Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Catur Rakhmad Handoko
"Resonance is a method used to compensate the switching losses. It can be obtained the switching process takes place in the conditions of zero current or zero voltage. With this method, the switching losses can be reduced while the efficiency of the converter will be better, switching devices may be more durable, and can increase the maximum switching frequency.
A thorough understanding is necessary in analyzing the operating principle of the equipment of resonant power converter, the characteristic of semoconductor devices used, the switching process, where the current flow, and the wave form of the curve of result. The combination of the method in terms of phase and PSIM are used in this study."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30261
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Nalanda Catumorli
"Forward Converter adalah salah satu jenis power supply yang biasa digunakan datam sehari-bari. Converter ini merupakan salah satu jenis isolated DC- DC converter atau switch mode power supply, Dilihat dari sudut pandang respon frekuensi, forward converter memiliki proill datar pada bagian frekuensi rendahnya. sehingga masih terdapat error steady state. Error steady state ini terlihat leblh jelas pada respon transien. Untuk menghilangkannya, dibutuhkan pengendali yang memiliki pole di origin. Pengendali tersebut antara lain pengendali PID, pengendali tipe 2, dan pengendali tipe 3. Maka dibuatlah desain dan simulasi menggunakan pengendali-pengendali tersebut dengan menggenakan matlab 6.5.
Dari hasil desain didapatkan nilai-nilai parameter (zero. pole, dan gain} untuk setiap pengendali Pada parameter ini dilakukan variasi Sebanyak 4 buah yaitu, sedikit lebih tinggi dari nilai parameter awal, sedikit lebih rendah dari nilai parameter awal, jauh lebih tinggi dari nilai parameter awal, dan terakhir, jauh lebih rendah dari nilai parameter awal. Hasil siruulasi ini menunjukkan bahwa ketiga pengendali tersebut terbukti dapat menghilangkan error steady slate dan nilai parameter hasil desain relatif pa1ing baik digunakan, hal ini ter1ihat dari respon transien dan diagram bode. Selain itu., yang paling mendekati spesifikasi yang diinginkan adalah sistem yang menggunakan pengendali tipc 3."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39959
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Luthfi Arif Radriyantomo
"Simulasi ini membahas tentang perancangan, dan desain DC to DC Converter Bidirectional untuk aplikasi sistem Regenerative Braking yang akan digunakan pada kendaraan listrik. Dimana sistem Regenerative Braking ini merupakan sistem yang biasa digunakan pada kendaraan beroda untuk memanfaatkan energi kinetik balik saat dilakukan pengereman, dan diubah menjadi energi listrik, sehingga energi tersebut tidak terbuang sia-sia dan dapat dimanfaatkan secara efektif.
Pada simulasi ini ditunjukan proses pendesainan Full-Bridge Push-Pull DC-DC Converter Bidirectional 400V menjadi 10.8V dan sebaliknya, dengan menggunakan transformator berfekruensi tinggi 50kHz. Full-Bridge Push-Pull DC-DC Converter Bidirectional yang telah didesain tersebut akan digunakan untuk menyimpan energi lebih dari sistem Regenerative Braking menuju supercapacitor, lalu energi yang tersimpan tersebut dapat dikembalikkan lagi menuju Dc Link untuk digunakan kembali energinya sebagai energi cadangan yang nantinya dapat diimplementasikan pada kendaraan listrik. Supercapacitor dipilih karena sifatnya yang ideal untuk sistem, yaitu dapat dengan cepat melakukan charge/discharge, dan dapat menyuplai energi dengan densitas yang besar.
This simulation discusses the process, and the design of DC to DC Bidirectional Converter for Regenerative Braking system applications that will be used on electric vehicle. Where the Regenerative Braking system is a system commonly used in wheeled vehicles to utilize reverse kinetic energy when braking is carried out, and converted into electrical energy, so that energy is not wasted and can be utilized effectively. In this simulation the design process for Full-Bridge Push-Pull DC-DC Bidirectional 400V Converter to 10.8V and vice versa, using a transformer with a high frequency of 50kHz. The Full-Bridge Push-Pull Bidirectional DC-DC Converter that has been designed will be used to store extra energy from the Regenerative Braking system towards the supercapacitor, then the stored energy can be returned to Dc Link to be reused as a backup energy which can later be implemented on electric vehicles. Supercapacitor was chosen because it is ideal for systems, which can quickly charge / discharge, and can supply energy with a large density."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sembiring, Reynhard Josian
"Sejalan dengan semakin meningkatnya perkembangan penelitian dan pengembangan di bidang kendaraan listrik, maka dibutuhkan suatu sistem inverter tiga fasa yang memiliki efisiensi tinggi serta memiliki kecepatan switching yang cukup tinggi dan impedansi masukan yang tinggi sehingga tidak membebani rangkaian pengendali. Solusi untuk permasalahan itu adalah pemakaian IGBT dikarenakan IGBT cocok digunakan pada arus yang besar hingga ratusan ampere sehingga dapat diaplikasikan pada motor berdaya besar. Pada Skripsi ini akan dilakukan implementasi pengendalian inverter tiga fasa menggunakan teknik Space Vector Pulse Width Modulation(SVPWM) menggunakan NI COmpactRIO. Hasil yang didapatkan pada skripsi ini adalah tegangan dan arus keluaran dari inverter berbentuk sinusoidal dan memiliki beda fasa 1200.
......
Along with increased interest of the research and development in the field of electric car, then it is needed a three phase inverter system which has high efficiency and have high speed switching and also small input impedance so it will not loaded the control circuit. The solution is using IGBT as the power switching device in inverter because it has high efficiency and have high current capability so it is usied for high power motor. In this thesis the implementation of three phase inverter control using SVPWM and NI CompactRIO is been done. The results are the voltage and currents which has sinusoidal and three phase sinusoidal waveform."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56348
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library