Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 35 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Product differentiation are important, given consumers more critical and becomes selective Packaging is often referred to as "the five - second ads". In the beverage industry, there are many brands, varieties and taste in which consummers cannot often explain the difference between one brand from another...."
TEMEN 4:2 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nike Nur Almuldita
"Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG), perusahaan FMCG perlu mengetahui jumlah permintaan yang potensial di suatu wilayah. Dengan begitu perusahaan dapat menyesuaikan supply yang optimal untuk menghindari tidak terpenuhinya permintaan pelanggan. Metode ekonometrik merupakan salah satu solusi untuk memodelkan estimasi permintaan dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Pada penelitian ini digunakan data cross section sehingga perlu dilakukan uji dependensi spasial untuk melihat apakah antar wilayah memiliki dependensi spasial atau tidak. Hasilnya pada model regresi tidak terdapat dependensi spasial sehingga digunakan analisis regresi non-spasial sebagai model estimasi permintaan. Selain itu juga diperoleh hasil bahwa permintaan konsumen dipengaruhi oleh faktor jumlah penduduk, PDRB perkapita, rata-rata pengeluaran konsumsi rumah tangga, dan kategori wilayah rural atau urban.

Along with the strict competitiveness of Fast Moving Consumer Goods (FMCG) industry, companies need to know the number of potential demands in an area. So, companies can adjust optimal supply to avoid consumer's demands unfulfillment. Econometric method is one of the solution to model the demand estimation considering factors affecting it.
This research use cross section data, so spatial dependence was conducted to investigate whether there is a spatial dependency between the region. The result revealed that there was no spatial dependency. Therefore, non-spatial regression analysis was used as a model of demand estimation. Beside that, the result also show that consumer?s demands are influenced by number of population, Gross Domestic Regional Product (GDRP), average of household expenditure, and the category of the area (rural or urban).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43377
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Riefqi
"Pertumbuhan ekonomi mengakibatkan tingkat konsumsi masyarakat meningkat, termasuk didalamnya adalah tingkat konsumsi barang consumer goods. Peningkatan tingkat konsumsi memberikan peluang bagi perusahaan-perusahaan untuk meingkatkan margin keuntungannya. Dengan persaingan dengan kompetitor yang begitu ketat, perencanaan produksi menjadi hal yang sangat vital bagi perusahaan. Peramalan jumlah permintaan barang yang akurat dibutuhkan untuk memperoleh operasi produksi yang efektif dan efisien. Metode ARIMA merupakan metode peramalan yang cukup populer untuk peramalan data time series dan terbukti memberikan hasil peramalan yang cukup akurat pada beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Sedangkan metode neural network memiliki keunggulan untuk mendeteksi pola nonlinear yang ada di dalam data sehingga memiliki performa yang baik saat digunakan untuk melakukan peramalan untuk data yang sifatnya nonlinear. Metode hybrid yang mengkombinasikan ARIMA dengan neural network juga diajukan dalam penelitian ini untuk menganalisis performa kombinasi model gabungan dalam melakukan peramalan. Dalam penelitian ini, neural network menjadi model dengan tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan metode lain.

Economic growth results in increased consumptions levels of the citizen, including the consumption level of consumer goods. An increased level of consumption provides opportunity for companies to raise the profit margin. With tight competition against the competitor, production planning is very vital for the company. Forecasting an accurate number of demands is required to obtain production operation which are efficient and effective. ARIMA is one of the forecasting method which is a fairly popular for forecasting time series data and proven to give a fairly accurate forecasting result based on some researches that has been done before. While neural network method has advantages for detecting nonlinear patterns in the data, resulting a good performance when forecasting for the nonlinear nature of data. Hybrid method which combines the ARIMA with neural network also proposed in this study to analyze the performance of combination forecasting models. In this study, the neural network model with a better accuracy than other methods.
Economic growth results in increased consumptions levels of the citizen, including the consumption level of consumer goods. An increased level of consumption provides opportunity for companies to raise the profit margin. With tight competition against the competitor, production planning is very vital for the company. Forecasting an accurate number of demands is required to obtain production operation which are efficient and effective. ARIMA is one of the forecasting method which is a fairly popular for forecasting time series data and proven to give a fairly accurate forecasting result based on some researches that has been done before. While neural network method has advantages for detecting nonlinear patterns in the data, resulting a good performance when forecasting for the nonlinear nature of data. Hybrid method which combines the ARIMA with neural network also proposed in this study to analyze the performance of combination forecasting models. In this study, the neural network.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46090
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldi Rahmansyah Kurnia
"

