Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Nur Khodijah
"Sejak pembelajaran daring selama pandemi dilangsungkan, mahasiswa dituntut untuk lebih terbuka dan fleksibel dalam menghadapi situasi pembelajaran yang berbeda. Intellectual humility (IH) hadir sebagai suatu kebajikan yang mendukung seseorang untuk berpikir fleksibel dalam memperoleh pengetahuan melalui keterlibatan kesadaran akan kekeliruan intelektual yang mungkin dimiliki. Diketahui terdapat ciri kepribadian yang disinyalir mempengaruhinya, yakni openness to experience. Namun, openness berdampak pada konteks kehidupan yang luas. Untuk mengetahui mekanisme pengaruh openness pada intellectual humility secara spesifik dalam konteks pembelajaran, disertakan need for cognition sebagai mediator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh langsung dari openness terhadap IH maupun pengaruh tidak langsung melalui mediasi oleh NFC. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner daring dari alat ukur Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS), Big Five Inventory (BFI), dan Need for Cognition Scale. Dari 205 mahasiswa, ditemukan bahwa openness secara signifikan mempengaruhi IH melalui NFC sebagai mediator. Meski demikian, tidak ditemukan pengaruh langsung antara openness terhadap IH. Temuan ini mengindikasikan kepemilikan kerendahan hati intelektual akan berkembang semakin tinggi pada individu yang memiliki ciri kepribadian terbuka sekaligus kebutuhan akan kognisi yang tinggi.

Since online learning during pandemic took place, college students are required to be more open and flexible in dealing with different learning situations. Intellectual humility (IH) serves as a virtue that supports a person to think flexibly in acquiring knowledge through awareness of one’s intellectual fallibility. There are fews personality traits that allegedly influence IH, among which is openness to experience. However, openness has an impact on various contexts of life. To examine the mechanism of the effect of openness on intellectual humility, specifically on learning context, the need for cognition is included as a mediator. This study aims to examine whether there is a direct effect of openness on IH and an indirect effect through mediation role of NFC. Data was collected through an online questionnaire which contains Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS), Big Five Inventory (BFI), and Need for Cognition Scale. From 205 college students, it was found that openness significantly affected IH through NFC as a mediator. Nevertheless, no direct effect was found between openness on IH. These findings indicate that intellectual humility will be higher in individuals who have a high level of openness and a high level of need for cognition.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soraya Arifianti
"Intellectual Humility (IH) merupakan suatu sifat kebajikan yang baru-baru ini dikembangkan dalam bidang ilmu psikologi dan dipercaya dapat membantu para siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) mengelola dirinya saat bertemu dengan
perbedaan berpendapat. Dewasa ini, alat ukur The Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS) telah teruji secara komprehensif mampu mengukur konsep IH
yang terdiri atas empat aspek yang berbeda, yaitu; Independence of Intellect and Ego (IIO), Openness to Revising One’s Viewpoint (OROV), Respect for Others’
Viewpoints (ROV), Lack of Intellectual Overconfidence (LIO). Tujuan dari penelitian
ini adalah mengadaptasi alat ukur CIHS ke dalam versi bahasa Indonesia pada siswa
SLTA di Indonesia. Metode penelitian kuantitatif dilakukan dalam beberapa tahap
berdasarkan pedoman adaptasi alat ukur dari International Test Commission (ITC).
Penelitian ini melibatkan 411 partisipan berusia 14-19 tahun (M = 16.10) dipilih
melalui convenience sampling. Prosedur pengujian reliabilitas dan validitas melalui
internal consistency dan confirmatory factor analysis (CFA) telah dilakukan. Hasil
perhitungan reliabilitas menunjukkan alat ukur CIHS versi Bahasa Indonesia tidak
memiliki item-item dengan nilai konsistensi internal yang tinggi, baik secara
keseluruhan maupun pada dua aspek yang termasuk di dalamnya. Sementara itu, hasil
uji validitas dengan menggunakan CFA menunjukkan model good fit, dengan
memenuhi 2 dari 3 kriteria yang berlaku. Pengembangan alat ukur ini masih
diperlukan terutama dalam meningkatkan nilai reliabilitasnya. Meskipun demikian,
alat ukur CIHS versi Bahasa Indonesia valid dalam mengukur konstruk Intellectual
Humility. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan penelitian adaptasi alat
ukur, pengembangan konstruk Intellectual Humility di kemudian hari, serta
pengembangan lebih jauh dari penelitian ini dapat membantu guru dan para psikolog
sekolah dalam proses asemen pengukuran Intellectual Humility untuk pengembangan karakter siswa SLTA di Indonesia.

