Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Podolny, Walter.
New York: Wiley , 1982
624.2 POD c (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Mayangsari
Abstrak :
ABSTRAK
Sambungan kunci geser adalah komponen penting pada jembatan pracetak segmental. Material yang dapat digunakan tidak hanya beton melainkan sudah berkembang dengan material logam. Pada penelitian ini dibahas perilaku kunci geser baja lunak dengan permukaan antar segmen beton pratekan diberikan perekat epoksi dimana pemodelan ini menggunakan simulasi software ANSYS. Kajian sambungan kunci geser bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai besarnya beban potensi retak dan beban potensi leleh dengan memvariasikan mutu bahan, ketebalan epoxy, gaya prategang dan jumlah kunci geser. Pemodelan ini dilakukan untuk dua tipe yaitu pemodelan linear dengan menggunakan data linear elastis dan pemodelan non linear dengan data multilinear isotropic hardening
ABSTRACT
Shear key joint is an important component on the segmental precast bridge. Material that can be used not only concrete but developed to metal. This research discussed about mild steel shear key behavior with the surface between prestressed concrete segment is provided by epoxy and this model is simulated by ANSYS software. The purpose of this study is to obtain behavior subjected to static vertical load related to potential crack on concrete and yield by providing several variations such as grade of concrete and mild steel, thickness of epoxy, confining pressure and the numbers of shear key. This model have been done with two types, one with linear elastic material and the other was modelled with multilinear isotropic hardening.
Depok: Unversitas Indonesia. Fakultas Teknik, 2016
S67070
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suci An Naazi Aat
Abstrak :
ABSTRAK
Jembatan beton segmental membutuhkan kunci geser - kunci geser. Penelitian ini membahas perilaku sambungan kunci geser logam baja bermutu sedang dengan perekat. Pemodelan dilakukan menggunakan software ANSYS dengan dua tipe pemodelan yaitu, pemodelan 1 isotropic elasticity dan pemodelan 2 multilinear isotropic hardening. Pada pemodelan 2 menggunakan dua cara yaitu force control dan displacement control dengan meninjau beton terkekang dan beton tidak terkekang. Hasil pemodelan 1 menunjukkan semakin tinggi mutu beton dan baja, semakin besar gaya prategang dan semakin banyak jumlah shearkey maka semakin meningkat beban potensi retak dan semakin menurun jika semakin tebal. Pemodelan 2 meninjau hubungan tegangan dan perpindahan
ABSTRACT
Precast concrete bridge requires shear keys. This study discusses the behavior of metal shear key, namely medium-grade steel with epoxy. This study is conducted by utilizing ANSYS software with two types of modeling; isotropic elasticity (type 1) and multilinear isotropic hardening (type 2). The numerical resolution on type 2 is conducted with two approach; force control and displacement control approach by considering confined and unconfined concrete. On type 1 modeling results indicate if the quality of concrete and steel higher, the greater of prestressing force and the greater number of shear keys will increase potential cracking of concrete, which decreases if the thickness of epoxy used increases. The modeling type 2 reviews the correlation between stress with a displacement.
Unversitas Indonesia. Fakultas Teknik, 2016
S65388
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clarissa Rachma Anggita
Abstrak :
ABSTRAK
Jembatan segmental dengan sistem beton prategang menjadikan sambungan kunci geser sebagai media penghubung yang penting untuk diperhatikan. Penelitian ini membahas sambungan kunci geser tanpa perekat bermaterial baja mutu sedang serta mensimulasikan berbagai variasi parameter untuk melihat perilaku dari sambungan kunci geser. Pemodelan dilakukan menggunakan software ANSYS dengan dua tipe pemodelan. Hasil penelitian pemodelan tipe 1 menujukkan beban potensi kegagalan beton dan kunci geser meningkat jika kombinasi mutu beton dan baja mutu sedang, gaya prategang, kemiringan tendon prategang serta jumlah kunci geser semakin besar. Hubungan tegangan utama serta tegangan geser terhadap perpindahan vertikal, pemodelan tipe 2 menunjukkan adanya osilasi pada tegangan geser setelah melewati nilai maksimum dan kemudian meningkat.
ABSTRACT
The development of segmental bridge with prestressed concrete systems make shear key joint as connection media that is important to note. This study discussed about dry joint-shear key with the material used was medium-grade steel and applying several parameters to see the behavior of the shear key joint. Modeling implemented using ANSYS software with two type of material model. The results in modeling type 1 showed that potential load of concrete and shear key would be greater if combination of the grade of concrete and medium-grade steel, prestressing force, angle of prestressing tendon, and number of shear key were increased. Principal stress and shear stress compared with vertical displacement relations, in modeling type 2 showed an oscillation in the shear stress after passed the maximum value and then increased.
