Found 4 Document(s) match with the query
Antonius Yunianto
"Pengembangan lapangan gas greenfield laut dalam memiliki tantangan teknis dan ekonomis, terkait dengan teknologi dan fasilitas produksi yang baru untuk dapat memproduksikan gas pada kondisi lingkungan yang ekstrem. Dalam penelitian ini dilakukan analisa secara teknis dan ekonomis terhadap pengembangan lapangan gas greenfield laut dalam dengan metode pengembangan sistem produksi bawah laut. Analisa teknis meliputi analisa flow assurance, khususnya strategi manajemen hidrat untuk menjamin keberlangsungan aliran gas dari sumur bawah laut hingga ke titik jual. Dari analisa teknis didapatkan konfigurasi pencegahan dan penghilangan hidrat. Analisa ekonomi mencakup perhitungan biaya investasi pada setiap alternatif konfigurasi yang memenuhi kriteria teknis, kemudian dilanjutkan dengan perhitungan keekonomian berdasarkan skema PSC yang berlaku di Indonesia. Dengan harga gas ekspor dan domestik sebesar 11/MMBTU dan 7/MMBTU, konfigurasi MEG dengan teknologi MRU adalah yang paling optimum karena memberikan IRR dan NPV yang terbesar yaitu sebesar 14,8 dan 794,5 juta US . Berdasarkan hasil sensitivitas keekonomian, CAPEX, harga gas ekspor dan hasil bagi untuk kontraktor memberikan pengaruh terbesar untuk IRR dan NPV, sedangkan OPEX memberikan pengaruh yang terkecil. Untuk mendapatkan minimum IRR sebesar 18 yang dipersyaratkan oleh regulator, CAPEX perlu ditekan sebesar 10 dan dengan besaran hasil bagi untuk kontraktor minimum sebesar 50.
Deepwater gas greenfield development has technical and economic challenges, related to new technology and production facilities and that can be used for producing gas in the extreme ambient conditions. Technical analysis includes flow assurance analysis, selection of hydrate inhibitors MEG MeOH and determine minimum injection flow rate of hydrate inhibitors and hydrate remediation strategy. Economic analysis includes the calculation of investment cost on each configuration that meets the technical criteria above. Then continue with calculation of economic parameter based on applicable Indonesia PSC scheme. With export gas and domestic gas price 11 MMBTU and 7 MMBTU, MEG with MRU technology is the most optimum because it provides the largest IRR 14.8 and NPV 794.5 million US . Based on IRR and NPV sensitivity analysis CAPEX, export gas price and contractor split have significant effect to IRR and NPV otherwise OPEX has the most un significant effect to IRR and NPV. To obtain the minimum IRR of 18 required by the regulator, CAPEX needs to be reduced by 10 and by changing the contractor split by a minimum of 50 for contractor."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48252
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Silpa Asti Nura
"Pada sistem transportasi minyak mentah melalui sistem perpipaan, sering dijumpai adanya masalah yang dapat mengganggu pendistribusian minyak mentah. Hal ini umumnya disebabkan oleh terbentuknya wax di sepanjang pipa distribusi. Adanya wax dapat mengganggu proses pendistribusian fluida sehingga flow assurance tidak tercapai. Oleh karena itu, prediksi karakteristik wax yang tepat sangat dibutuhkan untuk melakukan pengendalian terhadap pengendapan wax dalam pipa agar tercapai flow assurance. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi karakteristik pengendapan wax dengan menganalisa pengaruh variasi wax content dan penambahan light component pada komposisi minyak mentah. Kandungan wax content pada komposisi minyak mentah divariasikan pada persentase 5%, 10% dan 15% untuk dievaluasi pengaruhnya terhadap pengendapan wax. Selanjutnya, dilakukan variasi penambahan light component C6 sebagai upaya mitigasi pengendapan wax pada waxy crude oil tersebut dengan variasi penambahan sebesar 20%, 30%, 50% dan 100% dari komposisi awal light component C6 dalam minyak mentah. Simulasi dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak aliran multifase untuk mendapatkan profil karakteristik pengendapan wax pada pipa. Dari hasil simulasi flow assurance didapatkan hasil bahwa wax content berbanding lurus terhadap ketebalan endapan, wax appearance temperature (WAT), total padatan terlarut, dan laju pengendapan wax. Penambahan light component C6 dengan persentase 100% mampu mengurangi ketebalan endapan wax sebesar 79,27%; 33,42%; dan 4,91% pada variasi wax content 5%; 10%; dan 15%. Penambahan light component memenuhi kelayakan secara teknis karena dapat menjamin aliran di dalam perpipaan dan menekan pertumbuhan ketebalan endapan wax di bawah 5 mm sehingga dapat mengurangi frekuensi penggunaan pigging pada pipa.
