"
ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap akuntansi lingkungan. Sampel yang digunakan
pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif tahun 2015/2016 akuntansi S1 FEBUI. Tingkat
pemahaman akuntansi lingkungan diukur dengan kuesioner yang berisikan pertanyaanpertanyaan
dasar mengenai akuntansi lingkungan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dibagi
menjadi dua kategori yaitu pertanyaan benar salah dan pertanyaan isian. Hasil dari penelitian
ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara mata kuliah pilihan,
pengalaman bekerja atau magang, pengalaman berorganisasi kajian studi, angkatan mahasiswa,
dan minat mahasiswa terhadap isu akuntansi terhadap tingkat pemahaman mahasiswa terkait
akuntansi lingkungan
ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the factors that affect the level of understanding of
accounting students on environmental accounting. The sample used in this study is an active
student in 2015/2016 accounting S1 FEBUI. The level of understanding of environmental
accounting measured by a questionnaire containing basic questions regarding environmental
accounting. The questions are divided into two categories: true false questions and essai. The
results of this study indicate that there is a significant positive relationship between elective
courses, work experience or internships, organizational experience, college student?s
generation, and student interest to accounting issues related to the level of students
understanding of environmental accounting."