Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Safira Ramadhani
"Pertumbuhan pesat industri halal menyebabkan fenomena pariwisata halal muncul di kalangan muslim. Platform penunjang pariwisata halal menjadi potensi terbesar pada pelaksanaan pariwisata halal. Halal Navi adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna muslim dalam menemukan dan mengidentifikasi tempat-tempat yang menjual atau menyediakan produk-produk halal. Aplikasi Halal Navi bermanfaat bagi penggunanya tetapi belum bisa memuaskan penggunanya terutama dari sisi kemudahan saat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pengalaman pengguna terhadap aplikasi halal navi dan merancang rekomendasi agar pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Metode yang digunakan dalam mengevaluasi terdiri dari Performance metrics, Self-Reported metrics, dan Issue-Based metrics. Riset pasar juga dilakukan untuk memaksimalkan potensi peningkatan pengalaman pengguna. Hasil evaluasi akan dianalisis dan menciptakan rekomendasi desain dengan dasar Eight Golden Rules dan Law of UX. Rekomendasi desain dievaluasi untuk dibandingkan dengan desain sebelumnya. Terdapat outlier pada data evaluasi desain rekomendasi. Hasil yang diperoleh yakni peningkatan evaluasi user experience pada desain rekomendasi baru dan pada dua fitur yang ditambahkan hasil riset. Dua fitur yang ditambahkan yaitu fitur informasi sholat dan fitur perencanaan perjalanan.

The rapid growth of the halal industry has caused the phenomenon of halal tourism to emerge among Muslims. Halal tourism support’s platforms are the biggest potential in the implementation of halal tourism. Halal Navi is an application designed to help Muslim users find places that provide halal products. The Halal Navi application is useful for its users but has not been able to satisfy its users, especially in terms of ease of use. This study aims to evaluate the user experience of the Halal Navi application and design recommendations to make the user experience better. The methods used in evaluating are Performance metrics, Self-Reported metrics, and Issue-Based metrics. Market research is conducted to maximize the potential for improving the user experience. The results of the evaluation will be analyzed and create design recommendations based on the Eight Golden Rules and the Law of UX. Design recommendations are evaluated to be compared with previous designs. There is an outlier in the recommendation design evaluation data. The results obtained are increase in user experience evaluation on the new recommendation design and on the two features added by research results. Two features added are the prayer information and the travel planning feature."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natasha Alifia
"Pariwisata halal di Indonesia semakin berkembang setelah pelonggaran aturan lockdown dan pembatasan perjalanan. Pengembangan pariwisata berkelanjutan juga menjadi penting, mengingat meningkatnya kesadaran akan keberlanjutan (sustainability). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi untuk mengunjungi green halal tourism pada masyarakat muslim di Indonesia. Penelitian ini menggunakan kerangka Theory of Planned Behavior (TPB) dengan tambahan beberapa variabel, yaitu religiosity, travel motivation dan moral reflectiveness. Penelitian kuantitatif ini dianalisis dengan Partial Least Square–Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data dikumpulkan dari 310 responden muslim di Indonesia menggunakan metode non-probability sampling. Kuesioner survei disebarkan secara daring melalui WhatsApp, Line, Instagram, dan Twitter (X). Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, subjective norm, perceived behavioral control, religiosity, dan destination trust memiliki pengaruh positif langsung terhadap intention to visit. Halal awareness, destination image, travel motivation, dan moral reflectiveness tidak secara langsung memengaruhi intensi tersebut. Travel motivation, moral reflectiveness, dan religiosity berpengaruh positif terhadap attitude. Religiosity juga berpengaruh positif terhadap halal awareness. Religiosity dan travel motivation memengaruhi destination image, yang kemudian memengaruhi intention to visit setelah dimediasi oleh destination trust. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi praktisi dan industri pariwisata dalam mengembangkan strategi serta memperluas literatur terkait green halal tourism.

Halal tourism in Indonesia is growing rapidly after lifting the lockdown regulations and travel restrictions. The development of sustainable tourism has also become crucial due to rising awareness of sustainability. This research aims to identify factors influencing the intention to visit green halal tourism among Indonesian muslims. This research uses the Theory of Planned Behavior (TPB) with added variables such as religiosity, travel motivation, and moral reflectiveness. This quantitative research was analyzed with Partial Least Square–Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data was collected from 310 muslim respondents in Indonesia through non-probability sampling. The survey questionnaire was distributed online via WhatsApp, Line, Instagram, and Twitter (X). The results show that attitude, subjective norm, perceived behavioral control, religiosity, and destination trust positively influence the intention to visit. Halal awareness, destination image, travel motivation, and moral reflectiveness do not directly affect this intention. Travel motivation, moral reflectiveness, and religiosity positively impact attitude. Religiosity also positively affects halal awareness. Religiosity and travel motivation influence destination image, which then affects the intention to visit, after mediated by destination trust. These results are expected to be useful for practitioners and the tourism industry in developing strategies and expanding the literature on green halal tourism.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ilham Fauzan Akbar
"Wisata halal menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dengan mayoritas penduduk Muslim, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata halal terkemuka di dunia. Artikel ini akan membahas tantangan, peluang, dan peran pemerintah dan industri dalam wisata halal. Masalah penelitian ini berisi tentang tantangan dan peluang yang dihadapi dalam wisata halal serta peran pemerintah dan industri pariwisata dalam mendukung perkembangan wisata halal. Metode ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori kebijakan publik dari Hogwood dan Gunn, teori difusi inovasi dari Rogers, dan teori pola perilaku dari Ajzen. Temuan penelitian menunjukkan peluang dalam wisata halal di Indonesia meliputi tingginya potensi pasar wisatawan Muslim global, dukungan pemerintah melalui regulasi, serta berkembangnya inovasi digital untuk mempermudah akses informasi terkait fasilitas ramah Muslim. Hambatan dalam wisata halal di Indonesia meliputi kurangnya pemahaman konsep wisata halal, keterbatasan infrastruktur dan fasilitas yang sesuai, serta prosedur sertifikasi halal yang dianggap rumit. Pemerintah dan sektor swasta berkolaborasi dalam mengembangkan wisata halal di Indonesia melalui regulasi, infrastruktur, layanan berbasis syariah untuk mendorong daya saing wisata halal dan pertumbuhan ekonomi berbasis Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi masyarakat, pemerintah dan swasta dalam mengembangkan strategi wisata halal yang berkelanjutan.

Halal tourism is one of the fastest growing sectors in various countries, including Indonesia. With a majority Muslim population, Indonesia has great potential to become the world's leading halal tourism destination. This article will discuss the challenges, opportunities, and roles of government and industry in halal tourism. This research problem contains the challenges and opportunities faced in halal tourism as well as the role of the government and the tourism industry in supporting the development of halal tourism. This method uses descriptive qualitative methods. The theory used is the theory of public policy from Hogwood and Gunn, the theory of diffusion of innovation from Rogers, and the theory of behavior patterns from Ajzen. The research findings show that opportunities in halal tourism in Indonesia include the high potential of the global Muslim tourist market, government support through regulations, and the development of digital innovation to facilitate access to information related to Muslim-friendly facilities. Barriers to halal tourism in Indonesia include a lack of understanding of the concept of halal tourism, limited infrastructure and appropriate facilities, and halal certification 8 procedures that are considered complicated. The government and private sector collaborate in developing halal tourism in Indonesia through regulations, infrastructure, sharia-based services to encourage halal tourism competitiveness and Islamic-based economic growth. The results of this study are expected to provide insights for the community, government and private sector in developing a sustainable halal tourism strategy."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library