In the crude oil transportation system through the pipeline system, problems that can interfere with the distribution of crude oil are often encountered. This is generally caused by wax build-up along the distribution pipe. The presence of wax can interfere the fluid distribution process so that flow assurance is not achieved. Therefore, the correct prediction of wax characteristics is needed to control the wax deposition in the pipe in order to achieve flow assurance. This study aims to predict the characteristics of wax deposition by analyzing the effect of wax content and the addition of light components C6 in the crude oil composition. The wax content in the crude oil composition was varied at a percentage of 5%, 10% and 15% to evaluate its effect on the thickness and rate of wax deposition. Furthermore, variations of light components C6 addition to the waxy crude oil are carried out with additional variations of 20%, 30%, 50% and 100% of the initial value of the light component composition in the crude oil. The simulation was carried out using multiphase flow software to obtain the characteristic profile of wax deposition on the pipe. From the flow assurance simulation results, it was found that wax content was directly proportional to the wax thickness, wax appearance temperature (WAT), total dissolved solids, and wax deposition rate. The addition of light component C6 with a percentage of 100% was able to reduce the thickness of the wax deposition by 79.27%; 33.42%; and 4.91% for the variation of the wax content of 5%; 10%; and 15%. The addition of light component meets technical feasibility because it can ensure flow assurance in the pipeline and reduce the thickness of the wax deposition below 5 mm so as to reduce the frequency of using pigging on the pipe."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Antoinnetee Benefita Kusumoningtyas Nugroho
"Salah satu sumber gas alam Indonesia yang terletak di area Natuna Barat memiliki potensi besar untuk memenuhi peningkatan kebutuhan energi. Flow assurance diperlukan untuk menjamin gas alam dapat terus mengalir pada sistem transportasi perpipaan gas alam dalam berbagai kondisi. Hal yang mampu menghambat mengalirnya pasokan gas alam adalah terbentuknya slugging karena penurunan laju alir gas alam serta beberapa faktor lainnya. Studi ini bertujuan untuk memperoleh profil aliran multifasa yang terbentuk di sepanjang pipa transportasi gas alam jika laju alir gas alam mengalami penurunan, mendapatkan pengaruh profil aliran multifasa terhadap terjadinya slugging di dalam sistem perpipaan gas alam, dan memperoleh metode penanganan cairan yang dilakukan di fasilitas penerima. Studi dianalisis menggunakan simulator aliran multifasa minyak dan gas. Simulasi dilakukan pada 3 skenario kondisi sumur, yaitu initial life, mid life, dan late life yang berturut-turut memiliki laju alir gas sebesar 57, 31, dan 5 MMSCFD. Berdasarkan hasil simulasi diperoleh bahwa semakin rendah laju alir gas alam, maka kemungkinan terjadi slugging akan meningkat. Pada studi ini, slugging terjadi pada kondisi late life. Penanganan cairan yang diajukan oleh penulis untuk memitigasi slugging adalah dengan penambahan control valve yang diletakkan pada aliran masukan separator dan memiliki bukaan 60%
