Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 36 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diyah Wulandari
Abstrak :
[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mempelajari determinan yang mempengaruhi pemilihan tipe institusi pendidikan tinggi dengan menggunakan data Susenas tahun 2012. Variabel jenjang, beasiswa, memiliki akses internet, rasio biaya pendidikan terhadap pengeluaran rumah tangga dan biaya transportasi mempengaruhi secara signifikan partisipan dalam memilih tipe institusi pendidikan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang memiliki akses internet, penerima beasiswa, memiliki rasio biaya pendidikan terhadap pengeluaran rumah tangga dan biaya transportasi lebih tinggi serta berjenjang Diploma memiliki kecenderungan untuk memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
ABSTRACT
This research aims to study the determinants influencing the selection of the type of higher education institution using the 2012 Indonesia National Survey. The level of education, usage of internet, scholarships, ratio the cost of education to the household expenses and transportation costs significantly influence participants of high education in selecting the type of higher education. The results showed that participants with internet access, receives scholarship, has a ratio of the cost of education on household spending and higher transportation costs has a tendency to choose Private Owned University (PTS).;This research aims to study the determinants influencing the selection of the type of higher education institution using the 2012 Indonesia National Survey. The level of education, usage of internet, scholarships, ratio the cost of education to the household expenses and transportation costs significantly influence participants of high education in selecting the type of higher education. The results showed that participants with internet access, receives scholarship, has a ratio of the cost of education on household spending and higher transportation costs has a tendency to choose Private Owned University (PTS)., This research aims to study the determinants influencing the selection of the type of higher education institution using the 2012 Indonesia National Survey. The level of education, usage of internet, scholarships, ratio the cost of education to the household expenses and transportation costs significantly influence participants of high education in selecting the type of higher education. The results showed that participants with internet access, receives scholarship, has a ratio of the cost of education on household spending and higher transportation costs has a tendency to choose Private Owned University (PTS).]
Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marsha Maharani
Abstrak :
ABSTRAK
Fokus utama dalam penelitian ini adalah menganalisis peran faktor ekonomi, sosial, dan demografis dalam mempengaruhi permintaan terhadap pendidikan tinggi. Model yang dipilih untuk analisis ini adalah model binomial logit. Dengan menggunakan data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2012, penelitian ini menemukan bagaimana pengaruh biaya langsung, pendapatan yang dikorbankan, dan karakteristik sosial-ekonomi rumah tangga (pendapatan rumah tangga dan tingkat pendidikan orang tua), yang dikontrol dengan variabel kemampuan nonkognitif, lokasi tempat tinggal, dan gender, terhadap keputusan individu untuk berpartisipasi di pendidikan tinggi. Biaya langsung dan pendapatan yang dikorbankan terbukti menurunkan probabilitas individu berpartisipasi di pendidikan tinggi secara signifikan, sedangkan karakteristik sosial-ekonomi rumah tangga memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan berpartisipasi di pendidikan tinggi.
ABSTRACT
The main focus of this study is to analyze the role of economic, social, and demographic in influencing the demand for higher education. The model selected for this analysis is a binomial logit model. Using data from Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2012, this study found how the influence of direct costs, forgone earnings, and households? socio-economic characteristics (household income and education level of parents), which are controlled by noncognitive ability, location, and gender, on individual's decision to participate in higher education. The direct costs and forgone earnings have significantly lower the likelihood of participation in higher education, while households? socio-economic characteristics have a positive effect on higher educational choice.
2016
S64629
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aqila Athalladika
Abstrak :
Indonesia adalah negara dengan peringkat keempat di dunia dalam segi jumlah populasi, dan salah satu negara yang paling rawan bencana. Salah satu bencana yang dihadapi saat ini adalah pandemi COVID-19, yang sangat berdampak pada perguruan tinggi di seluruh tanah air. 834 dari institusi perguruan tinggi terpaksa beralih ke platform pembelajaran online namun tidak siap. Mempelajari faktor kesiapsiagaan mereka dapat bermanfaat untuk bencana lainnya di masa depan yang mungkin terjadi karena negara ini merupakan bagian dari Ring of Fire. Kesiapsiagaan direpresentasikan lebih baik dibawah istilah resiliensi. Resiliensi adalah kemampuan sistem untuk bertahan dari sebuah gangguan besar dan kemampuannya untuk pulih dalam jangka waktu yang dapat diterima. Sebuah sistem dinyatakan resilien jika sistem tersebut mampu melanjutkan kegiatan operasional dengan baik pada saat menghadapi peristiwa yang dianggap bencana. Penelitian ini mencoba untuk menemukan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap resiliensi krisis untuk institusi perguruan tinggi. Metode Analytical Hierarchical Process (AHP) digunakan untuk mensintesis data yang didapat berdasarkan sejumlah pakar, mulai dari yang merupakan rektor universitas hingga yang merupakan penguji di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hasilnya menunjukkan bahwa 50 kriteria merupakan bagian dari ketahanan institusi perguruan tinggi, dimana kriteria tersebut dibagi kedalam 6 dimensi berbeda. Dimensi "informasi" lah yang memiliki bobot paling tinggi dalam skala kepentingan. ......Indonesia is the fourth most populated country in the world, and one of the most prone to disasters. One of the disasters faced is the global COVID-19 pandemic, which heavily affects higher education institutions (HEIs) throughout the nation. 834 of them are forced to switch to online learning platforms but are unprepared. Studying the factors on their preparedness can be beneficial for future disasters that may occur as the country is part of the Ring of Fire. The preparedness is represented under the term resilience. Resilience is a system’s ability to survive a major disruption and recover within an acceptable time frame. A system is resilient if it is able to continue its operations in the face of an event considered to be disastrous. This research attempts to find the factors that contribute to the crisis resilience of HEIs. The analytical hierarchical process (AHP) is used to synthesize data based on several experts, ranging from university rectorates to being an assessor at the National Accreditation Board for Higher Education (BAN-PT). The result shows that 50 criterions are part of HEI resilience divided across a total of 6 dimensions and that the dimension of “information” weights the highest in terms of importance.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
D. A. Tisna Amidjaja
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1980
378 TIS k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1980
378 IND h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1980
378.598 IND g
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Supriadi
Jakarta : Rosda Jayaputra, 1997
378.598 DED i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Makagiansar, Makaminan
Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1976
378 MAK h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Soenjono Dardjowidjojo, 1938-
Jakarta: Grasindo, 1992
378.04 SOE p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Conny R. Semiawan
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998
378.959 8 CON p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>