Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Firdaus
"Penelitian ini membahas tentang distorsi harmonik yang disebabkan oleh motor-motor induksi satu fasa permanent split capacitor, capacitor start induction run dan capacitor start capacitor run dengan beban variable, yaitu tanpa beban, pada beban 25%, 50%, 75% dan beban penuh. Pengukuran dilakukan dengan Power Quality Analyzer untuk mendapatkan komponen harmonik arus dan tegangan motor serta bentuk gelombangnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pembebanan motor akan semakin rendah Total Harmonic Distortion tegangan (THDv) untuk ketiga jenis motor. Semakin tinggi tingkat pembebanan motor maka Total Harmonic Distortion arus (THDi) motor induksi satu fasa permanent split capacitor dan capacitor start capacitor run menjadi rendah, namun THDi motor induksi satu fasa capacitor start induction run menjadi tinggi.

This research discusses harmonic distortion in permanent split capacitor, capacitor start induction run and capacitor start capacitor run single phase induction motors with variable loads at no load, 25%, 50%, 75% and full load. The harmonic voltage, current and waveform are measured with a Power Quality Analyzer.
Research results shows an increment of motor loading decreases voltage total harmonic distortion (THDv) for all types of motors. The increase of motor loading decreases current total harmonic distortion (THDi) in permanent split capacitor and capacitor start capacitor run single phase induction motor but increases THDi in Capacitor start induction runs single phase induction motor.
"
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T18803
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anwar Husnawan
"Dalam makalah ini disajikan aplikasi kendali logika fuzzy untuk pengaturan kecepatan motor induksi dalam bentuk simulasi. Kendali logika fuzzy disimulasikan dengan menggunakan program Matlab. Pengaturan kecepatan motor dilakukan dengan mengatur tegangan motor dan menggunakan metode Pulse Width Modulation (PWM) yang ideal. Pembebanan pada motor dilakukan dengan cara bertahap. Feedback sistemnya adalah sinyal frekuensi dari alat ukur yang ideal. Sistem logika fuzzy mempunyai 2 crisp input yaitu error dan perubahan error kecepatan motor dan mempunyai 1 crisp output yaitu perubahan tegangan. Metode defuzzifikasi yang digunakan adalah center of area. Jumlah label dari membership function bervariasi yaitu 7 label. Jumlah rule mengikuti jumlah label yang digunakan. Respon sistem ditampilkan dalam bentuk grafik kecepatan motor terhadap waktu. Hasil pengujian dibandingkan dengan pengendali PI yang telah ada dan menunjukkan FLC sistem dapat menangani kecepatan tanpa overshoot dan steady-state error dengan perubahan kecepatan dan beban yang mendadak.

This paper present the application of fuzyy logic control for induction motor speed control simulation. Fuzzy logic control simulated by Matlab program. The speed control is done by adjusting motor voltage and using Pulse Width Modulation (PWM) Method. The loading on the motor is executed with step torque. The system feedback is a signal frequency from the ideal. Fuzzy logic system applies two crisps of input: error and error change of the motor speed; and an output crisp, i.e. voltage change. The dufuzzification methods used is center of area. The numbers of rules is 7 labels. The system response is displayed by graphic of the motor speed toward time. The testing result has been compare with PI controller and showed FLC system able to control the speed without overshoot and steady-state error on the different load and speed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40443
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Febriadi
"Salah satu ciri motor induksi adalah arus start yang beberapa kali dari arus nominal motor. Kondisi normal ini jangan menyebabkan bekerjanya system pengaman arus lebih yang berarti setting waktu kerja rele harus lebih besar dari waktu start motor. Rele arus lebih dan gangguan tanah perlu dikoordinasikan dengan baik sehingga diwujudkan sistem pengaman yang sensitif dan selektif sehingga melindungi kabel dan trafo ketika terjadi gangguan hubung singkat. Pada skripsi ini dibahas mengenai teori dan metodologi untuk menghitung arus gangguan yang mungkin terjadi pada sistem, serta koordinasi rele arus lebih dan rele gangguan tanah untuk menjaga sistem dari arus gangguan tersebut.

One of the induction motor characteristic has starting current which many times from motor nominal current. This condition don?t cause the overcurrent relay work so the relay operation time setting must longer than motor starting time. Overcurrent relay and groundfault relay must be coordinated carefully so we can get protection system sensitively and selectively so that to protect cable and transformator when short circuit fault has done. In this paper will be explained about theory and methodology to calculate fault current which may be done in the system and to get relay setting."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
R.03.08.154 Feb a
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Putu Yudiastawan
"Motor Induksi telah mendominasi bidang konversi energi elektromekanik dengan penggunaan sekitar 80% dari berbagai jenis motor listrik yang digunakan. Salah satu metode yang digunakan untuk menganalisa kerusakan pada motor adalah current signature analysis. Sinyal arus motor dideteksi dengan current tranducer, dilewatkan pada signal conditioning kemudian akuisisi data dan dianalisa oleh komputer dengan Fast Fourier Transform (FFT). Hasil analisis ini (signature) memperlihatkan kondisi dari motor, apakah normal atau terjadi kerusakan.