Indonesia's natural gas sources located in the West Natuna area has great potential to meet increasing energy needs. Flow assurance is needed to ensure that natural gas can continue to flow in the natural gas pipeline transportation system under various conditions. One of the things that can hinder the supply of natural gas is the formation of slugging due to a decrease in the flow rate of natural gas and several other factors. This study aims to simulate the multiphase flow that forms along the natural gas transportation pipeline if the flow rate of natural gas decreases, to obtain the effect of the multiphase flow profile on the occurrence of slugging in the natural gas piping system, and to obtain the method of handling liquids carried out at the receiving facility. The study was analyzed using a multiphase oil and gas flow simulator. Simulations were carried out on 3 scenarios of well conditions, namely initial life, mid life, and late life which had gas flow rates of 57, 31, and 5 MMSCFD, respectively. Based on the simulation results, it is found that the lower the natural gas flow rate, the higher the probability of slugging. In this study, slugging occurs in late life conditions. The liquid handling and process improvement proposed by the author to mitigate slugging is by adding a control valve which is placed at the inlet flow of the separator and has an opening of 60%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Riko Putra
"Dalam upaya peningkatan produksi minyak mentah di Indonesia, lapangan minyak marginal dengan karakteristik minyak berat pun menjadi penting untuk dilakukan studi kelayakannya. Pada penelitian ini, dilakukan studi pencampuran minyak berat-berat dari lapangan marginal dan pengaruhnya terhadap harga minyak dan kelancaran transportasi perpipaan dengan pendekatan Flow Assurance. Minyak dari lapangan marginal X diangkut ke Gathering Station (GS) menggunakan truk minyak untuk dicampur dengan minyak Y. Simulasi flow assurance dilakukan pada pipa eksisting dari GS ke kilang. Blending Simulator dengan variasi Blending ratio (BR) digunakan untuk mendapatkan kualitas minyak campuran, berupa oAPI, pengotor, Wax Content, dan Wax Appearance Temperature. Sedangkan simulator OLGA dengan variasi BR dan temperature digunakan untuk memperoleh profil temperatur dan pengendapan wax. Perhitungan Indonesian Crude Price (ICP) menggunakan formula ICP Individu yang diperoleh dari analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minyak X memenuhi kelayakan teknis untuk diproduksi mengunakan metode blending dengan sesama minyak berat, tanpa harus membangun infrastruktur mandiri yang signifikan ataupun mengubah kondisi operasi pipa eksisting. Proses pencampuran minyak berat-berat ini dapat meningkatkan kualitas dan harga minyak dengan tetap menjamin tercapainya Flow Assurance. Proyeksi waktu pigging adalah 298 hari dan dengan BR X:Y tertinggi 8:2 didapat margin harga 1,5495 USD/BBL. Sehingga, total penambahan pendapatan adalah 88.977,41 USD/day.
In an effort to increase oil production, the feasibility study about heavy crude oil from marginal field becomes important to do. This research discussed about the effect of blending heavy oil and marginal heavy oil in Sumatera towards crude price and pipeline transportation using Flow Assurance (FA) approach. Oil from marginal field X was transported to Gathering Station (GS) using oil trucks to be blended with oil Y. FA analysis was carried out on existing pipeline from GS to Refinery Unit. Blending Simulator with Blending Ratio (BR) variation was used to get the blended oil qualities and OLGA simulators with BR and temperature variations were used to obtain Temperature and Wax Deposition profiles. Indonesian Crude Price (ICP) calculation used Individual ICP formula obtained from a regression analysis. The results showed that oil X is feasible to be produced by blending method, without having to build significant infrastructure or change the operating conditions of existing pipelines. This blending process can improve the quality and crude price while still ensuring the achievement of Flow Assurance. The projected pigging time is 298 days. With BR X:Y at 8:2, a margin of 1.5495 USD/BBL was obtained. Thus, the total additional revenue was 88,977.41 USD/day."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library