Intellectual Humility (IH) is a virtue that was recently developed in the field of
psychology and is trusted to be able to help high school students manage themselves
when facing disagreements. Currently, The Comprehensive Intellectual Humility
Scale (CIHS) has been tested comprehensively to be able to measure the IH which
consists of four different aspects, namely; Independence of Intellect and Ego (IIO),
Openness to Revise Someone's Point of View (OROV), Respect for Other
Perspectives (ROV), Lack of Too Intellectual Trust (LIO). The purpose of this study
was to adapt the CIHS into an Indonesian version for secondary school students in
Indonesia. The quantitative research method was carried out in several stages based
on the guidelines for adapting measuring instruments from the International Test
Commission (ITC). This study involved 411 participants aged 14-19 years (M = 16.10)
who were selected by convenience sampling. The procedure for testing the reliability
and validity through internal consistency and confirmatory factor analysis (CFA) was
carried out. The results of reliability calculations show that the Indonesian version of
the CIHS does not have items with high internal consistency, both as an overall score
and on the two aspects included in it. Other than that, the results of the validity test
using the CFA showed a good fit, by meeting 2 of the 3 criterions. The development
of this measurement is still needed, especially in increasing its reliability score.
However, the Indonesian version of the CIHS is valid in measuring the construct of
intellectual humility. The results of this study can be used as a reference for measuring instrument adaptation research, the development of the intellectual humility construct in the future, and further development of this study can assist
teachers and school psychologists in the process of measuring Intellectual Humility for building characters of secondary school students in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chintya
"Di tengah pandemi Covid-19, mahasiswa membutuhkan keterbukaan untuk dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan perkuliahan dan situasi pembatasan sosial. Berbagai penelitian sebelumnya menemukan bahwa intellectual humility dan toleransi ambiguitas dapat menjadi faktor yang mempengaruhi keterbukaan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efek mediasi toleransi ambiguitas dalam hubungan intellectual humility dengan keterbukaan. Dalam penelitian ini, dilakukan kontrol terhadap usia, jenis kelamin, extraversion, dan agreeableness. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner self-report melalui google form kepada 206 mahasiswa Indonesia. Hasil analisis GLM Mediation Analysis menemukan bahwa terdapat peran toleransi ambiguitas dalam hubungan intellectual humility dengan keterbukaan (p < 0.001).

In the midst of the Covid-19 pandemic, college students need openness to be able to adapt well in the lecturing situation and social distancing situation. Previous studies have found that intellectual humility and tolerance of ambiguity can be factors that influence openness. This study aimed to examine the role of tolerance of ambiguity as mediator between intellectual humility and openness. In this study, controls were carried out on age, sex, extraversion, and agreeableness. This research was conducted by distributing self-report questionnaires via google form to 206 Indonesian college students. The results of the GLM Mediation Analysis found that there is a role for tolerance of ambiguity as mediator in the relationship between intellectual humility and openness (p < 0.001)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Aulia Primandhita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah intellectual humility dapat memprediksi efektivitas guru sekolah menengah di Indonesia. Partisipan penelitian ini adalah 263 guru sekolah menengah (M-usia = 41.75 tahun, M-pengalaman mengajar = 14.97 tahun). Penelitian ini menggunakan Intellectual Humility Scale (Porter & Schumann, 2018) untuk mengukur intellectual humility dan Teacher Effectiveness Scale (Kyriakides, Campbell & Christofidou, 2002) untuk mengukur efektivitas guru. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan mengontrol variabel pengalaman mengajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa intellectual humility secara signifikan dapat memprediksi efektivitas guru. Intellectual humility ditemukan memiliki effect size medium terhadap efektivitas guru. Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa intellectual humility merupakan karakteristik yang penting untuk dimiliki oleh guru. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi sekolah-sekolah untuk menyelenggarakan program untuk mengembangkan karakteristik intellectual humility pada guru. Selain itu, hasil penelitian juga mengimplikasikan bahwa terdapat faktor- faktor lain yang berperan dalam efektivitas guru. Hal tersebut sebaiknya dipertimbangkan oleh penelitian selanjutnya mengenai efektivitas guru.

The purpose of this study was to investigate the role of intellectual humility in predicting teacher effectiveness among secondary school teachers in Indonesia. A total of 263 secondary school teachers (M-age = 41.75 years, M-teaching experience = 14.97 years) participated in this study. The Intellectual Humility Scale (Porter & Schumann, 2018) and the Teacher Effectiveness Scale (Kyriakides, Campbell, & Christofidou, 2002) were used to measure intellectual humility and teacher effectiveness, respectively. A multiple linear regression analysis was conducted to test the study’s hypothesis while controlling for teaching experience. The result of the analysis shows that intellectual humility significantly predicts and has a medium effect on teacher effectiveness. The result of this study implies that intellectual humility is an important characteristic to be possessed by teachers and schools should consider providing programs that are aimed to cultivate intellectual humility in teachers. Additionally, it is implied that other factors also play a role in teacher effectiveness and should be taken into consideration by future research on this topic."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library