Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahma Tri Benita
"ABSTRAK
Penelitian ini menguji tentang hubungan antara volume dan frekuensi terhadap volatilitas imbal hasil sebagai salah satu proksi indikator sebaran informasi perusahaan syariah di pasar modal islami Saudi Arabia Stock Exchange dan pasar modal campuran Jakarta Stock Exchange . Periode sampel data dimulai dari 11 April 2011 sampai dengan 31 Oktober 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik volume dan frekuensi signifikan menurunkan tingkat volatility persistence. Proses sebaran informasi Mixture of Distribution Hypothesis MDH terdapat pada 58 perusahaan di Indonesia dan 48 di Saudi Arabia. Proses sebaran informasi Sequential Information Arrival Hypothesis SIAH terdapat pada 4 perusahaan di Indonesia dan 2 di Saudi Arabia. Perusahaan syariah Indonesia yang mengikuti asumsi SIAH terdapat pada 4 perusahaan VOKS, ACES, LION, dan EPMT . Perusahaan syariah Indonesia dengan asumsi SIAH memiliki model transaksi kompetitif. Hal tersebut mengindikasikan bahwa informed traders Indonesia memiliki perspektif opini yang sama sehingga terjadi kompetisi. Sedangkan, perusahaan syariah Saudi Arabia yang mengikuti asumsi SIAH teramati pada 2 perusahaan SII dan QAC . Perusahaan syariah Saudi Arabia dengan asumsi SIAH memiliki model transaksi strategik. Hal tersebut mengindikasikan bahwa informed traders Saudi Arabia tidak memiliki perspektif opini yang sama atas informasi sehingga terdapat monopolist informed traders. Karakteristik perilaku pasar syariah Indonesia yang sebagian besar adalah model transaksi kompetitif 98 dikarenakan rerata tingkat kapitalisasi pasar perusahaan syariah Indonesia rendah. Sedangkan, karakteristik perilaku pasar syariah Saudi Arabia sebagian besar adalah model transaksi strategik 62 dikarenakan perilaku pelaku pasar Saudi Arabia bersifat tidak gambling, konservatif, risk aversion tinggi, dan tidak berspekulasi.Kata kunci: SIAH, MDH, Volatilitas Imbal Hasil, Volume, Frekuensi

ABSTRACT
This study examines the relationship between volume and frequency of return volatility as one of the proxies of information sharing indicator of Shariah in Islamic stock exchange Saudi Arabia Stock Exchange and Jakarta Stock Exchange. The sample data period obtained starts from April 11, 2011 to October 31, 2017. The results show that both volume and frequency significantly decrease the level of volatility persistence. The process of distribution of Mixture of Distribution Hypothesis MDH information is existed in 58 companies in Indonesia and 48 in Saudi Arabia. Sequential Information Arrival Hypothesis SIAH information distribution process is existed in 4 companies in Indonesia and 2 in Saudi Arabia. Indonesian Shariah companies that follow the SIAH assumption are existed in 4 companies VOKS, ACES, LION, and EPMT . Indonesian Shariah companies with SIAH assumptions have a competitive transaction model. It indicates that informed traders Indonesia have the same opinion perspective that competition occurs. Meanwhile, Saudi Arabia 39 s Shariah companies following SIAH assumptions are existed in two companies SII and QAC . Saudi 39 s Shariah companies with SIAH assumptions have a strategic transaction model. It indicates that informed traders Saudi Arabia do not have the same opinion perspective on information so that there are monopolist informed traders. The characteristic of Shariah market behavior in Indonesia is mostly competitive transaction model 98 due to low market capitalization rate of Shariah firms. Meanwhile, the characteristic of Saudi Arabia 39 s Shariah market behavior is largely a strategic transaction model 62 because the behavior of Saudi Arabian market players is not gambling, conservative, high risk aversion, and not speculating.Key words SIAH, MDH, Return Volatility, Volume, Number of Trades "
2018
T49951
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vyan Tashwirul Afkar
"NU adalah religious nongovernmental organization (RNGO) yang terlibat dalam
peacebuilding Afghanistan sejak tahun 2011 hingga 2021. Dalam implementasinya, NU
