Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Nuuresa Adhe Kautsari
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang alat ukur inteligensi komprehensif berbasis teori CHC. Alat ukur ini berguna untuk membantu siswa SMA memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Pada penelitian ini, subtes yang akan dirancang adalah subtes perceptual speed subtes PS. Subtes ini termasuk ke dalam jenis speed test, terdiri dari 150 item dengan batas waktu pengerjaan maksimal lima menit. Sampel pada penelitian ini berjumlah 97 siswa yang berasal dari tiga sekolah menengah atas negeri Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Teknik pengujian reliabilitas menggunakan teknik split-half. Koefisien Spearman-Brown yang dihasilkan dari pengujian reliabilitas sebesar 0,943 yang berarti subtes ini konsisten dalam mengukur konstruk yang sama.
Pengujian validitas konstruk pada subtes PS dilakukan menggunakan metode correlation with other test, yaitu tes TIKI-M subtes ldquo; Meneliti rdquo; r = 0,785, p < 0,01. Analisis item dilakukan melalui uji item difficulty dengan hasil keseluruhan item sudah termasuk ke dalam derajat kesulitan mudah atau sangat mudah. Norma subtes disusun dengan within-group norms, menggunakan standard scores. Raw scores diubah ke dalam distribusi standard scores dengan nilai mean 10 dan nilai standar deviasi 3. Data raw score terdistribusi secara normal sehingga standard score didapatkan dari transformasi linear.
This research was conducted to construct an intelligence test based on CHC theory. It is necessary to assist senior high school students to choose their major that suits their interests and abilities. In this research, we focus on perceptual speed subtest PS subtest. This subtest is classified as speed test, consists of 150 items with five minutes as the maximum time limit. The sample of this research was 97 students from three senior high schools in Jakarta. The sampling technique used was convenience sampling. The reliability testing technique used was split half technique. The Spearman Brown coefficient obtained from the reliability testing was 0,943 which means this subtest is consistent in measuring the same construct. Testing of construct validity on PS subtest was carried out using correlation with other test method, one of subtest on TIKI M test which is ldquo Meneliti rdquo was used r 0,785, p 0,01. Item analysis was done through item difficulty test with result indicated that the entire item is included into the degree difficulty easy or very easy. The subtest norm was developed using within group norms, standard scores. The raw scores was converted to a distribution of standard scores with a mean of 10 and an SD of 3. The raw scores is normally distributed so standard scores was obtained by linear transformation."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S66779
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Debby Mardianti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu subtes dari tes inteligensi, yaitu tes working memory capacity WM yang akan digunakan sebagai salah satu acuan dalam pertimbangan proses peminatan siswa SMA di Indonesia. Penyusunan tes WM didasarkan pada teori CHC yang merupakan teori yang paling komprehensif dan kontemporer pada saat ini. Pengujian tes WM dilakukan pada siswa SMA kelas X di wilayah Jakarta yang berasal dari peminatan IPA dan IPS. Pengujian reliabilitas terhadap tes WM menggunakan metode Cronbach Alpha menunjukan bahwa tes WM memiliki konsistensi internal yang baik untuk mengukur suatu konstruk.
Pengujian validitas konstruk menggunakan metode correlation with other test, menunjukan bahwa tes WM merupakan tes yang valid untuk mengukur konstruk working memory capacity karena berkorelasi secara signifikan dengan tes IST subtes ME yang juga mengukur memori. Selain itu, berdasarkan hasil analisis aitem, tes WM telah memiliki aitem-aitem dengan derajat kesulitan aitem yang beragam dan daya diskriminasi yang baik. Telah disusun norma tes WM dengan menggunakan normalized standard score, dengan M=10 dan SD=3.
This research was conducted to develop one of the subtests from intelligence test, that is working memory capacity WM test that will be used as a reference to make considerations in the high school student rsquo s specilization in Indonesia. The constructions of WM test was based on CHC theory which is the most comprehensive and contemporary theory of intelligence. The tested of WM test was conducted at the first year of high school students in Jakarta region, including students from sciences and social science major. Reliability testing using Cronbach Alpha method showed that WM test has good internal consistency. Validity testing using correlation with other test method showed that WM test is a valid test to measure working memory capacity, because the WM test significantly correlated with the ME subtest of IST test which also measure memory. Furthermore, based on the item analyses, WM test has good item with a variant item difficulty and good item discriminant. The norm of WM test was using normalized standard score, M 10 and SD 3."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67312
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library