Unversitas Indonesia. Fakultas Teknik, 2016
S65389
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Almira Putri Nurindra
Abstrak :
Proyek konstruksi merupakan sektor berisiko tinggi dan kecelakaan kerja yang terjadi bernilai hampir tiga kali lipat dari rata-rata sektor lainnya. Penggunaan BIM atau Building Information Modeling ke dalam perencanaan konstruksi dapat membantu dan meningkatkan keselamatan konstruksi menjadi lebih efisien dan efektif. Namun, menurut beberapa penelitian terdahulu, tingkat implementasi BIM di Indonesia masih tergolong rendah akibat beberapa faktor. Oleh karena itu, pengembangan perencanaan keselamatan konstruksi berbasis BIM pada pekerjaan jembatan beton precast akan dilakukan pada penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa pada pekerjaan struktur atas, perkerasan, drainase, dan aksesoris jembatan beton precast memiliki 180 potensi bahaya serta 269 potensi risiko. Adapun potensi bahaya dengan tingkat risiko tinggi, antara lain jatuh dari ketinggian, girder terjatuh atau runtuh, putusnya sling crane maupun segment terjatuh dari crane, serta tertimpa material dan alat selama proses konstruksi. Perencanaan keselamatan konstruksi yang dilakukan pada penelitian ini, akan diintegrasikan ke dalam BIM berupa safety plan dengan tujuan penyedia informasi perencanaan K2 dan mengidentifikasi kebutuhan K2 serta safety visual dengan tujuan mengidentifikasi kebutuham sumber daya APK dan mengestimasi jumlah kebutuhan maupun lokasi penempatannya. Pengembangan perencanaan keselamatan konstruksi berbasis BIM ini dapat meningkatkan kinerja keselamatan konstruksi pada jembatan beton precast. ......Construction projects are high-risk sectors, and the rate of workplace accidents is nearly three times higher than the average in other sectors. The use of BIM or Building Information Modeling in construction planning can help improve construction safety to be more efficient and effective. However, according to several previous studies, the level of BIM implementation in Indonesia is still relatively low due to several factors. Therefore, the development of BIM-based construction safety planning for precast concrete bridge work will be carried out in this research. The method used in this research is a qualitative method. The results of the study found that in the work on the superstructure, pavement, drainage, and accessories of precast concrete bridges, there are 180 potential hazards and 269 potential risks. High-risk potential hazards include falling from heights, falling or collapsing girders, broken crane slings, segments falling from cranes, and being hit by materials and tools during the construction process. The construction safety planning carried out in this research will be integrated into BIM in the form of a safety plan aimed at providing Safety Construction planning information and identifying Safety Construction needs as well as safety visuals aimed at identifying the need for PPE resources and estimating the amount needed and their placement locations. The development of BIM-based construction safety planning can improve construction safety performance in precast concrete bridges.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dodi Ikhsanshaleh
Abstrak :
Untuk memperoleh sistem penahan beban lateral yang efektif dan efisien dari sebuah struktur dinding geser berangkai, balok perangkai harus didesain daktail dengan perilaku histeresis yang stabil saat pembebanan siklik. Balok profil baja dapat digunakan sebagai balok perangkai yang didesain daktail terhadap beban geser dimana prilakunya mirip dengan link geser pada struktur rangka bresing eksentris. Penelitian ini mengevaluasi perilaku inelastis dari balok perangkai baja yang digunakan pada struktur dinding geser berangkai beton bertulang. Struktur bangunan 10 lantai dengan dua dinding geser berbentuk C yang dirangkai dengan dinding geser berbentuk I dan dikelilingi oleh struktur portal beton bertulang dievaluasi dengan analisis statik nonlinier (pushover analysis). Struktur beton bertulang didesain berdasarkan SNI 03-2847-2002, sedangkan prosedur dan parameter inelastis untuk analisis statik nonlinier diadopsi dari FEMA 356. Perilaku inelastis dari balok perangkai baja dimodelkan dengan sendi plastis momen dan geser yang didistribusikan di sepanjang bentang untuk mengevaluasi jenis dan perkembangan pembentukan sendi plastis. Hasil analisis statik nonlinier pushover menunjukkan bahwa sistem hibrid ini mempunyai daktilitas yang cukup tinggi. Semakin kaku balok perangkai baja yang digunakan, akan memberikan kinerja dan daktilitas struktur yang semakin meningkat dalam menahan beban gempa.
In order to achieve an effective and efficient lateral load-resisting system of couple wall structure, the coupling beam have to posse stable hysteretic response under cyclic loading. Steel coupling beam can be designed to provide satisfactory hysteretic behavior by yielding in shear, similar to behavior of a shearlink in eccentrically braced frame. This research provides an evaluation of inelastic behavior of hybrid couple wall system, in which steel beams are used to couple reinforced concrete shearwall. The 10-story hybrid cople wall structure which steel coupling beam are used to couple reinforced concrete shearwall is analyzed using nonlinier static procedure or pushover analysis. Detailing requirement of reinforce concrete structure was designed based on the SNI 03-2847-2002 and nonlinear static procedure and inelastic parameter adopted form FEMA 356. Hinge property that distributed along the span used to represent inelastic shear and moment behavior of steel coupling beam. From the result of pushover analysis hybrid couple wall provided good performance dan ductility.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S50689
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Washington, D.C.: Transportation Research Board, National Research Council , 1994.
624.25 ANC
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ellobody, Ehab
Abstrak :
In recent years, bridge engineers and researchers are increasingly turning to the finite element method for the design of steel and steel-concrete composite bridges. However, the complexity of the method has made the transition slow. Based on twenty years of experience, Finite element analysis and design of steel and steel-concrete composite bridges provides structural engineers and researchers with detailed modeling techniques for creating robust design models. The book?s seven chapters begin with an overview of the various forms of modern steel and steel?concrete composite bridges as well as current design codes. This is followed by self-contained chapters concerning: nonlinear material behavior of the bridge components, applied loads and stability of steel and steel?concrete composite bridges, and design of steel and steel?concrete composite bridge components.
Waltham, MA: Butterworth-Heinemann, 2014
e20427073
eBooks  Universitas Indonesia Library