Seiring dengan meningkatnya taraf hidup dan konsumsi masyarakat di Indonesia, permintaan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pun mengalami peningkatan khususnya produk FMCG pada kategori Nutrisi. Hal ini tentunya menjadi potensi keuntungan bagi perusahaan jika bisa memanfaatkan kondisi dengan baik. Untuk mengoptimalkan potensi yang ada, perusahaan perlu memastikan bahwa produknya bisa menjangkau masyarakat luas dengan tepat waktu, hal ini perlu didukung oleh rencana produksi yang baik. Hal utama yang menjadi acuan perusahaan memproduksi sebuah produk adalah peramalan permintaan di waktu yang akan datang. Peramalan akan menjadi acuan perusahaan untuk menentukan seberapa banyak produk yang harus diproduksi dalam kurun waktu tertentu. Peramalan yang baik akan membantu perusahaan untuk meningkatkan keuntungan dan meminimalisasi kerugian yang timbul akibat kesalahan dalam perhitungan produksi. Selain peramalan, perusahaan pun perlu menentukan jumlah safety stock dan reorder point untuk membantu perusahaan dalam memastikan bahwa stok yang dimiliki bisa terus memenuhi permintaan pasar.


Along with the increasing standard of living and public consumption in Indonesia, the demand for Fast Moving Consumer Goods (FMCG) products has also increased, especially for FMCG products in the Nutrition category. This is a great potential profit for the company if it can take the advantages of the conditions properly. To optimize the potential that exists, companies need to ensure that their products can reach the wider community at the right time, this needs to be supported by a good production plan. The main thing that becomes a reference for producing a product is forecasting demand in the future. Forecasting will be a reference for the company to determine how many products must be produced within a certain time. Good forecasting will help companies to increase profits and minimize losses arising from errors in production calculations. In addition to forecasting, companies also need to determine the amount of safety stock and reorder points to help companies ensure that their stock can continue to meet market demand.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marghaini Maria Maharani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakterisitk eksekutif perusahaan yang dilihat dari keberadaan direksi perempuan dan masa jabatan CEO serta karakteristik keuangan perusahaan melalui net working capital terhadap tingkat cash holdings perusahaan consumer goods di Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel yang berasal dari 168 perusahaan consumer goods yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 2018-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi panel dengan metode estimasi Random Effect Model. Hasil studi ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif signifikan dari keberadaan direksi perempuan terhadap tingkat cadangan kas perusahaan consumer goods di Indonesia. Hal ini mendukung penjelasan motif kepemilikan kas berdasarkan precautionary motive. Selain itu penelitian ini juga menemukan adanya pengaruh negatif net working capital sebagai cash substitutes terhadap tingkat cadangan kas perusahaan consumer goods di Indonesia. Penelitian ini tidak menemukan adanya pengaruh yang signifikan dari masa jabatan CEO terhadap tingkat cadangan kas di Indonesia. 

This study aims to analyze the impact of the company's executive characteristics as seen from the presence of female directors and the CEO tenure, as well as the company's financial characteristics through net working capital on corporate cash holdings of consumer goods firms in Indonesia. This study uses samples from 168 consumer goods companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2018 - 2020. The research method being used is panel regression with the Random Effect Model as the estimation method. The results of this study indicate that there are significant positive effect of female directors on the cash holdings of consumer goods firms in Indonesia due to the precautionary motive of cash holdings. Furthermore, this study finds a significant negative effect of net working capital as cash substitutes on the cash holdings of consumer goods firms in Indonesia. Lastly, this study do not find any significant impact of CEO tenure on the cash holdings of consumer goods firms in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Besty Varisya
"Penelitian ini membahas pengaruh karakteristik perusahaan terhadap struktur modal. Perusahaan membutuhkan pendanaan dan modal untuk menjalankan kegiatan operasional. Pendanaan tersebut bisa berasal dari internal maupun eksternal perusahaan melalui hutang maupun ekuitas. Setiap perusahaan memiliki kebijakan perusahaan yang berbeda beda tergantung berbagai faktor, diantaranya ialah karakteristik perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan struktur aktiva terhadap debt to equity ratio. Sampel yang digunakan ialah perusahaan dibidang consumer good yang tercatatat di Bursa Efek Indonesia periode 2015 – 2019 dengan menggunakan teknik purposive sampling dan mendapatkan sampel 40 perusahaan. Hasil penelitian pada sampel secara keseuluruhan menunjukkan bahwa variabel dependen secara bersama sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal yang diukur dengan debt ratio. Adapun secara parsial, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan struktur aktiva memiliki pengaruh positif signifikan. Sementara, likuiditas memiliki pengaruh negatif signifikan. Variabel ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal.

