Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hafifah Ajeng Saputri
"Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang mewadahi para masyarakat yang ingin belajar lebih tentang Islam. Penelitian ini menjelaskan tentang sistem pendidikan Pondok Pesantren Daarul Rahman yang berada di Jagakarsa Jakarta Selatan. Tujuan dari penelitian ini ingin menjelaskan bagaimana metode pengajaran pada pondok pesantren Daarul Rahman, implementasi sistem modern dan sistem salafiyah pada pondok pesantren Daarul Rahman Jagakarsa Jakarta Selatan, dan juga komponen-komponen yang ada di dalam pondok pesantren Daarul Rahman Jagakarsa Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung ke tempat penelitian, dan studi pustaka. Teori yang digunakan adalah teori metode pembelajaran dari Husein Muhammad dan teori tipe pondok pesantren menurut Apipudin. Temuan dari penelitian ini bahwa metode pembelajaran pesantren Daarul Rahman adalah metode klasikal, musyawarah, hafalan dan qawaid tarjamah. Sistem pendidikan Daarul Rahman menggunakan sistem modern dan tradisional. Daarul Rahman memiliki lima komponen pondok pesantren yaitu, kyai sebagai pengajar, masjid, asrama, santri, dan kitab kuning sebagai buku yang menjadi materi pembelajaran di pondok pesantren.

Islamic boarding school is an Islamic educational institution that accommodates people who want to learn more about Islam. This study describes the education system of the Daarul Rahman Islamic Boarding School in Jagakarsa, South Jakarta. The purpose of this study is to explain how the teaching methods at the Daarul Rahman Islamic boarding school, the implementation of the modern system and the salafiyah system at the Daarul Rahman Jagakarsa Islamic boarding school, South Jakarta, and also the components in the Daarul Rahman Jagakarsa Islamic boarding school, South Jakarta. The method used is a qualitative method and to collect data with interview techniques, direct observation to the research site, and using literature studies to support this research. The theory used is the theory of learning methods from Husein Muhammad and the theory of the type of Islamic boarding school according to Apipudin. The findings of this study are that the teaching method of the Daarul Rahman Islamic boarding school is the method of classical, deliberation, memorization and qawaid tarjamah. Daarul Rahman's education system uses both modern and traditional systems. Daarul Rahman has five components of Islamic boarding schools, namely, kyai as teachers, mosques, dormitories, students, and the yellow book as a book that becomes learning material in Islamic boarding schools."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
M. Imron Rosadi
"ABSTRAK
Kebijakan sistem zonasi dalam pendidikan tentang penerimaan siswa baru telah menjadi isu yang cukup hangat dalam beberapa tahun terakhir, tidak seperti Ujian Nasional yang akan dihapuskan tahun depan, kebijakan ini masih diterapkan untuk proses penerimaan siswa baru (PPDB). Kebijakan ini memiliki multi effect dalam berbagai sektor salah satunya bidang Transportasi, karena perjalanan siswa sekolah memberikan kontribusi pada kemacetan, sehingga perlu dilakukan evaluasi dampak terhadap kebijakan ini dalam upaya penanganan permasalahan kemacetan dan peningkatan Transportasi Aktif guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan kesehatan bagi siswa sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kebijakan sistem zonasi terhadap parameter perjalanan sekolah yaitu; panjang perjalanan, waktu perjalanan dan biaya perjalanan dengan menggunakan teknik metode statistik difference in difference. DID adalah teknik ekonometrik kuasi eksperimental untuk memperkirakan dampak intervensi kebijakan dan perubahannya. Dengan membandingkan data kelas 9 (sebelum zonasi) dan kelas 7 (setelah zonasi) pada masing-masing variabel parameter perjalanan, diperoleh bahwa kebijakan tersebut telah berhasil mengurangi panjang dan biaya perjalanan secara signifikan tetapi tidak signifikan pada waktu perjalanan. Dan hasil dari penelitian ini menunjukan kebijakan sistem zonasi sekolah efektif dalam mendukung dan relevan dengan upaya mengembangkan Transportasi Aktif

ABSTRACT
The zoning system policy in education regarding the admission of new students has been hot issue in recent years, unlike the National Examination which will be abolished next year, this policy is still applied to the process of admission of new students (PPDB). This policy has multiple effects in various sectors, one of which is transportation, because school travel contributes to congestion, so it is necessary to evaluate this policy in to solve the problem of congestion and increasing Active Transportation to improve community economy and students. This study aims to analyze the zoning system policy againts school travel parameters; travel length, travel time and travel cost using the statistical method of differences in differences. DID is an quasi-experimental econometric technique to estimate the evaluation of an intervention and its changes. By comparing data 9th grade (before zoning) and 7th grade (after zoning) on ​​each travel parameter variable, obtained that the policy have succeeded in increasing the length and cost of travel significantly but not significantly travel time. And the results of this study show that the school zoning system policy is effective in supporting and relevant to develop Active Transportation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library