Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
Patterson, Jerry E.
New York: Crown Publishers, 1974
745.107.5 PAT c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Robbins, Manuel
New York: Van Nostrand Reinhold, 1983
549.125 ROB c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Levine, Bernard
London: Apple Press, 1993
739.72 LEV p
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
West, Morris
London: Hutchinson, [Date of publication not identified]
813 WES m
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Lidia Prima
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami sneaker culture, sebuah budaya di mana sneakers (sepatu) semakin populer sebagai tanda perekat komunitas yang berbasis konsumsi. Sneakers adalah ikon budaya yang kuat dan bermakna bagi identitas penggunanya, khususnya melalui tindakan koleksi dan konsumsi. Lebih lanjut, penelitian ini mencoba melihat bagaimana proses pemaknaan berperan dalam tindakan mengoleksi para sneakerheads (kolektor). Penelitian ini menggunakan kerangka tindakan konsumsi untuk memahami makna dan realitas sneakerheads yang tergabung dalam Komunitas Indonesia Sneaker Team (IST). Melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap media sosial IST dan anggotanya, penelitian ini mengungkap peran makna dalam tindakan konsumsi. Penelitian ini menemukan bahwa konsep mental anggota IST bermain sebagai bentuk apropriasi, yang merupakan salah satu elemen pada tindakan konsumsi.
This research aims to understand sneaker culture or the context in which sneakers have become increasingly popularised as a sign of community building through consumption practice. For the researcher, sneakers are strong cultural icons and are meant for the identity of their users, specifically through the act of collecting and consuming. Furthermore, this research tries to see how the process of meaning-making plays a role in sneakerheads’ collecting acts. This research uses the framework of consumption practice to understand the meaning and the reality of sneakerheads who are members of the Indonesian Sneaker Team community (IST). Through in-depth interviews and observations of IST members’ social media, this research unpacks the use of meaning in consumption practice. This research found that the mental concept of IST members is useful as a form of appropriation, which is one of the elements of consumption practice."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
London: Routledge, 1996
069.4 INT
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Bridge, Mark
London: Quantum Books , 1999
R 749.3 BRI e
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Nasution, Khoo Salma
Penang: Janus Print & Resources, 2003
R 741.683 NAS p
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Lewis, Brenda Ralph
New York: Random House, 1993
R 737.4 LEW c
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Khairunnisa Nur Hanabila
"Tingginya tingkat popularitas K-Pop di Indonesia membuat negara ini menjadi rumah bagi banyak fandom KPop. Di antara klub penggemar K-Pop lainnya, penggemar NCT di Indonesia yang disebut NCTzen telah terbukti menjadi salah satu fandom yang paling terlibat (Febriastuti, 2020; Rizaty, 2021; Reditya 2021). Salah satu keterlibatan penggemar yang banyak dipraktikkan adalah konsumsi merchandise K-Pop. Pertumbuhan konsumsi merchandise melibatkan pasar merchandise jenis photocard. Meskipun demikian, peningkatan desain merchandise tertentu telah menjadikan photocard sebagai identitas baru penggemar K-Pop yang sedang naik daun di lanskap K-Pop. Hasil dari penelitian sebelumnya telah memberikan latar belakang perilaku konsumsi dari latar belakang penggemar dan terhadap motivasi mereka. Makalah ini berfokus pada fenomena koleksi photocard penggemar NCT di Indonesia melalui teori identitas sosial yang dikembangkan oleh Jenkins (2004) dan bagaimana identitas anggota fandom dapat menentukan perilaku konsumsi anggota, dan akibatnya jumlah penjualan merchandise jenis photocard. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan melalui metode pengumpulan data sekunder seputar NCTzen Indonesia yang bergerak di bidang praktik pengumpulan photocard. Untuk menyoroti identitas penggemar di dalam fandom khususnya di ruang lingkup media sosial dengan perilaku pembelian photocard. Hasil dari makalah ini, ditemukan bahwa interaksi dan keterbatasan informasi berdampak pada identitas penggemar di dalam fandom.
The high popularity rate of K-Pop in Indonesia has made the country home to many K-Pop fandoms. Among other K-Pop fansclub, NCT fans in Indonesia's so-called NCTzen have proven to be among the most engaged fandoms (Febriastuti, 2020; Rizaty, 2021; Reditya, 2021). One of the widely practised fan engagements is the consumption of K-Pop merchandise. The growing merchandise consumption involves the photocard-type merchandise market. Nonetheless, the increase in specific merchandise design has made photocards the new rising K-Pop fans' identity in the K-Pop landscape. Results from past research have provided the consumption behaviour background from fans' backgrounds and their motivation. This paper focuses on the phenomenon of the photocard collection of NCT fans in Indonesia through the social identity theory developed by Jenkins (2004) and how the identity of fandom members can define the member's consumption behaviour and, consequently, the number of sale photocard type merchandise. It is based on a qualitative study conducted through a secondary data collection method surrounding Indonesia NCTzen engaged in the photocard collection practices. To highlight fans' identity inside the fandom particularly in the social media scope with their purchase behavior. This paper found that interaction and limitation of information impact the fans' identity inside the fandom."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library