Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rofiudin ZA
"Tesis ini merupakan studi kasus di tiga perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah: Universitas Pancasakti, Universitas Pekalongan, dan Universitas Tujuh Belas Agustus. Tesis ini mengkaji pengajaran dan pemelajaran kosakata khusus untuk mahasiswa ekonomi. Tujuan kajian ini adalah 1) mengevaluasi implemenlasi pengajaran bahasa lnggris ilmu ekonomi: 2) mengadakan analisis kebutuhan; 3) mengajukan model pengajaran kosakata khusus.
Analisis kebutuhan dilaksanakan untuk mengetahui informasi tentang pengajaran bahasa Inggris di pendidikan tinggi. Analisis tersebut juga dimaksudkan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap 1) manfaat dan tujuan mereka mempelajari bahasa Inggris, 2) Bahasa Inggris khusus untuk ilmu ekonomi, 3) keterampilan berbahasa yang mereka kehendaki dan kendalanya, 4) masalah kosakata, 5) frekuensi pengajaran, dan 6) kondisi kelas. Masukan dari responden yang terdiri atas mahasiswa, dosen, dan manajer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara berstruktur.
Dari hasil analisis tersebut diketahui 89,53% responden berpandangan bahwa bahasa Inggris penting; 59,67 % menghendaki bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan ilmu ekonomi; 98,67% menghendaki materi belajar yang sesuai dengan topik dalam ilmu ekonomi; 89,33% menganggap penting dosen bahasa Inggris dan dosen ekonomi bekerja sama menyusun materi belajar; 64,67% berpandangan bahwa kendala utama untuk mengusai keterampilan berbahasa adalah pada lemahnya penguasaan dan pemahaman mereka terhadap kosakata; 79,33% beranggapan bahwa 3 kredit belumlah cukup untuk mata kuliah bahasa Inggris; dan 92,67% merasakan bahwa jumlah mahasiswa dalam satu kelas terlalu banyak.
Dari hasil analisis tersebut, selanjutnya dapat diidentifikasi kebutuhan nyata mahasiswa, yakni pentingnya pengayaan kosakata khusus ilmu ekonomi yang dianggap sebagai faktor utama untuk menguasai keterampilan membaca. Setelah mempertimbangkan kebutuhan nyata secara akurat, langkah berikutnya adalah merancang materi belajar, Materi tersebut meliputi: 1) bagian kata, 2) memilih kosakata, 3) parafrasa, 4) penyederhanaan, 5) pembubuhan catatan (glossing), dan 6) penggunaan kamus.
This research is a case study at three private universities: Universitas Pancasakti, Universitas Pekalongan, and Universitas Tujuh belas Agustus (UNTAG). It deals with the teaching and learning of the vocabulary component specific for the students of economics. The purposes of this research are 1) to evaluate the implementation of English teaching for economic students in the recent days: 2) to conduct the needs analysis; 3) to propose a model of teaching vocabulary of economics.
The needs analysis was conducted to know clearly the information about the real teaching of English at higher education. It was also proposed to know the students' perception on 1) their purposes of learning English, 2) English for economics, 3) the skills needed and the obstacles, 4) vocabulary component, 5) the frequency of the English teaching, and 6) class size. Responses from respondents covering the students, lecturers, managers, and other stake holders were collected through questionnaires and structured interview.
Based on the analysis it was known that 89.53% of the respondents perceived that English was important; 59.67% needed English specific for students of economics; 98.67% needed the learning materials accelerated to the topic of economics; 89.33% thought that any coordination between English and economics lecturers was very important; 64.67% thought that weakness in vocabulary mastery was the main obstacle to master language skills; 79.33% considered that 3 credits was not enough for English: and 92.67% felt that the number of students in an English class was too big.
From the results of the analysis, it could be then identified the specific needs of those students; that was the importance of specific vocabulary enrichment which was later considered to be the most factor determining the mastery of reading skills needed. Then, after considering accurately to the real needs, learning materials were constructed. The materials covered 1) word parts, 2) selecting vocabulary, 3) paraphrases, 4) simplification. 5) glossing, and 6) using dictionary.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T11656
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nation, I.S.P.
Singapore : Heinle Cengage Learning, 2011
430 NAT r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Deny Arnos Kwary
"Belajar kosakata seharusnya menjadi landasan belajar bahasa kedua. Tanpa tata bahasa, sangat sedikit yang dapat disampaikan, namun tanpa kosakata tidak ada yang dapat disampaikan (Wilkins 1972: 111). Nation (2001:11-12) menyebutkan empat jenis kosakata di dalam teks: kata-kata berfrekuensi tinggi, kosakata akademis, kosakata teknis, dan kata-kata berfrekuensi rendah. Bagi mahasiswa, pengajaran dan pembelajaran kosakata seharusnya difokuskan pada kosakata teknis. Ada dua alasan untuk pendapat ini. Alasan pertama adalah bahwa lulusan sekolah menengah atas (SMA) telah menguasai 4.700 kata, menurut kurikulum nasional. Jumlah tersebut telah mencakup kata-kata berfrekuensi tinggi dan kosakata akademis. Alasan kedua adalah kenyataan bahwa mahasiswa lebih sering menemukan kosakata teknis selama mereka belajar di universitas. Oleh sebab itu, penguasaan kosakata teknis memainkan peranan yang penting dalam studi mereka.
