Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Salmi Supriatin
Abstrak :
ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Implementasi Kebijakan Standar Proses Ditingkat SMAN, Kabupaten Indaramyu dengan memakai teori dari Edward III merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan yaitu; informasi komunikasi, sumber daya, sikap para pelaksana kebijakan, dan struktur birokarasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memberikan keleluasaan bagi peneliti untuk mengeksplorasi berbagai yang berpengaruh. dengan paradigma post-positivis yaitu penelitian kualitatif dengan memakai teori, teori yang di pakai adalah Edward III. Metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data : wawancara yang mendalam, observasi insidental, dan dokumenter. Pengolahan data dengan melakukan pengkodingan, mereduksi, lalu melakukan uji validitas dengan triangulasi. Hasil Penelitian tentang Implementasi Kebijakan Standar Proses Ditingkat SMAN, Kabupaten Indaramyu.di peroleh kesimpulan bahwa Implementasi kebijakan standar proses ditingkat SMAN yang non unggulan, kabuapten Indramayu belum dilaksanakan dengan baik/masih lemah/rendah, namun pada SMAN 1 Sindang merupkan sekolah unggulan mantan RSBI sudah dilaksanakan dengan baik walaupun belum ideal karena masih ada yang harus mendapatkan perhatian yaitu pada upaya untuk meningkatkan kesadaran kolektif budaya organisasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan berbagai kekuarangan yang mungkin bisa dibenahi, untuk itu peneliti memberikan saran sebagai berikut: Pembenahan struktur birokrasi/pembagian wewenang tugas sekolah dengan memperhatikan kebutuhan sekolah dan daya dukungnya.
ABSTRACT The purpose of this study is to analyze the implementation of standard process at general senior high school (SMAN) level in Indramayu regency by using Edward III theory. Factors that affect policy implementation are communication information, resources, attitude of policy implementor, and the structure of bureaucracy. This study conducts qualitative approach that gives discretion for the researcher to explore various effects and uses post-positivist paradigm as the research that uses theory. The theory used is Edward III theory. Qualitative research with descriptive analysis uses data collection technique through in-depth interview, incidental observation, and documentary study. The data is analyzed through coding, data reduction, and validity test through triangulation. The result of the study about the implementation of standard process policy at SMAN level indicates that the implementation of standard process policy at unconsidered-superior general senior high school in Indramayu regency is not implemented well yet. The implementation of standard process policy, however, has been implemented well at SMAN 1 Sindang as a considered-superior school and previously as RSBI even though it is not ideally implemented because of the need of attention in the effort to enhance collective awareness of organization culture. This study found various weaknesses that could be recovered. Consequently, it is suggested to: (c) reform bureaucracy or school task authority distribution regarding the needs and carrying capacity of school.
2013
T35687
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdulah
Abstrak :
Proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan formal di sekolah dimana di dalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen pembelajaran yaitu guru, isi atau materi pembelajaran, siswa dan lingkungan. Penelitian ini menganalisis implementasi kebijakan standar proses di SMPN 2 Sukagumiwang Kabupaten Indramayu dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan metodenya studi kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen, observasi dan wawancara. Hasil Penelitian tentang Bagaimana implementasi standar proses di SMPN 2 Sukagumiwang Indramayu sebagai berikut:1. Aspek perencanaan pembelajaran yang terdiri dari rencana program pembelajaran dan silabus pada umumnya sudah ada tapi sebagian besar bukan hasil karya sendiri. 2. Pelaksanaan pembelajaran masih perlu dibenahi terutama dari aspek jam belajar dan metode pembelajaran. 3. Penilaian pembelajaran perlu dioptimalkan lagi frekwensi, jenis dan pemanfaatannya. 4. Pengawasan pembelajaran perlu ditingkatkan lagi baik oleh Kepala Sekolah maupun Pengawas Sekolah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu : 1. Aspek komunikasi masih perlu ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya. 2. Sumberdaya guru dan wewenangnya sudah cukup tetapi yang masih perlu diperhatikan adalah sumberdaya siswa, informasi, sarana dan dana. 3. Sikap para pelaksana belum optimal mendukung implementasi standar proses. 4. Struktur birokrasi sekolah dalam melaksanakan implementasi standar proses sudah cukup berperan. ......The learning process is the core of the formal education process at school where it occurs in the interaction between the various components of the learning those are : teachers, content or learning materials, students and the environment. This study analyzes the policy implementation process standards in SMPN 2 Sukagumiwang Indramayu district and the factors that influence it. This study used a qualitative approach. The method used was a descriptive case study. Data was collected through the study documents, observations and interviews. Research on how the implementation of standard processes in SMPN 2 Sukagumiwang Indramayu obtained as follows : 1. Aspects of the learning plan consists of plan learning program sand existing syllabus in general but mostly not the work itself,. 2. Learning implementation still need to be addressed, especially from the aspect of teaching hours and teaching methods. 3. Assessment of learning needs to be optimized again the frequency, type andutilization. 4. Instructional supervision should be increased again by both the Principal and the School Trustees. While the factors that influence, namely : 1. Communication aspect could be improved both quantity and quality. 2. Resource teachers and authority is sufficient but that remains to be seen is a student resource, information, facilities and funds. 3. Attitude of the implementers is not optimal to support the implementation of standard processes. 4. Bureaucratic structure of the schools in implementing the standards implementation process has been quite instrumental.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35245
