Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kharisma Firdaus
"ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hadirnya organisasi sayap Islam didalam partai nasionalis yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP . Mengingat, partai ini adalah partai yang selalu dicitrakan jauh dari Islam. Dibandingkan dengan partai nasionalis yang lain, PDI Perjuangan merupakan partai yang benar-benar menonjolkan sisi nasionalis-sekuler dari pada nasionalis-religius seperti partai-partai yang lain. PDI Perjuangan juga terkadang menolak kebijakan-kebijakan Islam seperti Undang-Undang Pornografi, sehingga menimbulkan perdebatan dengan partai-partai Islam. Penelitian ini menggunakan teori catch-all party yaitu sebuah partai politik yang telah meninggalkan ideologinya, dan merangkul sebanyak mungkin kelompok sosial untuk kepentingan pemilihan umum.Krouwel menjelaskan ada beberapa perubahan kearah catch-all party. Tetapi, dalam penelitian ini yang akan digunakan hanya ada dua bentuk perubahan, yaitu perubahan secara ideologi dan kompetisi partai serta perubahan dalam daya tarik pemilih. Perubahan secara ideologi dan kompetisi partai akan fokus dalam melihat sikap-sikap PDIP dalam menyikapi kebijakan Islam dan pola koalisi yang dibentuk oleh PDIP. Sedangkan dalam daya tarik pemilih, akan fokus pada cara Bamusi dalam merangkul kelompok-kelompok Islam. Selain itu juga peran Bamusi sebagai kelompok Islam dalam mendukung sikap dan memenangkan calon yang diusung oleh PDIP.Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa sebelum dan setelah hadirnya Bamusi, sebetulnya PDIP sudah memiliki kecenderungan kearah catch-all karena ada beberapa kebijakan Islam yang juga sepakat dan bahwa PDIP juga bisa berkoalisi dengan partai Islam meskipun lebih sering dengan PPP dan PKB. Tetapi, ditingkat daerah, PDIP juga bisa berkoalisi dengan partai Islam seperti PKS dan PAN. Bamusi juga memiliki peran, bahkan bisa mengusulkan calon kepala daerah, tetapi, Bamusi cenderung lebih banyak berperan dalam urusan propaganda menangkal isu-isu agama. Karena, Bamusi masih tetap memiliki ketergantungan dengan PDIP yaitu apabila ada instruksi partai, maka Bamusi bergerak. Sehingga inilah yang menyebabkan suara PDIP tidak bisa mencapai suara mayoritas meskipun ada organisasi Islam.

ABSTRACT
This research is motivated by the presence of Islamic wing organization within the nationalist party that is Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP . Given, this party is a party that is always imaged away from Islam. Compared to other nationalist parties, the PDIP is a party that truly features the secular nationalist side of the nationalist religious like the other parties. The PDIP also sometimes rejects Islamic policies such as the Pornography Act, causing a debate with Islamic Parties. This study uses a catch all party theory that is a political party that has abandoned its ideology and embraces as many social groups as possible for the sake of elections.Krouwel explains there are some changes towards the catch all party. However, in this study to be used, there are only two forms of change, namely ideological changes and party competition and changes in the appeal of voters. Ideological changes and party competitions will focus on looking at PDIP attitudes in addressing Islamic policy and coalition patterns established by PDIP. While in the appeal of voters, will focus on the way Bamusi in embracing Islamic groups. In addition, the role of Bamusi as an Islamic group in supporting the attitude and win the candidate that carried by PDIP.The results of this study show that before and after the presence of Bamusi, PDIP actually has a tendency towards catch all because there are several Islamic policies that also agree and that the PDIP can also coalition with Islamic parties, although more often with PPP and PKB. However, at the regional level, PDIP could also coalesce with Islamic parties such as PKS and PAN. Bamusi also has a role, may even propose a candidate for the regional head, but, Bamusi tends to play a greater role in propaganda matters of religious issues. Because, Bamusi still has a dependence on PDIP that if there is party instruction, then Bamusi move. So this is what causes PDIP votes cannot reach the majority of votes despite the existence of Islamic organizations. "
2018
T51487
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muh. Hanif Dhakiri
Jakarta: Djambatan, 2000
297.63 MUH p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfi Fathimah Handayani
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas kebertahanan organisasi yang memiliki Ideologi
tasawuf dengan menggunakan sudut pandang tasawuf sebagai Islam modern.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan horizontal dan vertikal
organisasi PSW yang didasari oleh ideologi Wahidiyah sehingga menghasilkan
kebertahanan organisasi. Penerapan ideologi Wahidiah dalam organisasi dijelaskan
dengan proses dialektika konstruksi sosial Peter L. Berger melalui fase ekternalisasi,
objektivasi, dan internalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
karena dapat membantu penulis untuk mendapatkan informasi yang jelas dan
menyeluruh. Subjek penelitian ini adalah pengurus pusat PSW. Objek penelitian
adalah kebertahanan organisasi Islam yang berideologi tasawuf yaitu Penyiar
Sholawat Wahidiyah (PSW). Lokasi penelitian berlangsung di lokasi pusat Penyiar
Sholawat Wahidiyah, Pondok Pesantren At Tahdzib, Jombang, Jawa Timur.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan PSW merupakan organisasi Islam
berideologi tasawuf modern yang ditunjukkan dari struktur organisasi dan
keterbukaan organisasi. PSW didirikan tahun 1964 oleh KH. Abdoel Madjid Ma?roef,
di Kediri, Jawa Timur. KH. Abdoel Madjid Ma?roef juga sangat dihormati sebagai
pengasuh pondok pesantren, anggota syuriyah NU, dan yang paling utama sebagai
Muallif (penyusun) Sholawat Wahidiyah. Dengan berbagai posisinya tersebut, KH.
