Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andi Indianto
Abstrak :
Dalam Tesis ini disampaikan hasil kajian uji model struktur jembatan Cable Stayed dengan berbagai bentuk ikatan antara kabel dengan pylon, terhadap pengaruh beban lateral dalam arah memanj ang jembatan dan beban gravitasi. Kajian ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui pengaruh jenis hubungan antara kabel dengan Pylon terhadap kineija jembatan Cable Stayed dalam merespon berbagai rnacam beban yang bekeija padanya. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas telah dilakukan kajian secara aktual melalui uji model dan kajian teoritis. Kajian aktual dilakukan dengan membuat model jembatan Cable Stayed yang hubungan antara pylon dengan kabelnya berupa hubungan putar, geser dan sendi, lalu mengujinya dengan memberikan beban statis vertikal pada girder dan beban statis horizontal arah memanjang jembatan serta memberikan getaran lateral arah memanjang jembatan dengan menggunakan meja getar. Sedangkan kajian secara teoritis dilakukan dengan cara menganalisa struktur model jembatan dengan memberikan gaya-gaya yang seperti gaya yang diberikan pada seat uji model, yaitu gaya statis vertical, gaya statis horizontal dan getaran arah memanjang jembatan. Untuk analisa teoritis ini dipergunakan program SAP 2000 versi 8. Untuk mendukung kehandalan hasil uji model, maka sebelum nya telah dilakukan uji-uji pendukung seperti: uji kekuatan tarik kabel, uji Kekakuan struktur dan uji rasio redaman. Setelah dilakukan pengujian, hasilnya menunjukkan hahwa hasil uji model memberikan nilai yang mendekati dengan hasil analisa secara teoritis, sehingga dapat dinyatakan bahwa hasil uji model struktur cukup handal dan dapat dipakai sebagai dasar analisa untuk pengambilan keputusan. Dari hasil analisis uji model dapat disimpulkan bahwa: Struktur dengan ikatan sendi memiliki respon Pylon yang terbaik dibandingkan dengan yang lain dalam merespon beban gempa yang dimodelkan sebagai beban getaran dan beban statis arah memanjang jembatan. Struktur dengan ikatan putar memiliki respon Deck dan Pylon yang terbaik terhadap beban lalu lintas yang dimodelkan sebagai beban statis arah vertikal yang bekexja pada girder jembatan. lkatan yang memberikan fleksibilitas pylon paling baik terhadap beban hidup vertikal dan beban horizontal arah rnemanjang baik oleh getaran maupun oleh gaya statis adalah ikatan Geser.
ThisThesis presents a result of experimental model of a Cable Stayed bridge with various connections between cable and pylon, subject to lateral load and gravity load. This research is conducted in order to investigate the influence of this cable connection on the performance of that bridge. To achieve this objective, a study has been carried out using experimental model as well as theoretical analysis. The experimental research was held by constructing the cable stayed bridge model where the connection of the cable and pylon is hinge connection, roll connection and rotate connection, then that model was subjected to the vertical static load on its deck, the static horizontal load along the bridge and lateral vibration in longitudinal direction generated by Shaking table. The theoretical analysis and experimental model resulted relatively the same forces. The theocratical analysis was performed by using SAP 2000 version 8 program. To improved reliability of the experimental model, it has been carried out some tests such as; tension cable test, stiffness test, and damping test. The result, of the experimental model test showed slightly different with the theoretical analysis result, therefore they could be useful for the discussion and conclusion of the experimental work. Experimental model test resulted that the structure with hinged connection gave the best Pylon behavior under earthquake force as well as under static load in the longitudinal direction of the bridge. The structure with a rotated connection has the best Deck and Pylon response under the tab`:ic load. lt was found that the rolled connection resulted flexible responses of pylon as well as deck when the bridge under live load and horizontal static load or lateral dynamic load.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
T16062
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Defin Permadi
Abstrak :