berperan sebagai aktor transnasional yang mengupayakan perdamaian lewat pengenalan
nilai-nilai Islam Moderat kepada aktor-aktor konflik dengan harapan hal tersebut mampu
mengubah karakter keagamaan mereka menjadi lebih moderat (tawasuth), seimbang
(tawazun), toleran (tasamuh), adil (i’tidal), dan saling terikat dalam persaudaraan
kebangsaan (ukhuwah wathaniyyah). Usaha tersebut diklaim berhasil dalam studi-studi
terdahulu, seperti Faizin (2020), Pratama & Ferdiyan (2021), Mahfudin (2021), dan
Mahfudin & Sundrijo (2021). Bahkan, berbagai literatur menyebut NU sebagai aktor
yang signifikan dan lebih efektif menyelesaikan konflik daripada aktor negara dan
lembaga internasional. Sayangnya, reeskalasi konflik dan perebutan kekuasaan di
Afghanistan oleh Taliban pada Agustus 2021 menunjukkan bahwa peacebuilding selama
satu dekade tersebut tidak berhasil. Oleh karena itu, penelitian ini mempertanyakan
“Mengapa upaya peacebuilding NU di Afghanistan melalui promosi Islam Moderat tidak
berhasil?”. Dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis process tracing, penelitian
ini menemukan bahwa ketidakberhasilan tersebut disebabkan oleh empat faktor, yaitu:
ketidakselarasan ideasional, keterbatasan pengaruh, strategi yang tidak lengkap, dan
ancaman keamanan. Keempat hambatan tersebut berada di empat dimensi yang berbeda
namun saling mempengaruhi dan saling berkelindan: ideational, relational, instrumental,
dan situational.

NU, a religious non-governmental organization (RNGO), has been actively involved in peacebuilding initiatives as a transnational actor in Afghanistan from 2011 to 2021. Its approach focuses on promoting the values of Moderate Islam to conflicting parties in the hopes of fostering a more moderate, balanced, tolerant, just, and nationally unified religious outlook. Previous studies by Faizin (2020), Pratama & Ferdiyan (2021),
Mahfudin (2021), and Mahfudin & Sundrijo (2021) have highlighted NU's significant
role in conflict resolution, surpassing that of state actors and international organizations. However, the unfortunate resurgence of conflict and power struggles initiated by the Taliban in August 2021 has revealed the limited success of NU's decade-long peacebuilding efforts. This research seeks to understand the reasons behind the failure of NU's peacebuilding endeavors in Afghanistan, specifically focusing on the promotion of Moderate Islam. Employing a qualitative approach and process tracing analysis, the study identifies four contributing factors: a lack of ideational coherence, limited influence, incomplete strategies, and security threats. These barriers, situated within distinct dimensions—ideational, relational, instrumental, and situational—interact and mutually reinforce each other, hindering NU's peacebuilding objectives
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Humaidi Hambali
"[ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya suatu sistem pemerintahan yang di gulirkan
oleh seorang tokoh Syi?ah Ayatullah Khumaini, yang selanjutnya terkonsep dalam
bentuk sistem yang disebut Wilayah Faqih, yang berbeda dengan sistem
pemerintahan di negara lain yang menganut sistem pemerintahan Islam sekalipun.
Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mencari jawaban tentang
bagaimana bentuk kongkrit sistem pemerintahan Republik Islam Iran?
Sebagai kerangka teori dalam penelitian ini menggunakan teori politik Islam
Syi?ah. Dan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Hasil temuan dalam penelitian ini bahwa pemikiran politik Islam Syi?ah tertuang
dalam konstitusi negara dengan berlandaskan teks agama baik dari al-Qur?an
maupun al-Hadist, atau konsep ini juga dikenal dengan sebutan Teo-Demokrasi,
walau demikian kekuasaan ada pada rakyat dalam hal partisipasi politik. Wilayah
Faqih juga mengadopsi sistem trias politica, dimana kekuasaan terbagi dalam
tiga lembaga ; Yudikatif, Eksekutif dan Legislatif. Yang menjadi pembeda adalah
landasan pada masing-masing bagian. Dalam sistem Wilayah Faqih terdapat
kekuasaan di atas 3 lembaga tersebut, yaitu Rahbar.

