Ditemukan 41 dokumen yang sesuai dengan query
Wright, Lorraine M., 1944-
Philadelphia: F.A. Davis, 1994
610.73 WRI n
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Friedman, Marilyn M.
New Jersey: Prentice-Hall, 2003
610.73 FRI f
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Friedman, Marilyn M.
Jakarta: EGC, 1998
613 FRI ft
Buku Teks Universitas Indonesia Library
California: Addison-Wesley, 1989
610 TOW
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Agustina Rahmawati
"Pembentukan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak usia sekolah merupakan salah satu upaya penting dalam pencegahan penyakit menular dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Angka pencapaian PHBS pada tatanan sekolah masih rendah sehingga membutuhkan perhatian dari berbagai pihak termasuk tenaga kesehatan. Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk memberikan gambaran pelaksanaan intervensi SISUKA berPHBS ( Siswa, Guru, Keluarga berPerilaku Hidup Bersih dan Sehat) melalui asuhan keperawatan keluarga dan komunitas dalam meningkatkan PHBS siswa di SD swasta Kelurahan Cisalak Pasar Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Metode yang digunakan yaitu
evidence based practice. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan PHBS baik di keluarga maupun di tatanan sekolah setelah diberikan intervensi. Intervensi SISUKA berPHBS dapat diaplikasikan sebagai salah satu program kesehatan untuk meningkatkan PHBS khususnya pada anak usia sekolah di keluarga maupun tatanan sekolah.
Healthy behavior pattern in school children is one of the important efforts in the prevention of infectious disease and improving community health status. The number of achievement of healthy behavior in the school is still low so that it requires attention from various parties including health workers. Writting this scientific paper aims to provide an overview of the implementation SISUKA berPHBS (Siswa, Guru, Keluarga berPerilaku Hidup Bersih dan Sehat) through family and community nursing care in improving healthy behavior among school children in Depok City. The method used was evidence based practice. The results showes that there was an increase knowledge, attitude and healthy life skill both ini family and in the school setting after being given interventions. SISUKA berPHBS interventions can be applied as one of the health programs to improve healthy beahvior ini families and school setting."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
SP-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Friedman, Marilyn M.
New Jersey: Prentice-Hall, 1998
610.73 FRI f
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Doane, Gweneth Hartrick
Phildelphia: Lippincott Williams & Wilkins, 2005
610.73 DOA f
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Mott, Sandra R.
California: Addison-Wesley, 1990
618.920 023 1 MOT n
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Calgary: Family Nursing Unit Publishing, 1990
610.73 CUT
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Siti Wahyuni, examiner
"Kebijakan baru terkait isolasi pasien di ruang perawatan anak dengan COVID-19 memengaruhi tuntutan kerja yang berdampak pada perawat berupa kelebihan beban baik fisik dan psikologis sehingga menempatkan praktik perawatan berpusat pada keluarga (PBK) yang diimplementasikan perawat di ruang isolasi pada tekanan yang sangat besar. Hal tersebut menjadi tantangan bagi perawat anak menerapkan PBK untuk memberikan outcome yang baik terhadap quality of care. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman perawat dalam menerapkan PBK di ruang isolasi perawatan anak dengan COVID-19. Desain deskriptif kualitatif digunakan dengan melakukan wawancara semi terstruktur kepada 11 perawat anak. Kriteria inklusi partisipan antara lain memiliki pengalaman minimal 5 tahun merawat pasien anak, bertugas di ruang perawatan anak dengan COVID-19 minimal 2 bulan, pengalaman tersebut maksimal satu tahun yang lalu, dan memiliki pengetahuan PBK dengan nilai cukup. Data hasil wawancara dianalisis menggunakan analisis tematik. Enam tema yang dihasilkan yaitu mendorong keterlibatan keluarga, membangun kerja sama, meningkatkan kesejahteraan psikologis, membuat pengaturan pemberian informasi sekaligus tindakan, membutuhkan dukungan untuk tetap profesional, dan komunikasi kunci keberhasilan. Yang paling penting dalam menerapkan PBK adalah komunikasi perawat dengan anak dan orang tua. Strategi komunikasi perawat memengaruhi peran perawat untuk melibatkan, bekerja sama, meningkatkan kesejahteraan psikologi anak dan orang tua, dan untuk tetap profesional. Diperlukan dukungan institusi untuk mengembangkan kompetensi komunikasi perawat dalam penerapan PBK pada ruang isolasi perawatan anak dengan COVID-19 sehingga pelayanan keperawatan tetap mengedepankan aspek PBK untuk keuntungan pasien dan keluarga.
The new policy regarding patient isolation in the pediatric care rooms with COVID-19 which was strictly enforced affected work demands which impacted nurses in the form of overload both physically and psychologically so that it placed the practice of family-centered care (FCC) in the isolation rooms caring for children with COVID-19 was under enormous pressure. This is a challenge for nurses to apply to the FCC to provide the best outcomes for quality of care. This study aimed to explore nurses' experiences in implementing FCC in the isolation rooms caring for children with COVID-19. A qualitative descriptive design was used by conducting semi-structured interviews with 11 nurses. The inclusion criteria include a minimum of five years of experience caring for pediatric patients, caring for a child with COVID-19 in the isolation room for at least two months, and this experienced a maximum of one year ago, and having adequate knowledge regarding FCC. The data were analyzed using thematic analysis. Six themes were generated including encouraging family involvement, building collaboration, improving psychological well-being, making arrangements for providing information as well as action, needing support for staying professional, and communication key to success. The most important thing in implementing FCC is the nurses’ communication with children and parents. The strategies to establish communication influence nurses’ roles in involving, collaborating with, and improving the psychological well-being of children and parents. Institutional support is needed to develop nurses' communication competence in the implementation of FCC in isolation rooms caring for children with COVID-19 so that nursing services continue to prioritize FCC aspects for the benefit of patients and families."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library