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Peristiwa Mahardika
Abstrak :
ABSTRAK
Pendidikan menjadi sarana strategis dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia dan seringkali dijadikan sebagai salah satu tolok ukur bagi tingkat kemajuan suatu bangsa. Prestasi belajar peserta didik merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan menetapkan Standar Nasional Pendidikan yang mengatur kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan masing-masing komponen dalam standar nasional pendidikan serta pengaruh antara capaian standar nasional pendidikan dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model kausalitas atau hubungan pengaruh untuk menguji hipotesis yang diajukan maka teknik analisis yang dipakai adalah SEM Structural Equation Modelling . Hasil dari penelitian ini adalah seluruh variabel input yaitu Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, dan Standar Pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap seluruh variabel proses yaitu Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan. Pada ranah output, seluruh variabel proses yaitu Standar Proses, Standar Penilaian dan Standar Pengelolaan berpengaruh signifikan terhadap Standar Kompetensi Lulusan. Sedangkan Standar Proses dan Standar Penilaian berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar Siswa, dan Standar Pengelolaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar Siswa. Jika dilihat dari pengaruh langsung antara komponen pada ranah input terhadap prestasi belajar siswa maka pengaruh terbesar yaitu Standar Isi melalui Standar Proses dengan besar pengaruh sebesar 0,070.
ABSTRACT
Education becomes a strategic tool in improving the quality of human resources and often serve as one of the benchmarks for the progress of a nation. Student learning achievement is one indicator of the quality of education in Indonesia. One of the efforts to improve the quality of education is to establish the National Education Standards that regulate minimum criteria on the education system throughout the territory of Indonesia. This study aims to analyze the relationship of each component in the national standard of education as well as the influence between the achievement of national standards of education with student achievement. This research uses causality model or influence relationship to test the hypothesis proposed then the analysis technique used is SEM Structural Equation Modeling . The results of this study are all input variables, namely Content Standards, Educator Standards and Educational Personnel, Standard of Facilities and Infrastructure, and Financing Standards have significant effect on all process variables namely Process Standards, Assessment Standards, and Financing Standards. In the output realm, all process variables are Process Standards, Assessment Standards and Management Standards have a significant effect on Graduates Competency Standards. While the Standard Process and Standards Assessment has a significant effect on Student Achievement, and Management Standards have no significant effect on Student Achievement. If seen from direct influence between component at input area to student achievement hence the biggest influence that is Standard Content through Standard Process with big influence equal to 0,070.
2018
T51329
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London: British Council, 1991
R 378.1 Int
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Asih Wismaningtyas
Abstrak :
Pendidikan dasar merupakan kewajiban yang harus disediakan oleh pemerintah. Kabupaten Lebak sebagai daerah yang dekat dengan ibukota negara namun masih tertinggal, termasuk dalam bidang pendidikan. Melihat kondisi buruk pendidikan dasar di Kabupaten Lebak dimana standar nasional pendidikan masih menghadapi banyak kendala. Penjaminan mutu pendidikan melalui implementasi kebijakan standarisasi pendidikan nasional menjadi sangat krusial. Fokus penelitian ini adalah tentang penerapan standardisasi pendidikan nasional di tingkat sekolah dasar di Lebak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi kebijakan Standar Nasional Pendidikan SNP pada tingkat sekolah dasar di Kabupaten Lebak dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian post positivist. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasilnya adalah Standar sarana dan prasarana dan standar pembiayaan adalah yang paling bermasalah. Selain konten dan faktor konteks kebijakan, ada faktor lain seperti geografis dan akses, budaya lokal dan pengaruh peraturan pemerintah. Saran yang dapat diberikan dari penelitian yang dilakukan adalah pembangunan sarana pendidikan dan akses menuju sekolah. Hal ini dikarenakan kendala yang terjadi di ketiga Sekolah Dasar yang menjadi sampel penelitian adalah standar sarana dan prasarana pendidikan. Untuk mencapai standar nasional pendidikan di Kabupaten Lebak, perlu adanya penggalian sumber pendanaan yang lain selain Bantuan Operasional Sekolah BOS dan perlu adanya peraturan yang mengatur tentang peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan supaya menjamin keamanan badan publik.
