Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Stephanie
"Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya perubahan pada situasi kerja yang sangat berpengaruh bagi dewasa muda yang sedang mempersiapkan atau baru saja memulai karirnya. Keterbukaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi adaptabilitas karir/career adaptability. Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya, intellectual humility dan narcissism memiliki hubungan positif dengan keterbukaan/openness. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah keterbukaan memediasi pengaruh intellectual humility dan narcissism pada adaptabilitas karir. Pertisipan penelitian berjumlah 176 orang dari berbagai universitas dan pekerjaan berbeda di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner self-report yang diadministrasikan secara daring menggunakan Google Form. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa (1) terdapat peran mediasi openness yang signifikan dalam hubungan intellectual humility dan adaptabilitas karir (p = .015), (2) terdapat peran mediasi openness dalam hubungan narcissism dan adaptabilitas karir (p = .006). Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterbukaan memiliki peran penting untuk memediasi pengaruh intellectual humility dan narcissism terhadap adaptabilitas karir.

The COVID-19 pandemic has caused drastic changes in various fields of life, one of them is changes in work situations which have impacted young adults who have just prepared for or started their careers. Openness is one of the factors that affect career adaptability. Based on several previous studies, intellectual humility and narcissism have a positive relationship with openness. This study aims to see whether openness can mediate the relationship between intellectual humility, narcissism, and career adaptability. The participants of this research were 176 people from various universities and different occupations in Indonesia. The study was conducted using self-report questionnaires, which were administered online using Google Form. The results of the mediation analysis showed that (1) there was a significant mediating role of openness in the relationship between intellectual humility and career adaptability (p = .015), (2) there was a significant mediating role of openness in the relationship between narcissism and career adaptability (p = .006). The implication of this research is that openness has a critical role in mediating the influences of both intellectual humility and narcissism on career adaptability."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Filzi Yumetri
"Mahasiswa tingkat akhir dan Fresh Graduates merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan akibat perubahan di era revolusi Industri 4.0 dan pandemi Covid-19. Selain itu pada masa transisi dari dunia Pendidikan ke dunia kerja mahasiswa cenderung tidak mandiri dan merasa bingung untuk menentapkan pilihan karirnya (Indianti,2015). Di sisi lain mahasiswa yang gagal untuk mengakomodir tujuan karirnya dapat merasakan dampak jangka pendek dan Panjang. Dampak jangka pendek yang dirasakan adalah performa akademik yang menurun, penundaan kelulusan, dan merasa pembelajaran tidak sesuai dengan minat pribadi(Indianti,2015), dan dampak jangka panjang yang dirasakan adalah kesulitan mencari pekerjaan, terganggunya kepuasan akan karir, peningkatan stress yang dapat mengakibatkan depresi, dan dipandang sebagai grup tanpa motivasi dan tanpa karir di masa mendatang (Sözbilir dkk.,2018). Maka dari itu penelitian ini mengajukan bahwa dengan memiliki adaptabilitas karir, mahasiswa dapat menghadapi perubahan yang terjadi dan mengatasi permasalahannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media sosial terhadap adaptabilitas karir mahasiswa tingkat akhir. Penggunaan media sosial diukur dengan SMUAS (Social Media Usage Aims Scale) dan adaptabilitas karir diukur dengan CAAS versi Bahasa Indonesia. Partisipan merupakan mahasiswa tingkat akhir (N = 446) dari universitas di seluruh Indonesia yang aktif menggunakan media sosial LinkedIn dan Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial secara keseluruhan mempengaruhi adaptabilitas karir sebesar 13,6% ( = .372, p < 0.01) sedangkan dimensi penggunaan media sosial mempengaruhi adaptabilitas karir sebesar 22,4% . Beberapa dimensi penggunaan media sosial yang ditemukan mempengaruhi adaptabilitas karir secara keseluruhan, yaitu dimensi As a Task Management Tools (ATMT) dan Education and Informational. Berdasarkan hasil tersebut mengungkapkan bahwa seseorang dapat meningkatkan adaptabilitas karir, saat menggunakan media sosial untuk kegiatan seperti mengorganisir jadwal sehari-hari dan kegiatan yang berkaitan dengan edukasi.

Final year students and Fresh Graduates find it difficult to obtain a job due to changes in the era of the Industrial revolution 4.0 and the Covid-19 pandemic. In addition, during the transition from the world of education to the world of work, students tend to be independent and experience confusion in making career choices (Indianti, 2015). On the other hand, students who fail to accommodate their career goals can experience short and long term impacts. The perceived short-term impact is decreased academic performance, delayed graduation, and the feeling that learning is not in accordance with personal interests (Indianti, 2015), while the perceived long-term impact is difficulty finding work, disrupted career satisfaction, increased stress which can lead to depression, and also being seen as a group without motivation and without a future career (Sözbilir et al., 2018). Therefore, this study proposes that by having career adaptability, students can face the changes that occur and overcome their problems. This study aims to see the effect of using social media on the level of career adaptability of final year students. The use of social media is measured by SMUAS (Social Media Usage Aims Scale) and career adaptability is measured by the Indonesian version of CAAS. Participants are final year students (N = 446) from universities throughout Indonesia who actively use social media LinkedIn and Instagram. The results showed that the overall use of social media affects career adaptability by 13.6% (β = .372, p < 0.01) while the dimensions of social media use affect career adaptability by 22.4%. Several dimensions of social media use were found to affect overall career adaptability, namely the As a Task Management Tools (ATMT) and Education and Informational dimensions. These results revealed that one can improve career adaptability, when using social media for activities such as organizing daily schedules and activities related to education."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library