Induction motor has been dominated electrical energy conversipon field with about 80% used rather than other electric motor. Some research in fault detection has been done. One of the method is current signature analysis. Electric motor current signal detected by a current transducer, pass in a signal conditioning, acquired and analyse with signal analysis software with Fast Fourier Transform (FFT). Analysis result (signature) show motor condition normal or fault happened."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
T21627
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Setya Palawa Andy P.
"Motor fnduksi riga fasa dapat dimodelkan dengan persamaan-persamaan motor dalam kerangka acu stator, sehingga kondisinya saat transien dapat dianalisis. Motor induksi tiga fasa dapat dikendalikan seperti motor arus searah dengan prinsip orientasi fluks medan, dengan torsi yang dihasilkan dan fluks medannya dikendalikan secara terpisah. Metode yang digunakan adalah kontrol torsi langsung, dengan kesalahan yang terjadi pada torsi yang dihasilkan dapat diperkecil, sehingga memperbaiki unjuk kerja motor."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39740
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Martindar Jalu Respati
"Kendali torsi langsung yang merupakan perkembangan terbaru dari penggerak lisrrik arus bolak-balik menawarkan kemudahan dalam estimasi torsi dan fluks stator motor induksi tiga fasa karena yang dibutuhkan hanya parameter tahanan stator saja.
Skripsi ini membahas mengeuai kendali torsi langsung motor induksi tiga fasa dengan pengindera kecepatan dan pemodelanya menggunakan kerangka acu stasioner. Kinerja kendali torsi langsung disimulasikan dengan peranngkat lunak Matlab/Simulink 6. 1."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S39645
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trinurkalid S.
"Konsep dasar pengendalian motor induksi tiga fasa dengan kendali torsi langsung adalah penentuan vektor tegangan pada blok lojik pemutus hubungan. Dengan demikian lojik pemutus hubugan yang tepat, motor induksi tiga fasa dapat beroperasi pada dua atau empat kuadran, kecepatan rendah atau tinggi, dan pada keadaan peralihan atau lunak.
Skripsi ini membahas perbandingan dan model lojik pemutus hubngan yaitu model klasik dan modifikasi. Kinerja kendali torsi langsung menggunakan lojik pemutus hubungan model klasik dan modifikasi dengan sensor kecepatan, disimulasilcan dengan menggunakan program MATLAB dan SIMULINK."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S39074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Munandir
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39268
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herianto Gomanti
"Dalam skripsi ini dibahas tentang perhitungan dari parameter motor dengan menggunakan DC Test dan AC Test (Single-Phase Test). Perhitungan ini merupakan perhitungan hambatan dan induktansi, yaitu: hambatan stator, hambatan rotor, induktansi stator, induktansi rotor, dan induktansi mutual. Dalam perhitungan tes satu fasa ini berdasarkan pada rangkaian ekivalen motor induksi, dimana nilai slip motor diasumsikan sama dengnn satu. Dari kedua tes tersebut, yaitu: DC Test dan AC Test, dimama untuk DC Test dibandingkan nilai bambatan stator lanpa PWM (Pulse Width Modulation) dengan PWM-inverter dan untuk AC Test dibandingkan nilai tahanan rotor, induktansi mutual, stator serta rotor dengnn PWM-lnverter antara penggasan Fourier Diskrit dan Kontinu Selanjutnya, dilakukan simulasi menggunakan. Simulink Mat lob untuk mencari parameter motor tersebut dan mencari nilai kesalahannya terhadup parameter dari modal motor. Untuk memperbaiki kesalahan hasil perhitungan parameter induktansi mutual, digunakan algoritma perhitungan parbaikan (reknrsit}. Dari hasil simulasi, didapat nilai-nilai parameter motor induksi dengan kcsalahan terhndap niiai aktualnya kurang dari enam persen Nilai-nilai parameter motor hasil perhitungan menggunakan tes satu fasa ini diuji dengan menerapkannya dalam simulasi sistem kendali vektor motor induksi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39964
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Freddy J.
"Kebutuhan akan motor berkecepatan tinggi membuut motor arus searah tanpa sikat menjadi populer penggunaannya pada aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kinerja tersebut. Motor arus searah tanpa sikat telah meninggalkan komponen motor arus searah konvensial yaitu sikat. Peran sikatnya sendiri digantikan dengan rangkaian elekronika daya sebagai proses komutasinya dengan bantuan sebuah sensor posisi rotor yang bekerja berdasarkan prinsip hall effect. Pada motor arus searah tanpa sikat komponen rotornya adalah magnet permanen. artinya komponen tersebut sudah tetap dan tidak dapat dirubah kecuali mengganti rotornya. Komponen yang masih dapat dilakukan perubahan untuk mendapatkan kinerja tertentu dari motor selain rotor adalah stator. Pada tugas akhir skripsi ini disimulasikan pengaruh perubahan parameter induktansi L dan M serta tegangan Vpk dan Vrms pada kinerja motor arus searah tanpa sikat dengan kecepatan tinggi. Simulasi dilakukan dengan menggunakan perangkat /unak SIMCAD versi 4.1. Analisa yang dilakukan meliputi analisa objektif dari hasil simulasi yang didapat dengan mengacu pada dengan teori-teori yang dikemukakan pada pembahasan sebelumnya. Hasil simulasi menunjukkan dengan mengubah parameter tegangan Vpk dan Vrms mendapatkan hasil yang relatif baik daripada mengubah parameter induktansi L dan M dalam hal kinerja motor, yaitu kestabilan kecepatan putaran, torsi yang dihasilkan serta arus yang dibutuhkan kumparan stator lebih rendah."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39989
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>