Basic education is an obligation that must be provided by the government. Lebak District as an area close to the state capital but still bad condition including in the field of education. Seeing the bad condition of basic education in Kabupaten Lebak where the national standard of education still faces many obstacles. Quality assurance of education through the implementation of national education standardization policy becomes very crucial. The focus of this research is the application of national education standardization at the primary school level in Lebak. The purpose of this study is to analyze the implementation of National Education Standards SNP policy at the primary school level in Kabupaten Lebak and the factors that influence it. This research is post positivist research. Data were collected using in depth interview and observation. The result is the standard of facilities, infrastructure and financing standards are the most problematic. In addition to content and policy context factors, there are other factors such as geography and access, local culture and the influence of government regulations. Suggestions that can be given from research conducted is the development of educational facilities and access to schools. This is because the constraints that occur in the three primary schools that become the research sample is the standard of educational facilities and infrastructure. In order to achieve the national standard of education in Kabupaten Lebak, it is necessary to extract other sources of funding other than Bantuan Operasional Sekolah BOS and the need for a regulation that regulates community participation in the provision of education to ensure the security of public institutions.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2017
T51373
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indyrra Chrisyadewi
Abstrak :
Aksesibilitas di lingkungan pendidikan bagi kaum difabel merupakan hal mendesak dikarenakan oleh meningkatnya jumlah kaum difabel dari hari ke hari. Kedisabilitasan mereka memiliki hubungan yang kuat dengan lingkungan fisik. Oleh karena itu, menghilangkan penghalang di lingkungan fisik dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip “universal design” sangatlah penting. Tidak hanya kaum difabel yang akan menikmati hal ini, namun semua orang akan merasakan dampak positifnya. Namun, lingkungan pendidikan di Indonesia masih tidak dapat diakses oleh kaum difabel. Ini menjadi alasan utama mengapa kaum difabel tidak dapat mendapatkan pendidikan dan kehidupan yang layak. Fokus dari penulisan ini adalah penyediaan fasilitas penghubung di lingkungan pendidikan bagi kaum difabel. Mobilitas merupakan hal yang sangat penting bagi pengguna fasilitas ini. Harvard University menjadi parameter bagi penelitian ini karena Harvard University telah memiliki fasilitas penghubung yang layak bagi mahasiswa, dosen, karyawan, dan bahkan pengunjung di wilayah kampus mereka. Hal ini akan digunakan untuk mengevaluasi penyediaan fasilitas penghubung di Universitas Indonesia, Depok. Berdasarkan hasil analisis, penyediaan fasilitas penghubung di Universitas Indonesia masih belum dapat diakses oleh kaum difabel. Hal ini menghalangi mereka untuk berpindah dengan mudah dan mandiri. Namun, Universitas Indonesia memiliki potensi untuk memiliki lingkungan pendidikan yang dapat diakses oleh kaum difabel dengan mengaplikasikan standar desain dan petunjuk teknis yang telah disusun oleh pemerintah. Perubahan yang kecil dapat memberikan dampak positif yang sangat berarti. Dengan begitu, Universitas Indonesia akan diakui sebagai sebuah intitusi pendidikan yang dapat diakses oleh siapapun, tak terkecuali oleh kaum difabel. ......Accessibility in educational environments for people with different abilities is an urgent matter since the number is increasing day by day. Their disabilities have a strong relation with the physical environment. So, it is important to remove the physical barriers by applying the principles of universal design. It is not only people with different disabilities who will be pleased by this, but also everyone in general. However, the educational environment in Indonesia is still not accessible for people with disabilities. It becomes the main reason why they cannot have a proper education and life. The focus of this writing is about the provision of linkage facilities in the educational environment. It is very important for the mobility of the users. It helps them to move around and travel from one place to another. Harvard University will set the parameters about this research since they have a very good linkage facility for students, faculties, employees, and even visitors in their campus area. It will be used to evaluate the provision of linkage facility in Universitas Indonesia Campus in Depok. Based on the analysis, the linkage facility in Universitas Indonesia Campus is inaccessible for people with different abilities. It restricts them to move around easily and independently. However, it has potential to become accessible by applying the design standards and technical guidelines that has been set by the government. The minor changes in the design will give a big impact about the level of accessibility for each element on linkage facility. Then, an accessible educational environment in Universitas Indonesia can be realized and everyone with diverse abilities can enjoy it.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55063
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Louis Volante
Abstrak :
This volume makes it very clear, however, that there is no one approach to standards-based reform and countries change, there is a danger in paying attention to its evolution and impact in only one context. Louis Volante has drawn together descriptions from a wide range of countries, all involved in large-scale reform and using standards and assessments as part of their process. What becomes very obvious is that the language may be the same but the words reflect different contexts and can represent very different ideals, values, and processes.
Dordrecht, Netherlands: Springer, 2012
e20400808
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
London: Routledge, 2000
370.1 EDU
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Popham, W. James
Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Developmen, 2001
371.26 POP t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>