Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisa Khairani
Abstrak :
Target penurunan emisi gas rumah kaca mendorong pemerintah Indonesia menetapkan aksi jangka menengah yang disebut Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Untuk sektor transportasi yang menghasilkan emisi terbesar kedua, penggunaan mobil listrik digalakkan. Pemerintah menerapkan beberapa kebijakan untuk mendorong masyarakat agar segera beralih dari mobil bahan bakar ke mobil listrik yaitu insentif pajak dan pembebasan dari aturan jalan raya ganjil genap. Pencapaian target penjualan mobil listrik masih sangat rendah hingga bulan Juli 2022 yaitu sekitar 5% mendorong penulis mempelajari dampak dari kebijakan yang telah diterapkan dengan menggunakan metode dinamika sistem. Penelitian ini tidak hanya mengkaji dampak terhadap penjualan tetapi juga mengkaji pengaruh penggunaan mobil listrik terhadap emisi GRK di Indonesia yang didominasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) lebih kurang 40%. Pengaruh dari tiap kebijakan terhadap jumlah penjualan mobil listrik dan emisi gas rumah kaca dikaji. Berdasarkan simulasi diperoleh bahwa kebijakan tersebut memiliki pengaruh terhadap penjualan mobil listrik dan penjualan mobil listrik memiliki pengaruh terhadap emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Selanjutnya, skenario alternatif kebijakan dirancang dengan mengacu pada kebijakan di berbagai negara dengan melakukan perluasan kebijakan saat ini berupa insentif fiskal, pengecualian aturan jalan raya, dan jumlah SPKLU. Hasil simulasi menunjukkan penerapan tiga alternatif kebijakan secara bersamaan akan meningkatkan total penjualan sebesar 34% dan penerapan alternatif kebijakan insentif fiskal dan jumlah SPKLU secara bersamaan akan meningkatkan total penjualan sebesar 30%. Emisi GRK juga akan mengalami penurunan sebesar 392.400.000 kilogram. ......The target of reducing greenhouse gas emissions has prompted the Indonesian government to establish a medium-term action called the Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). For the transportation sector which produces the second largest emission, the use of electric cars is encouraged. The government implemented several policies to encourage people to immediately switch from fuel cars to electric cars, namely tax incentives and prohibitions from odd-even road rules. Achievement of the sales target for electric cars is still very low until July 2022, which is around 5%, prompting the author to study the policy paths that have been implemented using the system dynamics method. This research not only examines the impact on sales but also examines the effect of the use of electric cars on Green House Gas (GHG) emissions in Indonesia, which is dominated by Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) of approximately 40%. The effect of each policy on the number of electric car sales and GHG emissions is reviewed. Based on the simulation, it was found that the policy had an influence on electric car sales and electric car sales had an influence on GHG emissions. Furthermore, alternative policy scenarios are designed with reference to policies in various countries by expanding current policies in the form of fiscal incentives, exemption from road regulations, and the number of SPKLU. The simulation results of applying the three policy alternatives simultaneously will increase total sales by 34% and the application of alternative fiscal incentive policies and the number of SPKLU simultaneously will increase total sales by 30%. GHG emissions will also decrease by 392.400.000 kilograms.
