Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Riki Afriansyah
"Implementasi sistem ujian berbasis komputer ini bertujuan untuk membantu SMP Negeri 1 sungailiat dalam mengelola sistem ujian agar lebih efektif dan efisien. Pelaksaanaan sistem ujian ini dapat diakses secara bersamaan menggunakan komputer di laboratorium komputer sekolah maupun secara individu dengan menggunakan komputer atau ponsel yang terhubung dengan jaringan internet oleh siswa. SMP Negeri 1 Sungailiat masih menggunakan ujian secara konvensional sehingga hal ini tidak efektif dan efisien dari sisi biaya dan waktu. Dari sisi biaya, pihak sekolah harus mencetak soal ujian dan lembar jawaban. Dari sisi waktu, guru harus mengoreksi jawaban. Manfaat lainnya keterampilan guru meningkat dalam hal pembuatan soal berbasis teknologi. Hasil ujian secara langsung dapat dilihat oleh siswa dan pihak sekolah pada saat ujian telah selesai dikerjakan oleh siswa. Program pengabadian ini memberikan manfaat bagi sekolah dalam menilai pengetahuan siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan melalui sistem ujian online apalagi di masa pandemi virus corona (COVID-19) saat ini. Penerapan metode autentifikasi sangat diperlukan pada sistem ujian berbasis komputer agar lebih aman dalam pengaksesan sistem."
Yogyakarta : Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, 2020
600 JPM 3:2 (2020)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Zainul Mustofa
"Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program penyelenggaran ujian semester berbasis komputer (USBK) yang sesuai dengan program kerja kepala sekolah urusan kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan ujian semester berbasis komputer di SMK Al Munawwariyyah pada ujian semester gasal 2017/2018 secara umum berjalan baik dengan presentase ketercapaian 77,8%. Pada aspek proses terdapat kendala dalam administrasi server dan jaringan sehingga perlu dilakukan optimalisasi program komputer yang digunakan. (2) Tanggapan guru terhadap pelaksanaan ujian berbasis komputer adalah sekitar 88,9% guru memperoleh manfaat dari program ujian berbasis komputer karena dapat mempercepat proses koreksi dan analisis butir soal, terutama untuk menentukan butir soal mana yang berkategori mudah, sedang, dan susah bagi siswa. Dengan hasil analisis tersebut guru dapat dengan cepat memberikan feedback kepada siswa melalui remidi. Tanggapan siswa terhadap pelaksanaan ujian semester berbasis komputer adalah 44,5% siswa semakin giat belajar, 66,6% siswa menginginkan ujian berbasis komputer dilanjutkan dan lebih disempurnakan. Dilihat dari penyelenggaraan, ujian semester berbasis komputer mampu menghemat dana hingga 40,0% dibandingkan ujian semester menggunakan kertas."
Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2020
371 TEKNODIK 24:1 (2020)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library