Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syahril Dian Purwono
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam proyek EPC, terdiri dari 3 fase utama yaitu Engineering, Procurement Construction. Kebanyakan dalam proyek EPC tersebut, pembagian anggarannya untuk fase Engineering paling kecil dibandingkan fase Procurement dan fase Construction. Namun, efek dari keterlambatan fase Engineering tersebut, akan sangat mempengaruhi fase-fase berikutnya, dan pada akhirnya terjadi keterlambatan proyek secara keseluruhan, sehingga fase Engineering merupakan lintasan kritis dari perkembangan kemajuan proyek. Penelitian menggunakan kuisioner responden dengan persyaratan minimal 1 tahun pengalaman bekerja di proyek EPC, pertanyaan terdiri dari 6 indikator dan 39 item pertanyaan, jawaban item pertanyaan dengan skala 1-5 untuk frekuensi dan dampak, kemudian hasil kuisioner responden diuji statistik dengan menggunakan pengujian validitas metode Pearson, pengujian reliabilitas metode Cronbach rsquo;s Alpha dan pengujian normalitas metode Kolmogorov Smirnov. Hasil pengujian kemudian dimasukkan ke dalam matriks probabilitas dan dampak. Item pertanyaan yang masuk ke dalam risiko keterlambatan adalah yang dengan skor perkalian frekuensi dan dampak keterlambatan > 10. Hasilnya didapat 19 item pertanyaan yang mempunyai hasil perkalian frekuensi dan dampak > 10 dalam 5 variabel. Kemudian hasilnya dilakukan validasi pakar dengan syarat minimal 20 tahun pengalaman di proyek EPC, dan hasilnya didapat 19 pertanyaan yang merupakan faktor risiko. Kemudian tindakan pencegahan dan koreksi dari ke 19 faktor risiko didapat dari pakar dan referensi digunakan sebagai masukan terhadap prosedur fase engineering, sehingga dampak dari faktor risiko tersebut dapat diminimalisir.
ABSTRACT
In the EPC project, consists of 3 main phases of Engineering, Procurement Construction. Most in the EPC project, the budget share for the Engineering phase is the smallest compared to the Procurement phase and Construction phase. However, the effects of the Engineering phase delay will greatly affect subsequent phases, and ultimately the overall project delays, so that the Engineering phase is a critical path from the progress of the project. The research used a questionnaire respondents with a minimum requirement of 1 year working experience in EPC, the question consists of 6 indicators and 39 items of questions, the answers to question items with a scale of 1 5 for the frequency and impact, then the results of the questionnaire respondents statistically tested using the Pearson validity testing method, Cronbach 39 s Alpha reliability testing method and Kolmogorov Smirnov normality testing method. The test results are then fed into the probability and impact matrix. Item questions coming into the risk of delay is that with a score of frequency multiplication and delay effects 10. The results obtained 19 question items that have a frequency multiplication results and impact 10 in 5 variables. Then the results are validated experts on the condition of at least 20 years experience in EPC project, and the results obtained 19 questions which are risk factors. Then the measures of prevention and correction of the 19 risk factors obtained from experts and references used as an input to the engineering phase of the procedure, so the impact of these risk factors can be minimized.
2017
T48773
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ermawaty
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1998
S27496
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Surya Herlambang
Abstrak :
Sejak tahun 2003 diperkenalkan sebuah teori baru mengenai torsi yang disebut dengan modèle couplè dimana dalam teori tersebut dinyatakan momen torsi yang bekerja pada balok-tipis penampang terbuka (open cross-section thin-walled) berhubungan erat dengan bending momen sehingga menyebabkan penyimpangan sudut torsi dan shear center mengalami displacement searah sumbu horisontal. Teori ini membantah teori klasik VZ. Vlasov yang menyatakan tidak ada displacement pada shear center. Teori modèle couplè ini masih dikembangkan hingga tahun 2012 dengan pembuktian secara eksperimental dan numerik. Hasil pembuktian itu ternyata mendukung teori modèle couplè. Dari studi pustaka dan penelitian pendahuluan didapati beberapa kekurangan dalam prosedur eksperimental. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian kembali dengan memperbaiki prosedur eksperimen sekaligus ingin membuktikan apakah hasil eksperimental sesuai dengan teori Vlasov atau teori modèle couplè. Analisis penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil uji eksperimental, pemodelan numerik menggunakan software, prosedur analisis teori Vlasov untuk balok-tipis, teori modèle couplè dan teori torsi yang umum. Hasil penelitian ini memperlihatkan sudut torsi dan shear center analisis numerik sesuai dengan teori Vlasov sedangkan hasil uji eksperimental masih sama dengan hasil eksperimental terdahulu yang mendukung teori modèle couplè. Walau hasil uji eksperimental ini mendukung teori modèle couplè, bukan berarti teorema modèle couplè telah terbukti. Untuk itu disampaikan pula saran-saran perbaikan yang perlu dilakukan jika eksperimen serupa akan dilakukan kembali. ...... Since 2003 introduced a new theory called the torque modèle couple where the theory expressed in torsion moment acting on the open cross-section thin-walled are closely related to the bending moment causing deviation angle of torsion and shear center experienced displacement in the direction of the horizontal axis. This theory denies the classical theory VZ. Vlasov stating there is no displacement of the shear center. Couple modèle theory is still being developed by 2012 with evidence experimentally and numerically. The results turned out to support the theory of proof modèle couple. From the literature study and preliminary research found several deficiencies in the experimental procedures. Based on this, the research conducted again by correcting the experimental procedure at the same time trying to prove whether the experimental results according to Vlasov theory or theories modèle couple. The analysis is done by comparing the test results of experimental, numerical modeling using the software, the analysis procedure Vlasov theory for thinwalled, modèle couple theory and general theory of torque. The results of this study show the torque angle and shear center in accordance with the numerical analysis of Vlasov theory while the experimental test results are still the same as previous experimental results that support the theory modèle couple. Although these experimental results support the theory test modèle couple, is not mean theorem has been proved. For it is also presented suggestions for improvement that need to be done if similar experiments will be performed again.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T39306
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library