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya adalah salah satu perusahaan dimana sebagian besar jaringan distribusi menggunakan Saluran Kabel Tegangan Menengah sebagai media penyalur tenaga listrik dari Gardu Induk sampai ke konsumen. Dalam hal pemeliharaan, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya melakukan pengujian Partial discharge (PD) guna mengetahui kondisi kabel bawah tanah, namun hal ini belum dapat mengetahui masa manfaat tersisa dari kondisi kabel tersebut. Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, dalam tesis ini dirancang suatu pemodelan dan analisis perhitungan sisa masa manfaat kabel dengan menggunakan hasil pengujian PD yang telah dilakukan. Pemodelan ini melakukan perhitungan terkait dampak kemunculan void pada bahan isolasi sebagai akibat dari adanya PD pada bahan isolasi kabel XLPE. Dimana pemodelan yang dibuat dapat memberikan estimasi dan atau prediksi sisa masa kemampuan suatu kabel untuk dapat beroperasi normal sebelum terjadinya kegagalan isolasi. Dari hasil pengujian pemodelan pada Penyulang Pelindo segmen GH 238N – PK 258 menghasilkan nilai sisa masa manfaat sebesar 24 hari pada titik 601 ms untuk masing – masing fasa dan 69 hari pada titik 656 ms fasa 1 serta 80 hari pada titik 656 ms fasa 2 dan 3. Sementara itu pada Penyulang Ovaltine Segmen BK 90 – BK 190 menghasilkan nilai sisa masa manfaat sebesar 7 hari pada titik 0 ms dan 30 hari pada titik 1179 ms untuk fasa 1. Nilai sisa masa manfaat tersebut selanjutnya dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam menentukan penjadwalan pemeliharaan kabel XLPE ......PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya is one of the companies where most of the distribution network uses Medium Voltage Cable Channels as a medium for distributing electricity from the substation to the consumer. In terms of maintenance, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya conducts Partial Discharge (PD) testing to determine the condition of the underground cable, but this has not been able to determine the remaining useful life of the cable condition. As an effort to achieve this, in this thesis a modeling and analysis of the calculation of the remaining useful life of the cable is designed using the results of the PD tests that have been carried out. This model performs calculations related to the impact of the appearance of voids on the insulating material as a result of the presence of PD in the XLPE cable insulation material. Where the modeling made can provide estimates and or predictions of the remaining life of a cable's ability to operate normally before an insulation failure occurs. From the results of modeling testing on Pelindo Feeder segment GH 238N – PK 258, the remaining useful life value is 24 days at 601 ms point for each phase and 69 days at 656 ms phase 1 and 80 days at 656 ms phase 2 and 3 Meanwhile, the Ovaltine Feeder Segment BK 90 – BK 190 produces a remaining useful life of 7 days at the 0 ms point and 30 days at the 1179 ms point for phase 1. The remaining useful life value can then be used as a recommendation in determining cable maintenance scheduling XLPE
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afdol Pranata
Abstrak :
[Tulisan ini membahas perilaku struktur jembatan cable stayed dengan studi kasus A Ruck Chucky Hanging Arc Bridge. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu mengevaluasi dan membandingkan perilaku struktur pada saat konstruksi (analisa sequential) dengan analisa struktur jembatan utuh (analisa langsung). Adapun hasil yang diperoleh yaitu gaya dalam kabel pada saat konstruksi, gaya dalam gelagar, tegangan pada masing-masing elemen dan lendutan yang terjadi pada gelagar jembatan. Metode analisa yang digunakan pada saat konstruksi yaitu forward assemblage analysis. Pada saat konstruksi nilai gaya dalam dan lendutan pada gelagar akan berubah menurut tahapannya. Respon struktur juga akan berbeda pada saat konstruksi dengan analisa langsung sehingga masing-masing analisa perlu diperhatikan. ......This article discusses the behavior of cable stayed bridge structures with case studies A Ruck Chucky Hanging Arc Bridges. The results will be obtained in this study is to evaluated and compare the behavior of structure during construction (sequential analysis) with intact structure analysis (direct analysis). As for the result to be obtained by force in the cable at the time of construction, the style of the girder, stresses and deflections which occur on the bridge girder. The analytical methods used at the time of construction is forward assemblage analysis. At the time of construction, value of the force and deflection in the girder will chance according stages constructions. The respon structure will also be different at the time of construction with direct analysis so that each