Abdoel Madjid Ma?roef dianggap memiliki kharisma sehingga kedudukannya tetap
dipertimbangkan dalam organisasi PSW meskipun beliau sudah wafat.
Tujuan organisasi ini adalah menyebarkan ajaran Wahidiyah pada
masyarakat jami?al ?alamin. PSW memiliki prinsip tasawuf yang diterapkan dalam
berbagai kegiatan internal dan eksternal. Dalam kegiatan eksternal, PSW menjalin
hubungan horizontal dan vertikal. Prinsip tasawuf yang diterapkan merngandung
aplikasi dari konsep civil society I sehingga pengamal Wahidiyah PSW bersikap
toleran, egaliter, solider, dan mandiri. Dalam hubungan vertikal, PSW menjalin
interaksi terhadap pemerintah sebagai wujud kepatuhan pada norma dan hukum. PSW
berusaha mendapat legalitas dari pemerintah sehingga mampu mendukung PSW dan
tetap bertahan ditengah kritik dari organisasi lainnya. Penguatan secara internal dan
jalinan hubungan eksternal tersebut menjadikan PSW sebagai organisasi modern dan
mampu bertahan sampai sekarang.

Abstract
This study focuses on the viability of Tassawuf-based organization which
uses tassawuf as a modern Islamic point of view. The purpose of this study is to
explain the horizontal and vertical relationships within PSW organization, which is
based on Wahidiyah ideology, in order to achieve the viability of organization. This
study uses dialectical process and social construction theory by Peter L. Berger to
explain about the implementation of Wahidiyah ideology in the organization through
three phases of externalization, objectivation, and internalization. This study uses the
qualitative method to collect a clear and thorough information. The subject of this
study is the manager in PSW, while the object of this study is Penyiar Sholawat
Wahidiyah (PSW) organization. This study is conducted in the central location of
Penyiar Sholawat Wahidiyah (PSW) which is located in At Tahdzib Islamic Boarding
School, Jombang, East Java.
The results show that PSW is an Islamic organization which is based on
modern tassawuf ideology. It is shown through the structure and openness of the
organization. PSW was established in 1964 by KH. Abdoel Madjid Ma?roef, in
Kediri, East Java. KH. Abdoel Madjid Ma?roef was honored as the head of At
Tahdzib Islamic Boarding School, the member of NU syuriah, and Muallif (the
compiler) of Sholawat Wahidiyah. Because of that, KH. Abdoel Madjid Ma?roef was
charismatic and his position was still considered in PSW organization even though he
had passed away.