This study discusses the effect of company characteristics on capital structure. Companies need funding and capital to carry out operational activities. Funding can come from internal and external companies through debt or equity.. Every company has different company policies depending on various factors, including company characteristics. This study aims to determine the effect of profitability, liquidity, company size, company growth and asset structure on debt to equity ratio. The sample used is companies in the consumer good sector which are listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2015 – 2019 obtained by using purposive sampling as many as 40 companies in the sample. . The results of the study on the sample as a whole show that the dependent variable together has a significant effect on capital structure as measured by the debt ratio. As for partially, profitability, company growth and asset structure have a significant positive effect. Meanwhile, liquidity has a significant negative effect. The firm size variable does not have a significant effect on capital structure."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"In the development of electronic transaction, there is condition which puts consumer in a lower bargaining position, especially if the transaction held in an international trading. It will significantly reduce the consumer's bargaining position. The consumer's lower bargaining position is caused by the differences of jurisdiction that cause lack of legal certainty in a consumer disputes settlement. Law No. 11/2008 regulates about Information and Electronic Transaction does't discuss about international consumer disputes. Thus consumer needs legal protection such as state intervention in the field of transaction and business settlement. Consumer dispute settlement in an international electronic transaction must understand the rights of consumer so it can give legal choice and forum based on consumer law. There will be used by judges or arbiters as a consideration in order to settle consumer dispute. Therefore Online dispute Resolution (ODR) has been developed in order to vanish legal barriers in a process of settlement."
JUHUBIS
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Khalisha Rahma Dwiputri
"Kompetisi industri FMCG yang sangat tinggi mendorong perusahaan-perusahaan FMCG di Indonesia untuk melakukan manajemen rantai pasoknya dengan semakin baik. Salah satu pihak yang berperan penting dalam manajemen rantai pasok adalah pemasok. Maka dari itu, evaluasi pemasok diperlukan untuk memastikan input diterima oleh perusahaan sesuai dengan persyaratan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan evaluasi kinerja pemasok beserta kriteria dan subkriteria yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan FMCG. Penelitian ini menggunakan metode ANP dan TOPSIS. Penelitian dimulai dengan melakukan pengumpulan kriteria dan subkriteria dari studi literatur dan braintroming dengan responden yang merupakan ahli pada perusahaan FMCG. Pengolahan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner I kepada responden untuk menentukan kriteria dan subkriteria yang digunakan dalam penelitian. Kemudian, kuesioner II digunakan untuk mengidentifikasi hubungan keterkaitan. Lalu, kuesioner III disebarkan untuk melakukan perbandingan berpasangan. Setelah itu, spreadsheet evaluasi kinerja pemasok dibuat dengan menggunakan Ms. Excel agar hasil penelitian dapat digunakan oleh perusahaan FMCG untuk waktu yang panjang. Terakhir, penilaian untuk tiap pemasok dilakukan pada spreadsheet berdasarkan kriteria dan subkriteria yang sudah memiliki nilai bobot. Hasil dari penelitian ini adalah kriteria dengan kepentingan tertinggi yakni pelayanan (38,8%), hubungan (16,8%) dan kapabilitas (14,2%) serta dengan kepentingan tertinggi adalah subkriteria komunikasi (16,9%), penyelesaian masalah (13,2%) dan kepercayaan terhadap pemasok (13,2%).