analysis need to be considred.;This article discusses the behavior of cable stayed bridge structures with case studies A Ruck Chucky Hanging Arc Bridges. The results will be obtained in this study is to evaluated and compare the behavior of structure during construction (sequential analysis) with intact structure analysis (direct analysis). As for the result to be obtained by force in the cable at the time of construction, the style of the girder, stresses and deflections which occur on the bridge girder. The analytical methods used at the time of construction is forward assemblage analysis. At the time of construction, value of the force and deflection in the girder will chance according stages constructions. The respon structure will also be different at the time of construction with direct analysis so that each analysis need to be considred, This article discusses the behavior of cable stayed bridge structures with case studies A Ruck Chucky Hanging Arc Bridges. The results will be obtained in this study is to evaluated and compare the behavior of structure during construction (sequential analysis) with intact structure analysis (direct analysis). As for the result to be obtained by force in the cable at the time of construction, the style of the girder, stresses and deflections which occur on the bridge girder. The analytical methods used at the time of construction is forward assemblage analysis. At the time of construction, value of the force and deflection in the girder will chance according stages constructions. The respon structure will also be different at the time of construction with direct analysis so that each analysis need to be considred]
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60733
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggara Satria Perdana Putra
Abstrak :
Perkembangan infrastruktur di Indonesia saat ini terbilang sangat masif dan menyebar diberbagai wilayah, sesuai dengan kebijakan Pemerintah Indonesia dalam percepatan proyek infrastruktur guna menumbuhkan dan meratakan perekonomian nasional, peningkatan kualitas hidup serta kesejahteraan manusia. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau, sehingga dibutuhkan sebuah jalur penghubung seperti jembatan yang menghubungkan antara sebuah pulau dengan pulau yang berdekatan. Cable Stayed merupakan salah satu teknologi yang sangat baik dalam membuat sebuah jembatan yang terbentang panjang, mengingat tampilan akhir yang berkesan sederhana tetapi mengandung unsur estetis yang tinggi serta ketangguhannya secara struktural yang tidak diragukan. Namun, seiring dengan peningkatan sektor konstruksi, kecelakaan kerja pada bidang konstruksi juga meningkat. Merujuk data Badan Penyelenggara Jasa Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, secara nasional angka kecelakaan kerja sektor konstruksi tercatat sebagai sektor terbanyak nasional angka kecelakaan kerja. Terjadinya kecelakaan kerja dapat dicegah melalui sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang baik. Manajerial keuangan dalam hal penerapan pembiayaan SMK3 di Indonesia pada sektor konstruksi khususnya pada bangunan jembatan Cable Stayed belum diatur secara jelas dan terukur. Pada pelaksanaannya, peraturan yang adapun belum sepenuhnya diikuti oleh para pelaku konstruksi bahkan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sendiri. Untuk itu perlu dibuatkan analisa struktur biaya K3 agar dapat memperkirakan biaya yang dibutuhkan dengan informasi proyek yang minimum pada tahap awal. Activity-Based Costing (ABC) atau perhitungan biaya berbasis aktivitas telah muncul sebagai pendekatan baru yang menghubungkan biaya yang terkait langsung dengan kegiatan bisnis dengan produk manufaktur. Untuk membuat perhitungan biaya berbasis aktivitas, membuat WBS dan menentukan item pekerjaan secara tepat merupakan upaya yang bermanfaat dan diperlukan untuk penilaian risiko berbasis aktivitas yang efektif. Pada dasarnya setiap jenis jembatan mempunyai komponen agar menjadi lebih kokoh, kuat maupun indah. Adapun komponen tersebut adalah sistem kabel, gelagar dan pilon. Oleh sebab itu berdasarkan informasi di atas, mengingat masih banyaknya rencana pembangunan jembatan Cable Stayed, masih tingginya angka kecelakaan kerja dan masih belum diterapkannya pembiayaan K3 secara menyeluruh di lingkungan Kementerian PUPR maka penelitian ini fokus terhadap pengembangan analisa struktur biaya K3 untuk pekerjaan komponen sistem kabel, gelagar dan pilon pada bangunan jembatan cable stayed di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berbasis.