ABSTRACT
This research is motivated existence of a system of government in the scroll by a
Shiite leader Ayatollah Khomeini, who subsequently conceptualized in the form
of a system called Wilayah Faqih, which is different from the system of
government in other countries that embrace the Islamic government system
though. Therefore, this study was conducted to seek answers about how the
concrete form system of government of the Islamic Republic of Iran
As a theoretical framework in this study using Shiite Islamic political theory. And
this study used qualitative research methods.
The findings in this study that the Shiite Islamic political thought contained in the
state constitution on the basis of religious texts from both the Koran and al-
Hadith, or the concept is also known as Teo-Democracy, however power is in the
people in terms of political participation. Wilayah Faqih also adopted trias
politica system, in which power is divided in three institutions; Judiciary,
Executive and Legislative. That the difference is the cornerstone on each section.
In the system there is power in the Wilayah Faqih on 3 institutions, namely
Rahbar, This research is motivated existence of a system of government in the scroll by a
Shiite leader Ayatollah Khomeini, who subsequently conceptualized in the form
of a system called Wilayah Faqih, which is different from the system of
government in other countries that embrace the Islamic government system
though. Therefore, this study was conducted to seek answers about how the
concrete form system of government of the Islamic Republic of Iran?
As a theoretical framework in this study using Shiite Islamic political theory. And
this study used qualitative research methods.
The findings in this study that the Shiite Islamic political thought contained in the
state constitution on the basis of religious texts from both the Koran and al-
Hadith, or the concept is also known as Teo-Democracy, however power is in the
people in terms of political participation. Wilayah Faqih also adopted trias
politica system, in which power is divided in three institutions; Judiciary,
Executive and Legislative. That the difference is the cornerstone on each section.
In the system there is power in the Wilayah Faqih on 3 institutions, namely
Rahbar]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Milwright, Marcus
Edinburgh: Edinburgh University Press, 2012
909.097 67 MIL i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wahdini
"ABSTRAK
Bangunan masjid merupakan salah satu peninggalan masyarakat Minangkabau di Kabupaten Tanah Datar yang memiliki keberagaman dari segi bentuk dan ragam hias. Masjid-masjid kuna ini memperlihatkan adanya keselarasan antara adat dan agama Islam. Adat telah menjadi pegangan hidup bagi masyarakat Minangkabau dan juga menjadi identitas budaya bagi pengikutnya. Penelitian ini membahas mengenai bentuk-bentuk dari keempat masjid serta identitas budaya yang terepresentasikan pada bangunan masjid kuna di Kabupaten Tanah Datar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterangan bahwa pada masjid kuna di Kabupaten Tanah Datar ini tercerminkan dua identitas budaya, yaitu identitas budaya Koto Piliang dan identitas budaya Bodi Caniago. Berdasarkan penelitian juga diketahui bahwa identitas budaya yang terlihat pada masjid kuna tersebut memperlihatkan jenjang status sosial masyarakat, yaitu identitas dari seorang raja dan identitas seorang pemimpin yang berasal dari rakyat biasa.

ABSTRACT
Old mosques is one of Minangkabau heritages in Tanah Dasar Regency that have various form and decoration. Old mosques shows the harmonious life of tradition and Islamic religion in this regency. Tradition has become guidance of life for Minangkabau society and also has become cultural identity for its disciple. This research focus on the physical forms of the four mosques and also the cultural identity that is represented by those old mosques in Tanah Datar Regency. This research resulting in indication of two distinct cultural identities, that is Koto Piliang culture and Bodi Caniago culture. The study also shows that cultural identity in those mosques indicating social ladder in society, which is identity of the king and identity of a leader from common folks.
"
2017
S68155
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library