Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Simanjuntak, Batara Ronald
Abstrak :
Salah satu upaya peningkatan mutu/kualitas suatu produk dapat tercapai melalui peningkatan proses, baik pada proses produksi maupun manajemen pelaksanaan dan pengendalian proses. Untuk menjamin proses peningkatan tersebut berlangsung baik dan memiliki arah yang benar, maka perlu dilakukan pengukuran. SaIah satu metode yang dapat dipakai untuk pengukuran proses peningkatan tersebut adalah dengan mengukur/menghitung biaya mutu. Biaya mutu adalah biaya yang ditimbulkan/dikeluarkan untuk memastikan mutu suatu produk sesuai dengan yang ditetapkan atau dibutuhkan. Pada tesis ini, dianalisa pengukuran biaya mutu pada sebuah industri pengemasan minyak pelumas. Studi diawali dengan membahas mengenai konsep, dimensi dan proses peningkatan mutu. Berdasarkan dimensi kualitas dari produk maka disusunlah struktur biaya mutu. Dari struktur elemen biaya mutu yang dikembangkan, maka dapat terindikasi elemen biaya mutu mans yang paling besar serta dapat dilakukan aktifitas mutu yang tepat untuk mengoptimalkan biaya mutu.
One of the approach to improve product quality is to improve process quality, which include the process in production management control. To ensure that those improvements are in the right direction, it needs to be measured. One of the method to measure the quality improvement process is looking at the quality cost. The quality cost is all the costs and expenses that occur in all process that requires to ensure the product is meet with the quality set by the company. This thesis deals with the measurement of the quality cost for lubricant packaging industry. The study will review and analyze the quality concept, dimension, and quality process improvement. Based on the quality dimension, the quality cost elements will then be structured. Based on the cost structure defined, we will identify, the most expensive cost and other related cost, which will be used to determine quality improvement plan to optimize/minimize the cost of quality.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T14946
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anandha Hindarto
Abstrak :
Pengukuran biaya kualitas dibagi ke dalam kategori-kategori dan elemen-elemen, kategori biaya kualitas adalah: biaya kesalahan eksternal, biaya kesalahan internal, biaya penilaian, dan biaya pencegahan. Kategori biaya kesalahan tersembunyi (hidden cost) dapat ditambahkan, apabila diperlukan. Tiap-tiap kategori terdiri-dari beberapa elemen sesuai dengan kondisi perusahaan masing-masing, seperti warranty claim, perbaikan, pengerjaan ulang, dan sebagainya Usaha perbaikan kualitas dan pengukuran biaya kualitas memerlukan kepemimpinan manajemen tingkat atas yang harus terintegral ke dalam aktifitas operasional harian sehingga diperlukan suatu sistem yang dapat mengintegrasikan strategi perusahaan dengan strategi pada penurunan biaya kualitas yang merupakan salah satu fungsi pengukuran biaya kualitas. Pengukuran biaya kualitas dalam kerangka balanced scorecard menyediakan rangka untuk mengintegrasikan strategi penurunan biaya kualitas, yang merupakan salah satu fungsi pengukuran biaya kualitas, dengan strategi perusahaan yang lain dan menyediakan pemetaan hubungan strategi dan penentuan ukuran dalam setiap perspektif kartu nilai berimbang (balanced scorecard). Penelitian pengukuran biaya kualitas dalam kerangka kartu nilai berimbang dengan menentukan strategi penurunan biaya kualitas yang didasarkan pada strategi penurunan biaya kualitas dengan tahapan pads penurunan biaya kesalahan eksternal kemudian penurunan biaya kesalahan internal dan selanjutnya optimalisasi biaya penilaian dan pencegahan, pemetaan hubungan kualitas dengan keuangan, dan strategi umum dan generik yang ada hubungannya dengan penurunan biaya kualitas. Pemetaan hubungan sebab akibat diawali dengan strategi perusahaan dalam menurunkan biaya kualitas dengan menentukan tujuan menggunakan acuan pads industri terbaik atau berkelas dunia yang mempunyai biaya kualitas sekitar 1-2% dari penjualan atau biaya dasar produk (cost of good sold-COGS). Pads perspektif keuangan strategi penurunan biaya kualitas tersambung pada peningkalan profitabilitas. Perspektif pelanggan pada penurunan ketidakpuasan pelanggan, perspektif proses bisnis internal penurunan biaya kualitas pada biaya kesalahan internal dan optimalisasi atau penurunan biaya penilaian, dan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pads optimalisasi biaya kualitas pada biaya pencegahan. Dari pemetaan hubungan sebab akibat dalam keempat perspektif digunakan untuk menentukan ukuran tiap strategi dalam masing-masing perspektif dengan menggunakan indikator-indikator kunci kinerja (key performance indicators) strategi tersebut. Ukuran yang digunakan secara unit adalah: return on investment (ROI), rasio biaya kualitas terhadap biaya produksi, indek kepuasan pelanggan (customer dissatisfaction index), Jumlah keluhan pelanggan (number of customer complain), jumlah komponen rusak (number of piece reject, jumlah inspeksi (number of inspection), rasio biaya pencegahan terhadap biaya kualitas total, dan rasio jam pelatihan terhadap total karyawan. Studi kasus penelitian ini akan mengukur kartu nilai biaya kualitas pads PT. AH dan mengintegralkan dengan strategi perusahaan PT. AH Analisa biaya kualitas menunjukkan biaya kualitas PT. AH masih tinggi sehingga dapat digunakan sebagai landasan untuk menggunakan strategi penurunan biaya kualitas dengan tujuan untuk peningkatan pendapatan dan integrasi kartu nilai biaya kualitas dengan kartu nilai PT. AH. Analisa optimasi untuk meminimasi biaya kualitas dengan menggunakan variabel ukuran dalam kartu nilai berimbang menunjukkan bahwa ukuran dengan korelasi kuat dapat digunakan sebagai variabel dan hasil optimasi menghasilkan minimalitas biaya kualitas dicapai pads biaya kualitas pencegahan dan penilaian. Biaya kesalahan internal dan eksternal mencapai titik not untuk mencapai biaya kualitas minimal.
