Ditemukan 66 dokumen yang sesuai dengan query
Juli K. Adi
Abstrak :
Penelitian ini bermula dari kekhawatiran para pendidik mengenai pengaruh negatif kegiatan luar sekolah terhadap prestasi belajar di sekolah. Tujuan. penelitian dipusatkan untuk melihat perbedaan prestasi belajar di sekolah dan kreativitas antara siswa yang Ikut kursus musik dan yang tidak kursus musik di SD kelas VI. Setelah dibahas mengenai teori-teori perkembangan kreativitas pada anak dan peranannya dalam pendidikan, fungsi belahan otak, peranan musik dalam pendidikan anak, konsep berpikir kreatif dalam musik, kekhususan belahan otak dengan aspek melodi, hubungan musik dengan kemampuan ruang dan verbal, maka dapat diajukan 6 hipotesa. Hipotesa-hipotesa ini diuji secara statistik menggunakan data yang diperoleh dari 52 siswa sebagai sampel. Keterbatasan jumlah sampel disebabkan terbatasnya jumlah siswa kelas VI yang ikut kursus musik. Data diolah dengan menggunakan perhitungan analisa kovarians dan korelasi parsial. Tiga dari hipotesahipotesa tersebut diterima. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar dan kreativitas verbal siswa-siswa yang ikut kursus musik lebih tinggi dibanding dengan siswa-siswa yang tidak ikut kursus musik. Namun demikian perbedaan ini tidak berarti disebabkan oleh keikutsertaan kursus musik, sebab dari hasil perhitungan korelasi lama kursus dengan ke dua variabel tersebut ternyata tidak menunjukkan adanya hubungan. Tesis ini ditutup dengan saran-saran praktis bagi pendidik dan orang tua maupun kepada peneliti lain yang berminat meneruskan penelitian sejenis ini.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1989
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hanifa Asra Silmi
Abstrak :
Penelitian ini berfokus untuk melihat efektivitas strategi story map untuk meningkatkan pemahaman bacaan pada siswa dengan disabilitas intelektual ringan. Strategi story map merupakan strategi yang digunakan untuk membentuk skema selama membaca suatu bacaan. Program ini dilakukan dengan pendekatan direct instruction, yaitu peneliti memberi contoh (modelling), memberi arahan minimal (guiding) dan memberi kesempatan pada siswa untuk menjalani strategi secara mandiri (independent practice). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan memahami bacaan pada siswa setelah program diberikan. Setelah tiga hari program dihentikan, subyek juga masih mampu mempertahankan kemampuan memahami bacaan tersebut.
......
This study focuses to see the efectiveness of story map to increase reading comprehension for student with mild intellectual disabilities. Story map is a strategy to build a schemata during reading. This program is created using direct instruction approach, consist of three step:modelling, guiding, independent practice. The result of this study showed that the subject's reading comprehension skill increased after this program. Three days after program, subject still maintain the reading comprehension skill.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42190
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Said, Edward W.
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1998
305.552 SAI rt (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Yogyakarta: Yayasan Benteng Budaya, 1996
305.552 Keb
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Shils, Edward
Chicago: University of Chicago Press, [1972]
305.552 SHI i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Said, Edward W.
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014
305.552 SAI rt (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Bangkok: Sunta Press,
079 AAPI
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Syed Hussein Alatas
Jakarta: LP3ES, 1988
305.521 723 ALA it
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Said, Edward W.
New York: Vintage Books, 1994
305.552 SAI r
Buku Teks Universitas Indonesia Library
JIIS 4(1-2)2010
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library