The development of infrastructure in Indonesia is currently quite massive and spread in various regions, in accordance with the Government of Indonesias policy in accelerating infrastructure projects to grow and level the national economy, improve the quality of life and human welfare. Indonesia is a country that consists of many islands, so we need a connecting line like a bridge that connects between an island and adjacent islands. Cable Stayed is one of the excellent technologies in making a bridge that stretches long, considering that the final appearance is impressively simple but contains high aesthetic elements and structural toughness that is not in doubt. However, along with the increase in the construction sector, work accidents in the construction sector also increased. Referring to the Manpower Social Service Provider (BPJS) data, nationally the number of occupational accidents in the construction sector is recorded as the highest national sector work accident rate. Occupational accidents can be prevented through a good occupational safety and health management system. Managerial finance in terms of the application of SMK3 financing in Indonesia in the construction sector, especially in the cable stayed bridge building has not been clearly and measurably regulated. In its implementation, the existing regulations have not yet been fully followed by the construction actors even within the Ministry of Public Works and Public Housing itself. For this reason it is necessary to make an analysis of the K3 cost structure in order to estimate the costs needed with minimum project information at an early stage. Activity-Based Costing (ABC) or activity-based cost calculation has emerged as a new approach that connects costs directly related to business activities with manufactured products. To make activity-based cost calculations, making WBS and determining work items appropriately is a useful effort and is needed for effective activity-based risk assessment. Basically every type of bridge has components to be more sturdy, strong and beautiful. The components are cable, girder and pilon systems. Therefore, based on the information above, given the large number of plans for the construction of the cable stayed bridge, the high number of occupational accidents and the lack of comprehensive OHS funding within the Ministry of PUPR, this research focuses on developing the K3 cost structure analysis for cable system component work, girders and pilons in the cable stayed bridge building at the WBS-based Ministry of Public Works and Public Housing.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53759
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Satrio
Abstrak :
Dalam sebuah perencanaan proyek, Work Breakdown Structure WBS telah didefinisikan sebagai representasi total pekerjaan atau tahapan, termasuk dari awal sampai akhir proyek sehingga memiliki peran dalam kesuksesan sebuah proyek. Pada kenyataannya, proyek konstruksi jembatan di Indonesia banyak yang tidak sesuai dengan perencanaan dalam segi keselamatan kerja, oleh karena itu penting pengembangan WBS khususnya proyek konstruksi jembatan berbasis risiko. Hasil penelitian pengembangan WBS diharapkan menjadi acuan dalam proyek konstruksi jembatan khususnya jembatan cable stayed. Metode penelitian menggunakan metode survey kepada pakar jembatan untuk mengetahui standar WBS jembatan. Untuk mengetahui risiko dominan dilakukan dengan menggunakan analisis pareto berdasarkan Bill of Quantity dari 22 jembatan di Indonesia. Setelah melakukan analisis risiko, terdapat 9 risiko dominan yang mempengaruhi keselamatan kerja pekerjaan Jembatan Cable Stayed. Penelitian ini memberikan 5 rekomendasi standarisasi WBS jembatan cable stayed berbasis risiko. ......In a project plan, the Work Breakdown Structure WBS has been defined as the total representation of work or stages, including from the beginning to the end of the project so as to have a role in the success of a project. In fact, many bridge construction projects in Indonesia are not in accordance with the planning in terms of safety, therefore it is important to develop WBS especially risk based bridge construction projects. The result of WBS development is expected to be a reference in bridge construction project especially cable stayed bridge. The research method used survey method to the bridge expert to know the standard of WBS bridge. To know the dominant risk is done by using pareto analysis based on Bill of Quantity from 22 bridges in Indonesia. After performing risk analysis, there are 9 dominant risks that affect the working safety of Bridge Cable Stayed. This study provides 5 recommendations for WBS standardization of risk based stay bridge.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50736
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Genta Dewolono
Abstrak :
Definisi proyek menjadi bagian-bagian yang berhubungan secara hirarki setiap elemennya dengan pemenuhan kebutuhan proses pekerjaan pada tahap perencanaan proyek konstruksi sangat penting dilakukan untuk mencegah kerugian yang dapat terjadi pada suatu proyek konstruksi, berkaitan dengan biaya dan waktu dikarenakan tidak detail dan standarnya WBS Work Breakdown Structure yang digunakan pada proyek konstruksi. Penelitian ini akan membahas pengembangan kamus dan checklist berbasis WBS Work Breakdown Structure berdasarkan metode Teknik Delphi dengan melakukan validasi dengan kuesioner kepada pakar yang berpengalaman pada pekerjaan jembatan cable stayed. Maka, format kamus dan checklist yang telah dikembangkan dapat diaplikasikan untuk mengurangi kerugian yang terjadi pada tahap pelaksanaan konstruksi.
Definition of project into hierarchically related parts of each element with the fulfillment necessary of the work process at construction project planning phase is very important to prevent disadvantages that can occur in construction project, related to cost and time because WBS Work Breakdown Structure is not detail and standard for construction project. This research will discuss development of WBS Work Breakdown Structure dictionary and checklist based on delphi method to validate with questionnaire to expert in the construction works of cable stayed bridge. So, dictionary and checklist have developed, it can be applied to reduce disadvantages that occur at construction project executing phase.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library