Categories of cost of quality measurement external failure cost, internal failure cost, appraisal cost, prevention cost and hidden cost. Each category divided into elements which customizable with condition of company, such: warranty claim, repair, rework, scrap, etc. Quality improvement efforts and cost of quality measurement need leadership of high level management which they will be integrated into operational activity or day-to-day activities, otherwise the system must be developed into company strategic with reduce cost of quality's strategic which one most function cost of quality measurement. Measure cost of quality into balanced scorecard provide frame work to integration reduced cost of quality strategic with the other business strategic, and provide mapping cause effect strategy and define measures on each balanced scorecard's perspective. This research determine reduce cost of quality strategic which use four step, such: reduce external failure cost, reduce internal failure cost, optimize appraisal cost and prevention cost; mapping quality to finance; and relationship of generic strategic with reduce of quality cost. Mapping cause effect relationship start with company strategic on reduce quality cost which can use benchmark on the best industries with 1-2% COQICOGS (cost of good sold). Quality cost reducing on financial perspective link with profitability. Customer perspective on reduce of satisfaction, reduce internal failure cost and optimize appraisal cost on internal process business, and learning and growth perspective on optimize prevention cost. From mapping cause effect relationship on four generic perspectives can breakdown to one measures which use key performance indicator of each strategic. The usable measure such: return on investment, quality cost divided cost of good sold ratio, customer dissatisfaction index, number of customer complain, number of piece reject, number of inspection, ratio of prevention cost with total quality cost, and hour of training. Case study in this research to measure quality scorecard on PT: AH and its will be integrated with strategic of PT. AH. Cost of quality analysis show its more higher and use to determine reduce quality cost to achieve profitability and integration quality cost's scorecard with PT.AH's scorecard. Optimum analysis to minimize cost of quality can use variable which have strong correlation, and the result minimize of cost of quality show internal failure cost and external failure cost have zero point.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T15006
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragi, August Rianto
Abstrak :
Pada umumnya, pihak manajemen suatu parusahaan sadar bahwa kualitas merupakan sesuatu yang sangat rnenentukan tingkat kepuasan pe!anggan terbadap suatu produk tertentu. Narnun bagaiman pihak rnanajemen melihat pengaruh dari kualitas terhadap keberhasilan perusahaan seeara keseluruhan, merupakan masalah­ masalah yang sangat penting. Bagaimana suatu perusahaan mengetahui apakah biaya yang dikeluarkan untuk menjaga agar kualitas produk tetap sesuai standar telah optimai atau belurn, serta apa-apa saja kekuatan dan kelemahan dari sistem kualitas yang ada merupakan beberapa bagiml dati masalah-masalah yang rnemerlukan tools atau alat untuk menjawabnya. Dalarn hal ini tools yang dapat menjawab permasalaban tersebut adalah analisis biaya kualitas. Biaya knalitas adalah biaya yang dikeluarkan dengan tujuan agar produk yong dihasilkan memiliki standar knalitas yang diinginkan dan dilsknkan secara berkesinarnbungan yaitu mulai dari produk tersebut didesign, diproses hingga menjadi barangjadi, sertalayanan pumajual (service after sales). Pada skripsi ini, dibahas tentang elemen-elernen dari tiap-tiap kategori biaya kualitas yang akan rnemberikan gambaran I cermin tentang kondisi biaya kualitas di PT.X selama tahun 1995 sampai dengan tahun !996. Disarnping itu juga memper!ihatkan kecenderungan-kecenderungan yang terjadi yang pada akhirnya akan memberi informasi kepada pihak manjemen tentang level biaya kualitas.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36752
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Howard, W. Jeffery
Cambridge, UK: Cambridge Strategy, [date of publication not identified]
657.45 HOW c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
in a competitive environment every company must capable to deliver quality product and service to customer. Total Quality Management (TQM) should be a solution since it is a management .system that has orientation to customer satisfaction. TQM implementation needs a significant cost known as Cost of Quality. This cost is needed to conduct a series of action plan to improve quality of product and service. This research objectives is to calculate cost of quality in hospital which may different with the calculation of cost of quality in manufacturing industry The calculation of cost of quality in hospital with regard to quality improvement program. Measurement of hospital quality service given by a hospital is 0 qualitative measurement that can be subjective. TQM implementation in hospital needs not only technical approach but also human approach. It has a effect to quality cost since there are hidden Cost that can be calculated earlier. By measuring and analysis of cost of quality in hospital, important variables to improve product and service quality can be found This research found that there is a relationship between cost of prevention and cost of internal failure in hospital "X".
Jurnal Teknologi, 21 (4) Desember 2007 : 324-331, 2001
JUTE-21-4-Des2007-324
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library