimiliki jika perusahaan jasa ingin menerapkan JIT. Bank berpotensi untuk menerapkan JIT pada proses pemberian kreditnya karena nilai-nilai JIT seperti kerja sama tim, partisipasi yag menyeluruh dan penghargaan terhadap keterlibatan setiap orang telah dikembangkan. Faktor-faktor pendukung pun lebih banyak daripada faktor-faktor penghambat. Kendala-kendala yang mungkin dihadapi sehubungan dengan penerapan JIT dapat diatasi karena intinya adalah pada perbaikan/peningkatan mutu proses secara bertahap dan kontinyu. Keuntungan yang dapat diperoleh dari penerapan JIT adalah penurunan waktu operasi dan peningkatan kualitas kerja. Kecepatan menyelesaikan suatu aktivitas/proses sebaiknya ditentukan secara kuantitatif dengan tetap memperhatikan resiko dan keamanan Bank. Membuat analisis biaya-manfaat sebelum penerapan dan terlebih dahulu melakukan uji coba."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
S19034
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sinungan, Muchdarsyah
Jakarta: Rineka Cipta, 1992
332.2 SIN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>