This organization aims to spread the Wahidiyah teachings to jami?al ?alamin
society. Tassawuf principle is applied in external and internal activities within PSW
organization. Through external activities, horizontal and vertical relationships are
established. The tassawuf principle which is applied in the organization contains civil
society I concept. As a result, those who practice Wahidiyah ideology are tolerant,
egalitarian, considerate, and autonomous. Through vertical relationship, the
interaction between PSW and the government is established as a manifestation of
obedience to the norms and laws. PSW attempts to get legal agreement from the
government in order to be supported and to survive from being criticized by other
organizations. Through external and internal relationships, PSW can be a modern
organization which is able to survive until now."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lili Muhammad Romli
"Pada masa Orde Baru terjadi berbagai peristiwa penting yang melibatkan interaksi antara Islam dan Kristen di Indonesia. Peristiwa-peristiwa tersebut menunjukkan terjadinya ketegangan antara Islam dan Kristen di Indonesia. Para pemimpin dari kedua belah pihak terlibat dalam pergumulan. H.M. Rasjidi muncul sebagai tokoh intelektual Muslim yang memberikan pandangannya mengenai hubungan kedua agama. Tesis ini membahas pandangan H.M. Rasjidi mengenai relasi Islam dan Kristen pada masa Orde baru. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana latar belakang pemikiran H.M. Rasjidi, bagaimana Rasjidi melihat relasi Islam dan Kristen serta bagaimana pandangan Rasjidi mempengaruhi wacana relasi Islam dan Kristen di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari tahapan heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Sumber-sumber yang digunakan adalah arsip-arsip, karya-karya H.M. Rasjidi yang tersebar dalam bentuk buku, makalah, dan artikel di media massa, serta pemberitaan media massa sezaman.  Pendekatan yang digunakan adalah teori strukturasi dari Anthony Giddens yang memandang adanya dualitas struktur. Penelitian ini menemukan bahwa pandangan H.M. Rasjidi dipengaruhi oleh struktur Islam dan Barat. Adapun pandangan H.M. Rasjidi mengenai relasi Islam dan Kristen pada masa Orde Baru adalah terjadinya penyebaran agama Kristen kepada orang-orang Islam dengan menyalahgunakan diakonia. Selain itu terjadi kesalahpahaman orang Kristen terhadap orang Islam yang menyebabkan umat Kristen selalu menghalangi keinginan umat Islam untuk menerapkan Syariat Islam. Rasjidi menjunjung tinggi kebebasan beragama sebagai  kebebasan menjalankan suatu agama dalam satu komunitas tanpa diganggu oleh upaya penyebaran agama lain. Pandangan Rasjidi memiliki pengaruh baik di kalangan Muslim maupun non Muslim.
......During The New Order Era, there were various important events involving the interaction between Islam and Christianity in Indonesia. These events reflect the tension and mistrust between the two religions. Numerous leaders from both religions took part in the struggle. H.M. Rasjidi emerged as a Muslim intellectual figure who gave his views on the relationship between the two religions. This thesis discusses Mohammad Rasjidi's views on the relationship between Islam and Christianity in Indonesia during the New Order era. The problem raised in this research is how the background of H.M. Rasjidi's thinking, how Rasjidi saw the relationship between Islam and Christianity and how Rasjidi's views influence the discourse on the relationship between Islam and Christianity in Indonesia. This study uses historical methods consisting of heuristic, criticism, interpretation and historiography. This thesis takes sources from archives and literature written by Mohammad Rasjidi, in the form of books, papers, and articles in the mass media, as well as mass media reports. This study uses a structuration approach from Anthony Giddens which views the duality of structure. This research found that H.M. Rasjidi’s view was influenced by Islamic and Western structures. According to H.M. Rasjidi, the interaction between Islam and Christianity in New Order era was characterized by the abuse of diakonia in order to spread Christianity among Muslims. In addition, there was miscommunication between Christians and Muslims. In addition, there were misunderstandings between Muslims and Christians  which caused Christians to always hinder the wishes of Muslims to implement Islamic law. Rasjidi upholds religious freedom as the freedom to practice a religion in one community without being disturbed by efforts to spread other religions. Rasjidi uphelds religious freedom as the freedom to practice a religion in one community without being disturbed by efforts to spread other religions. Rasjidi's views had influenced both Muslims and non-Muslims."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Yusuf Effendi
"Kemiskinan dan keterbelakangan adalah wajah buram umat Islam saat ini. Keburaman itu terpotret jelas dalam berbagai indeks yang lazim digunakan untuk mengukur kondisi suatu negara atau masyarakat. Lantas apa yang bisa dilakukan?"
Jakarta: Noura Books, 2015
297.06 YUS k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhadjir Effendy, 1956-
Jogjakarta: Bentang dan Resist, 2002
303.4 MUH m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhadjir Effendy, 1956-
Yogyakarta: Bentang Budaya, 2002
303.4 MUH m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Singapore: Institute of Southeast Asia Studies, 2001
297.1 ISL
Buku Teks  Universitas Indonesia Library