Lokasi penelitian ini adalah Fakultas Ekonomi, Universitas Airlangga. Daftar kata kosakata teknis dibuat berdasarkan buku teks mata kuliah yang digunakan di fakultas tersebut. Ada tiga buku teks yang dianalisis, yaitu: Economics oleh Samuelson dan Nordhaus, Management oleh Daft, dan Accounting oleh Warren, Reeve, dan Fess. Untuk lebih fokus pada kosakata teknis, tidak semua kata-kata yang ada di indeks diambil. Kosakata non-teknis, seperti kata-kata berfrekuensi tinggi, kosakata akademis, kata-kata fungsi, nama, singkatan, dan angka, tidak dimasukkan. Proses pemilihan dan pembuatan daftar kata kosakata teknis dilakukan dengan menggunakan program RANGE.
Ada tiga hasil utama dari tesis ini: (1) Daftar Kata Kosakata Teknis, (2) Afiks Derivasional untuk Kosakata Teknis, dan (3) Materi Belajar Kosakata dengan Bantuan Komputer. Ada empat daftar kata kosakata teknis: (1) Daftar Kata Ekonomi yang terdiri atas 51 kata, (2) Daftar Kata Manajemen yang terdiri atas 56 kata, (3) Daftar Kata Akuntansi yang terdiri atas 75 kata, dan (4) Daftar Kata Kosakata Teknis untuk Mahasiswa Ekonomi, yang terdiri atas 62 kata. Afiks derivasional yang ditemukan dalam daftar kata, diklasifikasikan menjadi lima tahap berdasarkan Nation (2001:268). Tahap tersebut mengindikasikan urutan mengajar dan belajar yang akan memberikan hasil yang terbaik bagi usaha belajar. Dalam setiap tahap, setiap afiks ditampilkan dengan artinya dan contoh dari daftar kata. Hasil materi belajar yang lain adalah Computer-Assisted Language Learning 'Belajar Bahasa dengan Menggunakan Komputer' (CALL) untuk Kosakata Teknis. Materi belajar ini dikonstruksi dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver 4.0 dan file-nya dapat di-download gratis dari www.kwary.net/vocabulary.html. Isi file tersebut adalah lima tahap afiks derivasi yang dijelaskan dalam tesis ini ditambah dengan istilah yang ditemukan di glosarium dan definisinya.

Abstract
Learning vocabulary should become the basis of second language learning. Without grammar, very little can be conveyed, but without vocabulary, nothing can be conveyed (Wilkins 1972: 111). Nation (2001:11-12) mentions four kinds of vocabulary in a text: high-frequency words, academic vocabulary, technical vocabulary, and low-frequency words. For university students, vocabulary teaching and learning should be focused on technical vocabulary. There are two main reasons for this opinion. The first reason is high school graduates have mastered 4,700 words, according to the national curriculum. This number has covered high-frequency words and academic vocabulary. The second reason is the fact that students mostly encounter technical vocabulary during their studies at university. Hence, a mastery of technical vocabulary plays a significant role in their studies.
The location of this research is the Faculty of Economics of Airlangga University. The technical vocabulary word lists created are based on the core content subject textbooks used in that faculty. There are three core textbooks analyzed: Economics by Samuelson and Nordhaus, Management by Daft, and Accounting by Warren, Reeve, and Fess. To be more focused on technical vocabulary, not all of the words found in the indices are taken into account. Non-technical vocabulary, such as high-frequency words, academic vocabulary, function words, proper names, abbreviations, and numbers, are not included. The process of selecting and making the technical vocabulary word lists is accomplished by using the RANGE program.
There are three main yields in this thesis: (1) Technical Vocabulary Word Lists, (2) Derivational Affixes for Technical Vocabulary, and (3) Computer-Assisted Vocabulary Learning material. There are four technical vocabulary word lists: (1) the Economics Word List comprising 51 words, (2) the Management Word List comprising 56 words, (3) the Accounting Word List comprising 75 words, and (4) the Technical Vocabulary Word List for Students of Economics comprising 62 words. The derivational affixes found in the word lists have been classified into five stages based on Nation (2001:268). The stages indicate an order of teaching and learning that will give the best return for learning effort. In every stage, each affix is presented with its meaning(s) and examples from the word lists. Another yield of learning materials is a Computer-Assisted Language Learning (CALL) for Technical Vocabulary. This learning material has been constructed using Macromedia Dreamweaver 4.0 and the files can be downloaded for free from www.kwary.net/vocabulary.html. The content of the files includes the five stages of derivational affixes explained in this thesis plus the terms found in the glossary and their definitions."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T14840
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library