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laras Safitri
Abstrak :
Kendaraan roda dua ICEV merupakan kendaraan terbanyak di Indonesia. Di Jakarta, ibu kota Indonesia, jumlah kendaraan roda dua mencapai dua kali lipat dari jumlah penduduk. Kendaraan roda dua ICEV menghasilkan emisi gas buang paling banyak dibandingkan jenis kendaraan lainnya. Kendaraan listrik roda dua menjadi solusi untuk mengurangi emisi dari kendaraan ICEV roda dua. Namun kendaraan listrik pada umumnya memiliki keterbatasan yaitu jarak tempuh yang terbatas dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi daya. Kendaraan listrik roda dua memiliki ukuran baterai yang kecil sehingga sangat cocok jika menggunakan konsep pertukaran baterai. Pengguna motor listrik tidak membutuhkan waktu lama untuk menukar baterai motor listriknya dengan baterai yang sudah terisi penuh. Dibutuhkan ekosistem Battery Swap Station yang baik untuk memenuhi kebutuhan pengguna sepeda motor listrik. Menciptakan ekosistem BSS yang baik adalah menentukan lokasi BSS yang optimal untuk dibangun. Pada penelitian ini pencarian lokasi optimal dilakukan dengan menggunakan metode Set Covering Problem yang bertujuan untuk meminimalkan jumlah fasilitas BSS yang dibangun. Setelah pembentukan ekosistem baterai yang baik dan konversi kendaraan ICEV menjadi EV. Jika melihat jejak emisi karbon kendaraan listrik dan fasilitas BSS yang dibangun, masih ada emisi yang dihasilkan dari sumber listrik yang digunakan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini perlu dipertimbangkan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada fasilitas BSS. Area PV yang tersedia di setiap calon fasilitas BSS digunakan sebagai kendala kapasitas dalam mencari lokasi optimal, dimana total kapasitas tidak dapat melebihi total permintaan. Penelitian dilakukan pada sepeda motor listrik yang digunakan oleh GrabElectric. GrabElectric merupakan perusahaan persewaan sepeda motor listrik. Jumlah calon fasilitas tersebut bisa diperoleh dari lokasi kantor cabang GrabElectric atau dari perusahaan yang bekerja sama dengan GrabElectric dalam proyek pembangunan BSS ini. Peneliti menemukan 32 titik lokasi calon fasilitas yang akan dibangun oleh BSS. Ditemukan 22 lokasi optimal dibangun untuk fasilitas BSS. Dari 22 fasilitas yang dipilih, peneliti membuat arus kas yang terjadi selama umur PLTS yaitu 25 tahun. Kelayakan ekonomi yang dianalisis adalah rasio Net Present Value, Discounted Payback Period dan Benefit Cost. Hasil analisis kelayakan ekonomi pada penelitian ini menyatakan bahwa proyek pembangunan PLTS di 22 fasilitas BSS terpilih layak. ......ICEV two-wheeled vehicles are the most vehicles in Indonesia. In Jakarta, the capital city of Indonesia, two-wheeled vehicles account for twice the population. ICEV two-wheeled vehicles produce the most emission gas compared to other types of vehicles. Two-wheeled electric vehicles are a solution to reduce emissions from two-wheeled ICEV vehicles. However, electric vehicles in general have limitations, namely limited mileage and requiring a long time to charge. Two-wheeled electric vehicles have a small battery size so they are very suitable when using the battery exchange concept. electric motorbike users do not take long to exchange their electric motorbike batteries with fully charged batteries. It takes a good Battery Exchange Station ecosystem to meet the needs of electric motorbike users. Creating a good BSS ecosystem is to determine the optimal location of the BSS to be built. In this study, the search for optimal locations was carried out using the Set Covering Problem method, which aims to minimize the number of BSS facilities built. After the formation of a good battery ecosystem and the conversion of ICEV vehicles to EVs. If you look at the carbon emission footprint of electric vehicles and the BSS facilities built, there are still emissions generated from the electricity source used. Therefore, in this study, consideration of the use of Solar Power Plan (PLTS) at BSS facilities is required. The PV area available at each prospective BSS facility is used as a capacity constraint in finding the optimum location, where the total capacity cannot exceed the total demand. The research was conducted on electric motors used by GrabElectric. GrabElectric is an electric motorbike rental company. The number of prospective facilities can be obtained from GrabElectric's branch office locations or from companies that work with GrabElectric in this BSS development project. Researchers found 32 location points for prospective facilities to be built by BSS. It was found that 22 optimum locations were built for BSS facilities. Of the 22 selected facilities, the researchers made cash flows that occurred during the life span of PLTS, which is 25 years. The economic feasibility that is analyzed is the Net Present Value, Discounted Payback Period and Benefit Cost ratio. The results of the economic feasibility analysis in this study said that the PLTS construction project at 22 selected BSS facilities was feasible.
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library