High competitiveness of the FMCG industry in Indonesia has encourages FMCG companies in Indonesia to apply ways to improve their supply chain management. One of the parties that plays an important role in SCM is supplier. Therefore, supplier evaluation is needed to ensure that all the input that are received by the company meet the requirements. This research aims to design supplier performance evaluation along with the criteria and sub-criteria that are suitable for the needs of FMCG companies using the ANP and TOPSIS methods. The research begins by collecting criteria and sub-criteria from the literature study and brainstorming with respondents who are experts in a FMCG company. Data processing was done by distributing questionnaire I to three respondents to determine the criteria and sub-criteria for the research, questionnaire II to identify the relationship and questionnaire III to do pairwise comparisons. Then, supplier performance evaluation tool was made using Ms. Excel so the FMCG company can adopt the results of this research for long-term purpose. Finally, the assessment for each supplier was done on the spreadsheet based on the weighted criteria and sub-criteria. The results are the criteria with the highest importance, namely service (38.8%), relationships (16.8%) and capabilities (14.2%) and the sub-criteria with the highest importance are communication (16.9%), problem solving (13.2%) and trust in suppliers (13.2%)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Alfanrigel Andriansyah
"Laporan magang ini berisikan evaluasi atas proses penulisan dari equity report untuk sektor Consumer Goods yang diterbitkan oleh divisi Equity Research PT X, sebagai salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia. Evaluasi atas equity report yang diterbitkan oleh PT X pada 23 Maret 2020 lalu mencakup proses penentuan dan justifikasi narasi, penerjemahan narasi ke dalam model keuangan, dan metode valuasi yang digunakan oleh PT X untuk saham-saham yang dibahas. Dari hasil evaluasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa divisi Equity Research PT X telah merumuskan narasi yang dijustifikasi melalui berbagai pendekatan, dan diterjemahkan secara komprehensif ke dalam proyeksi keuangan dari emiten yang dibahas. Kemudian, divisi Equity Research PT X juga menggunakan metode valuasi PER historikal yang memberikan simplifikasi pada proses valuasi saham-saham yang dibahas di dalam equity report terkait.

This internship report contains an evaluation of the process making of the equity report for the Consumer Goods sector, published by the Equity Research division of PT X, as one of the securities companies in Indonesia. The evaluation of the equity report published by PT X on March 23, 2020 included the narrative, the translation of the narrative into the financial model, and the valuation method used by PT X for the stocks discussed. From the results of the evaluation conducted, it can be concluded that the Equity Research division of PT X has formulated narrative justified through various approaches, and is comprehensively translated into the financial projections of the listed companies discussed. Then, PT X's Equity Research division also uses the historical PER valuation method which provides a simplification of the valuation process of the shares discussed in the related equity report.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alvarizky Verdhana
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi proses pemecahan masalah dan perumusan strategi harga untuk produk perawatan kain yang dipasarkan oleh PT A. PT A merupakan perusahaan fast-moving consumer goods (FMCG) multinasional yang menjual produk-produk dari berbagai kategori di Indonesia. Teori yang digunakan dalam melakukan evaluasi terhadap proses pemecahan masalah dan penetapan harga jual dari produk perawatan kain PT A adalah teori kerangka berpikir dari McKinsey (2005) dan teori penetapan harga jual dari Datar dan Rajan (2018). Berdasarkan hasil evaluasi, terdapat kekurangan pada proses pemecahan masalah yang disebabkan oleh tidak terdapatnya indikator terukur seperti target pertumbuhan penjualan dan durasi untuk mencapai target pertumbuhan tersebut dalam problem statement yang dirumuskan. Selain itu, terdapat kekurangan pada proses penetapan harga jual produk yakni tidak dipertimbangkannya faktor biaya produksi.

This internship report discusses the evaluation of problem-solving processes and pricing strategy formulation for a fabric care product marketed by PT A. PT A is a multinational fast-moving consumer goods (FMCG) company that sells products from various categories in Indonesia. The theories used in evaluating the problem-solving processes and pricing determination for PT A's fabric care product are the McKinsey problemsolving framework (2005) and the pricing determination theory by Datar and Rajan (2018). Based on the evaluation results, there are shortcomings in the problem-solving process caused by the lack of defined measurable indicators such as sales growth target and the timeframe to achieve the target in the formulated problem statement. Additionally, there are shortcomings in the pricing strategy formulation process, as the production cost factor was not considered in the analysis processes"
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>